Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

firawan6275 wrote: Wuihh..mantab banget lonjakan performanya Om..Nggak seribet klo mau oprek engine bensin..
Iya cuman dikasi dastek doang dah cukup buat harian
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Dear suhu - suhu sekalian,
Salam kenal.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by poeticmind »

welcome to SM, oom Aj... :)
Image
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

om Turbo,

Dakar saya rencana saya mo ganti downpipe (cabut CC), filter K&N, pasang ecu shop cube, peredam (firewall, pintu2, lantai and maybe plafon).
Urutannya mana yang duluan ?
Apakah down pipe untuk Dakar sudah ada ? Recommend yang mana ? Biasanya ganti downpipe itu setnya ada 2 piece ya ?
Kalo ecu shop, posisi pemasangan ecu diletakkan dimana ? Soalnya kalo servis ke beres mo saya cabut, apakah cabut pasang begini perlu ada prosedur ? Dan kalo kita cabut-pasang perlu disetting ulang ?

Sudah cukupkah pemasangan alat2 diatas untuk mendongkrak tarikan awal ?

Perlukah dilakukan port and polish ?
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Tq om poeticmind
Om kaos oblong, salam kenal, bantuin om turbo jawab sedikit ya.
Berdasarkan pembahasan dari part 1 -3, downpipe bisa coba tanya di saki, gunung sahari. Kemarin sempet tlp kesana nanya buat dakar juga, downpipe buat dakar sudah ada, ada 3 bagian dan salah satunya namanya resonator.. Om turbo, resonator itu untuk apa ya?.
Kalo masalah cabut mencabut ecu...musti nanya ke suhu2 disini.
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Suhu2 sekalian, mau nanya sedikit, pas lg browsing2 ada web yg nganjurin buat bikin double filter solar di ktb, jd solar yang jelek bisa double penyaringan. Mohon input dari suhu2 disini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Aj-blackPSD wrote:Tq om poeticmind
Om kaos oblong, salam kenal, bantuin om turbo jawab sedikit ya.
Berdasarkan pembahasan dari part 1 -3, downpipe bisa coba tanya di saki, gunung sahari. Kemarin sempet tlp kesana nanya buat dakar juga, downpipe buat dakar sudah ada, ada 3 bagian dan salah satunya namanya resonator.. Om turbo, resonator itu untuk apa ya?.
Kalo masalah cabut mencabut ecu...musti nanya ke suhu2 disini.
wah bagus kalo udah ada downpipe buat Dakar, semoga aja disainnya jgn spt yg Exceed dimana di sambungannya ada bagian yg mengecil.

Resonator tambahan hanya diperlukan jika main muffler kita ganti yg free flow / semi free flow, utk lebih meredam suara, kalo muffler kita std gak perlu pake resonator tambahan (kalo saya sih yah)

Sebetulnya buat mesin Diesel teorinya intake dan exhaust selancar mungkin, apalagi Turbo VGT butuh pasokan udara yg besar, tapi konon pernah ada yg test katanya Dakar pake KnN malah turun HP nya ??

Well, kalo saya sih utk Diesel tetap lebih pilih free flow air filter, more air means more power and lower EGT.

Exhaust juga dibuat selancar mungkin.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: 1. Kalo ecu shop, posisi pemasangan ecu diletakkan dimana ? Soalnya kalo servis ke beres mo saya cabut, apakah cabut pasang begini perlu ada prosedur ? Dan kalo kita cabut-pasang perlu disetting ulang ?

2. Perlukah dilakukan port and polish ?
1. Maksudnya type yg Cube / Junio Mk3 atau MonsterMax ?? Kalo Cube bisa dilepas dari soketnya trus pasang donggle, saat servis di BeRes gak akan ketahuan......he he

Cube dimensi-nya kecil, bisa diumpetin di laci / pasang di bwh dasbor.

2. Gak perlu. Tapi kalo ada waktu yah boleh2 aja sih kalo mau poles ujung2 pipa masuk Intercooler dibuat lebih rounding.

Yg lebih perlu dilakukan = menutup EGR (Kecuali kalo isi DEX terus 100%.......ha ha)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by poeticmind »

Turboman wrote:
Aj-blackPSD wrote:Tq om poeticmind
Om kaos oblong, salam kenal, bantuin om turbo jawab sedikit ya.
Berdasarkan pembahasan dari part 1 -3, downpipe bisa coba tanya di saki, gunung sahari. Kemarin sempet tlp kesana nanya buat dakar juga, downpipe buat dakar sudah ada, ada 3 bagian dan salah satunya namanya resonator.. Om turbo, resonator itu untuk apa ya?.
Kalo masalah cabut mencabut ecu...musti nanya ke suhu2 disini.
wah bagus kalo udah ada downpipe buat Dakar, semoga aja disainnya jgn spt yg Exceed dimana di sambungannya ada bagian yg mengecil.

Resonator tambahan hanya diperlukan jika main muffler kita ganti yg free flow / semi free flow, utk lebih meredam suara, kalo muffler kita std gak perlu pake resonator tambahan (kalo saya sih yah)

Sebetulnya buat mesin Diesel teorinya intake dan exhaust selancar mungkin, apalagi Turbo VGT butuh pasokan udara yg besar, tapi konon pernah ada yg test katanya Dakar pake KnN malah turun HP nya ??

Well, kalo saya sih utk Diesel tetap lebih pilih free flow air filter, more air means more power and lower EGT.

Exhaust juga dibuat selancar mungkin.
free flow? which one nih...? open air maksudnya?

sy coba knn replacement di dakar ga masalah, ada peningkatan tapi ga begitu besar... nah, andai jenis diesel begini dikasih open air, kira2 rekomen ga nih?
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

poeticmind wrote: free flow? which one nih...? open air maksudnya?

sy coba knn replacement di dakar ga masalah, ada peningkatan tapi ga begitu besar... nah, andai jenis diesel begini dikasih open air, kira2 rekomen ga nih?
Yg model cartridge aja laa......open air mah suaranya berisik ntar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by poeticmind »

oh oke... thanks.
Image
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: 1. Kalo ecu shop, posisi pemasangan ecu diletakkan dimana ? Soalnya kalo servis ke beres mo saya cabut, apakah cabut pasang begini perlu ada prosedur ? Dan kalo kita cabut-pasang perlu disetting ulang ?

2. Perlukah dilakukan port and polish ?
1. Maksudnya type yg Cube / Junio Mk3 atau MonsterMax ?? Kalo Cube bisa dilepas dari soketnya trus pasang donggle, saat servis di BeRes gak akan ketahuan......he he

Cube dimensi-nya kecil, bisa diumpetin di laci / pasang di bwh dasbor.

2. Gak perlu. Tapi kalo ada waktu yah boleh2 aja sih kalo mau poles ujung2 pipa masuk Intercooler dibuat lebih rounding.

Yg lebih perlu dilakukan = menutup EGR (Kecuali kalo isi DEX terus 100%.......ha ha)
1. Yang 3.5jt (itu cube ya ?), Kalo lepas-pasang gak perlu disetting ulang ya ?

2. Jadi Port and Polish tidak begitu berpengaruh (memberikan peningkatan yg signifikan) pada Dakar ? Atau ada pertimbangan lain ?

Benarkah kalo pasang K&N malah ngempos ? Jadi DP + ecu-shop Cube aja sdh cukup ?
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Aj-blackPSD wrote:Tq om poeticmind
Om kaos oblong, salam kenal, bantuin om turbo jawab sedikit ya.
Berdasarkan pembahasan dari part 1 -3, downpipe bisa coba tanya di saki, gunung sahari. Kemarin sempet tlp kesana nanya buat dakar juga, downpipe buat dakar sudah ada, ada 3 bagian dan salah satunya namanya resonator.. Om turbo, resonator itu untuk apa ya?.
Kalo masalah cabut mencabut ecu...musti nanya ke suhu2 disini.
TQ om AJ.

Ntar saya coba telpon tanya2 ke SAKI.

Dulu pernah baca ada yang bikin Down Pipe di Budi knalpot juga, compare to Saki which one is better ? Quality build and output ?
Atau ada rekomen yang lain ?
Kalo bikinan CK motorsport gimana ? Ada yang sdh pernah pake ?

Lebih baik pake yang 2,5" atau 3,0" untuk DP ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: 1. Yang 3.5jt (itu cube ya ?), 2. Kalo lepas-pasang gak perlu disetting ulang ya ?

3.. Jadi Port and Polish tidak begitu berpengaruh (memberikan peningkatan yg signifikan) pada Dakar ? Atau ada pertimbangan lain ?

4. Benarkah kalo pasang K&N malah ngempos ? Jadi DP + ecu-shop Cube aja sdh cukup ?
1. Ya

2. gak perlu

3. Pengaruh pasti ada, tapi utk mesin TurboDiesel masih banyak sektor lain yg bisa digarap tanpa harus garap bagian internal mesin, spt misalnya mainkan boost VGT dgn si Cube.

Kalo Port Polish kan biasanya utk mesin non Turbo, dimana harus mengejar efektivitas volumetrik semaksimal mungkin, nah kalo dah ada Turbo ya cukup mainkan saja kinerja boost-nya.

4. Pernah dengar begitu, tapi sy pribadi gak percaya since mesin TurboDiesel dgn VGT itu hisapan udara-nya kencang sekali. Percobaan di Everest TDCi dgn KnN + AAI Pre Turbo terbukti membuat kurva Torsi @RPM rendah lebih berisi. Maka ya semestinya di Dakar juga.

cara paling akurat : ukur EGT nya antara air filter std vs free flow (KnN / JFC, etc.)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: 1. Yang 3.5jt (itu cube ya ?), 2. Kalo lepas-pasang gak perlu disetting ulang ya ?

3.. Jadi Port and Polish tidak begitu berpengaruh (memberikan peningkatan yg signifikan) pada Dakar ? Atau ada pertimbangan lain ?

4. Benarkah kalo pasang K&N malah ngempos ? Jadi DP + ecu-shop Cube aja sdh cukup ?
1. Ya

2. gak perlu

3. Pengaruh pasti ada, tapi utk mesin TurboDiesel masih banyak sektor lain yg bisa digarap tanpa harus garap bagian internal mesin, spt misalnya mainkan boost VGT dgn si Cube.

Kalo Port Polish kan biasanya utk mesin non Turbo, dimana harus mengejar efektivitas volumetrik semaksimal mungkin, nah kalo dah ada Turbo ya cukup mainkan saja kinerja boost-nya.

4. Pernah dengar begitu, tapi sy pribadi gak percaya since mesin TurboDiesel dgn VGT itu hisapan udara-nya kencang sekali. Percobaan di Everest TDCi dgn KnN + AAI Pre Turbo terbukti membuat kurva Torsi @RPM rendah lebih berisi. Maka ya semestinya di Dakar juga.

cara paling akurat : ukur EGT nya antara air filter std vs free flow (KnN / JFC, etc.)
1,2,3. Ok, got it.
4. berarti harus dicoba dulu ya ?

Trus untuk DP, ada rekomen mana yang rekomended ? Saki, Budi knalpot, CK ? Dan diameter yg cocok untuk bersanding dengan Cube ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: Trus untuk DP, ada rekomen mana yang rekomended ? Saki, Budi knalpot, CK ? Dan diameter yg cocok untuk bersanding dengan Cube ?
Kalo utk Dakar mending ditanya dulu apakah sudah pada buat / belum.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: Trus untuk DP, ada rekomen mana yang rekomended ? Saki, Budi knalpot, CK ? Dan diameter yg cocok untuk bersanding dengan Cube ?
Kalo utk Dakar mending ditanya dulu apakah sudah pada buat / belum.
Sudah tanya Saki dan CK, katanya mereka sdh ada produk untuk Dakar, dan produknya memang beda dari Exceed.

Apakah teman-teman yang pake Dakar sudah ada yang ganti DP ? Pake buatan siapa ? Boleh minta info performance setelah dipake ?
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

kaos_oblong wrote:
Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: Trus untuk DP, ada rekomen mana yang rekomended ? Saki, Budi knalpot, CK ? Dan diameter yg cocok untuk bersanding dengan Cube ?
Kalo utk Dakar mending ditanya dulu apakah sudah pada buat / belum.
Sudah tanya Saki dan CK, katanya mereka sdh ada produk untuk Dakar, dan produknya memang beda dari Exceed.

Apakah teman-teman yang pake Dakar sudah ada yang ganti DP ? Pake buatan siapa ? Boleh minta info performance setelah dipake ?
Blom bisa kasih testimoni neh om kaos oblong..pajero dakarnya blom datang..
Aj-blackPSD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jun 22, 2012 13:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Aj-blackPSD »

Turboman wrote:
Aj-blackPSD wrote:Tq om poeticmind
Om kaos oblong, salam kenal, bantuin om turbo jawab sedikit ya.
Berdasarkan pembahasan dari part 1 -3, downpipe bisa coba tanya di saki, gunung sahari. Kemarin sempet tlp kesana nanya buat dakar juga, downpipe buat dakar sudah ada, ada 3 bagian dan salah satunya namanya resonator.. Om turbo, resonator itu untuk apa ya?.
Kalo masalah cabut mencabut ecu...musti nanya ke suhu2 disini.
wah bagus kalo udah ada downpipe buat Dakar, semoga aja disainnya jgn spt yg Exceed dimana di sambungannya ada bagian yg mengecil.

Resonator tambahan hanya diperlukan jika main muffler kita ganti yg free flow / semi free flow, utk lebih meredam suara, kalo muffler kita std gak perlu pake resonator tambahan (kalo saya sih yah)

Sebetulnya buat mesin Diesel teorinya intake dan exhaust selancar mungkin, apalagi Turbo VGT butuh pasokan udara yg besar, tapi konon pernah ada yg test katanya Dakar pake KnN malah turun HP nya ??

Well, kalo saya sih utk Diesel tetap lebih pilih free flow air filter, more air means more power and lower EGT.

Exhaust juga dibuat selancar mungkin.


Om turbo... Main muffler apakah sebaiknya diganti? Kemaren nanya sama salesnya katanya uda dapat muffler.. Yg dmaksud main muffler itu apakah beda sama muffler dari pabrikan...gunanya ganti main muffler apa om? Sorry banyak nanya.. Tq om turbo.. Btw mau nanya yang soal double filter solar bagaimana om?

Thanks before
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

om Turbo,

Mo minta saran, Q8 untuk diesel khan ada 2 macam produk, Excel (fully synth) 5W-40 dan Advance (Synth blend) 10W-40.

Untuk pemakaian dengan durasi penggantian oli setiap 5000km, worthed yang Excel atau Advance ?

Lagi ada discount, sedang mempertimbangkan beli untuk stok 3 atau 4 kali penggantian.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Aj-blackPSD wrote: 1. Main muffler apakah sebaiknya diganti?

2. Kemaren nanya sama salesnya katanya uda dapat muffler.. Yg dmaksud main muffler itu apakah beda sama muffler dari pabrikan...gunanya ganti main muffler apa om? Sorry banyak nanya.. Tq om turbo..

3. Btw mau nanya yang soal double filter solar bagaimana om?
1. Kalo diganti yg free flow akan lebih oke utk performa, tapi suara jadi nge-bass banget

2. Yah dilihat aja

3. Kalo utk Jkt sih gak perlu, yg penting filter solar genuine. Kalo utk di daerah perlu.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote:om Turbo,

Mo minta saran, Q8 untuk diesel khan ada 2 macam produk, Excel (fully synth) 5W-40 dan Advance (Synth blend) 10W-40.

Untuk pemakaian dengan durasi penggantian oli setiap 5000km, worthed yang Excel atau Advance ?

Lagi ada discount, sedang mempertimbangkan beli untuk stok 3 atau 4 kali penggantian.
Kenapa ganti 5000 Km ?

Advance Diesel itu bisa pakai sampai 7500 Km, Excel Diesel bisa sampe 8500 - 9000 Km, asal gak lewat 10 bulan.

Yg penting filter oli yg bagus.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:om Turbo,

Mo minta saran, Q8 untuk diesel khan ada 2 macam produk, Excel (fully synth) 5W-40 dan Advance (Synth blend) 10W-40.

Untuk pemakaian dengan durasi penggantian oli setiap 5000km, worthed yang Excel atau Advance ?

Lagi ada discount, sedang mempertimbangkan beli untuk stok 3 atau 4 kali penggantian.
1. Kenapa ganti 5000 Km ?

2. Advance Diesel itu bisa pakai sampai 7500 Km, Excel Diesel bisa sampe 8500 - 9000 Km, asal gak lewat 10 bulan.

Yg penting filter oli yg bagus.
1. Hanya kebiasaan aja, tiap 5000km ganti oli, 10.000km ganti oli + filter oli :mky_01:

2. Kalo Excel dipake sampe 10.000km boleh ? Berarti kebiasaan ganti oli di extend jadi setiap 10.000km sekalian sama filternya.

Filter oli selalu pake yang original. :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: Kalo Excel dipake sampe 10.000km boleh ? Berarti kebiasaan ganti oli di extend jadi setiap 10.000km sekalian sama filternya.

Filter oli selalu pake yang original. :big_smoking:
Excel bisa dipake sampe 10.000 Km asal gak lewat dr 10 bulan, hanya saja biasanya after 8000 Km performa mulai agak drop, tapi oli masih layak pakai

Kalo kinerja oli mau lebih stabil = EGR ditutup.

Btw kalo kita ganti oli dah di atas 7000 Km sebaiknya filter oli sekalian ganti juga

kalo filter oli pakai yg L300 punya gpp.
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by MitshuToyo »

Maaf nyela, mau tanya Pak Turbo ;
Saya pake 5W-40 full synth untuk oli Mesin (Bukan PS yah.. )
Jarang buanget kepake. Mungkin setahun hanya 1500-2500 km max.
apakah saya harus ganti tiap 10 bulan ? or bisa diperpanjang sampai 12 bulan or longer.. ?

Untuk oli transmisi matik apakah harus mengikuti 10 bulan ? (standarnya kan 30-40 rb km menurut beres..)

Thanks in advance.. :frm_salut:
Lagi nginjek rem..