Proton Exora vs Esemka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Proton Exora vs Esemka

Post by Dino_lowrider »

Produk Malaysia Vs Produk Indonesia. Keduaanya sama-sama proyek mobil nasional kedua negara.
Temas2 memilih yang mana di antara keduanya.

proton exora
Image
kiat esemka
Image



PROTON SAGA tahun 1985
Image

info:

Usia proton sudah menginjak 29 tahun pada tahun 2012 ini. Proton didirikan tahun 1983 pada jaman pemerintahan mahatir muhammad.
sementara usia esemka , ane kurang jelas. Mungkin antara 6 bulanan pada tahun 2012 ini. Didirikan pada jaman pemerintahan susilo bambang yudoyono.

Sebenarnya kurang adil kalau kita membandingkan keduanya.
Ane membandingkan keduanya dengan maksud untuk membuka pikiran kita bahwa betapa ketinggalannya kita dibandingkan saudara serumpun kita Malaysia.

Mulai dulu kita seolah olah ragu untuk membuat mobil nasional. Dari mobil maleo , Timor dan bimantara ( yang notabene adalah mobil import dari korea yang akan kita cap menjadi mobil nasional ) . Melihat kondisi dalam negeri yang tidak kondusif , serta carut marutnya pemerintahan akibat terlalu banyaknya partai , ane pesimis kita akan memiliki mobil nasional. Artinya kalau kita tidak berbenah , kita akan ketinggalan dalam segala hal dari malaysia. :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by Nightster Guy »

EMBERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR............ !!!!

Emang UDAH KETINGGALAAAAAAAAAAAAAAAN !!!!

Persis yang saya tulis di forum sebelah:

PRESIDENNYA IDIOT.
LEGISLATIF LEBIH IDIOT LAGI.
YUDIKATIFNYA BIANGNYA IDIOT.

Gak da harapan ni negara, calon2 negara gagal. Mudahan gak jadi kek Rwanda ato Somalia aja, saat kekayaan alam UDAH ABIS DIKERUK.

Pemerintah gak ngurus yang ginian, MOBNAS, APAAN TUH, gak penting bagi mereka. Gak bisa jilat KETEK PRINSIPAL lagi dunk kalo 'melegalkan' mobnas.

SBY, gak suka saya bilang IDIOT?

SUE ME. :big_weee:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by VanzMatic »

Proton yang usianya sudah lama itu aja, produk2nya masih didominasi wajah merk yg kerjasama dengan Proton.
Dari Saga yang mirip salah satu sedan Mitsu, sampai Preve yg terakhir...terkesan gado2.

alih teknologi memang mahal.

India dengan produk Maruti nya saja belum bisa lepas dari pengaruh Sijuki

Apalagi Indonesia..

Mirip dengan salah satu atau salah tiga merk, udh dihujat.

Dikiranya, bikin satu model itu gampang?

Yang jelas, untuk established, memang harus ada kemauan bulat dari pemerintah untuk melindungi.

Dari hulu sampai hilir.
Diprotek habis habisan.
Kasih ingsentip pajak paling besar.
Kasih keringanan pajak tahunan mobil bagi ownernya. Misalnya, kalo pajak papanjah 1300cc 2 juta, untuk mobnas dengan spek mesin mirip, pajak tahunannya cukup 800rb.
Katebeletje masih perlu, untuk membantu pembebasan lahan bagi dibangunnya pabrik, laboratorium, dan pembangunan dealer2 diseantero Indonesia.

Dan, supaya alihteknologi bisa nyalip Malaysia, beri iming2 keringanan pajak yang sebesar-besarnya bagi produsen kendaraan yang mau dibeli hak paten modelnya secara keseluruhan. Model MPV dan niaga yang 'dialihteknologikan' ke mobil nasional, tidak boleh lagi dipasarkan dengan merek asalnya.
Tapi, merk tersebut berhak menikmati keringanan pajak terbesar untuk seluruh line up produksinya.

Misalnya, alihteknologi Daihatsu Granmax PU dan Daihatsu Xenia. Hak paten dibeli pemerintah. Sehingga, mobnas yang lahir dari teknologi GranMax dan Xenia, bisa memakai merk mobnas dan bisa ganti model, tapi teknologi masih adopsi.

Ini modal awal untuk lompatan teknologi ke depan.


Just sharing pendapat ...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by ak4ng »

percuma lah koar2 disini.. g ngefek bgt.. meningan pindah negara berikut kewarganegaraannya ke negara yg bebes pajak ini itu, bensin murah, jalanan lueegaaaa...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by Lucky11 »

Dino_lowrider wrote:Produk Malaysia Vs Produk Indonesia. Keduaanya sama-sama proyek mobil nasional kedua negara.
Temas2 memilih yang mana di antara keduanya.

proton exora
Image
kiat esemka
Image



PROTON SAGA tahun 1985
Image

info:

Usia proton sudah menginjak 29 tahun pada tahun 2012 ini. Proton didirikan tahun 1983 pada jaman pemerintahan mahatir muhammad.
sementara usia esemka , ane kurang jelas. Mungkin antara 6 bulanan pada tahun 2012 ini. Didirikan pada jaman pemerintahan susilo bambang yudoyono.

Sebenarnya kurang adil kalau kita membandingkan keduanya.
Ane membandingkan keduanya dengan maksud untuk membuka pikiran kita bahwa betapa ketinggalannya kita dibandingkan saudara serumpun kita Malaysia.

Mulai dulu kita seolah olah ragu untuk membuat mobil nasional. Dari mobil maleo , Timor dan bimantara ( yang notabene adalah mobil import dari korea yang akan kita cap menjadi mobil nasional ) . Melihat kondisi dalam negeri yang tidak kondusif , serta carut marutnya pemerintahan akibat terlalu banyaknya partai , ane pesimis kita akan memiliki mobil nasional. Artinya kalau kita tidak berbenah , kita akan ketinggalan dalam segala hal dari malaysia. :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by andy1800 »

Lucky11 wrote:
Dino_lowrider wrote:Produk Malaysia Vs Produk Indonesia. Keduaanya sama-sama proyek mobil nasional kedua negara.
Temas2 memilih yang mana di antara keduanya.

proton exora
Image
kiat esemka
Image



PROTON SAGA tahun 1985
Image

info:

Usia proton sudah menginjak 29 tahun pada tahun 2012 ini. Proton didirikan tahun 1983 pada jaman pemerintahan mahatir muhammad.
sementara usia esemka , ane kurang jelas. Mungkin antara 6 bulanan pada tahun 2012 ini. Didirikan pada jaman pemerintahan susilo bambang yudoyono.

Sebenarnya kurang adil kalau kita membandingkan keduanya.
Ane membandingkan keduanya dengan maksud untuk membuka pikiran kita bahwa betapa ketinggalannya kita dibandingkan saudara serumpun kita Malaysia.

Mulai dulu kita seolah olah ragu untuk membuat mobil nasional. Dari mobil maleo , Timor dan bimantara ( yang notabene adalah mobil import dari korea yang akan kita cap menjadi mobil nasional ) . Melihat kondisi dalam negeri yang tidak kondusif , serta carut marutnya pemerintahan akibat terlalu banyaknya partai , ane pesimis kita akan memiliki mobil nasional. Artinya kalau kita tidak berbenah , kita akan ketinggalan dalam segala hal dari malaysia. :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
:D apa ini? kok quote doang? ikutan aah
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by Lucky11 »

Aduh maaf tulisannya ga ikut :big_peace:
Menurut saya sih dari pada Esemka Repot2 bikin mobil nasional mendingan bikin mobil supercar sekelas lamborghini atau buggati untuk membuktikan bahwa Esemka lebih baik dari proton...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by Nightster Guy »

Veyron Indo? Neh.................

Biasanya saya paling skeptis dan sinis duluan ama yang namanya 'replika mobil buatan Indo', biasanya ancur. AFAIK cuman 1 'produsen' replika yang grade A+, Colebrand dan grade 'lumayan' si Marvia.

Eh yang ini lumayan nih tapi dimensi keknya masih blom seproporsi 1:1 ama Veyron asli yak, ummm kek kurang panjang gitu.

Overall not bad la. Jauh lebih bagus ketimbang Porsche wannabe yang dijual di Tokobagus yang makeovernya Genio, dicela abis di AMHP.

:wkkk:

http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... si-Bandung

Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by VanzMatic »

ak4ng wrote:percuma lah koar2 disini.. g ngefek bgt.. meningan pindah negara berikut kewarganegaraannya ke negara yg bebes pajak ini itu, bensin murah, jalanan lueegaaaa...
K4ng, kalo gue mah ogah ngikut cara instan gitu..

Membangun bangsa tidak mungkin hanya 2-5 taon doank... Minimal, 30 tahun kang.. DAN itu hanya dan satu satunya cara adalah melalui PENDIDIKAN. Tidak ada jalan lain.
Kita bisa lihat lah, mana mana aja negara yang MANDIRI tanpa campur tangan atau recokan negara lain karena sukses mengedepankan PENDIDIKAN sebagai panglima pembangunan:
Jepang, USA, Negara2 Eropa barat, Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Oztrali, NZ.

Think about these things...:

Ente pindah kewarganegaraan, apa hanya karena pengin bebas pajak? Apakah bebas pajak itu tidak ada imbas / trade off sama sekali dari hal hal lain?
Besides, benarkah bebas pajak? Apakah itu bukan hanya pengalihan istilah?
Apa lantas ente langsung dapat posisi first class citizenship tanpa upaya dan hasil karya sama sekali kalau pindah kewarganegaraan, sebagaimana warga negara asli negara ybs yang udah lebih duluan banting tulang untuk negaranya...??
Apa lantas kemudahan hidup hanya ditakar sebatas bensin murah dan bebas pajak??


Yang jelas, sepemahaman ane, TIDAK ADA kesuksesan suatu negara itu TANPA pengorbanan warga negaranya. DAN, warga negara yang paling banyak berkorban RIIL untuk negaranya lah yang pantas menikmati kenikmatan hidup di negara itu.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by ak4ng »

VanzMatic wrote:
ak4ng wrote:percuma lah koar2 disini.. g ngefek bgt.. meningan pindah negara berikut kewarganegaraannya ke negara yg bebes pajak ini itu, bensin murah, jalanan lueegaaaa...
K4ng, kalo gue mah ogah ngikut cara instan gitu..

Membangun bangsa tidak mungkin hanya 2-5 taon doank... Minimal, 30 tahun kang.. DAN itu hanya dan satu satunya cara adalah melalui PENDIDIKAN. Tidak ada jalan lain.
Kita bisa lihat lah, mana mana aja negara yang MANDIRI tanpa campur tangan atau recokan negara lain karena sukses mengedepankan PENDIDIKAN sebagai panglima pembangunan:
Jepang, USA, Negara2 Eropa barat, Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Oztrali, NZ.

Think about these things...:

Ente pindah kewarganegaraan, apa hanya karena pengin bebas pajak? Apakah bebas pajak itu tidak ada imbas / trade off sama sekali dari hal hal lain?
Besides, benarkah bebas pajak? Apakah itu bukan hanya pengalihan istilah?
Apa lantas ente langsung dapat posisi first class citizenship tanpa upaya dan hasil karya sama sekali kalau pindah kewarganegaraan, sebagaimana warga negara asli negara ybs yang udah lebih duluan banting tulang untuk negaranya...??
Apa lantas kemudahan hidup hanya ditakar sebatas bensin murah dan bebas pajak??


Yang jelas, sepemahaman ane, TIDAK ADA kesuksesan suatu negara itu TANPA pengorbanan warga negaranya. DAN, warga negara yang paling banyak berkorban RIIL untuk negaranya lah yang pantas menikmati kenikmatan hidup di negara itu.

:big_peace:
terlalu idealis itu.... susah diaplikasi di indonesia kalo pemimpinnya ke gini... capedeee
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by VanzMatic »

ak4ng wrote:
VanzMatic wrote:
ak4ng wrote:percuma lah koar2 disini.. g ngefek bgt.. meningan pindah negara berikut kewarganegaraannya ke negara yg bebes pajak ini itu, bensin murah, jalanan lueegaaaa...
K4ng, kalo gue mah ogah ngikut cara instan gitu..

Membangun bangsa tidak mungkin hanya 2-5 taon doank... Minimal, 30 tahun kang.. DAN itu hanya dan satu satunya cara adalah melalui PENDIDIKAN. Tidak ada jalan lain.
Kita bisa lihat lah, mana mana aja negara yang MANDIRI tanpa campur tangan atau recokan negara lain karena sukses mengedepankan PENDIDIKAN sebagai panglima pembangunan:
Jepang, USA, Negara2 Eropa barat, Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Oztrali, NZ.

Think about these things...:

Ente pindah kewarganegaraan, apa hanya karena pengin bebas pajak? Apakah bebas pajak itu tidak ada imbas / trade off sama sekali dari hal hal lain?
Besides, benarkah bebas pajak? Apakah itu bukan hanya pengalihan istilah?
Apa lantas ente langsung dapat posisi first class citizenship tanpa upaya dan hasil karya sama sekali kalau pindah kewarganegaraan, sebagaimana warga negara asli negara ybs yang udah lebih duluan banting tulang untuk negaranya...??
Apa lantas kemudahan hidup hanya ditakar sebatas bensin murah dan bebas pajak??


Yang jelas, sepemahaman ane, TIDAK ADA kesuksesan suatu negara itu TANPA pengorbanan warga negaranya. DAN, warga negara yang paling banyak berkorban RIIL untuk negaranya lah yang pantas menikmati kenikmatan hidup di negara itu.

:big_peace:
terlalu idealis itu.... susah diaplikasi di indonesia kalo pemimpinnya ke gini... capedeee
Belum mencoba sudah menyerah, sudah pesimis..

Emang ente udh ngelakui apa, kang, kok udh bisa bilang susah diaplikasi? Udh gitu, nyalahin pemimpinnya lagi... Pemimpinnya tu bukannya termasuk kita kita juga yang memilih dalam pemilu?

Nippon dulu ngga pernah nyalahin Belanda karena sistem tanam paksa maupun cultuur stelsel.
Bung Karno dulu ngga pernah nyalahin Nippon karena sudah pernah menjajah Indonesia.
Pak Harto juga engga pernah terang2an menyalahkan bung Karno yang dicap orde lama.

So, kenapa kita jadi menyalahkan yang lain? Budaya dari mana lagi ini?
:mky_04:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by y_anjasrana »

itung2 esemka lmyn hebat ya.. baru buat mobil lgsg keluar suv yg lmyn bagus. gimana klu esemka lgsg keluarin luxury car aja? buat kalangan yg ga takut2 kluarin duit utk coba2 merk mobil. klu kalangan menengah bawah khan umumnya takut utk coba2 beli barang yg ga jelas ke depannya. alasannya kan macem2, terutama spare part & resale value.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by VanzMatic »

y_anjasrana wrote:itung2 esemka lmyn hebat ya.. baru buat mobil lgsg keluar suv yg lmyn bagus. gimana klu esemka lgsg keluarin luxury car aja? buat kalangan yg ga takut2 kluarin duit utk coba2 merk mobil. klu kalangan menengah bawah khan umumnya takut utk coba2 beli barang yg ga jelas ke depannya. alasannya kan macem2, terutama spare part & resale value.
Kalo menurut ane, sebaliknya om..

Sebaiknya mobnas tu dimulai dari model niaga dan MPV kecil macam Xenia aja. Kenapa?
Paling ngepas ama tipikal orang sini yang demen rame2. Beda ama orang Malon yang lebih banyak yang demen sedan.
Trus, untuk bener2 menguji kekuatan mobnas, bikin model pikup, biar disiksa habis habisan ama usernya, seberapa kuat chassis dan mesinnya.

just imho.. :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by ZombiEE »

Secara pribadi tidak mengharapkan yang neko2 semacam mobnas sih...
Salut dgn Malaysia, walau produk proton tidak saya sukai, jalan yg dilalui tidak gampang saya yakin....
Proton vs Esemka..mnrt saya masih panjang jalan yg harus dilalui gacok kita:)...
Menilik sikon sekarang, saya sangat skeptis,..kapan mobnas kita (bukan cuman Esemka) mampu bersaing dgn proton dalam segala lini.

Menurut ane, andaikan gelar "detroit asia tenggara" bisa kita raih, itu langkah pertama yang mantap....mnrt saya pasar lokal itu jauh jauh diatas detroit asia tenggara sekarang, malah mereka bukan lawan yang seimbang bagi kita...cmiiw
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by y_anjasrana »

Jalanan kita masih penuh dgn mobil tua. Jd ga mungkin bisa melangkah jadi detroitnya asteng. Klu mw maju ya turunkan pajak mobil baru, naikkan pajak mobil tua. Tp pasti byk yg ga stuju. Pasti alasannya ga membela rakyat kecil. Pdhl klu produksi mobil meningkat, berarti bisnis sampingannya jg meningkat. Dgn kata lain byk muncul pengusaha baru, byk lowongan kerja baru, dst. Cuma susah ngadepin orang2 yg mikirin jangka pendek aja...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by jalu »

y_anjasrana wrote:Jalanan kita masih penuh dgn mobil tua. Jd ga mungkin bisa melangkah jadi detroitnya asteng. Klu mw maju ya turunkan pajak mobil baru, naikkan pajak mobil tua. Tp pasti byk yg ga stuju. Pasti alasannya ga membela rakyat kecil. Pdhl klu produksi mobil meningkat, berarti bisnis sampingannya jg meningkat. Dgn kata lain byk muncul pengusaha baru, byk lowongan kerja baru, dst. Cuma susah ngadepin orang2 yg mikirin jangka pendek aja...
sebenernya bisa saja meningkatkan produksi meski tanpa harus ada pembatasan seperti menurunkan pajak mbl baru, menaikan pajak mobil tua dll, kuncinya adalah jika industri otomotif yang ada disini juga punya orientasi lebih kuat ke eskpor, bukan melulu ngincer market dalam negeri.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by y_anjasrana »

pasar dalam negeri masih banyak belum tergali koq. coba liat jepang yg ukuran negaranya mirip2 kita. berapa penjualan mobil per tahunnya. klu ane ga salah inget, beda nol bbrp biji. masih jauh bgt....

coba siapa yg bisa bantu cariin datanya.

:mky_01:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by ZombiEE »

jalu wrote:
y_anjasrana wrote:Jalanan kita masih penuh dgn mobil tua. Jd ga mungkin bisa melangkah jadi detroitnya asteng. Klu mw maju ya turunkan pajak mobil baru, naikkan pajak mobil tua. Tp pasti byk yg ga stuju. Pasti alasannya ga membela rakyat kecil. Pdhl klu produksi mobil meningkat, berarti bisnis sampingannya jg meningkat. Dgn kata lain byk muncul pengusaha baru, byk lowongan kerja baru, dst. Cuma susah ngadepin orang2 yg mikirin jangka pendek aja...
sebenernya bisa saja meningkatkan produksi meski tanpa harus ada pembatasan seperti menurunkan pajak mbl baru, menaikan pajak mobil tua dll, kuncinya adalah jika industri otomotif yang ada disini juga punya orientasi lebih kuat ke eskpor, bukan melulu ngincer market dalam negeri.
Betul bang....diperkuat oleh pasar lokal yang sangat berpotensi...
Saya tidak tahu apa kebijakan yg diambil pemerintah dan instansi terkait disana sehingga bisa menjadi detroit asteng....tapi kalau mnrt opini subjektif saya, kita lebih dari bisa mempecundangi mereka dlm hal industri otomotif....tapi, dipikir2 setelah dijadikan basis produksi apakah akan "membunuh" mobnas secara tidak langsung ya??
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Proton Exora vs Esemka

Post by y_anjasrana »

klu detroit asteng ya berarti mobnas juga harus kuat dgn atau tanpa proteksi.... tp hrs belajar jg dari detroit yg asli. jgn sampe mobnasnya tergusur di negeri sendiri.
Accurate V5 Accounting System Consultant