BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Mon Jun 27, 2011 15:49
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Pa khabar om teunget....
Blazerian medan sekitarnya dah punya rencana buat bentuk BIC chapter sumut.
Dah beberapa kali ngumpul buat matangin rencananya.
Tgl 24 mei ini rencana touring perdana ke kisaran dalam rangka arisan.
Sekali2 bolehlah blazerian aceh ma sumut kumbar di medan. Gmn menurut om teunget....
Blazerian medan sekitarnya dah punya rencana buat bentuk BIC chapter sumut.
Dah beberapa kali ngumpul buat matangin rencananya.
Tgl 24 mei ini rencana touring perdana ke kisaran dalam rangka arisan.
Sekali2 bolehlah blazerian aceh ma sumut kumbar di medan. Gmn menurut om teunget....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
- Location: Banda Aceh
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
sejak black jadul goes to borneo dan gak balek2 lagi......jadinya males dandan om, gak seru.....gak ada saingan, hahahahaha.......kabar2nya sih sdg bangun white jadul ya om? tongolin di sini dunks......frandika wrote:isi absen dolo ahh.. beneran mulai sepi nih..
nungguin yg hobi narcisin kebo (om teunget) kok belum pamer dimarih seh
![]()
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
- Location: Banda Aceh
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
baek om....sehat wal'afiat nih, menarik juga tantangannya om.....coba agak2 jauh2 hari kabar2i rencana nongkrongnya om, biar ku kabari rekan2 di aceh, biar bisa bikin persiapan klo memang bbrp personil tertarik.....itung2 liburan keluarga ke medan lah. tapiiiii......dengar2 pihak "berwenang" juga sdg rajin2nya nungguin mobil berplat BL "nyasar" ke sumut ya om? itu juga salah satu pertimbangan yg bikin males om......padahal kopdar pertama medan tempo hari kita ada rencana bbrp personi dari banda aceh, trus kemungkinan dari aceh timur dan aceh tamiang bergabung menuju medan, tapi selain kesibukan juga mikirin nopol plat BL sdg jadi incaran di sana.....wiera wrote:Pa khabar om teunget....
Blazerian medan sekitarnya dah punya rencana buat bentuk BIC chapter sumut.
Dah beberapa kali ngumpul buat matangin rencananya.
Tgl 24 mei ini rencana touring perdana ke kisaran dalam rangka arisan.
Sekali2 bolehlah blazerian aceh ma sumut kumbar di medan. Gmn menurut om teunget....

We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Fri May 16, 2008 13:29
- Location: Bogor
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Kok sepi banget nih?
Ramein aaah, ini foto si blesi sama white jadoel pas acara rafting di Bogor bulan kemarin (udah basi
)

Berhubung si mbro Frandika lagi macul di sumatera, jadi ga nongol2 foto bleser barunya.. Mending ane tongolin foto si white jadul aaah:


Ramein aaah, ini foto si blesi sama white jadoel pas acara rafting di Bogor bulan kemarin (udah basi


Berhubung si mbro Frandika lagi macul di sumatera, jadi ga nongol2 foto bleser barunya.. Mending ane tongolin foto si white jadul aaah:

| BIC # 714 |
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
wah ada dimarih juga akhirnya white reborn

jadi kangen njokiin hehe.. sementara (apa sementaun ya?) si kebo nganggur deh, di cangkulan nge-Dcab dolo ajah hahahaa...

-------#BIC-701#--------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
inget blazer dohc LT ane yang dulu tahun 2000. Udah dijual. Sejak baru selalu memakai coolant. Tapi terakhir , saat betulin pangkon exhaus manipol yang bocor , harus membuka kepala silinder.
Mau nggak mau sekalian ane ganti packing kop silinder.
Yang ane agak heran , packingnya kok berkarat dan kemakan ya?? terus terlihat tipis jarak antara waterjacket dengan silinder pistonnya. Jadi rentan bocor. CMIIW.
Mungkin karena tekanan coolant yang terlalu besar ya??
Karena saya lihat systemnya nggak seperti mobil jepang yang memiliki jalur bypass, disaat tekanan tertentu , misal 1atm = 1,01 bar = 14,5 psi , maka tutup radiator membuka sehingga tekanan mengalir ke reservoir yang berhubungan langsung dengan udara terbuka. Jadi tekanan di dalam water jacket terjaga 1 atm. Ini yang menjadi masalah umum pada mobil eropa.
Kalao menurut ane , permasalahan blazer ada pada pendinginan mesin. Rentan bocor dan overheat. Selama nggak ada masalah di radiator dan kebocornanya , saya rasa nggak ada masalah pada mesin.
Saran ane coba setting suhu coolant sedikit dibawah suhu setingan pabrikan , yaitu 100 derajat lebih. Misal di suhu 85 derajat celcius.
Caranya:
1. membuat kedua kipas ac dan radiator menyala bersamaan saat ac on. Caranya bendeng konektor deket tabung dryer ac yang gedhenya segaban itu. Efeknya suhu justru over cool. yaitu sekitar 70 derajat konstan.
Bagi keawetan mesin baik. tapi utk konsumsi bbm lebih boros.
2. buat rangkaian elektronik yang membuat kedua kipas menyala saat suhu sedikit diatas 85 derajat celcius. dan kipas radiator mati saat sedikit dibawah 85 derajat celcius.
Rangkaiannya sederhana. kakak ane pernah membuat rangkaian elektronika untuk pengganti termostat corolla twincam yang rusak. Saat suhu tinggi ada sensor termostat yang menghidupkan kipas radiator. seharga rp 300 ribu.
Tapi rangkaian elektroniknya hanya seharga 30 ribu doang. cukup mumpuni. dan potensionya mudah di stel untuk menghidupkan kipas pada suhu yg dikehendaki.sampai saat ini udah 15 tahun nggak ada problem.
Cuma karena blazer ane jual , keinginan menggunakan rangkaian itu udah pupus.
Ane yakin ada master2 blazer disini yang memiliki rangkaian seperti itu....bisa di sharing
Mau nggak mau sekalian ane ganti packing kop silinder.
Yang ane agak heran , packingnya kok berkarat dan kemakan ya?? terus terlihat tipis jarak antara waterjacket dengan silinder pistonnya. Jadi rentan bocor. CMIIW.
Mungkin karena tekanan coolant yang terlalu besar ya??
Karena saya lihat systemnya nggak seperti mobil jepang yang memiliki jalur bypass, disaat tekanan tertentu , misal 1atm = 1,01 bar = 14,5 psi , maka tutup radiator membuka sehingga tekanan mengalir ke reservoir yang berhubungan langsung dengan udara terbuka. Jadi tekanan di dalam water jacket terjaga 1 atm. Ini yang menjadi masalah umum pada mobil eropa.
Kalao menurut ane , permasalahan blazer ada pada pendinginan mesin. Rentan bocor dan overheat. Selama nggak ada masalah di radiator dan kebocornanya , saya rasa nggak ada masalah pada mesin.
Saran ane coba setting suhu coolant sedikit dibawah suhu setingan pabrikan , yaitu 100 derajat lebih. Misal di suhu 85 derajat celcius.
Caranya:
1. membuat kedua kipas ac dan radiator menyala bersamaan saat ac on. Caranya bendeng konektor deket tabung dryer ac yang gedhenya segaban itu. Efeknya suhu justru over cool. yaitu sekitar 70 derajat konstan.
Bagi keawetan mesin baik. tapi utk konsumsi bbm lebih boros.
2. buat rangkaian elektronik yang membuat kedua kipas menyala saat suhu sedikit diatas 85 derajat celcius. dan kipas radiator mati saat sedikit dibawah 85 derajat celcius.
Rangkaiannya sederhana. kakak ane pernah membuat rangkaian elektronika untuk pengganti termostat corolla twincam yang rusak. Saat suhu tinggi ada sensor termostat yang menghidupkan kipas radiator. seharga rp 300 ribu.
Tapi rangkaian elektroniknya hanya seharga 30 ribu doang. cukup mumpuni. dan potensionya mudah di stel untuk menghidupkan kipas pada suhu yg dikehendaki.sampai saat ini udah 15 tahun nggak ada problem.
Cuma karena blazer ane jual , keinginan menggunakan rangkaian itu udah pupus.
Ane yakin ada master2 blazer disini yang memiliki rangkaian seperti itu....bisa di sharing
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jun 13, 2012 7:25
- Location: Tuban, Jawa Timur
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Salam agan-agan semuanya.. Saya newbie disini.. DAri Tuban, Jawa Timur. 3 kali pake opel, Opel Optima tahun 1995. lalu Blazer DOHC taun 97. saya pake Tuban - Semarang PP, begitu nyampe Tuban bunyi klathak-klatahak dari mesin, lalu mogok. Setelah dibongkar meisn, Pistonnya hancur. Ganti habis 6 jutaan. Setelah beres, saya jual. Sekarang ganti Blazer Montera tahun 2000. (maklum udah cinta mati ama Kebo, hehehehe) Mohon petunjuknya dari suhu-suhu disini untuk perawatannya biar nggak terulang masalah kebo yang pertama..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Salam kenal ya gan..hehe.. wah pengalaman ber-opel nya sudah banyak tuh.. perihal perawatan si kebo menurut saya yg newbie, jika baru saja dibeli itu Montera 2000 mendingan dilakukan general check up biar ketauan kondisinya, kalo perlu sekalian turun mesin separoh deh biar mesin kembali segerrrr, nah berikutnya tinggal rajin tune up ajahLie wrote:Salam agan-agan semuanya.. Saya newbie disini.. DAri Tuban, Jawa Timur. 3 kali pake opel, Opel Optima tahun 1995. lalu Blazer DOHC taun 97. saya pake Tuban - Semarang PP, begitu nyampe Tuban bunyi klathak-klatahak dari mesin, lalu mogok. Setelah dibongkar meisn, Pistonnya hancur. Ganti habis 6 jutaan. Setelah beres, saya jual. Sekarang ganti Blazer Montera tahun 2000. (maklum udah cinta mati ama Kebo, hehehehe) Mohon petunjuknya dari suhu-suhu disini untuk perawatannya biar nggak terulang masalah kebo yang pertama..

Maap saran newbie yg std ini, daripada daripada tembak langsung jurus narcis (nglirik om teunget yg ilang dr peredaran)


-------#BIC-701#--------
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
sekedar info : kapan itu bro Mizi mau test Norival Gold pada kebo-nya.. kita tunggu gimana hasilnya....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Lamlekum
bro teunget, panembahan cilacap, bro frandika, jek mizi, bro abdusy apa khabar ?
Salutr ki tumiz buat bro sekalian tetap jaga forum ini.
Teringat waktu part 1 & 2 dulu, blackberry dan facebook belom merajarela kaya sekarang.
Jadi bisa kirim kompor kesini foto foto kebo dan touring.
Lae uch dan kong sate, 2 dukun awal forum ini jarang nongol juga ya?
Wah kudu dikasih SP dan seret mereka lagi kesini dari milis bic...
Silahkan om teunget dimainkan cara nyeret mereka berdua...hihihihi
bro teunget, panembahan cilacap, bro frandika, jek mizi, bro abdusy apa khabar ?
Salutr ki tumiz buat bro sekalian tetap jaga forum ini.
Teringat waktu part 1 & 2 dulu, blackberry dan facebook belom merajarela kaya sekarang.
Jadi bisa kirim kompor kesini foto foto kebo dan touring.
Lae uch dan kong sate, 2 dukun awal forum ini jarang nongol juga ya?
Wah kudu dikasih SP dan seret mereka lagi kesini dari milis bic...
Silahkan om teunget dimainkan cara nyeret mereka berdua...hihihihi
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Apr 25, 2012 10:23
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
posting kedua di forum ini, setelah saya dan istri memutuskan mengadopsi kebo sebagai kendaraan keluarga.
Salam kenal dan mohon bimbingannya saudara2 disini, di milist, atau kalau kebetulan ketemu di bengkel dan jalan.
minggu lalu kami memutuskan mengadopsi kebo. awalnya memang nekat ambil jenis kendaraan blazer ini, karena tampangnya gagah hehe.. lagipula budget cuma mengijinkan segitu, jadi kendaraan yang cocok dihati ya hanya blazer ini.
Baru beberapa hari sudah muncul cobaan2, pertama terdengar bunyi "ngiikk" kalo nginjak polisi tidur dan pematang sawah, ternyata kaki belakang kebo bushingnya udah habis. Per bergesekan dengan besi, jadi bunyi.
Yang kedua, mesin kasar.. belum dicek menyeluruh, mgkin awal bulan depan.. duh ini PR bakal berat sepertinya. Yg kecil2 dicicil sedikit2, seperti lampu rem mati, klakson mati, dll... lho kok banyak? itu belum semuanya, Om.
Yang ketiga.. tiba2 mogok!! ..
dan seperti sudah sering dibilang di forum ini, permasalahannya adalah supply bahan bakar kurang lancar alias pompa bensin mati. Gejalanya adalah, ga ada gejalaa... tiba tiba mati. Tanpa ada bunyi dengung di dekat ban belakang. Terpaksa si kebo jajan sebelum penggembalanya siap jajan.
mohon bimbingannya
Salam kenal dan mohon bimbingannya saudara2 disini, di milist, atau kalau kebetulan ketemu di bengkel dan jalan.
minggu lalu kami memutuskan mengadopsi kebo. awalnya memang nekat ambil jenis kendaraan blazer ini, karena tampangnya gagah hehe.. lagipula budget cuma mengijinkan segitu, jadi kendaraan yang cocok dihati ya hanya blazer ini.
Baru beberapa hari sudah muncul cobaan2, pertama terdengar bunyi "ngiikk" kalo nginjak polisi tidur dan pematang sawah, ternyata kaki belakang kebo bushingnya udah habis. Per bergesekan dengan besi, jadi bunyi.
Yang kedua, mesin kasar.. belum dicek menyeluruh, mgkin awal bulan depan.. duh ini PR bakal berat sepertinya. Yg kecil2 dicicil sedikit2, seperti lampu rem mati, klakson mati, dll... lho kok banyak? itu belum semuanya, Om.
Yang ketiga.. tiba2 mogok!! ..
dan seperti sudah sering dibilang di forum ini, permasalahannya adalah supply bahan bakar kurang lancar alias pompa bensin mati. Gejalanya adalah, ga ada gejalaa... tiba tiba mati. Tanpa ada bunyi dengung di dekat ban belakang. Terpaksa si kebo jajan sebelum penggembalanya siap jajan.
mohon bimbingannya

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
The Second Coming.................


6 speed Automatic.....ESC / TRC / CBC / HBA / PBA....


6 speed Automatic.....ESC / TRC / CBC / HBA / PBA....

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
pusiingng... ngga ngarti semuaa....Turboman wrote:-cut-
6 speed Automatic.....ESC / TRC / CBC / HBA / PBA....


Balik ngelus2 mobil jadul aja ah...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
El Stability controlVanzMatic wrote:pusiingng... ngga ngarti semuaa....Turboman wrote:-cut-
6 speed Automatic.....ESC / TRC / CBC / HBA / PBA....![]()
![]()
Traction Control
Conering Brake Control
Hydraulic Brake Assist
Panic Brake assist
Yg PBA mungkin kalo kita panic braking maka lampu hazard nyala sebentar scr otomatis
Btw utk mobil besar 2 Ton gini dgn fitur2 kontrol elektronik utk mengatur kestabilan dan pengereman harusnya mmg dibutuhkan, mengingat yg mesin 2.8 itu Torsinya 470 Nm dlm kondisi std. !!
Th. 2011 sempat test drive 42ner TRD Sportivo 3.0 D4 D 4X4 AWD dgn VSC itu aja dibawa slalom dah enak bener, serasa bawa mobil compact
Then si 2.8 LTZ1 4X4 ini sih mestinya minimal kinerjanya sama..........cuman yg kita masih belom tahu gimana karakter shock dan per-nya
Di Thailand all new TrailBlazer dijual mulai dr 1,06 jt baht - 1,489 jt baht (variant terendah - tertinggi), mirip-lah harganya sama variant2 Fortuner di sana.
Btw yg ane kurang sreg dr sisi mesin : posisi oil filternya persis di bawah saluran intake pre-Turbo, jadi kalo kita ganti cartridge oil filter hrs copot saluran inatke pre Turbo dulu

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
hari ini baru tau, om Mizi kapan itu jatoh pas naik motor, kakinya patah... moga diberi speedy recovery...
(moga bukan karna power motornya makin ganas setelah pake aditif minyak urut)...
(moga bukan karna power motornya makin ganas setelah pake aditif minyak urut)...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Disainnya ada mirip si F..........r ??






* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Moga moga aja GMI ke depannya bisa semakin meningkatkan professionalisme spt TAM dan Auto 2000 dan jangan sampai mengulang kesalahan yg pernah terjadi thd produk2 GM yang sebelum2-nya.
Dah punya produk hebat & keren kayak gini yah asal harga bersahabat, parts mudah dan BeRes banyak, sales cukup tunggu orang2 datang pada nge-SPK aja lah
TAM dan KTB siap2 mimpi buruk dah.......




Dah punya produk hebat & keren kayak gini yah asal harga bersahabat, parts mudah dan BeRes banyak, sales cukup tunggu orang2 datang pada nge-SPK aja lah
TAM dan KTB siap2 mimpi buruk dah.......




* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Tue Mar 16, 2010 10:05
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
^
^
^
darti depan kok tampangnya mirip terios/rush ya...
^
^
darti depan kok tampangnya mirip terios/rush ya...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Halo halo, ini nampaknya request darurat nih butuh advis in advance nih, kasian kok sesepuh penggembala blom ada yang turun gunung kasih pencerahan?
Maaf rewel..
Maaf rewel..

limasembilan wrote:posting kedua di forum ini, setelah saya dan istri memutuskan mengadopsi kebo sebagai kendaraan keluarga.
Salam kenal dan mohon bimbingannya saudara2 disini, di milist, atau kalau kebetulan ketemu di bengkel dan jalan.
minggu lalu kami memutuskan mengadopsi kebo. awalnya memang nekat ambil jenis kendaraan blazer ini, karena tampangnya gagah hehe.. lagipula budget cuma mengijinkan segitu, jadi kendaraan yang cocok dihati ya hanya blazer ini.
Baru beberapa hari sudah muncul cobaan2, pertama terdengar bunyi "ngiikk" kalo nginjak polisi tidur dan pematang sawah, ternyata kaki belakang kebo bushingnya udah habis. Per bergesekan dengan besi, jadi bunyi.
Yang kedua, mesin kasar.. belum dicek menyeluruh, mgkin awal bulan depan.. duh ini PR bakal berat sepertinya. Yg kecil2 dicicil sedikit2, seperti lampu rem mati, klakson mati, dll... lho kok banyak? itu belum semuanya, Om.
Yang ketiga.. tiba2 mogok!! ..
dan seperti sudah sering dibilang di forum ini, permasalahannya adalah supply bahan bakar kurang lancar alias pompa bensin mati. Gejalanya adalah, ga ada gejalaa... tiba tiba mati. Tanpa ada bunyi dengung di dekat ban belakang. Terpaksa si kebo jajan sebelum penggembalanya siap jajan.
mohon bimbingannya
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
YoiAripndut wrote:^
^
^
darti depan kok tampangnya mirip terios/rush ya...
Lampu belakangnya kalo dr samping malah sekilas mengingatkan kpd Santa Fe.....ha ha ha
Konon IIMS besok barangnya sdh bisa dilihat
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
izin sedikit urun rembuglimasembilan wrote: 1. Baru beberapa hari sudah muncul cobaan2, pertama terdengar bunyi "ngiikk" kalo nginjak polisi tidur dan pematang sawah, ternyata kaki belakang kebo bushingnya udah habis. Per bergesekan dengan besi, jadi bunyi.
2. Yang kedua, mesin kasar.. belum dicek menyeluruh, mgkin awal bulan depan.. duh ini PR bakal berat sepertinya.
3. Yg kecil2 dicicil sedikit2, seperti lampu rem mati, klakson mati, dll... lho kok banyak? itu belum semuanya, Om.
4. Yang ketiga.. tiba2 mogok!! ..
dan seperti sudah sering dibilang di forum ini, permasalahannya adalah supply bahan bakar kurang lancar alias pompa bensin mati. Gejalanya adalah, ga ada gejalaa... tiba tiba mati. Tanpa ada bunyi dengung di dekat ban belakang. Terpaksa si kebo jajan sebelum penggembalanya siap jajan.
1. Bawa ke bengkel spesialis per daun, kasih teflon di bilah per-nya atau pasang kancing plastik yg baru. Di fatmawaty dulu ada namanya Cahaya kl ga salah. Kalo ganti bushing anting per sih gak mahal.
2. Cek celah katup, bearing2 daerah puli
3. Buat kelistrikan ada ahli kelistrikan mobil yg jago, kerjanya perfeksionis dan alat lengkap, di Puri Agung cengkareng, namanya Hengky (A Chien) call aja di 0819 05686669
kebetulan beliau juga pernah beberapa kali menangani kelistrikan Opel Blazer.
4. Cek sikring dan relay utk EFP, juga filter bensinnya. Nah buat cek kondisi sikring en relay ke jalur EFP boleh call si A Chien, dia alat ukur lengkap, Tang AVO meter ada, bisa di trace.
Last edited by Turboman on Tue Jun 26, 2012 8:32, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04
Sekedar urun rembug aja
Kadang bila kita menebus mobil 2nd dimana kita gak paham pemilik dulunya atau mobil tsb sudah posisi tangan ke 3, sering kita menemui kondisi perkabelan yang udah kacak-kadut, kabel tambal sulam / potong sambung hanya dgn dibungkus selotip, pasang relay lampu / klakson abal2, akhirnya setelah sekian lama jadilah masalah.
Maka itu sebelum membeli perlu dilihat dengan seksama, jika faktor lain semua sudah sreg tetapi perkabelan ada yg pernah dikutak katik then siapkan dana utk merapikan kembali kabel2 ke tukang kelistrikan yg ahli, sambungan2 dgn sistem selotip diperbaiki dgn sistem soket berjaket atau solder + shrinkage tube, relay2 tambahan utk lampu dan klakson yg soket2-nya sudah pada berkarat perlu diganti.
Sistem perkabelan yang "tambal sulam asal jalan" akan menjadi "bom waktu" problema di kemudian hari.
Demikian sharing
*Yang juga miara mobil lain buatan th 2001*
Kadang bila kita menebus mobil 2nd dimana kita gak paham pemilik dulunya atau mobil tsb sudah posisi tangan ke 3, sering kita menemui kondisi perkabelan yang udah kacak-kadut, kabel tambal sulam / potong sambung hanya dgn dibungkus selotip, pasang relay lampu / klakson abal2, akhirnya setelah sekian lama jadilah masalah.
Maka itu sebelum membeli perlu dilihat dengan seksama, jika faktor lain semua sudah sreg tetapi perkabelan ada yg pernah dikutak katik then siapkan dana utk merapikan kembali kabel2 ke tukang kelistrikan yg ahli, sambungan2 dgn sistem selotip diperbaiki dgn sistem soket berjaket atau solder + shrinkage tube, relay2 tambahan utk lampu dan klakson yg soket2-nya sudah pada berkarat perlu diganti.
Sistem perkabelan yang "tambal sulam asal jalan" akan menjadi "bom waktu" problema di kemudian hari.
Demikian sharing
*Yang juga miara mobil lain buatan th 2001*
* Bukan ajakan Beli *