(13/04/2006) - Akhirnya, facelift Mercedes-Benz E-Class diperkenalkan secara resmi, Selasa (11/4) dan dijadwalkan dipasarkan awal Juni di Eropa, disusul USA beberapa minggu kemudian. Termasuk E 63 AMG, E-Class paling perkasa yang pernah dibuat dengan daya maksimal 514 hp.
Selain versi AMG, masih ada E320 dan E550 yang menggunakan mesin 5.5 liter dari S-Class dengan daya maksimal 388hp.
Exterior nyaris tidak berubah, karena sebagian besar inovasi dilakukan di bawah kulitnya. DaimlerChrysler mengklaim sekitar 2000 komponen E-Class adalah baru atau disempurnakan.
E-Class adalah jantung Mercedes-Benz yang merefleksikan basic brand values seperti safety, comfort, inovasi, ekonomis dan kualitas. Dalam empat tahun terakhir, sekitar satu juta unit terjual di seluruh dunia. E-Class baru meliputi 29 model varian, terdiri dari 16 Saloon dan 13 Estate
Kini dengan Pre-Safe System
E-Class kini dilengkapi dengan Pre-Safe System yang sebelumnya hanya ada di S-Class. Sistem ini secara aktif dan otonom bereaksi melindungi penumpang bila benturan diperkirakan tak terelakkan. Dikelas E-Class sekarang ini, tidak ada yang menawarkan teknologi canggih ini. Juga Neck-Pro -headrest bersensor untuk perlindungan dari benturan belakang. Dilengkapi dengan lampu rem yang bisa berkedip untuk mencegah terjadi benturan belakang saat melakukan pengeraman mendadak/darurat.
E-Class baru ini juga mobil pertama didunia yang menggunakan adaptive headlight. Intelligent Light System ini tergolong fitur option dan memiliki lima fungsi pencahayaan berbeda. Country mode ini memperluas daya pandang pengemudi sehingga menyadari ada bahaya/penghalang lebih cepat. Pada Highway mode, dengan kecepatan 90km/jam keatas, pacaran sinar lampu membentuk kerucut uniform yang menyinari selebar jalan. Dibandingkan teknologi sebelumnya, sistem baru ini meningkatkan daya pandang pengemudi hingga 50 meter lebih jauh di pusat kerucut. Sistem lampu kabut baru juga mempermudah pengendaraan di cuaca berkabut. Fungsi Active cornering light juga disempurnakan.
Dari sepuluh mesin berbeda yang digunakan E-Class baru, enam mesin diantaranya baru atau setidaknya telah ditingkatkan. Mesin diesel empat silinder untuk E 200 CDI dan E 220 CDI, contohnya, telah dioptimasi untuk memperbaiki output, torsi dan karakter pengendaraan lebih halus.
Khusus di pasar USA, Mercedes-Benz akan menawarkan mesin-mesin dari seri Bluetec, yaitu mesin diesel paling bersih sedunia, yang memangkas emisi nitrogen oksida hingga titik terendah. Pada saat yang sama, E 320 Bluetec membutuhkan bahan bakar 20 - 40 persen lebih rendah dibandingkan versi bensinnya. Mercedes-Benz baru akan meluncurkan rangkaian model penumpang bermesin Bluetec di Eropa tahun 2008.
Mercedes-Benz memberi perhatian pada mesin bensin empat dan delapan silinder. Mesin empat silinder pada E 200 KOMPRESSOR menghasilkan tenaga 12.5% lebih banyak dari sebelumnya yaitu; 184hp/135kW dengan torsi puncak meningkat jadi 250Nm.
Mulai pertengahan tahun ini, mesin paling atas dalam keluarga E-Class adalah 5.5 liter delapan silinder yang diturunkan dari S-Class dengan produksi 388hp/285kW. Dibandingkan V8 sebelumnya, mesin baru ini memproduksi 26% lebih banyak tenaga. Dengan torsi 530Nm atau 15% dari sebelumnya, memberikan kenyaman dan sensasi maksimum. E 500 memberi peforma layaknya sport car. Versi saloon melesat dari diam ke 100km/jam dalam 5.3 detik atau 0.7 detik lebih cepat dari versi sebelumnya.
E 63 AMG
2007 Mercedes-Benz E 63 AMG yang diperkenalkan, Rabu (12/4), sehari setelah E-Class baru diluncurkan, menggantikan E55 AMG. Model baru memakai mesin AMG V8 -naturally aspirated- yang memproduksi daya maksimum 514hp dan torsi maksimum 630 Nm dari ruang bakar berkapasitas 6.3 liter. Mesin yang juga dipakai CLK 63 AMG dan CLS 63 AMG ini mampu membawa E-Class melesat dari diam ke 100km/jam dalam 4.5 detik.
Suspensi AMG sport berbasis Airmatic DC, suspensi udara semi-aktif, plus Adaptive Damping System ADS II yang memungkinkan pengemudi memilih antara lebih nyaman atau karakter sporty handling. Peredam kejut dan per secara instan beradaptasi dengan situasi pengendaraan saat itu, tapi bisa juga di modifikasi secara manual dengan tiga tingkatan melalui sentuhan tombol.


