the recommended advisor sudah memuji. kayaknya langsung bungkus satu tuh, di tunggu reviewnya.......Nightster Guy wrote: Captiva facelift, tampang frontend nya = 4 jempols !!!! Gagah coy. (Sebuah pujian tulus dan spontan dari orang kuno yang rada2 anti ama SUV 'bulet2', FWD, monokok).
share captiva - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: share captiva - PART 03
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18
Re: share captiva - PART 03
Bro, ambilnya yg tipe apa kl boleh tau? Trus ukuran ban aslinya brp? Soalnya unit yg sy dp pake ban maxxis trus agak2 tipis gitu, jd ground clearencenya kayaknya aga rendah.evolution21 wrote:setelah lewat 2000km pake ban michelin
dirasa rasa,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
barusan ke lembang via dago giri
jalanan sempit dan beberapa tanjakan sangat curam
kondisi 6 penumpang, tapi tetep enteng terus walaupun nanjak kaya apa jg
makin
aja
jalanan sempit dan beberapa tanjakan sangat curam
kondisi 6 penumpang, tapi tetep enteng terus walaupun nanjak kaya apa jg
makin

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
- Location: Purwakarta
Re: share captiva - PART 03
Wah mantap review nya Om, ane VCDi lama standard aja udah sreg banget sama tenaganya ngelewatin rute yang sama.evolution21 wrote:barusan ke lembang via dago giri
jalanan sempit dan beberapa tanjakan sangat curam
kondisi 6 penumpang, tapi tetep enteng terus walaupun nanjak kaya apa jg
makinaja
Mau purging nih minggu depan, biar akselerasi nya lebih lincah lagi.
Salam
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: share captiva - PART 03
esh wrote:Jok baris tiga captiva saya belum pernah dipake sama sekaliFMEAKD wrote:nanya dung.. sempit gak sih .. legroom baris tiga nih captiva
yaaah om esh sih enak.... lah ane ... ini ber 6 .... kakak ane 2 , ane , adik ane, dan ortu ane .. rata2 150-170 semua...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: share captiva - PART 03
ngikutin thread PS dan CD ini, lama2 jadi ngiler pingin punya mobil diesel.. kayaknya enggak ribet kalok mau ningkatin performa.. tutup EGR, pasang piggyback (ada yg abal2), air filter K&N replacement ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
mau nanya... kalo nutup EGR itu manfaatnya apa?
nilai positif dan negatifnya apa?
agak bingung juga, kenapa exhaust gas recirculation mau ditutup? biar langsung kebuang gitu ya?
nilai positif dan negatifnya apa?
agak bingung juga, kenapa exhaust gas recirculation mau ditutup? biar langsung kebuang gitu ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Waduh kalo teknisnya, biar om Turboman yang jawab. Btw ada yg punya kenalan bengkel plat ato bengkel apapun yang bisa buat custom tutup EGR?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
Simple-nya begini :Good_boy86 wrote:mau nanya... kalo nutup EGR itu manfaatnya apa?
nilai positif dan negatifnya apa?
EGR ON :
- Emisi NOx berkurang
- Emisi jelaga (PM) naik
- Emisi CO2 naik (krn kons BBM bertambah)
- Emisi CO naik
- Emisi HC naik
- Jika sulphur solar tinggi = intake berlumpur & usia oli lebih pendek
(Iyalah, wong udara bersih dicampur udara kotor, pembakaran jadi ga sempurna)
EGR OFF :
- Emisi NOx naik
- Emisi PM berkurang
- Emisi CO2 turun
- Emisi CO turun
- Emisi HC turun
- Kons BBM lebih hemat
Buat di kita yg sulphur solar masih di atas 1000 ppm udah gak ada cerita maka EGR harus ditutup jika ingin mesin awet !
Jika suatu hari sulphur solar udah di bawah 100 ppm nah itu terserah masing2 pengguna mobil deh....he he
EGR blocker Captiva kayaknya musti bikin pake pelat, copot aja pipa EGR, ujung flange-nya di mal aja trus bikin pake pelat 2 mm then tutup lubang yg di intake dan lubang yg satunya dimana sebelumnya dihubungkan pipa.
setelah EGR ditutup, bagaimana supaya emisi NOx bisa tetap rendah ? then mengemudilah scr Eco Driving.....Pulse n Glide.........semakin hemat BBM yg kita konsumsi = emisi gas buang juga semakin kecil.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
report tambahan ah
kmaren pas di tol cipularang
ngetes pake triptoniknya
dan terasa tenaga jauh lebih enak untuk di explorasi dr pada dibiarkan di "D"
dan digeber sampe 4500rpm masih ngisi terus, pengaruh ganti aditif ke crc emang asik banget
cuma blom sempet nyoba lebih
tapi....
di sektiar rpm4000an asep knalpot ngebul banget yakk.. ampe keliatan di spion
pas sampe bandung ane liat ujung muffler, ga keliatan jelaga sih..
bad news / good news ya....?
kmaren pas di tol cipularang
ngetes pake triptoniknya
dan terasa tenaga jauh lebih enak untuk di explorasi dr pada dibiarkan di "D"
dan digeber sampe 4500rpm masih ngisi terus, pengaruh ganti aditif ke crc emang asik banget
cuma blom sempet nyoba lebih
tapi....
di sektiar rpm4000an asep knalpot ngebul banget yakk.. ampe keliatan di spion
pas sampe bandung ane liat ujung muffler, ga keliatan jelaga sih..
bad news / good news ya....?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Om Turboman ada rekomendasi tmpt untuk buat plat EGR blocker?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19
Re: share captiva - PART 03
Turboman wrote:Simple-nya begini :Good_boy86 wrote:mau nanya... kalo nutup EGR itu manfaatnya apa?
nilai positif dan negatifnya apa?
EGR ON :
- Emisi NOx berkurang
- Emisi jelaga (PM) naik
- Emisi CO2 naik (krn kons BBM bertambah)
- Emisi CO naik
- Emisi HC naik
- Jika sulphur solar tinggi = intake berlumpur & usia oli lebih pendek
(Iyalah, wong udara bersih dicampur udara kotor, pembakaran jadi ga sempurna)
EGR OFF :
- Emisi NOx naik
- Emisi PM berkurang
- Emisi CO2 turun
- Emisi CO turun
- Emisi HC turun
- Kons BBM lebih hemat
Buat di kita yg sulphur solar masih di atas 1000 ppm udah gak ada cerita maka EGR harus ditutup jika ingin mesin awet !
Jika suatu hari sulphur solar udah di bawah 100 ppm nah itu terserah masing2 pengguna mobil deh....he he
EGR blocker Captiva kayaknya musti bikin pake pelat, copot aja pipa EGR, ujung flange-nya di mal aja trus bikin pake pelat 2 mm then tutup lubang yg di intake dan lubang yg satunya dimana sebelumnya dihubungkan pipa.
setelah EGR ditutup, bagaimana supaya emisi NOx bisa tetap rendah ? then mengemudilah scr Eco Driving.....Pulse n Glide.........semakin hemat BBM yg kita konsumsi = emisi gas buang juga semakin kecil.
Mesin awet itu timeline nya seberapa lebar ya om TM? misal tutup bisa 5thn masih sehat, ga ditutup 2thn udah batuk2 .....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
EGR gak ditutup sih 2 tahun gak akan batuk2, tapi lama2 intake ada endapan hitam kayak lumpur yg lama2 akan mengeras.cheetose wrote: Mesin awet itu timeline nya seberapa lebar ya om TM? misal tutup bisa 5thn masih sehat, ga ditutup 2thn udah batuk2 .....
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
Gak paham umBelphegor wrote:Om Turboman ada rekomendasi tmpt untuk buat plat EGR blocker?
Coba aja cari2 info di milis Captiva atau 3C
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Tq om pencerahannya, udah cari kesana kesini blum dapet kabar yg jual EGR removal kit, kyknya harus custom




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
kira2 berapa ribu kilometer om? apakah sekitar 50rb kilometer sudah bakalan mengeras?Turboman wrote:EGR gak ditutup sih 2 tahun gak akan batuk2, tapi lama2 intake ada endapan hitam kayak lumpur yg lama2 akan mengeras.cheetose wrote: Mesin awet itu timeline nya seberapa lebar ya om TM? misal tutup bisa 5thn masih sehat, ga ditutup 2thn udah batuk2 .....
agak was2 juga berarti kalo pake captiva sampe lama.
thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
bisa ga intake tinggal cabut, bersihkan?
ato ganti knalpot freeflow sekalian?
ato ganti knalpot freeflow sekalian?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
oya, ada yg bisa kasi gambar gak bentuk EGR seperti apa?
apakah EGR itu sama dengan Catalitic Converter kalo di mobil bensin?
apakah EGR itu sama dengan Catalitic Converter kalo di mobil bensin?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
1. Akan repot sekali krn biasanya intake dikelilingi saluran2 BBM tekanan tinggi, better EGR ditutup as soon as possibleevolution21 wrote:1. bisa ga intake tinggal cabut, bersihkan?
2. ato ganti knalpot freeflow sekalian?
2. Itu gak ada hubungannya dgn EGR
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
Gak paham kalo di CtvGood_boy86 wrote: kira2 berapa ribu kilometer om? apakah sekitar 50rb kilometer sudah bakalan mengeras?
agak was2 juga berarti kalo pake captiva sampe lama.
thanks
Kalo di PJS sih 50 rb km aja endapan sludge hitam di intake sudah banyak
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
Bentuknya ada saluran dr blok mesin mesin menuju TB di intake, trus di TB ada katupnya, ada yg vakum dgn membran, ada yg electric spt di PJS dan Honda.Good_boy86 wrote:oya, ada yg bisa kasi gambar gak bentuk EGR seperti apa?
apakah EGR itu sama dengan Catalitic Converter kalo di mobil bensin?
Btw mobil2 bensin generasi baru juga banyak yg pake EGR juga.
Bahkan ada mesin2 yg saluran EGR menyatu dgn Cyl Head.
Tadi pagi aja ane baru suruh supir bawa R20A ane ke BeRes gara2 kalo AC nyala RPM drop banget, setelah di cek2 EGR nya kotor then dibersihkan, sama bersihkan TB, padahal mobil baru jalan 50 rb. Km dan gak pernah minum Premios (amat sgt jarang sekali)
Well, selama kadar sulphur BBM masih di atas 100 ppm maka EGR jadi lebih banyak Mudarat-nya daripada Manfaat-nya.
Kalo Jkt mau program langit biru satu2-nya obat : Turunkan Kadar sulphur pada BBM !!
Setelah kadar sulphur BBM turun di bawah 100 ppm baru kita bicara Emission devices.
sekedar opini pribadi
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
jika setiap kali isi solar ditambah dengan additif, apakah masih sama om turbo? bakalan banyak endapan atau bisa lebih sedikit endapannya?Turboman wrote:
Gak paham kalo di Ctv
Kalo di PJS sih 50 rb km aja endapan sludge hitam di intake sudah banyak
maaf kalo banyak nanya om
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 03
Agak mendinganGood_boy86 wrote:jika setiap kali isi solar ditambah dengan additif, apakah masih sama om turbo? bakalan banyak endapan atau bisa lebih sedikit endapannya?Turboman wrote: Kalo di PJS sih 50 rb km aja endapan sludge hitam di intake sudah banyak
maaf kalo banyak nanya om
Juga kalo pakai DEX terus juga akan mendingan
Juga kondisi air filter, krn makin banyak jelaga terbentuk ya otomatis dah
Terus terang yg sy pikir, harusnya sistem EGR itu idealnya dilengkapi filter, pakek filter dr kawat mesh, jadi jelaga2 gak lolos ke intake.....sayangnya produsen mobil hanya mikirin cuan aja sih
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
makasih om. selama ini saya cuma pakai biosolar + CRC. perbandingan 1liter biosolar : 2ml CRC, biasa isi solar pas setengah tangki (30liter = 60ml CRC)Turboman wrote:Agak mendinganGood_boy86 wrote: jika setiap kali isi solar ditambah dengan additif, apakah masih sama om turbo? bakalan banyak endapan atau bisa lebih sedikit endapannya?
maaf kalo banyak nanya om
Juga kalo pakai DEX terus juga akan mendingan
Juga kondisi air filter, krn makin banyak jelaga terbentuk ya otomatis dah
Terus terang yg sy pikir, harusnya sistem EGR itu idealnya dilengkapi filter, pakek filter dr kawat mesh, jadi jelaga2 gak lolos ke intake.....sayangnya produsen mobil hanya mikirin cuan aja sih
semoga aja sampai 100rb km gpp

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
Turboman wrote:Agak mendinganGood_boy86 wrote:jika setiap kali isi solar ditambah dengan additif, apakah masih sama om turbo? bakalan banyak endapan atau bisa lebih sedikit endapannya?Turboman wrote: Kalo di PJS sih 50 rb km aja endapan sludge hitam di intake sudah banyak
maaf kalo banyak nanya om
Juga kalo pakai DEX terus juga akan mendingan
Juga kondisi air filter, krn makin banyak jelaga terbentuk ya otomatis dah
Terus terang yg sy pikir, harusnya sistem EGR itu idealnya dilengkapi filter, pakek filter dr kawat mesh, jadi jelaga2 gak lolos ke intake.....sayangnya produsen mobil hanya mikirin cuan aja sih
Terima kasih atas penjelasannya om

Kalau minta pihak beres untuk menutup EGR nya apa mereka mau melakukannya?
Dan untuk bahan bakarnya kalau pakai yang Petronas Diesel apakah bisa lebih mengurangi efek jelaga yang terbentuk di intake? Soalnya BBM yang bagus di kota saya cuma ada Petronas.