Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ilhami »

Turboman wrote:
firawan6275 wrote: Ikut nimbrung ya Om,

Sebenarnya interval penggantian oli sangat tergantung kepada kualitas bahan bakar yang digunakan dan kadar aditif Total base Number (TBN) yg dikandung oli tersebut. Makin tinggi TBN makin baik kemampuannya menetralisir H2SO4 yg terbentuk dari hasil pembakaran. Huungannya dgn Solar, makin tinggi Sulfur dalam solar akan memperbesar kemungkinan tingginya pembentukan asam sulfat dalam oli, apaalgi klo kadar air dalam solar tinggi dan tingkat kondensasi juga tinggi.
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:

Maka itu utk di Indonesia saya tetap memilih oli mesin ber TBN minimal 9,5 mg KOH utk mobil Diesel penumpang, preferably yg sekitar 11 - 12 mg KOH.
Kalau mesin didesain untuk solar 500 ppm, trus kita pakai solar 3500 ppm, berarti interval ganti oli bisa cuma 1/7 nya / 1500km dong ?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Turboman wrote:
Utk mesin : kalau udara nggak cukup yg ada EGT juga bisa naik dengan cepat

Utk mesin yg udah di modif hingga kenaikan Powernya extreme : umumnya memang Powertrain yg menderita, sudah ada kok yg sebagian gigi transmisi-nya rontok / gigi gardannya rontok / kopling Matic-nya tandas...........yg "ngehancurin" Powertrain = Torsi yg extreme.......ibarat orang biasa dihajar Jab dan Upper Cut-nya Mike Tyson..........heheheheh
Itu kan yg manual, yg matic blm pernah ada yg bermasalah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

ilhami wrote:
Turboman wrote:
firawan6275 wrote: Ikut nimbrung ya Om,

Sebenarnya interval penggantian oli sangat tergantung kepada kualitas bahan bakar yang digunakan dan kadar aditif Total base Number (TBN) yg dikandung oli tersebut. Makin tinggi TBN makin baik kemampuannya menetralisir H2SO4 yg terbentuk dari hasil pembakaran. Huungannya dgn Solar, makin tinggi Sulfur dalam solar akan memperbesar kemungkinan tingginya pembentukan asam sulfat dalam oli, apaalgi klo kadar air dalam solar tinggi dan tingkat kondensasi juga tinggi.
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:

Maka itu utk di Indonesia saya tetap memilih oli mesin ber TBN minimal 9,5 mg KOH utk mobil Diesel penumpang, preferably yg sekitar 11 - 12 mg KOH.
Kalau mesin didesain untuk solar 500 ppm, trus kita pakai solar 3500 ppm, berarti interval ganti oli bisa cuma 1/7 nya / 1500km dong ?
Hm..perlu dibuktikan lebih jauh dari hasil penelitian Om..Klo pengalaman di alat berat, Oli dgn TBN 12 akan drop sampai batas TBN 7.5 hanya dalam 250 jam operasi engine. Salah satu prousen engine mensyaratkan angka minimal sperti itu. Interval yg tadinya generik setiap 500 jam penggantian oli turun menjadi setengahnya. Setelah cek lab dilakukan dan dibandingkan dgn angka TBN, kandungan sulfur dalm solar sekitar 520 ppm. Ini dipakai pada engine Tier 2 lho..

Klo diasumsi kecepatan rata-rata mobil 20 - 30 km/jam (dalkot), pendekatannya sekitar 5.000 km - 7.500 km. Saya pilih aman ganti setiap 5.000 km untuk Evie kantor. Apalagi klo EGR masih aktif, kerja oli makin berat lagi walaupun EGR bisa menekan emisi.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

htannis wrote:
Turboman wrote:
Utk mesin : kalau udara nggak cukup yg ada EGT juga bisa naik dengan cepat

Utk mesin yg udah di modif hingga kenaikan Powernya extreme : umumnya memang Powertrain yg menderita, sudah ada kok yg sebagian gigi transmisi-nya rontok / gigi gardannya rontok / kopling Matic-nya tandas...........yg "ngehancurin" Powertrain = Torsi yg extreme.......ibarat orang biasa dihajar Jab dan Upper Cut-nya Mike Tyson..........heheheheh
Itu kan yg manual, yg matic blm pernah ada yg bermasalah
Setiap komponen pasti ada batasan desainnya.. Nah, sekarang ada yg punya data nggak sampai Torsi berapa transmisi matic PS Dakar dan non Dakar ini bisa handle. Klo sudah lebih dari kemampuannya, yang dibilang Om Turbo sangat mungkin terjadi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:
Kalau mesin didesain untuk solar 500 ppm, trus kita pakai solar 3500 ppm, berarti interval ganti oli bisa cuma 1/7 nya / 1500km dong ?
Gak lah

Utk sulphur s/d 3000 an ppm idealnya TBN minimal 10 an utk Passenger Diesel oil dan 11 an utk Heavy Duty Diesel oil

berhubung berdasarkan survey sulphur solar kita sampai 2000 an ppm maka TBN minimal 9,5 mg KOH dah oke utk passenger Diesel oil dan bisa dipakai sampai jauh.

@pak Firawan :
TBN 7,5 mg KOH masih bagus sekali en masih sgt layak pakai, kalau dah sampai di bawah 4 mg KOH nah barulah diganti

Oli oli Diesel Low SAPS ACEA C3 banyak lho yg barunya TBN nya cuman 7,7 mg KOH.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by firawan6275 »

Turboman wrote:
ilhami wrote:
Kalau mesin didesain untuk solar 500 ppm, trus kita pakai solar 3500 ppm, berarti interval ganti oli bisa cuma 1/7 nya / 1500km dong ?
Gak lah

Utk sulphur s/d 3000 an ppm idealnya TBN minimal 10 an utk Passenger Diesel oil dan 11 an utk Heavy Duty Diesel oil

berhubung berdasarkan survey sulphur solar kita sampai 2000 an ppm maka TBN minimal 9,5 mg KOH dah oke utk passenger Diesel oil dan bisa dipakai sampai jauh.

@pak Firawan :
TBN 7,5 mg KOH masih bagus sekali en masih sgt layak pakai, kalau dah sampai di bawah 4 mg KOH nah barulah diganti

Oli oli Diesel Low SAPS ACEA C3 banyak lho yg barunya TBN nya cuman 7,7 mg KOH.
Ada produsen yang mensyaratkan seperti itu Om...tapi nini untuk diesel hevay duty Om. Load factornya 80% up dan operasinya kontinyu...
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Aj-blackPSD wrote:Suhu suhu, mau nanya kalau nutup EGR apakah bisa membatalkan garansi mesin? Ada referensi bengkel buat tutup EGR?
Bro kaos oblong ..uda ganti downpipe? Minta testimoninya dunk..uda diapain aja mobilnya? Mobil ane baru dikirim hari rabu.
Thanks
om AJ, saat ini baru ganti filter udara pake K&N, lebih membantu sih untuk tarikan awal, cuman seberapa banyak perbaikannya saya kurang tahu, soalnya penggantian filter saya barengi dengan pengisian solar + norival diesel, jadinya mungkin peningkatan yang didapat adalah akumulasi dari keduanya.

Saran saya om AJ ganti filter udara aja dulu (step by step), jadi akan terasa peningkatan yang murni diperoleh dari alat tersebut.
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

kaos_oblong wrote:
Aj-blackPSD wrote:Suhu suhu, mau nanya kalau nutup EGR apakah bisa membatalkan garansi mesin? Ada referensi bengkel buat tutup EGR?
Bro kaos oblong ..uda ganti downpipe? Minta testimoninya dunk..uda diapain aja mobilnya? Mobil ane baru dikirim hari rabu.
Thanks
om AJ, saat ini baru ganti filter udara pake K&N, lebih membantu sih untuk tarikan awal, cuman seberapa banyak perbaikannya saya kurang tahu, soalnya penggantian filter saya barengi dengan pengisian solar + norival diesel, jadinya mungkin peningkatan yang didapat adalah akumulasi dari keduanya.

Saran saya om AJ ganti filter udara aja dulu (step by step), jadi akan terasa peningkatan yang murni diperoleh dari alat tersebut.
Sippp..tq bro kaos oblong
astroboy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 11, 2012 18:08

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by astroboy »

boss mau tanyaa dongg.
disini ada yg pake blow off gk buat turbo nyaa
biar makin kenceng tuh bunyi nya.heueheue
ngaruh ke mesin gk yaaa?
terus recomended masang dmana?
maaf bgt gan newbie niih numpang tnyaa.
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

bukannya bawaan mobil sudah ada ? :e-think:
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Akhirnya rabu kemarin pajero dakarnya datang, trus lgs diantar nginap di i*h* c*a*r* sunter buat dibikin kinclong selama 2 hari. Setelah selesai dibikin kinclong, mobil diambil sabtu siang, Tarikan awal agak berat, akhirnya langsung ke ace hardware terdekat di klp gdg untuk beli additif dalam rangka pengisian solar perdana.,tarikan awal improve walau ga banyak...setelah bbrp hari dipakai...tiba2 baru nyadar kenapa setiap gas dibejek agak dalam dan lepas gas ada bunyi mendesing kayak angin keluar dari ban kempes..,,bunyinya kedengaran sampe kabin dlam ..lgs parno...kemarin coba tanya ama beres..katanya bunyi itu normal krn bunyi angin turbo.. Apakah mobil teman2 disini juga seperti itu? Mohon infonya ya... .
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by reinhard_harley »

om itu nginep dimana disunter? diapain biar kinclong slama 2 hari? tlg share fotonya donk om.
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Aj-blackPSD wrote:Akhirnya rabu kemarin pajero dakarnya datang, trus lgs diantar nginap di i*h* c*a*r* sunter buat dibikin kinclong selama 2 hari. Setelah selesai dibikin kinclong, mobil diambil sabtu siang, Tarikan awal agak berat, akhirnya langsung ke ace hardware terdekat di klp gdg untuk beli additif dalam rangka pengisian solar perdana.,tarikan awal improve walau ga banyak...setelah bbrp hari dipakai...tiba2 baru nyadar kenapa setiap gas dibejek agak dalam dan lepas gas ada bunyi mendesing kayak angin keluar dari ban kempes..,,bunyinya kedengaran sampe kabin dlam ..lgs parno...kemarin coba tanya ama beres..katanya bunyi itu normal krn bunyi angin turbo.. Apakah mobil teman2 disini juga seperti itu? Mohon infonya ya... .
kalo angkat gas memang berbunyi desis, itu blow-off valve nya bekerja om.
Jangan panik. :big_peace:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by JESKONENG »

kaos_oblong wrote:
Aj-blackPSD wrote:Akhirnya rabu kemarin pajero dakarnya datang, trus lgs diantar nginap di i*h* c*a*r* sunter buat dibikin kinclong selama 2 hari. Setelah selesai dibikin kinclong, mobil diambil sabtu siang, Tarikan awal agak berat, akhirnya langsung ke ace hardware terdekat di klp gdg untuk beli additif dalam rangka pengisian solar perdana.,tarikan awal improve walau ga banyak...setelah bbrp hari dipakai...tiba2 baru nyadar kenapa setiap gas dibejek agak dalam dan lepas gas ada bunyi mendesing kayak angin keluar dari ban kempes..,,bunyinya kedengaran sampe kabin dlam ..lgs parno...kemarin coba tanya ama beres..katanya bunyi itu normal krn bunyi angin turbo.. Apakah mobil teman2 disini juga seperti itu? Mohon infonya ya... .
kalo angkat gas memang berbunyi desis, itu blow-off valve nya bekerja om.
Jangan panik. :big_peace:
itu bunyi yg keyeeeeen...... !
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

PJS gak ada Blow Off-nya

bunyi desis ya krn hisapan Turbo, wajar karena VGT Turbo Dakar itu boost-nya gede, hisapannya kuat.
* Bukan ajakan Beli *
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Thank you bro kaos_oblong dan om turboman buat penjelasannya. :d
Hari ini baru ganti k&n...tarikan awal lumayan improve.:d
Bro reinhard, sunternya deket rumah sakit hermina, bisa hubungi yg punya tempat penginapan, namanya rickie di no hp 0818119494, jgn lupa minta diskon. Potonya menyusul ya, lg di luar dan mobil lg kotor abis kena ujan 2 hari yg lalu
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

@ bro jeskoneng, gara2 bunyi2 itu jadi pengen pasang peredam...satu mobil dksh harga 8 jt sama tritala, yg punya bengkel janji mau kasih diskon 12 persen kalo mobil masuk bengkel setelah lebaran ..karena saat2 itu lagi sepi order...sabaaar sabaaar
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Aj-blackPSD wrote:@ bro jeskoneng, gara2 bunyi2 itu jadi pengen pasang peredam...satu mobil dksh harga 8 jt sama tritala, yg punya bengkel janji mau kasih diskon 12 persen kalo mobil masuk bengkel setelah lebaran ..karena saat2 itu lagi sepi order...sabaaar sabaaar
om AJ, peredam 8 jt dipasang bagian apa saja ? 8jt disc. 12% = 7.040 rb ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Aj-blackPSD wrote:@ bro jeskoneng, gara2 bunyi2 itu jadi pengen pasang peredam...
wah......justru malah banyak user yg mengharapkan bunyi hisapan & siulan Turbo terdengar....inilah khasnya mesin ber-Turbo

Btw agar bunyi siulan Turbo berkurang maka bisa gunakan oli mesin yg bagus / Full Synth.
* Bukan ajakan Beli *
astroboy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 11, 2012 18:08

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by astroboy »

Turboman wrote:
Aj-blackPSD wrote:@ bro jeskoneng, gara2 bunyi2 itu jadi pengen pasang peredam...
wah......justru malah banyak user yg mengharapkan bunyi hisapan & siulan Turbo terdengar....inilah khasnya mesin ber-Turbo

Btw agar bunyi siulan Turbo berkurang maka bisa gunakan oli mesin yg bagus / Full Synth.
agree for u bro.
hahahahhaa
gw aja pgn pasang blow off biar bunyi cess cess.
oh ia bos turbo.
kalo pake oli yg bagus kata situ bunyi nya jadi pelan gtu?
trus pake oli apa donggg?
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

@bro kaos oblong: sekitar 7 jutaan itu untuk full satu mobil sampe ke atap2nya dan ditambahin karet -o untuk di pintu.
@ om turboman, tq for ur advise, nanti ganti oli di 1000 km..skrg baru 600 km, setelah tau kalo bunyi2 itu normal, jd ga terlalu diperhatiin, :)
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Aj-blackPSD wrote:@bro kaos oblong: sekitar 7 jutaan itu untuk full satu mobil sampe ke atap2nya dan ditambahin karet -o untuk di pintu.
@ om turboman, tq for ur advise, nanti ganti oli di 1000 km..skrg baru 600 km, setelah tau kalo bunyi2 itu normal, jd ga terlalu diperhatiin, :)
bro AJ, harga 7 jutaan pasang full itu dihitung murah loh, saya pasang 8 juta lebih itu juga sdh diskon :(
sebelum diskonnya kalo ga salah 8,65jt, betul ?
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

kaos_oblong wrote:
Aj-blackPSD wrote:@bro kaos oblong: sekitar 7 jutaan itu untuk full satu mobil sampe ke atap2nya dan ditambahin karet -o untuk di pintu.
@ om turboman, tq for ur advise, nanti ganti oli di 1000 km..skrg baru 600 km, setelah tau kalo bunyi2 itu normal, jd ga terlalu diperhatiin, :)
Uda pasang peredam bro kaos oblong? Minta reviewnya dunk. Thanks
bro AJ, harga 7 jutaan pasang full itu dihitung murah loh, saya pasang 8 juta lebih itu juga sdh diskon :(
sebelum diskonnya kalo ga salah 8,65jt, betul ?
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Uda pasang peredam bro kaos oblong? Minta reviewnya dunk. Thanks.
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Danny1205 »

Pengalaman sy pakai peredam sekujur body triton = tarikan awal jadi berkurang / berat. Saran saya sih yg paling penting itu di dek bagian bawah & firewall saja, itu sudah cukup untuk perbandingan antara berat peredam vs performance yg dihasilkan.