maaf mungkin jadi makin diluar topik diskusi...ilhami wrote:Baca di otomotif
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... awa-Mainan
Hasil pengetesan OTOMOTIFNET.com, pada rute lalu lintas macet, Nissan march meminum 1 liter Pertamax untuk jarak sejauh 8,1 km. Sementara didalam kota, lumayan irit, yakni 1 liter Pertamax untuk jarak 11,6 km.
Yang mengejutkan, adalah ketika OTOMOTIFNET.com benar-benar mencoba pola mengemudi Eco-Driving. Nissan March dipacu secara konstan pada kecepatan 80 km/jam, di jalan tol pada pukul 22.00 WIB.
Hasilnya? 1 liter Pertamax bisa untuk menempuh jarak sejauh 26,2 km! Tapi tetap dengan catatan, hasil tersebut didapatkan dengan cara mengemudi Eco-driving yaa!
-------
Jadi sebenernya Media Lokal lebih bisa dipercaya
kalo saya bandingkan spec antara march dengan merek lain dng kapasitas mesin sekelas/hampir sekelas, kombinasi rasio gigi march termasuk paling halus, ini lbh cocok ekonomis untuk cruising di rute highway tapi untuk city driving dengan kondisi stop n go justru sebaliknya, akselerasi jd berat, imbasnya user akan reflek menginjak pedal gas dalam2 meski akselerasi g dibutuhkan tidak begitu cepat. Meski mungkin ada user yg lebih wise nginjak pedal gas gak terlalu dalam saat akeselerasi, tapi tanpa disadari durasinya injakannya jg lbh lama seiring dengan akselerasi kendaraannya. Dengan kondisi ini rasanya wajar kalo ada beberapa user march mengeluh untuk city driving tidak begitu irit
IMHO aja ya....
