Nanya donk.. AUDI ato BMW?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

City buat di dlm kota ok banget. Malah mungkin lebih enak daripada S4. Lebih kecil, lebih ringan 500 kg, lebih enak buat nyelip2 di lalu lintas kota. Dan yg paling penting, nggak sayang banget kalau kena cacat gara2 nyalip2 saat macet. Kalo nyetir sendiri mobil mewah saat jam kerja sih nggak bakal nikmat, cuman deg-degan terus aja. Ntar dibaret motor, disengol angkot, d samber bus, spion mahal2 ditimpe, etc.
Sebetulnya kalo mau nyalip2 paling enak pake mobil yang ujung kepalanya keliatan. Contohnya adalah mobil2 dulu yg dashboardnya ngga terlalu tinggi dan kepalanya tidak landai, Mitsu Eterna dan Maestro. Itu menurut pengalaman gw loh. Jadi ambil patokan juga pas banget bahkan bisa nyisain beberapa cm aja dengan mobil di depan.

Kalo mobil yg sekarang2 ini rata2 harus pake feeling dan kalo feeling lagi jelek ya bisa2 cium mobil lain deh.

Coba perhatiin yg bawa mobil2 macam Jazz, Swift, Yaris. Rata2 / Kebanyakan pada jauh2 jarak dengan mobil di depannya. Karena sulit mengambil patokan yang pas.

Gw bisa bilang gitu karena gw udah pernah bawa Eterna gw, Maestro temen, Jazz punya grandpa, Carnival gw, Swift dan Yaris temen. Paling asik nyalip2 di kemacetan pake Eterna dan Maestro, sisanya ya pake feeling2 gitu.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Saran saya:

Kalau punya 1 mobil doang: daripada ambil BMW seri 3 atau Audi A4, mending ambil Mercy kelas C, atau Toyota Harrier aja. Lebih kuat resalenya, enak di setir sendiri, dan kalo disupirin enak juga.

Kalau punya lebih dari 1 mobil: ambil mobil praktis, mau Innova, CR-V, Camry, Alphard, dsb. Terus beli mobil sport yg bener2 sport kayak RX-8, EVO, atau 350Z. Baru puas.
I agree with ur suggestion !
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Waktu dibeli S4 masih baru keluar satu tahun, jadi mungkin nggak sematang/se-reliable produksi tahun2 selanjutnya.
Harusnya kalo produknya belom matang ngga boleh dilaunch dulu donk. Kan S4 itu bukan mobil murah ...
Kalau Bung Digitall sempat pergi ke dealer mobil yg jual Audi, BMW, dan Mercy tiga2nya, boleh banding head to head. Pasti jelas A4 tampak lebih rapi dan berkualitas dari seri 3 atau kelas C.
I agree with U. Berdasarkan pengamatan gw interior Audi emang paling rapih dan berkualitas. Kedua BMW seri 3 dan C-Class paling jelek kualitasnya.
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

Kalo loe punya S4 nya di Indo gw bener2 mau coba hehehe ! Kayanya asik juga kalo bawa di tol ! Wuz wuz wuz ... Oya mau nanya, kalo Turbonya S4 ada suara Ccccsssssttttt ngga saat kita shift gear atau saat RPM atas ?
Wah, Mas Digitall, maunya sih punya S4 disini. Iseng2 nanya Audi MT Haryono, S4 dia bisa masukin, 1.3 M, seharga M3 disini. Edan. Gara2 pajak jadi 3X harganya. Tuh pajak entar dipake buat apaan juga kita nggak tahu.

Tapi spt yg saya bilang tadi, Audi memang ngejar luxury. Nggak ada suara turbo spool atau blow off, exhaustnya pun biasa2 aja di rpm tinggi. Nggak asik. Kayaknya designernya salah arah ya. Audi anggap A4 harus sama spt S4. Padahal pembeli S4 dan pembeli A4 itu kan cari pengalaman yg beda, sport bukan luxury.
Harusnya kalo produknya belom matang ngga boleh dilaunch dulu donk. Kan S4 itu bukan mobil murah ...
Waktu itu BMW M3 kan masih absen gara2 seri 3 ganti generasi. Peluang buat Audi dong.
Sebetulnya kalo mau nyalip2 paling enak pake mobil yang ujung kepalanya keliatan. Contohnya adalah mobil2 dulu yg dashboardnya ngga terlalu tinggi dan kepalanya tidak landai, Mitsu Eterna dan Maestro. Itu menurut pengalaman gw loh. Jadi ambil patokan juga pas banget bahkan bisa nyisain beberapa cm aja dengan mobil di depan.
Hehehe, kedengaranya asik ya. Pernah pikir2 tukar City sama Swift buat alasan yg sama. Tapi jok belakang sama bagasinya terlalu nggak praktis. Ada suggestion?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah kalo pajak kita yang rakyat jelata pasti ngak boleh tau diapain pajak yang kita bayar hehehehe,yang pasti bukan buat bangun sarana dan prasarana jalan uheuheuheuhuhe
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Wah, Mas Digitall, maunya sih punya S4 disini. Iseng2 nanya Audi MT Haryono, S4 dia bisa masukin, 1.3 M, seharga M3 disini. Edan. Gara2 pajak jadi 3X harganya. Tuh pajak entar dipake buat apaan juga kita nggak tahu.
hahaha i know lah, tapi loe kan down gradenya ngga kira2 tuh. Kaya turun dari langit ke bumi. Yeah minimal loe pake RX8 lah. Kan OTRnya cuma 499jt. Masih dibawah Evo IX dan S4 tuh !

Emang soal pajak juga gw ngga ngerti, pajaknya 3x tapi ngga tau diapain tuh duitnya. Kan harusnya udah kaya banget ! Hehehe...
Tapi spt yg saya bilang tadi, Audi memang ngejar luxury. Nggak ada suara turbo spool atau blow off, exhaustnya pun biasa2 aja di rpm tinggi. Nggak asik. Kayaknya designernya salah arah ya. Audi anggap A4 harus sama spt S4. Padahal pembeli S4 dan pembeli A4 itu kan cari pengalaman yg beda, sport bukan luxury.
Hiks ... kalo gitu gw ambil Evo IX aja daripada S4 yang sensasi drivingnya biasa2 aja. Harusnya suaranya lebih gahar dan ada blow off ringan atau soft. Kan enak tuh ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Waktu itu BMW M3 kan masih absen gara2 seri 3 ganti generasi. Peluang buat Audi dong.
Hmmm iya sih peluang, tapi kalo demi peluang terus ngorbanin brand image rasanya bukan tindakan yg bijak.

Bisa aja orang banyak yg beli tp masih banyak "bugs"nya, pasti kecewa kan dan mungkin tidak mau pake Audi lagi...

And gimana tuh penjualan Audi S4 di US ? Di US kan dulu ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hehehe, kedengaranya asik ya. Pernah pikir2 tukar City sama Swift buat alasan yg sama. Tapi jok belakang sama bagasinya terlalu nggak praktis. Ada suggestion?
Yah emang sih Swift jok belakang and bagasinya kecil karena kepalanya yg terlalu panjang dibanding rival2nya.

Kalo saran gw lebih baik loe pertahanin dulu aja City-nya, soalnya percuma kalo tuker2 lagi tapi masih di range kelas yg sama. Kecuali loe mau tuker ke kelas yg lebih atas ... langsung gw DUKUNG PENUH hehehe :)
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

hahaha i know lah, tapi loe kan down gradenya ngga kira2 tuh. Kaya turun dari langit ke bumi. Yeah minimal loe pake RX8 lah. Kan OTRnya cuma 499jt. Masih dibawah Evo IX dan S4 tuh !
Hehe. Apa beli 350Z dari Mas Digitall aja? Tapi 350Z, RX8, EVO nyolok banget ya. Masa ngator, belanja pake mobil gituan. Ntar cuman berani pake ke mall aja, hahaha.

Maunya sih A4 2.0 Turbo. Tapi harganya udah dinaikin dari 550jt ke 650jt tuh, nggak value lagi. Enakan 320 baru aja kali yah, apa 330 bekas.

Jadi itulah jawaban Bung Lavinie....Beli BMW aja.

Tapi kalau kelas 500jt yg value banget itu gua pikir2 Toyota Harrier. 3000cc, mulus, muat banyak barang, jok belakang lega, nyetir sendiri ok, disupirin ok, kulit semua (dan kulitnya lebih empuk dari Audi, BMW), resalenya nggak separah BMW, Audi. Minusnya: nyetir nggak sport sama sekali. Tapi toh kalau tinggal di Jkt, berani ugal2an sama mobil sport dimana? Kecuali beli 330 bekas yg harga miring, dan nggak peduli soal baret atau resale, baru nggak sayang itu mobil disetir seperti layaknya sebuah BMW di Jkt.

Maka dari itu, City OK, OK aja kok. Apalagi kalau buat nyetir sendiri di Jkt sehari2. Kalau perlu mobil buat memenuhi selera sport di weekend, ambil RX8 atau EVO buat mobil kedua atau ketiga.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Selain Harrier kenapa bukan Odyssey Absolute? Power 200hp rasanya cukup buat ngebut lawan sports car di tol...

Muat barang sama org juga...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hehe. Apa beli 350Z dari Mas Digitall aja? Tapi 350Z, RX8, EVO nyolok banget ya. Masa ngator, belanja pake mobil gituan. Ntar cuman berani pake ke mall aja, hahaha.
Wah gw ngga jualan Nissan tuh hehehe ... Coba aja ke dealer Nissan terdekat, 350z juga ada yang versi soft-topnya seperti z4. Kalo ngga salah dulu pernah tanya sekitar 880 jutaan. Mahal sekali !

EVO VIII dan IX rasanya ngga nyolok banget. Soalnya bodynya masih sedan 4 pintu. Biasanya yg 2 pintu itu yang nyolok mata.

Kalo di asuransi, ga usah takut bawa kemana2 kan ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Maunya sih A4 2.0 Turbo. Tapi harganya udah dinaikin dari 550jt ke 650jt tuh, nggak value lagi.
Naik 100 jt ? Apa ngga salah tuh ? Alasan apa yg bikin harga naik 100 jt, kan mobilnya juga ngga begitu laku tuh. Rasanya 550 jt juga peminatnya ngga ada apalagi 650 jt ?! Really make me confused.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Selain Harrier kenapa bukan Odyssey Absolute? Power 200hp rasanya cukup buat ngebut lawan sports car di tol...

Muat barang sama org juga...
Lebih baik Grandis ... lebih value gitu loh ... Odys di Indo kemahalan !
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

gw sih lebih milih audi lebih enak dipakenya, trus dilihatnya lebih sporty, perawatann ngga beda2 jauh ama bmw tp audy lebih murah, klo masalah harga jualnya gw rasa mobil eropa hampir semuanya harga jualnya ngga terlalu bagus di indonesia.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

Naik 100 jt ? Apa ngga salah tuh ? Alasan apa yg bikin harga naik 100 jt, kan mobilnya juga ngga begitu laku tuh. Rasanya 550 jt juga peminatnya ngga ada apalagi 650 jt ?! Really make me confused.
Sama spt alasanya Honda Prospect Motor naikin Oddessy biasa di atas harga Oddessey Absolute importir umum, atau Toyota Astra buka harga Fortuner diatas 300jt, sementara di Thailand Fortuner itu nggak jauh lebih mahal dari Innova...cari untung yg nggak wajar.

Haha, payah ya. Padahal Audi itu kan belum sepopuler Honda atau Toyota. Kok lagaknya macem2?

Atau mungkin waktu harga A4 Turbo 550jt, itu disubsidi dealer kayak Ford Focus hatchback, yg sekarang dinaikin ke 260jt?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

dado wrote:gw sih lebih milih audi lebih enak dipakenya, trus dilihatnya lebih sporty, perawatann ngga beda2 jauh ama bmw tp audy lebih murah, klo masalah harga jualnya gw rasa mobil eropa hampir semuanya harga jualnya ngga terlalu bagus di indonesia.
Perawatan Audi lebih murah ... maksudnya ? Kalo spare part kan Audi lebih mahal tuh.

Harga jual emang semuanya termasuk jatuh sekali, tapi paling terjun bebas itu Audi dan BMW. Kalo Mercy jatuh tapi ngga sejatuh kedua brand itu. Jaguar juga terjun bebas.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

s4 wrote:
Naik 100 jt ? Apa ngga salah tuh ? Alasan apa yg bikin harga naik 100 jt, kan mobilnya juga ngga begitu laku tuh. Rasanya 550 jt juga peminatnya ngga ada apalagi 650 jt ?! Really make me confused.
Sama spt alasanya Honda Prospect Motor naikin Oddessy biasa di atas harga Oddessey Absolute importir umum, atau Toyota Astra buka harga Fortuner diatas 300jt, sementara di Thailand Fortuner itu nggak jauh lebih mahal dari Innova...cari untung yg nggak wajar.

Haha, payah ya. Padahal Audi itu kan belum sepopuler Honda atau Toyota. Kok lagaknya macem2?

Atau mungkin waktu harga A4 Turbo 550jt, itu disubsidi dealer kayak Ford Focus hatchback, yg sekarang dinaikin ke 260jt?
Hmmm emang sih Odys bukan line-up yg jadi prioritas HPM untuk pasar Indo jadi harganya ngga wajar. Begitu juga Fortuner. Tapi anehnya lumayan laku lagi :lol:

Gw rasa, yg Audi itu lebih ke subsidi oleh dealer seperti halnya Ford Focus. Soalnya cuma berlaku saat2 launching saja ... Wah kalo dulu beli FOCUS dan A4 2.0L FSI berarti ngga rugi2 amat ya ... Apalagi yg A4 naik 100 jt ! :shock:
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

DigitALL wrote:
Lebih baik Grandis ... lebih value gitu loh ... Odys di Indo kemahalan !
wah ilmu jualannya udah keluar nih...pak digi... :lol:
press it til the red line ...and feel it... :lol: ...
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

wah ilmu jualannya udah keluar nih...pak digi...
Hehehe ... just a little help for my poor Mitsubishi Indonesia :) and stupid marketing manager of PT.KTB !!!
press it til the red line ...and feel it...
Is that a new motto of Mitsubishi Indonesia ?!