VanzMatic wrote:Berarti, intinya muscle car itu benernya mobil biasa tapi dibikin berotot ya, alias bukan berangkat dari basis mobil bertenaga dan berkecepatan super kan?
- CUT -
Apakah mobil2 pony itu aslinya juga V8 lants dimodif, atau aslinya bukan konfig V8 trus swap engine?
Gini om, muscle cars itu selalu V8, uda konsensus bersama.
Pada beberapa tipe muscle cars, semisal Mustang dan Chevelle, tipe entry levelnya ada yang enjin inline six. Bodi doank yang muscle, persis ama sodaranya yang V8, tapi si I6 jelas gak layak didefinisikan sebagai muscles.
Terminologi 'muscle cars' sendiri MEMANG SELALU ada di wilayah abu2, multi-tafsir dan multi-perspektif, om.
----------
VanzMatic wrote:Kenapa mobil sedan jepangan jarang dibikin ber-muscle ria begitu yak? Rata2, mobil jepangan di-swap engine dengan konfigurasi sejenis (inline 4) tapi hanya ngejar spek tipe hi rev..
Apa sudah pernah ada, misalnya Corolla dicekoki mesin V? Kalo belum ada, apa karena ruang mesinnya terlalu imut?
- CUT -
Kenapa muscle cars dimulai di USA, dan diakhiri juga di USA?
Bahas muscles kudu komprehensif bro, ini mau gak mau ngebahas sosiologis-kultural orang Amrik di masa itu. Singkatnya, jaman 50-60an Amrik lagi makmur2nya. Happy life. The bigger the better adalah motto mereka.
Ditunjang ama topografi jalanan Amrik yang mostly lurus lebar rata, makin menunjang syahwat mereka untuk maen kebut2an jalan lurus. That's why drag racing lahir di Amrik. That's why muscles born in the USA. Mesin sampe 7 ribu cc pun dicemplungin ke engine bay. BBM gak masalah, murah abis.
Terjawab kan? Kenapa Jepang gak melahirkan muscles dalam terminologi paling pure yaitu enjin V8 jagoan trek lurus? Jalanannya gak nunjang. Tipikal orang Jepang juga bukan tipikal having fun with cars kek orang Amrik.
Dan di Amrik pulalah era muscles berakir, saat negara2 Arab mengembargo produksi minyak mereka. USA tercekik, mulai '74 lahirlah mobil2 ber cc kecil ekonomis, tumbanglah para dinosaurus rakus penenggak BBM bernama muscle cars.
----------
Temen aplod ginian di FB.... Mustang Boss 429 1970, di Indo.
Kalo ini Boss BENERAN, well, estimated price minimal di USD 250K, rekor dunia lelang Boss 429 di angka USD 605K taun 2007.
Does Boss 429 exist in Indo? 50-50, karena ane blom yakin ini Boss beneran kalo blom liat foto engine bay nya hehehehe..............
