share captiva - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Turboman wrote:
axel_blue wrote:
MAsih bingung nih mau masuk salon apa?
Kalo dari pengalaman ogut pribadi utk detailing & paint protection selama ini, sistem paint protection yg long lasting yg keterangannya masuk akal adalah aplikasi Resin / polymer resin spt yg dilakukan oleh Ziebart dulu, tapi ini juga ada catatan khusus yaitu jika mobil masuk bengkel, maka pengerjaan cat ulang lebih repot.

Kalo ada yg claim bisa aplikasi Teflon utk paint protection justru bagi saya itu adalah tanda tanya sangat besar, mengingat proses bonding Teflon thd benda / bahan lain itu gak bisa sembarangan, juga Teflon kan warnanya gak clear.

Kalau mau detailing dengan Wax, pilih salon apa aja, yg penting kooperatif, nah lalu obat2 kita bawa sendiri aja, kalo mobil baru cukup bawa Wax utk finishing, nah mau yg Glossy atau Durable ? Kalo mau yg Durable pilih Collinite 476, kalau mau yg lebih glossy tapi a bit less Durable pilih Collinite 915.
Kalau saya pribadi lebih suka pakai Col 476, lalu perawatan mingguan kasih spray wax OCW yang Glossy dan Wet Look-nya sangat baik.

Kalau mobil cat-nya udah banyak kotoran nah perlu siapkan juga obat step 1 yg bagus (paint cleaner), juga sekalian scratch filler kayak Auto-balm Bilt Hamber jika banyak scratch2 / swirl marks parah.
:mky_02: Walaupun main mesin diesel, eksterior mobil tetap dirawat ya om turboman, salute :mky_02:

Btw om tau dimana jual tutup EGR captiva?
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 03

Post by boed2 »

memang benar ga salah pilih :beer:

http://id.berita.yahoo.com/captiva-dies ... 00506.html

" Captiva Diesel Raih Penghargaan 'Best Buy in Medium SUV'
New Chevrolet Captiva 2.0 Diesel AT kembali meraih gelar penghargaan tahunan bergengsi dalam ajang Target Car Best Buys Award 2012 dengan meraih penghargaan kategori 'Best Buy in Medium SUV'. Ini adalah untuk ketiga kalinya Chevrolet Captiva 2.0 Diesel meraih penghargaan yang sama selama 3 tahun berturut-turut. ... "
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

kampret wrote:
cheetose wrote:
Belphegor wrote:Saya 3 hari lagi udah 1 bulan, dan STNK blom jadi juga, saya mao minta kompensasi andalan utk perpanjangan plat bantuan, krn udah mao bulan 5 :mky_04:
ini pertimbangan saya kenapa waktu itu batal ambil di andalan
Akhirnya tetap jadi ambil captiva gk bro? Ambil di dealer mana?
Buat yang ambil di andalan, kalau stnk bisa dapat cepat ya syukur, kalau dapatnya 2 bulan ya banyak sabar aja hehe.. Gw kluar nopol 2 bulan dari tgl serah terima mobil. Dealer ngasih plat sementara untuk 2 bulan itu. Jadi kalau 1 bulan stnk masih belum kluar ngotot aja minta plat sementara, kalau putih udah gk ada, berarti dealer harus kasih yang hitam.
Saya lagi inden lagi nih Captiva FL, kali ini di dealer Prima di Serpong moga2 aja tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan karna kali ini saya lebih saklek, di dalam SPK saya minta tertulis 2 point penting dan di ttd oleh minimal manager

1. Tertulis batas waktu maximum mobil di delivery ke kita, jika meleset dari tanggal yg ditentukan maka dealer akan membayar denda sebesar nilai tanda jadi. Kalau sampai meleset tanda jadi 5jt akan dikembalikan ditambah denda 5jt, total 10jt dan kita berhak membatalkan. Kasus saya waktunya 1 bulan 2 minggu.

2. Mobil di delivery harus dalam keadaan bisa dipakai beban surat jalan ditanggung dealer, jadi kalau sampai bulan ke 2 ke 3 dst STNK kita belum jadi, dealer akan memperpanjang tanpa membebankan ke kita
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

Belphegor wrote:
Turboman wrote:
axel_blue wrote:
MAsih bingung nih mau masuk salon apa?
Kalo dari pengalaman ogut pribadi utk detailing & paint protection selama ini, sistem paint protection yg long lasting yg keterangannya masuk akal adalah aplikasi Resin / polymer resin spt yg dilakukan oleh Ziebart dulu, tapi ini juga ada catatan khusus yaitu jika mobil masuk bengkel, maka pengerjaan cat ulang lebih repot.

Kalo ada yg claim bisa aplikasi Teflon utk paint protection justru bagi saya itu adalah tanda tanya sangat besar, mengingat proses bonding Teflon thd benda / bahan lain itu gak bisa sembarangan, juga Teflon kan warnanya gak clear.

Kalau mau detailing dengan Wax, pilih salon apa aja, yg penting kooperatif, nah lalu obat2 kita bawa sendiri aja, kalo mobil baru cukup bawa Wax utk finishing, nah mau yg Glossy atau Durable ? Kalo mau yg Durable pilih Collinite 476, kalau mau yg lebih glossy tapi a bit less Durable pilih Collinite 915.
Kalau saya pribadi lebih suka pakai Col 476, lalu perawatan mingguan kasih spray wax OCW yang Glossy dan Wet Look-nya sangat baik.

Kalau mobil cat-nya udah banyak kotoran nah perlu siapkan juga obat step 1 yg bagus (paint cleaner), juga sekalian scratch filler kayak Auto-balm Bilt Hamber jika banyak scratch2 / swirl marks parah.
:mky_02: Walaupun main mesin diesel, eksterior mobil tetap dirawat ya om turboman, salute :mky_02:

Btw om tau dimana jual tutup EGR captiva?
baru tau kalo turboman demen detailling...
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

cheetose wrote:Saya lagi inden lagi nih Captiva FL, kali ini di dealer Prima di Serpong moga2 aja tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan karna kali ini saya lebih saklek, di dalam SPK saya minta tertulis 2 point penting dan di ttd oleh minimal manager

1. Tertulis batas waktu maximum mobil di delivery ke kita, jika meleset dari tanggal yg ditentukan maka dealer akan membayar denda sebesar nilai tanda jadi. Kalau sampai meleset tanda jadi 5jt akan dikembalikan ditambah denda 5jt, total 10jt dan kita berhak membatalkan. Kasus saya waktunya 1 bulan 2 minggu.

2. Mobil di delivery harus dalam keadaan bisa dipakai beban surat jalan ditanggung dealer, jadi kalau sampai bulan ke 2 ke 3 dst STNK kita belum jadi, dealer akan memperpanjang tanpa membebankan ke kita
sipp.. emang harus digituin biar dealer gak seenaknya aja. Ambil diesel apa bensin? inden lama gak kalo sekarang?
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

Belphegor wrote:Thx bro cheetose, saya lagi kejar sales nya untuk kasi plat bantuan bulan ke 2 nih, tapi ya begitu, katanya admin nya sedang keluar lah, besoknya saya tny siang2, admin lagi meeting lah, jadinya mau ga mau saya kejer terus padahal saya kan konsumen. Janji kasi bonus audio steering aja udah sebulan blm dapet2 gara2 katanya ada masalah di GM mengenai accs. Andalan dan GM bener2 nguji kesabaran nih, kalo org yang emosi tinggi udah diomel2in bahkan masuk ke surat pembaca nih hehe.

Anyway, dari baru kalo ngerem, dr belakang kyk bunyi duk2, saya kira karena ban serep di kolong yg tdk kencang, tapi saya tengok ke kolong dan getok2 itu ban serep, ga bergeming, ada yg pernah mengalami hal yang sama?
kalau masih belum ketemu sourcenya, coba cek utilities box dibelakangnya jok belakang. cek apa dongkrak udah terkunci dengan kenceng, dan tas kunci2 diiket biar gak gelinding kesana kemari.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: share captiva - PART 03

Post by imsus2c »

axel_blue wrote:
Belphegor wrote:
axel_blue wrote:Hi All,

Saya newbie nih pemakai captiva. Mau tanya untuk tekanan angin ban ukuran 255/45/20 sebaiknya berapa yah? Sekarang sih isi 36psi semuanya. Dipakainya sih memang terasa keras. Pernah baca-baca kalau untuk ban tipis sebaiknya diisi keras. Apakah benar seperti itu?

Thanks.
Keras sih pasti keras bro, soalnya ban tipis kan pasti pengaruh, saya rasa amannya isi 40 psi, krn utk mencegah velg peyang klo hajar lubang, saya aja di ring 17 pake 35 psi. Tapi yang namanya ganti velg gedean, menurut pengalaman saya pasti bantingan terasa lebih keras dan suara ban jadi lebih berisik (kecuali pake ban high end).
Iya saya juga takutnya kalo hajar lubang bisa peyang. Boleh deh besok ditambahin nitrogennya. Thanks.
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas

Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.

Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...

Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)

Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.

Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah :mrgreen:

Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:

1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...

Rumusnya

T = (A/L)*M

T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai

Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),

1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi

Saya coba hitung sbb:

T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.

Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15

Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi

Hitung ulang deh....

T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book :D

Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)

Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi :)

Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...

Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh

Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...

Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...

Sekali lagi, maaf kalau OOT :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

kampret wrote:
cheetose wrote:Saya lagi inden lagi nih Captiva FL, kali ini di dealer Prima di Serpong moga2 aja tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan karna kali ini saya lebih saklek, di dalam SPK saya minta tertulis 2 point penting dan di ttd oleh minimal manager

1. Tertulis batas waktu maximum mobil di delivery ke kita, jika meleset dari tanggal yg ditentukan maka dealer akan membayar denda sebesar nilai tanda jadi. Kalau sampai meleset tanda jadi 5jt akan dikembalikan ditambah denda 5jt, total 10jt dan kita berhak membatalkan. Kasus saya waktunya 1 bulan 2 minggu.

2. Mobil di delivery harus dalam keadaan bisa dipakai beban surat jalan ditanggung dealer, jadi kalau sampai bulan ke 2 ke 3 dst STNK kita belum jadi, dealer akan memperpanjang tanpa membebankan ke kita
sipp.. emang harus digituin biar dealer gak seenaknya aja. Ambil diesel apa bensin? inden lama gak kalo sekarang?
Tetap diesel bro, kalo yg bensin sama sekali ngga tertarik, diesel yg lama sebelum FL jg biasa aja, inden kasus saja 1 bulan 2 minggu


oh ya teman teman ada yg tau ngga beli gelembung mobil dimana ya?

http://oto.detik.com/read/2012/04/15/11 ... ng-raksasa
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

imsus2c wrote:
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas

Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.

Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...

Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)

Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.

Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah :mrgreen:

Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:

1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...

Rumusnya

T = (A/L)*M

T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai

Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),

1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi

Saya coba hitung sbb:

T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.

Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15

Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi

Hitung ulang deh....

T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book :D

Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)

Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi :)

Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...

Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh

Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...

Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...

Sekali lagi, maaf kalau OOT :ungg:
:mky_02: untuk niat dalam hitung2an tekanan ban, kalo saya memang tdk rajin, jd langsung pake tekanan tinggi aja, alhasil, bantingan pun jadi keras bgt :frm_bang_head:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

cheetose wrote:
Saya lagi inden lagi nih Captiva FL, kali ini di dealer Prima di Serpong moga2 aja tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan karna kali ini saya lebih saklek, di dalam SPK saya minta tertulis 2 point penting dan di ttd oleh minimal manager

1. Tertulis batas waktu maximum mobil di delivery ke kita, jika meleset dari tanggal yg ditentukan maka dealer akan membayar denda sebesar nilai tanda jadi. Kalau sampai meleset tanda jadi 5jt akan dikembalikan ditambah denda 5jt, total 10jt dan kita berhak membatalkan. Kasus saya waktunya 1 bulan 2 minggu.

2. Mobil di delivery harus dalam keadaan bisa dipakai beban surat jalan ditanggung dealer, jadi kalau sampai bulan ke 2 ke 3 dst STNK kita belum jadi, dealer akan memperpanjang tanpa membebankan ke kita
Good luck bro, semoga tepat waktu dan puas sama mobilnya nanti :e-dance:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: share captiva - PART 03

Post by ak4ng »

widih.. diesel or bensin bro ctv nya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

cheetose wrote:
Tetap diesel bro, kalo yg bensin sama sekali ngga tertarik, diesel yg lama sebelum FL jg biasa aja, inden kasus saja 1 bulan 2 minggu


-cut-
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

ada yg tau cara mengecilkan suara warning parking sensor?
sama mematikan warning seatbelt?
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 03

Post by boed2 »

cheetose wrote:
kampret wrote:
cheetose wrote:Saya lagi inden lagi nih Captiva FL, kali ini di dealer Prima di Serpong moga2 aja tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan karna kali ini saya lebih saklek, di dalam SPK saya minta tertulis 2 point penting dan di ttd oleh minimal manager

1. Tertulis batas waktu maximum mobil di delivery ke kita, jika meleset dari tanggal yg ditentukan maka dealer akan membayar denda sebesar nilai tanda jadi. Kalau sampai meleset tanda jadi 5jt akan dikembalikan ditambah denda 5jt, total 10jt dan kita berhak membatalkan. Kasus saya waktunya 1 bulan 2 minggu.

2. Mobil di delivery harus dalam keadaan bisa dipakai beban surat jalan ditanggung dealer, jadi kalau sampai bulan ke 2 ke 3 dst STNK kita belum jadi, dealer akan memperpanjang tanpa membebankan ke kita
sipp.. emang harus digituin biar dealer gak seenaknya aja. Ambil diesel apa bensin? inden lama gak kalo sekarang?
Tetap diesel bro, kalo yg bensin sama sekali ngga tertarik, diesel yg lama sebelum FL jg biasa aja, inden kasus saja 1 bulan 2 minggu


oh ya teman teman ada yg tau ngga beli gelembung mobil dimana ya?

http://oto.detik.com/read/2012/04/15/11 ... ng-raksasa
:frm_salut: bro chitose.. susahnya kalo udah lunas semua, susah diminta pertanggung jawabannya,
jadi fairnya harusnya ada uang yg ditahan untuk bayar ongkos2 ekstra diluar perjanjian.
ambil warna apa bro?
kasus saya warna hitam, tadinya di dealer lain indent dibilangnya 6 minggu, tapi setelah muter2 eh ada yg ready stok,
abis itu sales yg bilang indent langsung bilang 2 minggu lagi ada, warna lain.. sampe akhirnya bisa bilang ada ready stok
karena ada yg batal..

Gelembung gini saya pernah liat di ACE living world.. saya ingetnya liat yg buat motor, ga tau deh yg buat mobil ada ga.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

evolution21 wrote:ada yg tau cara mengecilkan suara warning parking sensor?
sama mematikan warning seatbelt?
Setau saya parking sensornya captiva built in, tak bisa kecilin maupun dimatikan, klo modelnya kyk harrier bisa dimatiin bro, malah klo alphard bisa dikecilin suaranya, klo seatbelt setau saya ga bisa.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: share captiva - PART 03

Post by Hansen »

evolution21 wrote:ada yg tau cara mengecilkan suara warning parking sensor?
sama mematikan warning seatbelt?
Hehe ketauan yah om evo suka ga pake seatbelt? :mky_03:

Cara paling kuno sih beli buckle seatbelt (kepalanya doank) lalu dicolok :mrgreen:
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

huehehe tau ajah um hansen ini,
captiva ini jalan 20km/h bunyi warningnya keras sekali dan terua menerus sampe bikin bohoat mau ga mau pake seat belt, repot kan kalo cuman jalan2 di perumahan aja moso pake seat belt, tp kalo jalam jauh ane selalu pake kok :)

kalo sensor mundurnya bunyi terlalu keras sampe kalo di tempat parkiran suara tukang pakir, dll jd ga jelas gara2 ni sensor cemen bunyinya keras banget :e-wall:
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

boed2 wrote: :frm_salut: bro chitose.. susahnya kalo udah lunas semua, susah diminta pertanggung jawabannya,
jadi fairnya harusnya ada uang yg ditahan untuk bayar ongkos2 ekstra diluar perjanjian.
ambil warna apa bro?
kasus saya warna hitam, tadinya di dealer lain indent dibilangnya 6 minggu, tapi setelah muter2 eh ada yg ready stok,
abis itu sales yg bilang indent langsung bilang 2 minggu lagi ada, warna lain.. sampe akhirnya bisa bilang ada ready stok
karena ada yg batal..

Gelembung gini saya pernah liat di ACE living world.. saya ingetnya liat yg buat motor, ga tau deh yg buat mobil ada ga.
tadinya sih begitu bro, tapi andalan, sun motor dan prima semua ngga ada yg berani saya minta seperti itu, dr awal ngga fair buat kita dengan cara dagangnya, lebih aman beli 2nd jadinya bisa putus dalam 1 hari, om Belphegor udah jadi belom ya STNK si Brownienya? kalo udah mau bayarin 2nd nya 300jt hahhahaha

susah juga sih buat captiva ini mungkin shorted barang nya, lebih banyak permintaan nya drpd ketersediaan barang nya, baru kali ini loh kita yg follow up terus nanya kapan readynya, biasanya kita yg dikejar kejar suruh beli, luar biasa sekali memang bener ngga?
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

Baru aja beli crc diesel di ace, harga 182rb di surabaya.
Sama beli juga redline 85+,
cuma skrg saya bingung dosis pemakaian. Seberapa banyak ya pemakaian crc vs biosolar nya?
Di botol juga ga ada ukuran, bakalan susah kalo pake kira2 tuangnya.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

cheetose wrote:
tadinya sih begitu bro, tapi andalan, sun motor dan prima semua ngga ada yg berani saya minta seperti itu, dr awal ngga fair buat kita dengan cara dagangnya, lebih aman beli 2nd jadinya bisa putus dalam 1 hari, om Belphegor udah jadi belom ya STNK si Brownienya? kalo udah mau bayarin 2nd nya 300jt hahhahaha

susah juga sih buat captiva ini mungkin shorted barang nya, lebih banyak permintaan nya drpd ketersediaan barang nya, baru kali ini loh kita yg follow up terus nanya kapan readynya, biasanya kita yg dikejar kejar suruh beli, luar biasa sekali memang bener ngga?
Benar sekali bro, saya ampe bohuat telpin tu sales mulu tny stnk saya da jd ato blm, jawabannya lg meeting bntr lah, lg mao dikonfirmasi bntr lah, tapi apa? Sampe besoknya pun kaga dikasi kabar. Bener2 uji emosi, besok plat bantuan saya habis tp blm jg ada keputusan dr pihak dealer.

Keringat dan emosi saya dah byk terkuras buat nebus ni captiva, masa 300 jt hehe.. Tapi saya blm rencana jual sih dlm waktu deket, kecuali ada yg ajak tuker guling sama Q5 atau RX 270 :mky_07:
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

Belphegor wrote:
cheetose wrote:
tadinya sih begitu bro, tapi andalan, sun motor dan prima semua ngga ada yg berani saya minta seperti itu, dr awal ngga fair buat kita dengan cara dagangnya, lebih aman beli 2nd jadinya bisa putus dalam 1 hari, om Belphegor udah jadi belom ya STNK si Brownienya? kalo udah mau bayarin 2nd nya 300jt hahhahaha

susah juga sih buat captiva ini mungkin shorted barang nya, lebih banyak permintaan nya drpd ketersediaan barang nya, baru kali ini loh kita yg follow up terus nanya kapan readynya, biasanya kita yg dikejar kejar suruh beli, luar biasa sekali memang bener ngga?
Benar sekali bro, saya ampe bohuat telpin tu sales mulu tny stnk saya da jd ato blm, jawabannya lg meeting bntr lah, lg mao dikonfirmasi bntr lah, tapi apa? Sampe besoknya pun kaga dikasi kabar. Bener2 uji emosi, besok plat bantuan saya habis tp blm jg ada keputusan dr pihak dealer.

Keringat dan emosi saya dah byk terkuras buat nebus ni captiva, masa 300 jt hehe.. Tapi saya blm rencana jual sih dlm waktu deket, kecuali ada yg ajak tuker guling sama Q5 atau RX 270 :mky_07:

Libatin leasing nya bro, itu bs jadi satu upaya juga, kalo leasing nya ga mau bantu, ancam blokir giro bank nya (ini manfaat nya kalo kita gunakan 2 institusi terpisah antara bank giro kita dengan leasing)

Secara hukum argumen kita kuat kok, dengan terlambatnya STNK kerugian otomatis ada di pihak kita sementara cepat atau lambatnya itu tergantung dari mereka (ngga fair kan?), bisa jadi beberapa kemungkinan menurut saya:

1. Pihak leasing belum cair dana nya ke Dealer
2. Pihak dealer masih ada "hutang" / over limit plafon ke GM nya jadi surat2 ditahan
3. Pihak GM yg belum membereskan urusan perpajakan

Sementara kerugian kita yg sudah pasti selama mobil tidak bisa dipake :

1. Asuransi tetap berjalan, buang premi
2. Bunga leasing sudah di hitung di depan hilang begitu saja


Hahahahaha Q5 apa ya? RX 260 apaan juga ya? motor bukan ya?
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

Belphegor wrote:Benar sekali bro, saya ampe bohuat telpin tu sales mulu tny stnk saya da jd ato blm, jawabannya lg meeting bntr lah, lg mao dikonfirmasi bntr lah, tapi apa? Sampe besoknya pun kaga dikasi kabar. Bener2 uji emosi, besok plat bantuan saya habis tp blm jg ada keputusan dr pihak dealer.
next time langsung telp managernya aja, jangan urusan ama sales capek. kalau belum ada nomernya: Andi 021-98003004
semoga langsung dapet plat sementara-nya
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Tq bro infonya, plat bantuan saya besok jadi, diurus pihak dealer, moga2 ga ngaret lagi :mky_06:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: share captiva - PART 03

Post by AD74YA »

Semangat ya... Yang mau beli Captiva.... Anggap aja cobaan.. :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

Anger Management :mad: