Well.... ada baiknya kita perlu "membebaskan" pikiran dari pengaruh "political business" para kapitalis terlebih dahuluilhami wrote:Dari diskusi, sulphur itu hanya merusak catalytic converter. Kalau CC dihilangkan berarti mesin diesel nya menjadi tidak ramah lingkungan. DEX = Diesel Environment eXtra. Kadar sulfur yang rendah menjadi ramah lingkungan.
Tapi kalau disini masalah nya solar yang oplosan lumpur. sehingga membuat filter solar cepet mampet.
Kalau pengaruh cetane number itu apa ya?
Aplikasi CC sgt terkait dgn kadar sulphur BBM, apa yg terjadi jika solar high sulphur pakai CC ? emisi SO2 dari exhaust akan terrubah jadi H2SO4.....maka itu bau exhaust Diesel dgn CC itu asam.......adanya H2SO4 itu ramah lingkungan kah ?
Juga pada dasarnya Diesel itu emisi CO2 / CO nya jauh lebih rendah dr Gasoline, walau emisi PM (jelaga) dan NOx lebih besar.
CC menconvert CO jadi CO2, HC jadi H2O dan CO2, NOx jadi N2
Tapi adanya unsur sulphur dlm jumlah besar lama2 juga akan bikin CC jadi rusak, element katalis rusak dan CC mampat.
CC mampat justru akan membuat mesin susah kentut dan BBM jadi Boros, then emisi CO2 naik dongg....betul ?
So, emission devices sgt tergantung dr kadar sulphur en kualitas BBM itu sendiri, tak bisa dipisahkan
You eat sh*t then you got sh*t.........You eat honey then you got sugar
