coba ane share ilmu pernubie an panther ane yahh....
kalo utk sektor mesin, sebenernya 4ja1 itu kategori mesin badak... bahkan hal ini di amini oleh salah satu bengkel injector diesel ternama di jakarta... mnurut bengkel tsb, mesin ini mahh, asal rutin ganti oli ama filter aja dijamin super panjang umur nya... tipikal mesin2 diesel jadul lahh... trus kalo mnurut milis nya panther, enjin blok nya ini termasuk robust bgt.. dipakein turbo dan dihajar boost ampe 1 bar aja masi kuat... makanya utk mesin sehh harus nya ga terlalu banyak jajan... kalo mau ngecek sehh, yg penting suara enjin harus normal, ga ada suara metal2 atau bunyi2 abnormal lain nya... trus stelah suhu mesin mencapai normal, coba buka tutup pengisian oli nya, kalo yg kluar cipratan oli yahh normal, tapi kluar nya malah oli disertai asap sperti knalpot yahhhh, berarti ada yg ga beres.. utk servis overhaul ane perna nanya, utk jasa dan spare part, kalo ga parah2 amat, masi bisa di bawah 10 jt...
nahhh kalo sektor kaki2, biasanya panther itu sucks di kaki2 depan nya... kalo kaki2 blakang sehhh kuat bangett... nahh kaki2 depan untung nya spare part nya murahhhhhhh bangettt... ane perna restorasi kaki2 total panther ane, dari tie rod rack, tie rod end, ball joint atas dan bawah, idle arm, bearing roda depan, karet2 bushing smua nya, ampe shock depan pake yg touring punya aja cuman abis 2 juta lebi dikit... ongkos ganti itu smua di bengkel rumahan cuman kena 300an rebu...
tapi jgn lupa cek power steering nya... ini sehh komponen jg bener2 badak kuatnya... tapi kalo rusak yahhh ckup nguras kantong... panther itu khas kalo setir nya super enteng... nahh kalo diputer ada bunyi2 aneh atau berat, mending jangan dehh... utk seal2 power steering nya aja 350an rebu... blom termasuk ongkos overhaul yg ckup mahal...
utk sektor ac, ini jg boleh diperhatikan walaupun lagi2 komponen dan servis ac nya panther jg murahh koq... kompressor ac panther aja cuman 2 jutaan... bandingkan dgn kepunyaan honda jazz atau innova yg naujubileh mahal nya...
nahhh, yg plg mahal dari panther itu yahh urusan soal body repair... scara panther itu kualitas body nya masi caur bangett... gampang keropos dan karatan... solusi nya sehh, mending utk kropos2 gt bawa ke bengkel ketok las yg emang bener2 ntuh karat di potong trus di las besi plat baru... bukan cuman di tambal...
cmiiw...
VanzMatic wrote:DOHC wrote:nubie numpang komen yahh...
mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...
kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
Cuman mungkin om mlengse nya yang harus nambahin dananya...
Kira2 menurut om klep, estimasi persiapan dana cadangan untuk ngerjain PR beli Panther seken, berapaan ya om, kalo om mlengse mencadangkan 75jt-an?
Kayakna dari pejwan blom disinggung nih perkara ginian..
