Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
imsus2c wrote:
soalnya di mesin singa HDI, pakai oli 15w40 (meditran dan motul tekma), pengurangan minim, paling nambah 0.75-1L menjelang ganti oli (5000KM), tapi waktu pakai SHX7-Diesel 10w40, minimal nambah 1.5-2L tiap 1x periode pakai oli (5000km juga), jadi nambah 0.5L tiap 1500km
Udah jalan brp Km HDI nya ?
Kalo lebih cocok oli 15W-40 bisa coba Fastron Diesel atau Mobil Delvac MX.
Kalau oli 10W-40 coba nanti saat ke 2X pake oli 10W-40 coba diliat nguapnya masih banyak juga gak, kalo penguapan berkurang maka bisa terus pakai 10W-40
growbuckme wrote:
Iya om dohc, bahkan idemitsu aja yg mineral 10-30 jg udh SM. Mrn itu sempet ketemu olie baru di Toda keluaran Mobil 10-30 jg udh API SN, tp nanya sm yg jaga katanya itu biar udh SN tp msh olie mineral base. Kalo memang SM keatas udh gak aman ya terpaksa ganti olie di beres aja d, padahal da males sama antriannya biarpun dah booking tp nunggunya msh jauh lebih lama drpd ganti olie di bengkel luar.
ga perlu harus ganti oli di beres koq om... lagian oli NGO itu jg ga bagus2 amat... tapi muahall lg... ga sebanding dan ga pantas kayanya dibanderol dgn harga sgitu... dgn duit yg sama, om bisa dapetin oli berkualitas full syn kalo beli di luaran...
di atrium, ada tuh oli Q8 5W-30 full syn, seliter 80 rebu.... atau idemitsu yg full syn 5w-30, ini sliter 65 rebu, cuman kayanya lg pada abis stock... alternatif nya bisa beli honda genuine oil yg 5w-30, ini full syn jg dan buatan idemitsu, sliter 70 rebu...
bandingin ama oli NGO yg cuman semi syn 10W-30, sliter 66 rebu... ga banget dehh...
Om dohc, kalo yg om saranin itu olienya msh API sl buat G. Livina? btw, om biasa beli olie diluar trs ganti di bengkel ya om? kena brp ongkos ganti olie aja biasanya?
yg Q8 itu masi api SL om... yg idemitsu (ini oli ama oli honda sama aja, cuman di rebranding kalo mnurut para penjual oli di atrium) uda api SM... cuman ane blom lama ini ada ngobrol ama salah satu bengkel tuner di sini, katanya mesin livina itu uda pake roller rocker arm...
kalo ganti oli, ane ganti sendiri d rumah... gampang soal nya kalo ganti oli si lipina...
growbuckme wrote:
DOHC wrote:
growbuckme wrote:
Iya om dohc, bahkan idemitsu aja yg mineral 10-30 jg udh SM. Mrn itu sempet ketemu olie baru di Toda keluaran Mobil 10-30 jg udh API SN, tp nanya sm yg jaga katanya itu biar udh SN tp msh olie mineral base. Kalo memang SM keatas udh gak aman ya terpaksa ganti olie di beres aja d, padahal da males sama antriannya biarpun dah booking tp nunggunya msh jauh lebih lama drpd ganti olie di bengkel luar.
ga perlu harus ganti oli di beres koq om... lagian oli NGO itu jg ga bagus2 amat... tapi muahall lg... ga sebanding dan ga pantas kayanya dibanderol dgn harga sgitu... dgn duit yg sama, om bisa dapetin oli berkualitas full syn kalo beli di luaran...
di atrium, ada tuh oli Q8 5W-30 full syn, seliter 80 rebu.... atau idemitsu yg full syn 5w-30, ini sliter 65 rebu, cuman kayanya lg pada abis stock... alternatif nya bisa beli honda genuine oil yg 5w-30, ini full syn jg dan buatan idemitsu, sliter 70 rebu...
bandingin ama oli NGO yg cuman semi syn 10W-30, sliter 66 rebu... ga banget dehh...
Om dohc, kalo yg om saranin itu olienya msh API sl buat G. Livina? btw, om biasa beli olie diluar trs ganti di bengkel ya om? kena brp ongkos ganti olie aja biasanya?
imsus2c wrote:
soalnya di mesin singa HDI, pakai oli 15w40 (meditran dan motul tekma), pengurangan minim, paling nambah 0.75-1L menjelang ganti oli (5000KM), tapi waktu pakai SHX7-Diesel 10w40, minimal nambah 1.5-2L tiap 1x periode pakai oli (5000km juga), jadi nambah 0.5L tiap 1500km
Udah jalan brp Km HDI nya ?
Kalo lebih cocok oli 15W-40 bisa coba Fastron Diesel atau Mobil Delvac MX.
Kalau oli 10W-40 coba nanti saat ke 2X pake oli 10W-40 coba diliat nguapnya masih banyak juga gak, kalo penguapan berkurang maka bisa terus pakai 10W-40
tepatnya, odo berapa saya lupa pak..
kemungkinan 100K lebih dikit...
rasanya, kok masih rutin top-up, jadi kepikiran balik lagi ke 15w40 tapi agak ragu secara ni HDI sdh pakai turbo dan common rail sesuai info pak turboman tempohari
fastron diesel agak susah cari disini (sby), mobil delvac mungkin malah lebih gampang
yag terlintas saat ini (kalau balik pake 15w40 lagi), malah motul tekma, atau apes-apesnya pakai meditran sc, secara untuk meditran sc, dikantor stocknya ber drum-drum tinggal tuang aja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:yg Q8 itu masi api SL om... yg idemitsu (ini oli ama oli honda sama aja, cuman di rebranding kalo mnurut para penjual oli di atrium) uda api SM... cuman ane blom lama ini ada ngobrol ama salah satu bengkel tuner di sini, katanya mesin livina itu uda pake roller rocker arm...
kalo ganti oli, ane ganti sendiri d rumah... gampang soal nya kalo ganti oli si lipina... :
Enak om kalo bs ganti di rmh ndiri. Soalnya saya tanya di toda olie q8 itu sekitar 120 rban/ltr, jauh bgt bedanya dgn kalo beli olienya di atrium.
Thx infonya om dohc jd skrg lbh bebas milih olie tanpa hrs tergantung API nya hrs SL.
DOHC wrote:kisaran 50an rebu per liter mar... sejauh ini sehh ane coba hasil nya ckup positif... suara si panty lebi alus... utk respon mesin dan tarikan sehh enteng2 aja, scara mesin panther kan sebenernya minta oli kentel... kalo dikasi oli encer yahhh jelas enteng... dan lagi ini oli masi aseli buatan eropa sana walaupun merek nya asal kuwait...
Boleh tau belinya dimana? Ini harga termasuk olinya digantiin atau ganti sendiri? Q8 masarin yg 15W-40 gak?
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
beli d atrium om... oli q8 pada jual koq di sana... ini cuman oli nya doank... kalo ganti musti bawa ke bengkel di atap... tapi kalo ane sehh ganti sendiri di rumah... kalo yg 15w sehh ane kmaren ga liat ada om...
smgandi wrote:
DOHC wrote:kisaran 50an rebu per liter mar... sejauh ini sehh ane coba hasil nya ckup positif... suara si panty lebi alus... utk respon mesin dan tarikan sehh enteng2 aja, scara mesin panther kan sebenernya minta oli kentel... kalo dikasi oli encer yahhh jelas enteng... dan lagi ini oli masi aseli buatan eropa sana walaupun merek nya asal kuwait...
Boleh tau belinya dimana? Ini harga termasuk olinya digantiin atau ganti sendiri? Q8 masarin yg 15W-40 gak?
toda mahh emang mahal om... shop and drive apa lagi... shell hx7 masa 70an rebu per liter...
tapi di atrium jg ga smua toko murah... bahkan toko oli d atrium yg "katanya" langganan anak2 klub dan yg di milis2 otomotif sering disebut2 jadi parameter harga oli di atrium aja ternyata harga2 oli nya banyak yg jauhh lebi mahal dari toko2 laen nya d atrium... musti muter2 kroscek sana sini om...
mengenai roller rocker arm di mesin lipina itu ane masi blom pasti om... harus liat sendiri kalo ada mesin lipina lg di overhaul..
growbuckme wrote:
DOHC wrote:yg Q8 itu masi api SL om... yg idemitsu (ini oli ama oli honda sama aja, cuman di rebranding kalo mnurut para penjual oli di atrium) uda api SM... cuman ane blom lama ini ada ngobrol ama salah satu bengkel tuner di sini, katanya mesin livina itu uda pake roller rocker arm...
kalo ganti oli, ane ganti sendiri d rumah... gampang soal nya kalo ganti oli si lipina... :
Enak om kalo bs ganti di rmh ndiri. Soalnya saya tanya di toda olie q8 itu sekitar 120 rban/ltr, jauh bgt bedanya dgn kalo beli olienya di atrium.
Thx infonya om dohc jd skrg lbh bebas milih olie tanpa hrs tergantung API nya hrs SL.
wah, salah om Dohc, 140an ribu malahan..tp lg da promo beli 4gratis 1, saya itung2 jadi 112rb/ltr, ga terlalu mahal sih jadinya, cuma harus lsg merogoh kocek 500an ribu...Btw, saya liat Q8 itu cuma ada 2 varian yg formula V special dan long life. Keduanya sudah full syn 5w-30 tapi keduanya juga sudah API SM om, ga da yg API SL.
wekss...blm pasti yah om, saya da lsg pesen olie motul hi tech 100 plus nih...abis da ga nahan pgn pake olie selain NGO...hahahaha...kebetulan di forum sbelah ada yg jual cuma 300rb, besok bawa ke toko olie ongkos ganti sekitar 15rban.
risiko nya kalo blm roller rocker arm dipakein olie API SM apa om dohc?
imsus2c wrote:
1. rasanya, kok masih rutin top-up, jadi kepikiran balik lagi ke 15w40 tapi agak ragu secara ni HDI sdh pakai turbo dan common rail sesuai info pak turboman tempohari
2. fastron diesel agak susah cari disini (sby), mobil delvac mungkin malah lebih gampang
yag terlintas saat ini (kalau balik pake 15w40 lagi), malah motul tekma, atau apes-apesnya pakai meditran sc, secara untuk meditran sc, dikantor stocknya ber drum-drum tinggal tuang aja
1. Oli Diesel 15W40 utk CRD - Turbo sih oke aja, kalo mau oli lebih awet EGR nya ditutup aja.
2. Fastron Diesel di SPBU besar biasanya ada. Kalo Delvac MX mudah didapat maka pakai Delvac MX juga oke bgt utk 15W-40.
Kalo mau sedikit experiment boleh coba saat ganti oli :
1. Buang oli lama en ganti filter oli dgn filter oli murah
2. Masukkan oli Mediteran SC + engine flush (oli isi sampai level tengah2 antara E-F aja)
3. Jalankan mesin scr idle selama 40 menit.
4. Buang oli
5. Tuang 1 L oli Medit SC utk dorong sisa2 oli dan flush
6. Ganti filter oli dgn filter oli genuine
7. Masukkan oli 10W40 Diesel
Kalo abis itu penguapan berkurang signifikan yah bisa lanjut pakai 10w40 terus
sudah pernah di bahas di page2 sblom nya oleh menner imsus dan um turboman sehh om... intinya, kalo non roller rocker gt di pakein api SM yg notabene ZDDP nya rendah, malah bikin ntuh gesekan di rocker arm jadi besar, trus cepet aus...
growbuckme wrote:wah, salah om Dohc, 140an ribu malahan..tp lg da promo beli 4gratis 1, saya itung2 jadi 112rb/ltr, ga terlalu mahal sih jadinya, cuma harus lsg merogoh kocek 500an ribu...Btw, saya liat Q8 itu cuma ada 2 varian yg formula V special dan long life. Keduanya sudah full syn 5w-30 tapi keduanya juga sudah API SM om, ga da yg API SL.
wekss...blm pasti yah om, saya da lsg pesen olie motul hi tech 100 plus nih...abis da ga nahan pgn pake olie selain NGO...hahahaha...kebetulan di forum sbelah ada yg jual cuma 300rb, besok bawa ke toko olie ongkos ganti sekitar 15rban.
risiko nya kalo blm roller rocker arm dipakein olie API SM apa om dohc?
DOHC wrote:beli d atrium om... oli q8 pada jual koq di sana... ini cuman oli nya doank... kalo ganti musti bawa ke bengkel di atap... tapi kalo ane sehh ganti sendiri di rumah... kalo yg 15w sehh ane kmaren ga liat ada om...
Ini q8 jenis apa ya?
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
semua jenis om... yg 5W-30 full syn ama 10W-40 yg semi syn...
btw kalo yg oli q8 utk yg 10W-40, kalo diliat warna nya agak gelap yahh, dibanding oli2 semi syn laen nya... dan bau nya pun mirip2 ama oli2 mineral utk mesin diesel yahh..
smgandi wrote:
DOHC wrote:beli d atrium om... oli q8 pada jual koq di sana... ini cuman oli nya doank... kalo ganti musti bawa ke bengkel di atap... tapi kalo ane sehh ganti sendiri di rumah... kalo yg 15w sehh ane kmaren ga liat ada om...
DOHC wrote:semua jenis om... yg 5W-30 full syn ama 10W-40 yg semi syn...
btw kalo yg oli q8 utk yg 10W-40, kalo diliat warna nya agak gelap yahh, dibanding oli2 semi syn laen nya... dan bau nya pun mirip2 ama oli2 mineral utk mesin diesel yahh..
smgandi wrote:
DOHC wrote:beli d atrium om... oli q8 pada jual koq di sana... ini cuman oli nya doank... kalo ganti musti bawa ke bengkel di atap... tapi kalo ane sehh ganti sendiri di rumah... kalo yg 15w sehh ane kmaren ga liat ada om...
Ini q8 jenis apa ya?
Maksud saya yg om beli 50 rebu seliter itu yg jenis apa?
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
smgandi wrote:
Maksud saya yg om beli 50 rebu seliter itu yg jenis apa?
betul... limbah oli ini ga bole di buang sembarangan... apalagi di buang ke got... kalo ane biasanya ane tampung lagi ke botol oli trus ane bawa ke bengkel deket rumah... biasanya bengkel2 ga keberatan koq kalo nt buang oli bekas ke drum oli bekas mreka...
brekeledan wrote:ini pada ganti oli dirumah ya?gw juga pernah coba2 ganti oli (motor) dirumah...abis itu bingung buang oli bekasnya kemana.
lha kalo oli mobil, 4 liter...hadeh, buang kemana om?kan ga bisa sembarangan to?
imsus2c wrote:
1. rasanya, kok masih rutin top-up, jadi kepikiran balik lagi ke 15w40 tapi agak ragu secara ni HDI sdh pakai turbo dan common rail sesuai info pak turboman tempohari
2. fastron diesel agak susah cari disini (sby), mobil delvac mungkin malah lebih gampang
yag terlintas saat ini (kalau balik pake 15w40 lagi), malah motul tekma, atau apes-apesnya pakai meditran sc, secara untuk meditran sc, dikantor stocknya ber drum-drum tinggal tuang aja
1. Oli Diesel 15W40 utk CRD - Turbo sih oke aja, kalo mau oli lebih awet EGR nya ditutup aja.
2. Fastron Diesel di SPBU besar biasanya ada. Kalo Delvac MX mudah didapat maka pakai Delvac MX juga oke bgt utk 15W-40.
Kalo mau sedikit experiment boleh coba saat ganti oli :
1. Buang oli lama en ganti filter oli dgn filter oli murah
2. Masukkan oli Mediteran SC + engine flush (oli isi sampai level tengah2 antara E-F aja)
3. Jalankan mesin scr idle selama 40 menit.
4. Buang oli
5. Tuang 1 L oli Medit SC utk dorong sisa2 oli dan flush
6. Ganti filter oli dgn filter oli genuine
7. Masukkan oli 10W40 Diesel
Kalo abis itu penguapan berkurang signifikan yah bisa lanjut pakai 10w40 terus
siap pak
nanti akan dicoba saran-nya, syukur2 masih bisa akur dengan 10w40
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
smgandi wrote:
Saya denger yg Q8 T800 10W-40 hrgnya 400 rebu/galon 5 ltr, yg Q8 T750 hrgnya 350 rebu/galon 5 ltr. Jenis ini kayanya semi sintetis. Yg Q8 Advance diesel 10W-40 ini mineral ya? Yg om Turbo beli 70 rebu/ltr ya?
T750 = mineral
T800 = semi synth.
Advance Diesel 10W-40 = semi synth.
oli oli 10W40 di pasaran rata2 semi synth um, komposisi synth nya (Grup III) nya brp banyak ya tiap produsen beda2. Grup III lebih banyak = VI lebih tinggi.
Turboman wrote:1. Oli Diesel 15W40 utk CRD - Turbo sih oke aja, kalo mau oli lebih awet EGR nya ditutup aja.
2. Fastron Diesel di SPBU besar biasanya ada. Kalo Delvac MX mudah didapat maka pakai Delvac MX juga oke bgt utk 15W-40.
Kalo mau sedikit experiment boleh coba saat ganti oli :
1. Buang oli lama en ganti filter oli dgn filter oli murah
2. Masukkan oli Mediteran SC + engine flush (oli isi sampai level tengah2 antara E-F aja)
3. Jalankan mesin scr idle selama 40 menit.
4. Buang oli
5. Tuang 1 L oli Medit SC utk dorong sisa2 oli dan flush
6. Ganti filter oli dgn filter oli genuine
7. Masukkan oli 10W40 Diesel
Kalo abis itu penguapan berkurang signifikan yah bisa lanjut pakai 10w40 terus
eh ngomongin meditran, jadi pingin nanya ama om Turboman.....
kadang ada bengkel/orang yang nyaranin meditran sx 15w-40 buat mesin bensin seperti karimun, aerio dsb
gimana analisa/pendapat om Turboman tentang pendapat ini ?
betul kata om turboman, saya dulu juga begitu mesin 7k dari awal pake 10w40 trs, pakai sampai 5000km trs ganti. Pas 80.000km ada pengurangan oli mesin tiap 2000-3000km mesti nambahin oli 1/2liter. Pakai 20w50, mesin terasa berat sekali. Akhirnya saya gunakan oli sae 15w40, ganti tiap 2500-3000km sekali.
om turbo, mobil2 bensin kalo ga salah jg pake EGR kan yahh ??? nahh itu kalo di copot atau ditutup apa fungsi nya jg bisa bkin oli lebi awet ?? cmiiw
btw, ipah ane odo nya uda ampir 120 rebu... dipakein oli 10w-40, 10W-30, bahkan ampe 5W-30 jg tetep sama aja penguapan nya... kalo ditotal per 5000 km pasti musti nambah 300-400 cc oli....
lipina ane jg sama ama si ipah, per 5000 km kira2 ditotal nambah 300an cc oli.. malah dulu di GL ane lebi gila lagi... per 2000an km musti nambah ampe sprempat botol oli...
yg plg irit oli malah si panty pick up ane... mau pake oli 15W-40 ampe 10W-40... tetep ga berkurang oli nya... padahal tiap ari rute nya jalan tol terus2an...