Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bivanos88 wrote:antara redline 5w40 dan mobil1 0w40, lebih bagus mana ya spec nya untuk jalan 10rb km di mesin bensin?
Kedua oli masuk kategori 5 Stars oil
kalo sampe 10.000 Km aja sih 2 - 2 nya gak masalah
kalo sampe lebih dr 11.000 Km ane lebih megang si M1 0W40 krn kandungan SAPS dan TBN nya kayak heavy duty Diesel Oil
Di D4 D ane si M1 0W40 skg dah jalan 10.300 Km / 8 bulan, masih cukup oke walau suara mesin dah agak kasar, tapi tarikan masih enak, rencana mau coba ke 11.000 Km, kalo masih enak mau lanjut ke 11.500 km (filter oli ganti di KM 8500, jadi skg pake filter oli kedua)
bivanos88 wrote:antara redline 5w40 dan mobil1 0w40, lebih bagus mana ya spec nya untuk jalan 10rb km di mesin bensin?
Kedua oli masuk kategori 5 Stars oil
kalo sampe 10.000 Km aja sih 2 - 2 nya gak masalah
kalo sampe lebih dr 11.000 Km ane lebih megang si M1 0W40 krn kandungan SAPS dan TBN nya kayak heavy duty Diesel Oil
Di D4 D ane si M1 0W40 skg dah jalan 10.300 Km / 8 bulan, masih cukup oke walau suara mesin dah agak kasar, tapi tarikan masih enak, rencana mau coba ke 11.000 Km, kalo masih enak mau lanjut ke 11.500 km (filter oli ganti di KM 8500, jadi skg pake filter oli kedua)
wah.. m1 tampaknya lebih tangguh ya buat jalan jauh.. apalagi sudah di tes di d4d tuned om Tman..
jadi kl diurutin no.1 nya mobil1 0w40 dan no.2 nya redline 5w40 donk ya?
DOHC wrote:@ growbuckme : di lipina ane jg skrg uda dicekokin oli 5W-30... so far uda jalan 1388 km... tarikan masi so far so good... ckup enteng... FC ga beda jauh waktu masi make oli semi syn 10W-30... yg bkin beda adalah suara mesin, baik saat start up pagi2 atau pas lagi idle... kerasa jauhh alus... cuman kalo lagi cruising, yah suara mesin tetep aja sama...
petronas yg 10W-30 malah ane coba diantara oli2 semi syn pasaran yg ane perna coba, ini not bad lohh...
rencana utk next ganti oli, ane mo coba Q8 yg 5W-30...
hehehe...entah sugesti ato apa, tp memang di yaris dari awal2 baru ganti pun rasanya kok lebih kasar dibanding sblmnya saya pake total Quartz 10w-40. ato karena total itu lbh kental yah? tp udh ngerasain full syn rasanya tergoda utk pake terus, apalagi harganya mepet sama full syn. btw, livina nya udh pernah carbon clean om? di kilometer brp ya bagusnya utk carbon clean?
Turboman wrote:
growbuckme wrote:
Kalo gitu, walaupun di buku manual minta 5w-30 tp kalo mobilnya lebih sering full load sebaiknya dikasih olie yg 5w-40 atau 10w-40 gitu ya om Turboman?
Kalo sering angkut beban bisa pakai yg 5W40 (any) atau 5W30 Full Synth yg comply ke MB 229.5 / 229.3 / BMW LL-01
sebab std std MB 229.5 / .3 serta LL-01 minta HTHS minimal 3.5
jadi 5W30 nya itu kekentalannya mendekati 5W40
Kalo 5W30 umum kan HTHS nya sekitar 3.1 - 3.2 an
5W40 HTHS nya sekitar 3.5 atau lebih dikit
HTHS = High temp High Shear
hmm...kmrn saya liat di botolnya motul ini sepertinya ga da tulis apa2 aja sertifikasinya yah. coba browse dulu d.
Btw, kalo jenis olie seperti motul ini boleh dipake brp bulan yah om Turbo? Soalnya mobil saya pemakaiannya agak jarang, jarang idle juga dan biasanya waktu ganti olie patokkannya adalah 6 bulan pemakaian dan kilometer selalu hanya max 2rb ato kurang. Siapa tau motul ini bisa aman sampe lebih dari 6 bulan? thx om Turboman buat pencerahannya.
growbuckme wrote:
hmm...kmrn saya liat di botolnya motul ini sepertinya ga da tulis apa2 aja sertifikasinya yah. coba browse dulu d.
Btw, kalo jenis olie seperti motul ini boleh dipake brp bulan yah om Turbo? Soalnya mobil saya pemakaiannya agak jarang, jarang idle juga dan biasanya waktu ganti olie patokkannya adalah 6 bulan pemakaian dan kilometer selalu hanya max 2rb ato kurang. Siapa tau motul ini bisa aman sampe lebih dari 6 bulan?
Motul H-Tec 5W30 Synthetic standard
Bisa dipake sampe 8-9 bulan lah kalo mobil jarang jalan (amannya 8 bulan ganti)
Yg penting mobil kalo gak dipake hindari warming up yg cuman 5 menit trus dimatikan, kalo mau menjaga kondisi aki mending pakai jalan 10 Km aja.
@ growbuckme : kalo carbon clean ane lakuin di km 60an rebu om... kalo semprot2 carbjet gt per 20 rebu km... baik itu masukin cairan carbon clean (AMB atau spirit) ataupun semprot2 carbjet (GZOX, DCS, atau carbjet) sendiri ga bole sering2 om.. walaupun saran bengkel resmi per 10 rebu km, tapi ane sehhh per 20 rebu km... takut bikin seal2 cepet2 getas atau yg worst case bikin ring kompresi di piston cepet lemah atau aus...
biar aman sehh, pake oli yg bagus, dan cara berkemudi nya jgn biasain maen rpm rendah... sesekali jg bole di italian tune up...
aloha all
review dikit oli petrocanada supreme 10w-40 kemarin,udah nempuh 3500km
kalo nurut saya performanya ga sebanding dgn harganya
harga 400rban/4liter dgn harga hampir berimbang saya tetep lbh puas dgn fk freshing
setelah nempuh 3500km berasa mulai ga enak dan sedikit kasar
kemungkinan di 5000 ganti oli deh
pilihannya balik ke fk freshing atau fatron gold 5w-30 atau htech plus aja lbh worth it harga dan kualitasnya
btw special thank buat om turbo udah dibantu analisanya oli petrocanada ini
juanaxel wrote:bro DOHC, efeknya carbon clean dgn semprot carbjet lebih enak mana ya? Thanks
kalo pas abis dikerjain sehh... sama2 aja tuh om... ngeglitik ilang... dan otomatis tarikan lebi respon... tapi kalo carbon clean efek nya lebi lama, bisa ampir 10 rebu km... kalo semprot carbjet efek nya cuman bentar, biasa 4000an km jg uda balik tuh suara glitik2..
DOHC wrote:@ growbuckme : kalo carbon clean ane lakuin di km 60an rebu om... kalo semprot2 carbjet gt per 20 rebu km... baik itu masukin cairan carbon clean (AMB atau spirit) ataupun semprot2 carbjet (GZOX, DCS, atau carbjet) sendiri ga bole sering2 om.. walaupun saran bengkel resmi per 10 rebu km, tapi ane sehhh per 20 rebu km... takut bikin seal2 cepet2 getas atau yg worst case bikin ring kompresi di piston cepet lemah atau aus...
biar aman sehh, pake oli yg bagus, dan cara berkemudi nya jgn biasain maen rpm rendah... sesekali jg bole di italian tune up...
Ane malah concern dgn katalik konverter nya chiong..
CC mahh slama ga pake aditif2 an ane rasa masi kuat jemb dipake 3-4 taonan... ini lipina ane uda perna di carbjet, carbon clean dan slama ini pake premium terus aja kayanya masi blom mampet2 amat tuh CC nya...
Ane takut flake/debris karbon nya masuk ke CC....mampat sih tidak,..kondisi CC memburuk saya rasa berpotensial terjadi....ntah lah...logika konyol saja...
kalo mampat yahh bagus lah jemb... ada alesan buat copot CC..
ini aj ane lg kepikiran mau copot CC lipina ane, cuman masi binggung ntuh ada sensor oksigen ga di exhaust nya... trus ntar tarikan malah jadi ngempos atau kaga tuh stelah ane copot..
Kalau beli yang sudah jadi ada lubang tersedia untuk O2 sensornya...hehhe
Ada model tertentu yang berpotensi error sensornya, ada yang tidak (masalah terbesar)....
Kalau ngempos yah tergantung desain dan kualitas buatan exhaust...Ђεђεђε Ђεђεђε™
SAKI cukup bagus kalau dulu ane pakai...tidak ngempos dah
report pemakaian Shell Helix Ultra 5w40 pada ipah D4D oddo 22000km setelah pemakaian 2200km :
1. tarikan nya masi enak,
2. suara masi halus kalo mesin udah panas,
3. pada saat cold start keluar bunyi nguk2 pada mesin sekitar 1-2menitan(sebelumnya hanya 2-3detik, walaupun frekuensi nya sangat amat jarang)
Untuk keluhan no.3 ini, apakah masi aman ya rekan2 smers? Sblm pakai shell ultra, saya pakai FK Pulse GT 10w40 jg dgn keluhan yg sama.
growbuckme wrote:
hmm...kmrn saya liat di botolnya motul ini sepertinya ga da tulis apa2 aja sertifikasinya yah. coba browse dulu d.
Btw, kalo jenis olie seperti motul ini boleh dipake brp bulan yah om Turbo? Soalnya mobil saya pemakaiannya agak jarang, jarang idle juga dan biasanya waktu ganti olie patokkannya adalah 6 bulan pemakaian dan kilometer selalu hanya max 2rb ato kurang. Siapa tau motul ini bisa aman sampe lebih dari 6 bulan?
Motul H-Tec 5W30 Synthetic standard
Bisa dipake sampe 8-9 bulan lah kalo mobil jarang jalan (amannya 8 bulan ganti)
Yg penting mobil kalo gak dipake hindari warming up yg cuman 5 menit trus dimatikan, kalo mau menjaga kondisi aki mending pakai jalan 10 Km aja.
Betul itu om Turbo, saya jg anti utk warming up mobil sampe lama2 karena mnrt saya malah menumpuk carbon dan rate pengisian aki dari alternator kan juga tidak terlalu baik kalo cuma pada RPM idle. Mending dipake iseng2 muter ato digeber2 di tol malem hari.
Btw, mayan jg yah motul H tec ini, harga masih dibawah 100rb/ltr, full syn dan ketahanan mayan lama. Kalau utk olie syn ataupun non-syn yg specnya lebih bagus bisa dipake brp bulan om Turbo? misalnya kalo non-syn adalah FK Freshing dan kalo full syn misalnya Q8 5w-30.
DOHC wrote:@ growbuckme : kalo carbon clean ane lakuin di km 60an rebu om... kalo semprot2 carbjet gt per 20 rebu km... baik itu masukin cairan carbon clean (AMB atau spirit) ataupun semprot2 carbjet (GZOX, DCS, atau carbjet) sendiri ga bole sering2 om.. walaupun saran bengkel resmi per 10 rebu km, tapi ane sehhh per 20 rebu km... takut bikin seal2 cepet2 getas atau yg worst case bikin ring kompresi di piston cepet lemah atau aus...
biar aman sehh, pake oli yg bagus, dan cara berkemudi nya jgn biasain maen rpm rendah... sesekali jg bole di italian tune up...
dibanding dengan semprot2 carbjet itu, apakah kalo pake cairan pembersih yg dimasukkin ke tangki bensin efeknya sama om DOHC? belakangan ini saya sempet liat2 byk jg varian complete fuel system cleaner. Tp terpikir jg nih resikonya kalo memang bagus utk melepas kotoran2 ato kerak karbon gitu apakah kotoran tersebut nantinya gak malah bikin mampet saluran bahan bakar yah?
sbenernya sehh... kalo mau bersih2 yg paling bagus dan aman yahh top overhaul kalo utk enjin, dan bongkar injector plus kuras tangki bensin kalo emang mau bersih2 fuel line...
lain dari itu yahhh pasti ada efek negatif nya, karena obat2 pembersih tsb sdikit banyak mengandung bahan korosif...
ane dulu perna make aditif2 buat bensin gt, cuman karena lebi banyak efek negatif yg ane rasain drpd positif nya.. jadi skrg ane uda mengharam kan penggunaan aditif2 apapun utk mobil ane... baik itu aditif bensin ataupun oli... bahkan termasuk penggunaan enjin flush jg ogahhh ane pake...
tapi karena baru jalan beberapa ratus KM, belum bisa kasih komen banyak
yg jelas, untuk hitungan pemakaian yg sama (dibawah 1000 km) "rasa"-nya masih sama dengan oli sebelumnya (motul h-tech plus 5w30)
entah besok-besok kalau sudah diatas 3000-5000 km
rencananya fastron ini mau dicoba sampe 7500km
Mantap om imsus ditunggu banget reviewnya
per hari minggu kemaren...sudah nyaris dapat 3000km...
kesan berdasarkan feeling...
- dari sisi performa, sama sekali tdk ada perubahan..tetap mantap dan ringan seperti saat barusan ganti oli
- pemakaian BBM, rasanya sama saja (dibanding dulu pakai castrol magnatec 10w40 dan motul htec5w30), atau gara-gara kerasa ringan tarikannya, jadi rasanya pengin nge-gas terus makanya ga kerasa pengiritan bbm-nya, dalkot rata-rata dapatnya 1:7
- cek dipstcik, ini oli kok tetep jernih aja??? seperti masih baru, viskositas dan bau-nya juga kurang lebih sama seperti ketika baru (secara saya sisakan beberapa cc di kaleng dalam kondisi belum terpakai, untuk bandingin warna, bau dan viskositas....tapi tentunya tetap berdasarkan feeling...), saya jadi ragu, apakah fungsi deterjen-nya bekerja???
- cek volume (pakai dipstick), secara visual tidak ada pengurangan sama sekali...artinya celah/clearance mobil memenuhi syarat utk dikasih oli 5w30..., di knalpot juga terasa kering
- suara mesin tetap halus, meski tidak sehalus saat pakai 10w40, agak garing/renyah gitu suaranya...tapi suara tappet tidak terdeteksi (manual pakai telinga) sama sekali
sesuai rencana awal, akan diteruskan pakai sampai 7500an KM
sekedar update...
minggu kemaren, pemakaian tembus 5000++km...
secara feeling, semuanya masih sesuai dengan yg ditulis diatas, kecuali penampilan fisiknya... saat cek dipstick, warnanya sudah mulai keruh...mudah2an pertanda deterjennya bekerja dengan baik..
iseng iseng perhatikan lagi kemasannya, ternyata:
Turboman wrote:
growbuckme wrote:
Kalo gitu, walaupun di buku manual minta 5w-30 tp kalo mobilnya lebih sering full load sebaiknya dikasih olie yg 5w-40 atau 10w-40 gitu ya om Turboman?
Kalo sering angkut beban bisa pakai yg 5W40 (any) atau 5W30 Full Synth yg comply ke MB 229.5 / 229.3 / BMW LL-01
sebab std std MB 229.5 / .3 serta LL-01 minta HTHS minimal 3.5
jadi 5W30 nya itu kekentalannya mendekati 5W40
Kalo 5W30 umum kan HTHS nya sekitar 3.1 - 3.2 an
5W40 HTHS nya sekitar 3.5 atau lebih dikit
HTHS = High temp High Shear
tertulis kalau fastron gold ini comply ke yg di-bold diatas...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Bro...kalo olie UNIONOIL SL 10w40 udah ada yang pake belum dimobilnya? harganya murah meriah....bagaimana performanya, jarang ada yang make untuk mobil nih....apakah termasuk grade oli yang buruk?
DOHC wrote:sbenernya sehh... kalo mau bersih2 yg paling bagus dan aman yahh top overhaul kalo utk enjin, dan bongkar injector plus kuras tangki bensin kalo emang mau bersih2 fuel line...
lain dari itu yahhh pasti ada efek negatif nya, karena obat2 pembersih tsb sdikit banyak mengandung bahan korosif...
ane dulu perna make aditif2 buat bensin gt, cuman karena lebi banyak efek negatif yg ane rasain drpd positif nya.. jadi skrg ane uda mengharam kan penggunaan aditif2 apapun utk mobil ane... baik itu aditif bensin ataupun oli... bahkan termasuk penggunaan enjin flush jg ogahhh ane pake...
pemikiran ogut jg sama ni, makanya skrg pgn coba pake tp msh ragu. Ada yg bilang malah ngendap di filter bensin, etc. emg mending bongkar aja d sekalian, bersih alami..hehehe...
Btw, pemakaian motul hi tech 100 plus di GL udh ampir 700km, dan masih mantap aja nih efeknya. Tenaga bagus, suara mesin pun halus. Ok juga sepertinya, apalagi kalo bisa bertahan 8 bulan, mayaaann...lebih lama dari pemakaian olie semi syn dan dengan kualitas yg lebih pula. Harga beda tipis.
Turboman wrote:Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN spt nya looks promising juga, barusan temen ada ngeliat di toko oli baru masuk.
Harga konon 85 rebu / L, tapi :
VI : 157
Antiwear : ZDDP 790 an ppm + Boron 200 an ppm + Titanium 100 an ppm
TBN : 8,2 mg KOH
Ini kalo spec yg di sini benar sama maka Spt nya boleh banget dicoba........
Wah, kalo di harga segitu sepertinya mineral based ya om TM? specnya sama dgn produk MOBIL (5w-30 API SN) dan range harganya jg mirip2 kalo saya liat di toda. Tp yah itu, masih mineral based.
Turboman wrote:Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN spt nya looks promising juga, barusan temen ada ngeliat di toko oli baru masuk.
Harga konon 85 rebu / L, tapi :
VI : 157
Antiwear : ZDDP 790 an ppm + Boron 200 an ppm + Titanium 100 an ppm
TBN : 8,2 mg KOH
Ini kalo spec yg di sini benar sama maka Spt nya boleh banget dicoba........
Wah, kalo di harga segitu sepertinya mineral based ya om TM? specnya sama dgn produk MOBIL (5w-30 API SN) dan range harganya jg mirip2 kalo saya liat di toda. Tp yah itu, masih mineral based.
Kendall GT-1 = Semi Synth
VI nya sekitar 157 - 160.....dah cukup oke mestinya......mirip sama Motul H-Tech tapi GT-1 ini zat antiwear-nya lebih banyak.