Permisi, nubie yg awam nambahin....
1. Kijang Super '86
- Mesin 1500cc-nya lemot, tarikan kalah dari Zebra/Carry yg cuma 1300cc...

(temen bilang karena bodynya karoseri, terlalu berat di dempul...

)
- Cuma 4 speed, di putaran tinggi mesin meraung...(bokap belinya second, belakangan setelah liat BPKB, ternyata ini kijang pikap yg dikaroseri jadi minibus...

tapi kalo di tanjakan justru ngibrit..)
- Borosnya minta ampun...
- AC-nya bukan orisinil Kijang, tambahan & pasangnya dibawah dashboard, penyebaran dinginnya kurang maksimal...
- Suspensinya walau sudah double wishbone di depan tapi blakangnya masih per daun...bokap kalo abis disetirin dari luar kota, mustinya badan capek bisa tidur nyenyak, ini malah gak bisa tidur, pegel semua....
2. Soluna GLi '00
- Body roll sangat terasa di tikungan, bikin gak pede saat melahap belokan.
- Suspensi terasa melayang di kecepatan 150 kpj keatas, mobil udah mau 'terbang'.
- AC-nya sangat sederhana, gak ada mode semburan ke kaca depan...

repot kalo lagi hujan..
- Kayaknya cuman itu minusnya, mobil ini sangat bandel & tdk ngrepotin...
3. Xenia Mi '08 (versi paling standar ndar, dibawah Li....)
- Gak ada power steering, power window, electric mirror, seat belt baris ke-2 (untung akhirnya dibeliin)
- Gak ada RPM...

repot kalo mau eco driving...
- Gak ada sandaran kepala di baris ke-2 & 3
- Doortrim cuma vynil hitam, besi pilar di interior tidak dibungkus plastik...terasa spt mobil niaga...
- Gak ada intermitten wiper, repot kalo hujannya belum lebat..
- Ukuran ban standar kecil (R13) + velg kaleng, kurang mantap buat luar kota.
- Suspensi terasa keras & mantul2 kalo diisi 1-4 orang. Kalo diisi 6 orang baru empuk...
- Mesin 1000cc terasa lemot & underpower...

giginya pendek2, harus sering2 pindah gigi utk dalam kota...
- Konsumsi bensinnya boros, malah lebih irit Xenia Xi yg 1300cc.
4. Xenia Xi deluxe '11 (standar, punya kantor)
- Spion belum electric, untung sdh ada PW, PS & RPM
- Dgn ban standar yg tipis + velg kaleng, mobil kurang mantap buat luar kota, apalagi kalo ketemu bus/truk besar.
- Suspensi walau lebih nyaman dari Xenia Mi, masih terasa keras & agak mantul2.
- Kayaknya itu aja, selebihnya ni mobil bandel & cocok buat mobil opersional..
5. Kijang Krista 2.4D (punya kantor)
- Mesin lemot, sarana yg bagus utk melatih kesabaran...

tarikan & topspeed masih enakan panther.
- Buat luar kota dgn medan tikungan2, mobil masih terasa sedikit limbung (walau tidak separah panther).
- Konsumsi solar lebih boros dari panther.
6. Innova 2.0 V '06 (punya kantor)
- Desain dashboard kurang menarik, terlalu plain. Untung AC sdh digital & ada MID.
- Tarikan lemot, apalagi buat medan tanjakan...

(kayaknya masih lebih enak Innova diatas 2008/Euro II?)
- Bensinnya boros...

jadi serba salah...mau irit dgn jaga RPM tp mobil gak bisa lari, dibawa kenceng bensinnya ngocor...
- Bantingan suspensi walau lebih nyaman dari Avanza/Xenia, tp kurang stabil & masih terasa limbung (walau tidak separah panther). Buat medan tikungan & tanjakan di luar kota, yg nyetir kerasanya baik2 saja, tapi penumpang baris ke-3 rasanya seperti dikocok2 & kapok semua...
7. Chevrolet Tavera '00 (punya kantor)
- Pake mesin Blazer Montera 2200cc tapi tarikan terasa lemot (kalo sabar, topspeednya lumayan sih)
- Bensinnya boros...ros...lebih boros dari innova V...
- Karena body & sasis pake panther touring, masalah di suspensi sama: limbung di tikungan, di jalan lurus kayak naik kapal...

...rem juga kurang pakem....
- Kalo sudah berumur, mulai timbul bebunyian di jok belakang.
- Kalo ganti spare part, inget ini adalah Chevrolet....mahal boo....

harus ke bengkel spesialis Chevy...
8. Panther LM '03 (standar, punya kantor)
- Peredaman kabin parah, suara bising mesin & jalan masuk ke kabin...
- Gak ada PW, electric mirror
- Gak ada intermitten wiper. (Boro2 intermitten wiper, buat ngidupin wiper sekali sapu aja harus muter saklar wipernya, gak bisa dgn naikkan tuas wiper spt di mobil lain..

)
- Jok belakang hadap2an, kurang nyaman buat bawa penumpang ke luar kota (tapi enak buat angkut2 barang)
- Getaran mesin terasa ke kabin & tuas persneling
- Rem kurang pakem, jadi gak pede kalo lari kencang..
- Suspensi terlalu empuk, mobil jadi limbung, buat jalan kenceng keluar kota kayak naik kapal....
9. BMW 320i '95 (punya boss, dah dijual)
- Suspensi mantap buat luar kota/tikungan tapi bantingan cukup keras (ya iyalah...konsekuensinya yah? Tapi masalahnya peugeot koq bisa mantap & tetap empuk...

)
- Pedal kopling & gas terasa lebih berat dari mobil jepang.
- Kalo power windownya bermasalah, & tombolnya ditekan terus2an, motornya bisa kebakar, gantinya agak susah karena kabel motor PW-nya ada 5, tdk seperti motor PW mobil Jepang.
- Apa lagi yah? Kayaknya cuman itu, selebihnya ini mobil enak bener dibawanya, sesuai dgn slogannya....
