Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Tampang Pasport, juga Triton, sumpah jelek banget. Gagah nggak, manis nggak. Kelaminnya ambigu. Juga proporsi dimensinya seperti ada yang salah, kepanjangan, plus bermoncong monyong pula. Subyektif sih, tapi saya percaya orang jauh lebih suka tampang Fortuner ketimbang Pasport.

:big_peace:

Fortuner, mantap.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:pernah rasain fortuner yang 105HP diesel, waduh bikin stres itu mobil kalau mau mendahului truk. mesti diurut2 dulu dan bonus jantung berdebar - debar mikir dapat gak ya jarak segini :)

nah, kalau memang kurang, apa modifikasi ringan (budget under 5 juta) yang bisa dongkrak performa mobil ini sampai ke tingkat nyaman dan tidak bikin stres untuk luar kota?
Hasil spt di bawah ini bisa didapat hanya dengan :
- ECU Sop Cube = 3,5 jt
- Downpipe Budi = 950 rb.
- JFC air filter = 300 - 350 rb.
- Ganjal ring @wesget Turbo = 50 rb. + keringet
- ground cable simple = 200 rb.

Fortuner D4 D EDU 3 soket.

Minat ? :mrgreen:

Image

Image
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

:frm_salut: :frm_salut:

Dengan 5 jeti, output nett lompat dari 115 HP @3.500 RPM ke 165 HP @4.000 RPM, pada rentang RPM @3.500 uda dapet 155 HP, lompat 40 HP dari spek RPM sebelum di-lima-juta-in.
Das Beste oder nichts.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by FMEAKD »

sadiss...
:big_smoking:

mau juga.... sayang belum kebelii lagi fortie :big_slap:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

wooww... resep dokter turbo memang mujarap.. 40HP extra pada rentang RPM yang sama hanya dengan 5jt dan kategori modifikasi ringan.

kalau modifikasi yang sama apa bisa diterapkan ke fortuner VNT kalau benar muncul nanti dan punya power 140HP?

yang saya gak mengerti, gimana cara hitung tenaga nyaman bila patokannya CRV 2.4 2010?
crv 2010 itu 170HP dengan bobot kendraan sekian dan penggerak roda depan.

perbandingan yang sama ke fortuner biar punya akselarasi yang sama dengan CRV pada bobot fortuner harus berapa HP ya?
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Rumit bro kalo mo dapet itungan eksaknya.. Bicara akselerasi keknya selain besaran torsi dan power versus bobot mesti juga ngitung perbandingan gigi transmisi, diameter ban, dll....

:ngacir:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: 1. kalau modifikasi yang sama apa bisa diterapkan ke fortuner VNT kalau benar muncul nanti dan punya power 140HP?

2. yang saya gak mengerti, gimana cara hitung tenaga nyaman bila patokannya CRV 2.4 2010?
crv 2010 itu 170HP dengan bobot kendraan sekian dan penggerak roda depan.

3. perbandingan yang sama ke fortuner biar punya akselarasi yang sama dengan CRV pada bobot fortuner harus berapa HP ya?
1. Bisa banget

2. 170 Hp pada brosur nanti diukur di Dyno belum tentu sampai 170 Hp.
Eniwei TurboDiesel Torsi-nya jauh lebih besar, Torsi ini yg beperan penting dalam akselerasi / melontarkan beban.
Mesin K24 Torsinya paling 240 Nm, bandingkan dgn D4 D + Cube + lightune yg Torsi-nya di atas 350 Nm.

3. Bisa lihat thread Review Corner, Fortuner D4 D dengan 210 Hp / 520 Nm, ada video-nya.

Kalo akselerasi 0-100 gimanapun harus diukur yah.

tapi kalau Diesel justru enaknya biasanya kuat di middle acceleration spt 60 - 90 km/jam / 40 - 70 km/jam misalnya, dimana middle acceleration ini yg sering kita temui dalam berkendara ketimbang 0-100

Juga Diesel gak perlu berputar ke RPM tinggi.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Nightster Guy wrote:Rumit bro kalo mo dapet itungan eksaknya.. Bicara akselerasi keknya selain besaran torsi dan power versus bobot mesti juga ngitung perbandingan gigi transmisi, diameter ban, dll....

:ngacir:
iya bro memang rumit. makanya tadi judulnya pertanyaan bego dari orang bego bos...
saya sih pemikirannya bego ya..
bawa CRV 170HP dengan bobot sekian rasanya uda cukup enak untuk mendahului truk di jalanan sumatera ini.
sedangkan kalau bawa fortuner kok rasanya stress ya (fortuner 2.5 diesel).

jadi biar ini fortuner bisa seenak tarikan CRV, kudu dibikin berapa HP ya tenaga fortunernya kalau basisnya adalah fortuner VNT?

sangat membantu nih kalau ada yang bisa kasih jawaban berapa HP. ya kira2 aja gak perlu sampai akurat angkanya. toh yang dicari cuman sensasi rasa yang berpatok pada CRV 170HP.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Turboman wrote:- CUT -

2. 170 Hp pada brosur nanti diukur di Dyno belum tentu sampai 170 Hp.

- CUT -
Brosur selalu output power di crankshaft ya om? Tapi uda include peranti lain misal alternator dll (sistem mesin yang 'utuh').
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: jadi biar ini fortuner bisa seenak tarikan CRV, kudu dibikin berapa HP ya tenaga fortunernya kalau basisnya adalah fortuner VNT?

sangat membantu nih kalau ada yang bisa kasih jawaban berapa HP. ya kira2 aja gak perlu sampai akurat angkanya. toh yang dicari cuman sensasi rasa yang berpatok pada CRV 170HP.
]

Supaya lebih enaknya mungkin bisa diceritakan dahulu kondisi 42ner nya gimana saat ini, masih std atau sdh ada lightune apa aja.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: jadi biar ini fortuner bisa seenak tarikan CRV, kudu dibikin berapa HP ya tenaga fortunernya kalau basisnya adalah fortuner VNT?

sangat membantu nih kalau ada yang bisa kasih jawaban berapa HP. ya kira2 aja gak perlu sampai akurat angkanya. toh yang dicari cuman sensasi rasa yang berpatok pada CRV 170HP.
]

Supaya lebih enaknya mungkin bisa diceritakan dahulu kondisi 42ner nya gimana saat ini, masih std atau sdh ada lightune apa aja.
kemarin gak jadi ambil fortuner karena pas cobain punya temen dapatnya stress tadi :D :D
jadinya ambil crv 2.4 dan cukup puas.

nah, skrg kesengsem sama tampang grand fortuner TRD haha...
pengen ambil kalau bener keluar yang VNT.

cuman kalau beneran VNT 140HP itu saya rasa juga tetap gak akan bisa dapat sensasi seperti CRV.

makanya mohon petunjuk om turbo, kalau basisnya fortuner VNT standart, harus modif ke berapa HP biar seenak CRV?
saya gak butuh top speed sih. pengennya enak mendahului truk trailler yang puanjang itu :D
kadang bisa sampai gandeng 4 beriringan dengan sela kecil diantaranya. gila... stress bener...

kalau top speed palingan 150kpj cukup lah. :)
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by F-man10 »

ikut nyimak aja :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: makanya mohon petunjuk om turbo, kalau basisnya fortuner VNT standart, harus modif ke berapa HP biar seenak CRV?
saya gak butuh top speed sih. pengennya enak mendahului truk trailler yang puanjang itu :D
kadang bisa sampai gandeng 4 beriringan dengan sela kecil diantaranya. gila... stress bener...

kalau top speed palingan 150kpj cukup lah. :)
Kalo kebutuhannya spt ini maka Diesel dah paling pas dah

42ner D4 D std sih mmg gak bisa diharapkan, tapi dgn lightune 5 jt aja lihat hasilnya di grafik atas :mrgreen:

42ner D4 D VN turbo dgn modif yg sama maka hasilnya akan lebih gila dr sisi persentasi kenaikan tenaga krn si Cube bisa kontrol boost VNT nya.

FYI :
Hi Lux 2 KD VN T mesin full std dengan ECU Shop MonsterMax bisa dapat 250 hp / 520 Nm.

Kalau Cube sih mestinya 180 - 185 Hp / 400 Nm aja mudah. (taksiran pesimis)
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

berarti maksud om turbo, kalau fortuner D4D mau seenak CRV 2.4 harus punya minimal 185HP dan 400NM?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:berarti maksud om turbo, kalau fortuner D4D mau seenak CRV 2.4 harus punya minimal 185HP dan 400NM?
Wah patokan angka ini susah, masalahnya sy gak tahu expetasi anda spt apa

Kalo CR-V gen.3 yg 2.0 itu tarikannya lemah, walau irit, krn saya juga punya.

Mesin2 bensin non Turbo kalo mau lari harus "nge-gerung" ke RPM tinggi dulu, kecuali mesin2 bensin Turbo spt VW TSI / TFSI, Pug / MINI 1.6 EP16CDT dan derivatnya, BMW GDI Turbo (Twin Power T) nah itu dari 1800 RPM tarikannya udah kerasa padat.

Sedangkan Diesel after tuned sejak dari 1500 RPM aja udah kerasa "otot"-nya, tarik ke 2000 - 2500 RPM benar2 kerasa Padat tenaga-nya.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

oo begitu toh bro. jadi harus dirasakan sendiri ya..
jadi mendingan tune nya step by step gitu ya bro. dimulai dari paket hemat 5jt di atas, trus coba. kalau kurang baru tambah lagi.. tambah lagi gitu bro maksudnya?
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Tepat. Maksud om Turbo demikian.... Sales Monster Max detected.. :big_weee: :big_peace: Kidding om....... :ngacir:
Das Beste oder nichts.
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by vote42ner »

tetap fortuner yang terbaik.... :mky_01: :mky_01: ................... :ngacir: :ngacir: :glodak:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:oo begitu toh bro. jadi harus dirasakan sendiri ya..
jadi mendingan tune nya step by step gitu ya bro. dimulai dari paket hemat 5jt di atas, trus coba. kalau kurang baru tambah lagi.. tambah lagi gitu bro maksudnya?
Kalau utk 42ner VN T yg pertama bisa dicoba dengan :
- Free flow air filter
- Ground cable
- EGR ditutup (emisi NOx naik)

Utk Downpipe, mesin KD-FTV yg VN T krn posisi Turbo agak di bawah, Down pipe bawaan pabrik biasanya sudah oke, paling spy backpressure berkurang ya ganti Cat Conv dgn High Flow Cat Conv spt buatan Magnum (ini kalo masih mau pake CC), kalo gak ya ganti pipa plong.

Utk Piggyback, nah tergantung expetasi-nya mau naek ampe begimana.

Kalo cuman sekedar lebih enak aja : ECU Sop Cube
Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender
Kalo mau Power betul2 besar = ECU Sop MonsterMax KD + SCV Controller

Kalo yg gak mau potong kabel : PP / RCP / TNT

Kalau pake Dastek Q dgn Extender atau ECU Sop MonMax sgt disarankan install ATF cooler tembahan.
* Bukan ajakan Beli *
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Kalau utk 42ner VN T yg pertama bisa dicoba dengan :
- Free flow air filter
- Ground cable
- EGR ditutup (emisi NOx naik)
.
kalau modifikasi di atas bisa naikkan tenaga berapa persen bro?

Utk Piggyback, nah tergantung expetasi-nya mau naek ampe begimana.

Kalo yg gak mau potong kabel : PP / RCP / TNT
.[/quote]
maksud bro ada pibby back yang gak harus potong kabel?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Gold Pocket »

http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... bus_320_Dk_
wah.. kalau uda kaya gini saya ma gak mau lah.
repot uda banyak yang dirubah.
walau tenaganya jadi sadis.

pengennya sih cuman perubahan sesedikit mungkin dan original part masih dipertahankan. mungkin target 200PS cukup lah ya :D.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Good_boy86 »

Gold Pocket wrote:http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... bus_320_Dk_
wah.. kalau uda kaya gini saya ma gak mau lah.
repot uda banyak yang dirubah.
walau tenaganya jadi sadis.

pengennya sih cuman perubahan sesedikit mungkin dan original part masih dipertahankan. mungkin target 200PS cukup lah ya :D.
sori OOT sebelumnya
pernah coba bawa captiva diesel FL ?
tenaga hanya 163hp, torsi 260Nm. buat nyalip 4 truk sepertinya lebih enak daripada CRV 170ps (torsi ga tau), karena yg dipake torsi nya. CMIIW :big_peace:
hanzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by hanzz »

:mky_02: udah ada iklannya di kompas hari ini... 2.5vnt
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by vote42ner »

(Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender)
kalo hanya di tambah kayak di atas ini bisa sampai berapa om turbo?
trus kalo mau agak lembutan goyangannya...di ganti apa ya suspensinya...??
:mky_01: :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

vote42ner wrote:1. (Kalo mau Power besar dengan biaya Moderate + 5 Map = Dastek Q+ dengan Extender)
kalo hanya di tambah kayak di atas ini bisa sampai berapa om turbo?

2. trus kalo mau agak lembutan goyangannya...di ganti apa ya suspensinya...??
:mky_01: :mky_02:
1. Lihat grafik Dynosheet atas, kalo VNT mestinya gain bisa sedikit lebih besar drpd D4 D biasa, krn boost VNT bisa dikontrol si Cube.

2. Per belakang pakai MB W123 punya, atau kalau mau lebih stabil ganti per nya TRD Spotivo, Shock pakai HotBits DT-1

Mengapa HB DT-1 ? karena bisa disetel tingkat kekerasannya.
* Bukan ajakan Beli *