Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Low sulphur diesel ekslusif ?
Ya sebenarnya kasus umum. Ron 92 dan 95 juga dijual secara eksklusif.
Karena mobil pribadi itu eksklusif, bikin macet, bikin polusi. Wajar aja BBM nya dipajaki tinggi, Pajak tahunan, BBN dsb.
Yang nggak ekslusif itu ya transportasi umum. Efisien dalam penggunaan BBM.
Busway sudah jadi pionir dengan pakai BBG. Sekarang tinggal partisipasi kendaraan pribadi. Pakai BBM yang bagus dan jangan modif yang merusak lingkungan.
Kembali ke emisi. Kenapa penting, karena jumlah mobil udah banyak, terutama di kota. Saat mesin mobil anda menyala, berapa milyar partikel dan gas berbahaya terhisap ke orang di pinggir jalan.
Satu mobil mengeluarkan mengeluarkan NOx 1 satuan, tapi dikali ratusan ribu mobil di jakarta, tentu jadi masalah kesehatan yang besar untuk paru-paru orang di jakarta.
Nah dengan modif kadar NOx jadi 2 satuan, dikali ratusan ribu lagi, berarti meningkatkan resiko jadi 2 kali lipat untuk orang Jakarta. Gas CO, CO2, NOx punya ambang batas aman. Nah coba lihat Indikator polusi udara di jakarta (misal dekat st Gambir), ternyata kadarnya sudah sangat buruk.
Ya sebenarnya kasus umum. Ron 92 dan 95 juga dijual secara eksklusif.
Karena mobil pribadi itu eksklusif, bikin macet, bikin polusi. Wajar aja BBM nya dipajaki tinggi, Pajak tahunan, BBN dsb.
Yang nggak ekslusif itu ya transportasi umum. Efisien dalam penggunaan BBM.
Busway sudah jadi pionir dengan pakai BBG. Sekarang tinggal partisipasi kendaraan pribadi. Pakai BBM yang bagus dan jangan modif yang merusak lingkungan.
Kembali ke emisi. Kenapa penting, karena jumlah mobil udah banyak, terutama di kota. Saat mesin mobil anda menyala, berapa milyar partikel dan gas berbahaya terhisap ke orang di pinggir jalan.
Satu mobil mengeluarkan mengeluarkan NOx 1 satuan, tapi dikali ratusan ribu mobil di jakarta, tentu jadi masalah kesehatan yang besar untuk paru-paru orang di jakarta.
Nah dengan modif kadar NOx jadi 2 satuan, dikali ratusan ribu lagi, berarti meningkatkan resiko jadi 2 kali lipat untuk orang Jakarta. Gas CO, CO2, NOx punya ambang batas aman. Nah coba lihat Indikator polusi udara di jakarta (misal dekat st Gambir), ternyata kadarnya sudah sangat buruk.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Bukankah kebiasaan orang2 yg bakar sampah juga turut berkontribusi ? asapnya jauh lebih mengerikan daripada gas buang knalpot.....benzene, polyaromatic HC, dll. zat2 karsinogenilhami wrote:Gas CO, CO2, NOx punya ambang batas aman. Nah coba lihat Indikator polusi udara di jakarta (misal dekat st Gambir), ternyata kadarnya sudah sangat buruk.
Kalo kita mau landing di SoeTa siang2.....terlihat awan kecil warna kekuningan dari PLTU Muara Karang, tuh spt yg dikatakan om htannis, cat mobil aja sampe rusak, itu sudah sangat mengerikan.
bagaimana dengan Bajaj dan bemo mesin 2 Tak ?
metromini yg ngebul parah ?
Mobil2 tua yg tak terawat dan belum dilengkapi emission devices ?
Dan utk BBM otomotif yang paling utama adalah : Kandungan sulphur pada bahan bakar (terutama Diesel)
Prinsipnya : You eat Sh*t then you got Sh*t
Secanggih apapun emission devices suatu mobil akan sia2 jika BBM yg digunakan mmg gak sesuai peruntukan.
Well, kalo ane pribadi sih hanya berharap Jkt bisa punya MRT / LRT / Monorail kayak Singapore / KL / Bangkok + Trotoar yg nyaman utk jalan kaki serta koridor2 yg nyaman utk pejalan kaki kayak di Singapore / Osaka........sehingga orang2 mau naik MRT / jalan kaki.
Enak kalo kemana mana naek MRT, abis kulineran trus jalan kaki.......jadi gak gendut.....heheheehehh
*Mulai menjadi fans MRT*
Discl : sekedar opini pribadi ajah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ya saya setuju MRT, KRL, busway dsb
Tapi mudah-mudahan juga statement ini bisa hilang dari forum
- CC dilepas saja
- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)
- masih bisa minum premium
harus ditambah embel-embel
- emisi jadi jelek, ingat dong temen-temen yang jalan kaki dan sepedaan di pinggir jalan.
- Filter solar cepet kotor, injector mampet, biaya service mahal
- banyak endapan carbon, harus rajin carbon clean, merusak mesin.
PLTU muara karang itu batu bara ya?
Memang sekarang trend pembangkit listrik mengarah batubara, tapi minimal asapnya nggak langsung jatuh ke depan hidung. Mengontrol emisinya juga lebih mudah, dibanding uji emisi kendaraan se-jakarta banyak sekali dan bandel-bandel. Listriknya bisa bermanfaat karena MRT pakai listrik, nggak keluar asap lagi.
lets go green dan grin
Tapi mudah-mudahan juga statement ini bisa hilang dari forum
- CC dilepas saja
- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)
- masih bisa minum premium
harus ditambah embel-embel
- emisi jadi jelek, ingat dong temen-temen yang jalan kaki dan sepedaan di pinggir jalan.
- Filter solar cepet kotor, injector mampet, biaya service mahal
- banyak endapan carbon, harus rajin carbon clean, merusak mesin.
PLTU muara karang itu batu bara ya?
Memang sekarang trend pembangkit listrik mengarah batubara, tapi minimal asapnya nggak langsung jatuh ke depan hidung. Mengontrol emisinya juga lebih mudah, dibanding uji emisi kendaraan se-jakarta banyak sekali dan bandel-bandel. Listriknya bisa bermanfaat karena MRT pakai listrik, nggak keluar asap lagi.
lets go green dan grin

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ini data kadar sulphur BBM negara2 Asia Pacific per Maret 2012
http://www.unep.org/transport/pcfv/PDF/ ... ch2012.pdf
Kasihan yah Indonesia........Malaysia, Filipina & Vietnam aja sudah lebih maju, bahkan Thailand akan segera masuk standard Euro IV dlm waktu sgt dekat
India sudah nerapin Euro IV (BS IV) di 13 kota besarnya, maka itu Panther India (Tavera) sampai ganti mesin KomenRel - Sonalika spy bisa meet Euro IV (Bharat Stage 4)
Yang ane heran mengapa ESDM gak menerapkan mandatory sulphur max. 500 ppm bagi seluruh solar non subsidi yang dijual di SPBU
Ada apakah gerangan ?
SOL
http://www.unep.org/transport/pcfv/PDF/ ... ch2012.pdf
Kasihan yah Indonesia........Malaysia, Filipina & Vietnam aja sudah lebih maju, bahkan Thailand akan segera masuk standard Euro IV dlm waktu sgt dekat
India sudah nerapin Euro IV (BS IV) di 13 kota besarnya, maka itu Panther India (Tavera) sampai ganti mesin KomenRel - Sonalika spy bisa meet Euro IV (Bharat Stage 4)
Yang ane heran mengapa ESDM gak menerapkan mandatory sulphur max. 500 ppm bagi seluruh solar non subsidi yang dijual di SPBU
Ada apakah gerangan ?
SOL
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Nah kalo om concern hal tsb, yuk mari kita sama2 mengirim pesan ke Dept ESDM agar mereka segera merivisi std baku BBM non subsidiilhami wrote:Ya saya setuju MRT, KRL, busway dsb
Tapi mudah-mudahan juga statement ini bisa hilang dari forum
- CC dilepas saja
- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)
- masih bisa minum premium
Saya pribadi sudah pernah diskusi dengan orang dari KPBB (Komite Pemberantasan Bensin bertimbal) mengenai soal kadar sulphur BBM solar, gimana kalo sama2 bikin move supaya ESDM merevisi std baku BBM.
Cuman teteup sampe skg ESDM masih belum bergeming walau si KPBB sudah ber X X bikin seminar & usulan.....nah tanya kenapa ?

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
daripada jauh2 mikir nya, repot ampe musti kirim surat sana sini yg kecil kemungkinan bakal dibaca apalagi di laksanakan... mendingan kita mulai dari diri kita sendiri... rawatlah mesin kendaraan... jangan kompromi kalo soal kesehatan mesin...
dulu ane punya panther kotak 4ja1... mesin teknologi jadul, kaga pake CC apalagi EGR sgala... pliara tuh mobil cuman rajin ganti oli ama rajin ganti filter2... kalo mesin uda mencapai suhu kerja, boleh diadu tuhhh asep nya ama diesel2 modern... bahkan dibejeg skalipun, asep nya bener2 tipis... padahal panty ane tsb km uda super tinggi...
dulu ane punya panther kotak 4ja1... mesin teknologi jadul, kaga pake CC apalagi EGR sgala... pliara tuh mobil cuman rajin ganti oli ama rajin ganti filter2... kalo mesin uda mencapai suhu kerja, boleh diadu tuhhh asep nya ama diesel2 modern... bahkan dibejeg skalipun, asep nya bener2 tipis... padahal panty ane tsb km uda super tinggi...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Mobil ps dakar ane aslinya dah gak ada cc nya tuhilhami wrote:Ya saya setuju MRT, KRL, busway dsb
Tapi mudah-mudahan juga statement ini bisa hilang dari forum
- CC dilepas saja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Sementara di sisi lain yg lebih extrem, ada sekelompok orang yg menggunakan oli bekas utk campuran solar........tuh di salah 1 milis mobil Diesel non CRD ada yg bikin percobaan, terinpirasi pengguna2 yg sama di luar negeri (istilahnya : Black Diesel)
Padahal kan oli bekas mengandung berbagai unsur metallic en mineral spt ZDDP, Calcium, magnesium, Boron, Molybden, Phospor, sulphates, belum lagi senyawa sulphur dari hasil sisa pembakaran BBM di mesin.......kebayang tuh gimana emisi gas buangnya ?
mereka coba pakai Black Diesel......murah dan bisa pakai katanya
Contoh dari forum2 luar (dr negara yg katanya standard uji emisinya ketat) :
http://www.dieselbombers.com/general-di ... -fuel.html
http://www.dieselplace.com/forum/showth ... p?t=378624
Bahkan orang2 luar tsb pakai campuran oli bekas + solar di mobil Diesel Common Rail mereka, walau banyak yg contra, tapi tidak sedikit juga yg Pro dan berbagi teknik agar oli bekas bisa dipakai, mulai dari teknik penyaringan, hingga ada yg membuat distilasi skala kecil di rumah.
Nah gimana tuh.........ha ha
Padahal kan oli bekas mengandung berbagai unsur metallic en mineral spt ZDDP, Calcium, magnesium, Boron, Molybden, Phospor, sulphates, belum lagi senyawa sulphur dari hasil sisa pembakaran BBM di mesin.......kebayang tuh gimana emisi gas buangnya ?

mereka coba pakai Black Diesel......murah dan bisa pakai katanya
Contoh dari forum2 luar (dr negara yg katanya standard uji emisinya ketat) :
http://www.dieselbombers.com/general-di ... -fuel.html
http://www.dieselplace.com/forum/showth ... p?t=378624
Bahkan orang2 luar tsb pakai campuran oli bekas + solar di mobil Diesel Common Rail mereka, walau banyak yg contra, tapi tidak sedikit juga yg Pro dan berbagi teknik agar oli bekas bisa dipakai, mulai dari teknik penyaringan, hingga ada yg membuat distilasi skala kecil di rumah.
Nah gimana tuh.........ha ha
Last edited by Turboman on Wed Jun 06, 2012 3:30, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
nah ane juga sedikit banyak pernah denger nih solar yg campur oli bekas... nah itu gmn om turbo campurannya apa aja??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kl yg campur oli 2 tak ke solar? Sama juga? Emisi bertambah?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Setelah ditambah oli, coba saja dipasang alat uji emisi.
Kita juga pengen tau
kalau di mesin bensin kan jelas..menambah endapan karbon
Kita juga pengen tau

kalau di mesin bensin kan jelas..menambah endapan karbon
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
kalo cuman 100 - 150 cc oli 2T low smoke en ashless additive ke 55 - 60 L solar sih nggak masalah.htannis wrote:Kl yg campur oli 2 tak ke solar? Sama juga? Emisi bertambah?
Cuman kalo ane pribadi nyampur oli 2T low smoke ke solar skg paling banyak juga 100 cc utk 50 L solar, gimanapun adanya sedikit ash additive bisa berisiko bikin endapan di nozzle.
tapi kalo ngeliat orang2 yg pada pakai Black Diesel sih maka sebetulnya keberadaan ash additive pada 55 L solar yg dicampur 150 cc oli 2T low smoke itu jauh amat sangat kecil sekali dibanding di solar para pengguna Black Diesel.
*Bukan pengguna Black Diesel*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ngomong2 solar busuk napa masih dijual yah di spbu?ilhami wrote:- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Karena memang demand nya masih tinggi om...htannis wrote:Ngomong2 solar busuk napa masih dijual yah di spbu?ilhami wrote:- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)
Solar, identik dengan dunia usaha.
Dunia usaha, identik dengan sasaran pemerahan dari birokrat dan elemen2 masyarakat yang aji mumpung.
Pernah jadi supir truk?
Minimal, pernah bawa L300 box dari Jkt ke... Karawang atau Cikarang aja deh...
Liat aja sendiri bagaimana pemalakan gila gilaan dari llajr dan ormas di sekeluar pintu tol..


Mungkin secara nominal kecil. tapi kalau sehari kudu 2x kesana drop supplai makanan, kalikan 30 hari, bagaimana?
Sudah coba bawa L300 boks atau engkel atau dobel ke Balaraja? Tigaraksa?
Berani nyuekin palakan, masuk Balaraja atau pasarnya? Siap2 aja 4 ban dicocok paku semua. Mau bilang apa?
Makanya, pengusaha masih memilih solar subsidi, karena dengan solar subsidi itu aja, pengusaha udh mpot mpotan ngadepin biaya2 yang begitu besar di lapangan.
Sementara, daya beli masyarakat masih so so aja, ngga mungkin naikin harga jual kan, buat mengcover biaya2 palakan di lapangan
Kenyataan di lapangan yang sangat pahit lah yang menyebabkan harus memilih solar subsidi, karena nda ada pilihan lain lagi..
Apalagi buat supir nakal, yang masih suka judi di jalanan, mampir warung remang, jelas uang jalannya ngga cukup. Akhirnya, solar 'irex' lah yang dipilih.
Makanya, ane perna liat di tangki truk container, tangki warna item, dicat putih gede gede: IREX, PECAT!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
dengan kondisi pemalakan di daerah tanah abang lebih parah mana ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Setujuu dgn um VanzMatic
Dimana mana jika ada produk yg jauh lebih murah dengan fungsi sama (walau spec lebih rendah) pasti banyak pembeli akan memilihnya.
Gak usah di Indonesia, wong di US aja ternyata nggak sedikit orang yg nyoba nyampur oli bekas ke solar utk mobilnya.......Amerika Serikat getu lohhh
Dimana mana jika ada produk yg jauh lebih murah dengan fungsi sama (walau spec lebih rendah) pasti banyak pembeli akan memilihnya.
Gak usah di Indonesia, wong di US aja ternyata nggak sedikit orang yg nyoba nyampur oli bekas ke solar utk mobilnya.......Amerika Serikat getu lohhh
Last edited by Turboman on Wed Jun 06, 2012 6:04, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
gw pribadi yakin andai ada yg jual solar abal2 hasil campur solar 4500 dgn oli bekas atau minyak goreng bekas dijual dgn harga 4000 atau kurang pasti ada yg beli juga........mesin2 Diesel sederhana 1 silinder utk mesin Las atau mesin kapal nelayan klotok bisa minum solar jenis apa ajahtannis wrote:Ngomong2 solar busuk napa masih dijual yah di spbu?ilhami wrote:- masih sanggup bisa pakai solar busuk (padahal mobilnya commonrail diesel canggih)
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Tenabang pan emang sarangnye preman, om, pijimane tokh....?evolution21 wrote:dengan kondisi pemalakan di daerah tanah abang lebih parah mana ya?


Yang lebih kesel, di daerah pinggiran Jakarta situ itu, ormas ormas nya yang lebih galak!.
Oh iya, baru aja keinget....
Mau tau tempat 'plonco' anggota llaj baru?
Kalo om2 dari arah jalan kalimalang, baik itu dari arah barat (jakarta) maupun timur (bekasi timur/bulak kapal), silakan belok ke arah komplek galaxy raya. Setelah lewat selokan kalimalang itu, langsung liat sebelah kanan.
Pasti ada 2 anggota llajr yang masih cupu2 nongkrong, belajar malakin pikup2, truk2 engkel ama mobil boks..
Gimana dunia usaha ngga tekor?
Gimana pengusaha ngga tetep milih solar busuk?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
benar sekali yang dikatakan oleh VanzMatic.
ane juga pernah denger langsung dari seorang head manager sebuah perusahaan jasa angkutan jkt - bdg, dia setiap bulan nyediain dana sebagai "jatah preman" di tol cipularang. pungli di negara ini benar2 sudah gila2an.
ane juga pernah denger langsung dari seorang head manager sebuah perusahaan jasa angkutan jkt - bdg, dia setiap bulan nyediain dana sebagai "jatah preman" di tol cipularang. pungli di negara ini benar2 sudah gila2an.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Bener banget umVanzMatic wrote: Kalo om2 dari arah jalan kalimalang, baik itu dari arah barat (jakarta) maupun timur (bekasi timur/bulak kapal), silakan belok ke arah komplek galaxy raya. Setelah lewat selokan kalimalang itu, langsung liat sebelah kanan.
Pasti ada 2 anggota llajr yang masih cupu2 nongkrong, belajar malakin pikup2, truk2 engkel ama mobil boks..
Gimana dunia usaha ngga tekor?
Kalo ke bekasi Timur ke daerah yg banyak industri mesti ada "pos retribusi" di tengah jalan
Deket Leuwigajah - Bdg (daerah industri Textil) juga ada pos retribusi
rertribusi yah retribusi.......LLAJ en Polisi juga tetap beraksi sendiri........
Gak heran kalo utk angkutan jarak jauh jadi muncul asosiasi kayak gajah Oleng dan semacamnya
Just IMO en CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kalau solar busuk kenapa dibeli?
Kenapa punya PS tapi beli solar busuk?
Kenapa punya PS tapi beli solar busuk?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kenapa dibeli? Karena engga dianggap busuk mas, dan mungkin juga karena engga ada yang speknya dibawah itu lagi..ilhami wrote:Kalau solar busuk kenapa dibeli?
Kenapa punya PS tapi beli solar busuk?
Inget ngga, kasus bensin biru 2 langkah rilis pertamina tahun 90-an?
Itu bensin khusus 2 tak. Ron kalo nda salah 80. Cmiiw, karena lupak.
Masalahnya, motor2 Hando (saat itu yang 4 tak hanya Hando) pada ngiri, pengin pakek itu BB2L.
Akibatnya, banyak mesin Honda yang nglitik parah akibat RON yang terlalu rendah.
Sama kan kasusnya?
Bisa di pertanyakan juga kan, kalo udh tau bensin rendah oktan, kenapa dibeli?
Bisa beli montor 4 tak yang katanya iriiiiit banget, kenapa masih masalahin selisih harga dengan BB2L, dan ngeyel pengin beli BB2L?
Sama aja seperti pertanyaan om yang nomer 2 kan?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
dulu di bandung sempet berkurang jauh ya dr pemalakan n premanisme
jamannya "buaya" (lawannya cicak) masih jd kepala polisi
sekarang ga kira2 berkembang biaknya begituan
blom ada kepala polisi yg bisa tegas n berani lg
jamannya "buaya" (lawannya cicak) masih jd kepala polisi
sekarang ga kira2 berkembang biaknya begituan
blom ada kepala polisi yg bisa tegas n berani lg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kalau Solar (harga) Industri busuk nggak sih?
Secara spek itu sama lho, sulfur 3500ppm. Tapi bonus seperti lumpur dan air nya gimana?
Secara spek itu sama lho, sulfur 3500ppm. Tapi bonus seperti lumpur dan air nya gimana?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Tergantung suppliernya / beli dari manailhami wrote:Kalau Solar (harga) Industri busuk nggak sih?
Secara spek itu sama lho, sulfur 3500ppm. Tapi bonus seperti lumpur dan air nya gimana?
Kalo AKR punya konon itu kualitasnya boleh adu sama Shell Diesel di SPBU. (denger2 sii)
Petronas, Total juga bagus.
Umumnya yg HSD import kalo kita beli dalam jumlah besar sekali bisa request mau yg kadar sulphur berapa / Cetane berapa.
* Bukan ajakan Beli *