Panther Users...! Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Panther Users...! Part 2
ada yang pernah pakein Castrol magnatec gk ya di panther??
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Panther Users...! Part 2
tanggung mar... mending cobain shell helix diesel plus... uda 10W-40, semi syn.. buat diesel pula dibikin nya..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Panther Users...! Part 2
Haizzz...ngomongin oli lagi.. 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Panther Users...! Part 2
badak demen oli kali ya???DOHC wrote:emang napa dak ??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Panther Users...! Part 2
ud pernah nyoba bro, tapi kok kyknya biasa aja yaDOHC wrote:tanggung mar... mending cobain shell helix diesel plus... uda 10W-40, semi syn.. buat diesel pula dibikin nya..

abis ini mw nyoba Castrol GTX Diesel ahh kalo jadi, masih dipikir2 juga nih.....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Panther Users...! Part 2
kalo yg ane rasain justru pake yg 10W-40 itu lebi enak lohh pas start up pagi nya... cranking nya ga berat gt kedegaran nya... tapi kalo performance sehh emang ane ga terlalu ngerasain perbedaan yg signifikan... panther gt lohh, mesin jadul nya aja malah mintanya cuman SAE 20W-50 gt... dikasi yg 15W apalagi 10W-40 mahh uda lebi dari ckup..
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jul 03, 2012 6:49
Re: Panther Users...! Part 2
Salam kenal semuanya.BADAK wrote:Untuk yg pingin tau knapa bearing roda depan panther kotak lebih cepat koplak drpd panther new, berikut saya share foto bearing roda depan panther. Yg atas adalah bearing roda depan panther new, sedangkan yg bawah bearing roda depan panther old. Bearing sekecil itu dipake buat menahan roda panther hi-sporty yg gede, makanya cepet koplak.
Apa ada cara untuk mengakalai supaya ban depan bisa pakai bearing yang lebih besar? maaf kalau agak aneh pertanyaannya, saya memang newbie banget untuk urusan kendaraan

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jul 09, 2012 13:20
Re: Panther Users...! Part 2
Salam kenal, mau tanya cara melepas ban serep panther touring gimana ya??? perasaan kok berat banget bautnya
.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46
Re: Panther Users...! Part 2
help, ada yang pernah tau efek negatif kalau semprotin carb cleaner ke dalam air intakenya isuzu panther 2.3?
tadi pagi saya coba semprot dan hasilnya mesinnya mati, terus tak nyalakan lagi dan di gas + semprot lagi.
tadi pagi saya coba semprot dan hasilnya mesinnya mati, terus tak nyalakan lagi dan di gas + semprot lagi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Panther Users...! Part 2
wah, setau saya carb cleaner buat mesin bensin oom...cmiiw yah, jadi saya ga gitu paham efek negatif/positif-nyahoksangar wrote:help, ada yang pernah tau efek negatif kalau semprotin carb cleaner ke dalam air intakenya isuzu panther 2.3?
tadi pagi saya coba semprot dan hasilnya mesinnya mati, terus tak nyalakan lagi dan di gas + semprot lagi.
carb/injector cleaner di mesin bensin saja jg ga bole sering2 makainya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Panther Users...! Part 2
sepertinya susah deh pak...perintis_rimba wrote:Salam kenal semuanya.BADAK wrote:Untuk yg pingin tau knapa bearing roda depan panther kotak lebih cepat koplak drpd panther new, berikut saya share foto bearing roda depan panther. Yg atas adalah bearing roda depan panther new, sedangkan yg bawah bearing roda depan panther old. Bearing sekecil itu dipake buat menahan roda panther hi-sporty yg gede, makanya cepet koplak.
Apa ada cara untuk mengakalai supaya ban depan bisa pakai bearing yang lebih besar? maaf kalau agak aneh pertanyaannya, saya memang newbie banget untuk urusan kendaraan
termasuk modif serius nih...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Panther Users...! Part 2
sekarang saya malah balik kucing lagi pakai meditran sc 15w40DOHC wrote:kalo yg ane rasain justru pake yg 10W-40 itu lebi enak lohh pas start up pagi nya... cranking nya ga berat gt kedegaran nya... tapi kalo performance sehh emang ane ga terlalu ngerasain perbedaan yg signifikan... panther gt lohh, mesin jadul nya aja malah mintanya cuman SAE 20W-50 gt... dikasi yg 15W apalagi 10W-40 mahh uda lebi dari ckup..

turun kelas ceritanya nih

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46
Re: Panther Users...! Part 2
Iya saya ga tau soalnya ga ada keterangannya kalau khusus bensin.imsus2c wrote:wah, setau saya carb cleaner buat mesin bensin oom...cmiiw yah, jadi saya ga gitu paham efek negatif/positif-nyahoksangar wrote:help, ada yang pernah tau efek negatif kalau semprotin carb cleaner ke dalam air intakenya isuzu panther 2.3?
tadi pagi saya coba semprot dan hasilnya mesinnya mati, terus tak nyalakan lagi dan di gas + semprot lagi.
carb/injector cleaner di mesin bensin saja jg ga bole sering2 makainya
gara2 liat di youtube ada yang semprot2 mesin diesel terus waktu ke hypermart liat semprotan carb cleaner saya kira barang yang sama dengan itu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Panther Users...! Part 2
waktu kmrn disemprot trus hasilnya bagaimana bro??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46
Re: Panther Users...! Part 2
ya mesinnya mati karena gasnya kekecilan waktu semprotan pertama. terus saya nyalakan lagi + gas besar + semprot lagi beberapa kali.m4rio wrote:waktu kmrn disemprot trus hasilnya bagaimana bro??
sepertinya asap knalpot berkurang hitam2nya.
tapi abis itu didiamkan 5menit tiba2 dari seal filter oli mengalir oli keluar(ga tau gara2 disemprot tadi atau bukan karena jarang cek mesin) padahal baru ganti oli ga sampe 2 minggu.
nah sekarang lagi tunggu montir datang ke rumah.
kalau dari logikanya sih masa bisa dari air intake bisa nyalur ke oli??
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Panther Users...! Part 2
buset... kucing nya knapa disemprot carbjet gt bro ?? ada indikasi apa gt ?? brebet2 atau ngempos kah ??
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46
Re: Panther Users...! Part 2
ga ada indikasi ngempos/brebet sih. cuman asepnya hitam aja+abis liat video youtube orang semprot2.DOHC wrote:buset... kucing nya knapa disemprot carbjet gt bro ?? ada indikasi apa gt ?? brebet2 atau ngempos kah ??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Panther Users...! Part 2
Kayaknya bakal terlalu banyak ubahan yg dilakukan kalo mau mengganti pake bearing lebih besar.perintis_rimba wrote:Salam kenal semuanya.BADAK wrote:Untuk yg pingin tau knapa bearing roda depan panther kotak lebih cepat koplak drpd panther new, berikut saya share foto bearing roda depan panther. Yg atas adalah bearing roda depan panther new, sedangkan yg bawah bearing roda depan panther old. Bearing sekecil itu dipake buat menahan roda panther hi-sporty yg gede, makanya cepet koplak.
Apa ada cara untuk mengakalai supaya ban depan bisa pakai bearing yang lebih besar? maaf kalau agak aneh pertanyaannya, saya memang newbie banget untuk urusan kendaraan
Kalo cara2 pencegahan agar bearing lebih awet bisa dibaca postingan DOHC dipage2 depan, Om.
Yang terpenting pastikan aja bearing yg digunakan adalah asli Om, jangan yg abal2. hehehehe..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Feb 13, 2009 2:46
Re: Panther Users...! Part 2
Kemarin habis diskusi sama montir, ternyata tidak boleh menyemprotkan cairan cleaner2/apapun ke dalam Air intake mesin diesel. karena bisa sebabkan mesin ngoklok/rusak.
memang setelah di bersihkan suara mesin lebih halus dan asap hitam berkurang tapi efek sampingnya seram.
jadi buat yang lain mending jangan dicoba2.
memang setelah di bersihkan suara mesin lebih halus dan asap hitam berkurang tapi efek sampingnya seram.
jadi buat yang lain mending jangan dicoba2.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Panther Users...! Part 2
selama make panther 11 taon sehh, ane ga perna semprot2 tuh intake om... toh ga ada indikasi nya jg.... ga ada suara glitik sama skali... paling2 cuman d purging doank sekali... itupun jg stelah mobil dipake 9 taonan... panther mahh mesin badak itu... pake solar busuk jg tetep ngacir...
@ badak : dak, kalo panther kotak yg pake ban gede kaya seri hi sporty atau karoseri punya mahh, bearing nya emang pasti cepet tewas dak.. temen2 di milis panther jg pada kejadian sama kaya gt.. mau jalan pelan2 atau hindarin jalan rusak jg tetep aja, tuh bearing ga umur panjang... beda kalo panther kotak yg pake ban biasa, itu asalkan bearing asli, jarang hajar jalan rusak, dan dipakein grease yg bagus.. rata2 umur nya panjang..
mau lebi panjang lagi umur nya ?? ganti ban yg agak enteng.. pake pelek kaleng.. trus kecilin ukuran ban nya..

@ badak : dak, kalo panther kotak yg pake ban gede kaya seri hi sporty atau karoseri punya mahh, bearing nya emang pasti cepet tewas dak.. temen2 di milis panther jg pada kejadian sama kaya gt.. mau jalan pelan2 atau hindarin jalan rusak jg tetep aja, tuh bearing ga umur panjang... beda kalo panther kotak yg pake ban biasa, itu asalkan bearing asli, jarang hajar jalan rusak, dan dipakein grease yg bagus.. rata2 umur nya panjang..
mau lebi panjang lagi umur nya ?? ganti ban yg agak enteng.. pake pelek kaleng.. trus kecilin ukuran ban nya..


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Panther Users...! Part 2
perasaan ane di panther kapsul bearing depan udah lumayan lama belom rusak2 lagi, udh skitar 2taonan nih. bearing grease juga gk pernah ganti tuh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Panther Users...! Part 2
bukannya kapsul memang sudah ada perubahan/perbaikan di konstruksi kaki2?m4rio wrote:perasaan ane di panther kapsul bearing depan udah lumayan lama belom rusak2 lagi, udh skitar 2taonan nih. bearing grease juga gk pernah ganti tuh.
cuma yg saya agak "berpikir", di kapsul, sudah pakai baut roda 6 biji, tapi ngga pakai as roda (ngga pakai centerbore)
artinya, 100% beban disalurkan lewat baut roda...
artinya lagi, secara teori, distribusi beban (dan balance) ada kemungkinan tdk merata
tolong koreksi master2 lain yaah...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Panther Users...! Part 2
kalo lihat api service-nya (SM/CF), harusnya sih bisa dipakai di diesel yah...m4rio wrote:ada yang pernah pakein Castrol magnatec gk ya di panther??
tapi memang belum pernah coba buat si kucing

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Panther Users...! Part 2
loh loh, bukannya di knuckle depan juga ada batang shaft gede buat dudukan bearing. nah hub wheel juga setau ane tumpuannya disana.imsus2c wrote:bukannya kapsul memang sudah ada perubahan/perbaikan di konstruksi kaki2?m4rio wrote:perasaan ane di panther kapsul bearing depan udah lumayan lama belom rusak2 lagi, udh skitar 2taonan nih. bearing grease juga gk pernah ganti tuh.
cuma yg saya agak "berpikir", di kapsul, sudah pakai baut roda 6 biji, tapi ngga pakai as roda (ngga pakai centerbore)
artinya, 100% beban disalurkan lewat baut roda...
artinya lagi, secara teori, distribusi beban (dan balance) ada kemungkinan tdk merata
tolong koreksi master2 lain yaah...
jadi menurut ane urutannya : baut roda ditahan wheel hub, wheel hub ditahan ama as dudukan bearing gede itu yg ane mksd.
CMIIW