Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

Thanks buat responnya om turboman. Kayaknya sih remap ECU ya.
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

Rekan SMers, bagaimana ya meringankan injakan pedal kopling innova? Keluhan ini sudah pernah saya sampaikan di dua beres A2K,
beres pertama tdk memberikan solusi alias sudah dari sononya kalo keras-test drive unit baru yg lain.
Beres kedua hanya melakukan penyetelan ketinggian pedal kopling saja(keras nya kopling masi terasa)
Mungkin di SM ini ada pencerahan buat masalah pedal kopling innova yg terasa keras buat saya(setelah mumet2 tanpa ada solusi, skr dlm tahap menerima apa adanya)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

uda jalan brapa km om ipah nya ??? dan slama ini gmana cara pengendaraan nya ?? kaki kiri sering nganggur di atas pedal ga ??

dan yg terakhir, uda perna coba kuras minyak rem dan kopling nya ???

kebetulan ane ada ipah yg vvt-i... di kluarga pun jg banyak yg make D4D... ntuh 2 2 nya jg sama aja... utk kopling ga bisa dibilang enteng... ckup keras... jadi kalo expect utk seenteng sedan atau hatchback jepang sehh... ane rasa ga bisa yah..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

ipah D4D nya masi 22.000km bro. Kalo macet2 kaki kiri jd lemes kalo pakai ipah, sblmnya pakai tokisul ga ada keluhan. Kaki kiri kalo nganggur juga ga ditaruh diatas pedal kopling, ditaruh dipojok kiri yg ada sandaran buat kaki. Saya juga pernah merekomendasikan ke beres kalo mau diperiksa minyak koplingnya, apakah ada gelembungnya?. Si SA malahan mengajak ke ipah yg baru buat testdrive=ternyata memang sama. Pengennya sih rada entengan dikit biar kalo macet kaki kiri ga lemes.
Real man use 3pedals=cape deh
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

banyak olahraga aja Om, siapa tau bisa meningkatkan kekuatan otot kaki. Saya kalau macet 2 jam lutut kiri pegel, trus kalau menyetir 3 jam lebih, tumit kanan belakang sakit sampai 3 hari baru sembuh. :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

juanaxel wrote:ipah D4D nya masi 22.000km bro. Kalo macet2 kaki kiri jd lemes kalo pakai ipah, sblmnya pakai tokisul ga ada keluhan. Kaki kiri kalo nganggur juga ga ditaruh diatas pedal kopling, ditaruh dipojok kiri yg ada sandaran buat kaki. Saya juga pernah merekomendasikan ke beres kalo mau diperiksa minyak koplingnya, apakah ada gelembungnya?. Si SA malahan mengajak ke ipah yg baru buat testdrive=ternyata memang sama. Pengennya sih rada entengan dikit biar kalo macet kaki kiri ga lemes.
Real man use 3pedals=cape deh
Kalo dah setahun / lebih minyak kopling ganti aja

tapi kalo soal keras itu tergantung dr per actuator kopling.

Memang dualisme
Per keras = jepitan kopling ke matahari lebih pakem, lebih mampu menyalurkan Torsi besar
Per lebih lemah ya sebaliknya.

Kalo D4 D manual yg ganti kopling RDP malah serasa nginjak "Batu"

yang mantap mah kayak Colorado 2.5 itu mesin 150 Hp / 350 Nm tapi koplingnya kayak Kijang kapsul :frm_tumbright:
* Bukan ajakan Beli *
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Mau tanya lagi ya, mending milih VVTI matic atau D4D matic ya? Saat ini sih pake VVTI matic 2006.
Kalau jual kembali lebih bagus mana VVTI atau D4D?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

rexmale wrote:Mau tanya lagi ya, mending milih VVTI matic atau D4D matic ya? Saat ini sih pake VVTI matic 2006.
Kalau jual kembali lebih bagus mana VVTI atau D4D?
Wah kalo harga jual jauhh pak, yg 1 terjun bebas
* Bukan ajakan Beli *
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

Turboman wrote: Kalo dah setahun / lebih minyak kopling ganti aja

tapi kalo soal keras itu tergantung dr per actuator kopling.

Memang dualisme
Per keras = jepitan kopling ke matahari lebih pakem, lebih mampu menyalurkan Torsi besar
Per lebih lemah ya sebaliknya.

Kalo D4 D manual yg ganti kopling RDP malah serasa nginjak "Batu"

yang mantap mah kayak Colorado 2.5 itu mesin 150 Hp / 350 Nm tapi koplingnya kayak Kijang kapsul :frm_tumbright:
Minyak kopling diganti dgn merk apa bro Turboman? Kira2 hbs brp liter? Saya salut ama bro Turboman ini, koq bisa tau "semuanya"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

juanaxel wrote: Minyak kopling diganti dgn merk apa bro Turboman? Kira2 hbs brp liter?
pake minyak rem DOT 3, merek bebas, habisnya gak sampe 500 cc
* Bukan ajakan Beli *
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Turboman wrote:
rexmale wrote:Mau tanya lagi ya, mending milih VVTI matic atau D4D matic ya? Saat ini sih pake VVTI matic 2006.
Kalau jual kembali lebih bagus mana VVTI atau D4D?
Wah kalo harga jual jauhh pak, yg 1 terjun bebas
Yang mana yang terjun bebas pak?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

Turboman wrote:
rexmale wrote:Mau tanya lagi ya, mending milih VVTI matic atau D4D matic ya? Saat ini sih pake VVTI matic 2006.
Kalau jual kembali lebih bagus mana VVTI atau D4D?
Wah kalo harga jual jauhh pak, yg 1 terjun bebas
Terjun bebas? Gak juga lah, mana ada innova harganya bisa terjun bebas bro, tetap vvti lebih favorit sepertinya, cuman orang2 yg ngerti diesel aja beli D4D. :big_peace:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

yg 1TR terjun bebas sehh kaga om kayanya... cuman kalo dbilang harga jual nya bagus jg kaga... agak stagnan malah... yg D4D malah jadi primadona baru tuh... agak kuat harga seken nya.... btw kayanya merek kijang masi ngejual koq... tokisul yg uda jadul gt aja harga jual nya utk yg LGX masi ada yg 100 lebi dkit gt... buset dahhh... kayanya merek triple elips emang uda bener2 membius orang indo....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

wah TR-FE defender pada gak terima nich.......xixixixixixixi

@htannis : udah ngerasain kan jual 42ner D4 D lakunya cepet en harga bagus :mrgreen:

@rexmale : Monggo bandingkan harga bekas TR-FE G Manual 2004 - 2005 vs Kijang kapsul Diesel LGX tahun 2002 - 2003 yg mint condition :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

hmmm. mirip2... bbrp kondisi malah lebih murah TR drpd 7K.... cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

DOHC wrote:btw kayanya merek kijang masi ngejual koq... tokisul yg uda jadul gt aja harga jual nya utk yg LGX masi ada yg 100 lebi dkit gt... buset dahhh... kayanya merek triple elips emang uda bener2 membius orang indo....
Apalagi LGX Diesel, kalo mint condition & KM rendah, bisa pingsan ngeliat nilai yang berani nge-"Deal"

Kapsul KF-50 gak tergantikan, Ipah en pansah adalah mobil yg sgt berbeda, ruang belakang Kijang kapsul paling besar, enak kalo bawa barang banyak.

Spare part banyak dan terjangkau, konstruksi sederhana - reparasi mudah, kualitas komponen steering rack / water pump / radiator / komponen AC jempolan.

Gak hanya di Indo, di India Kijang (Qualis) juga sgt populer, bahkan sampai direplika ulang oleh Sonalika (yg model Kijang super)
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

@ turboman : hehehe... kaga defender koq om... cuman kalo jatuh bebas sehh mnurut ane kaga... walaupun ane akui harga seken nya ckup stagnan... ga sebagus yg d4d... D4D janda nya mahh skrg bener2 primadona... mau kondisi kaya apapun jg tetep tinggi penawaran nya.... kalo 1TR mahh musti didandanin dulu baru agak mending harga janda nya...

yup, LGX diesel itu ane muter2 di wtc mangdu, harganya beberapa bener2 uedannn... mobil yg umurnya ampir 10 taon tapi harga nya mirip ama harga apansa seumur jagung... edannnn....

btw, om turbo, ntuh ipah tanda2 water pump nya uda mau tewas gmana yahh ??? rada2 takut jg nehh scara ipah ane uda 5 taonan... odo jg uda ampir 120 rebu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

DOHC wrote: btw, om turbo, ntuh ipah tanda2 water pump nya uda mau tewas gmana yahh ??? rada2 takut jg nehh scara ipah ane uda 5 taonan... odo jg uda ampir 120 rebu...
tanda tandanya = rembes biasanya

tapi ini hoki2-an juga, D4 D ane udah mau 6 taun masih2 fine2 aja, KM juga dah 120 rb

Btw kalo Ipah-nya jarang digeber sih kayaknya akan lebih awet water pump-nya.
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

umm... rembes dimana yahh om posisi nya ?? yg deket bagian depan kahh ?? yg deket visco fan nya ??

1TR ane sehh jarang di geber tuh mobil.. ngeri soalnya liat sedotan bensin nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Turboman wrote: @rexmale : Monggo bandingkan harga bekas TR-FE G Manual 2004 - 2005 vs Kijang kapsul Diesel LGX tahun 2002 - 2003 yg mint condition :mrgreen:
Jadi om lebih saranin pilih D4D matic daripada VVTi matic ya :), karena harga jualnya lebih bagus.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

rexmale wrote:
Turboman wrote: @rexmale : Monggo bandingkan harga bekas TR-FE G Manual 2004 - 2005 vs Kijang kapsul Diesel LGX tahun 2002 - 2003 yg mint condition :mrgreen:
Jadi om lebih saranin pilih D4D matic daripada VVTi matic ya :), karena harga jualnya lebih bagus.
selain ntu.. buat balapan lebi potensial mesin KD drpd mesin TR.. tanya de bro turbo.... ipah 400HP..... makanya harganya lebi nahan.......... hwehehehee....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

D4D matic bagus, tapi harganya juga paling "bagus".

Tapi repot pakai diesel. Belum lama saya lihat pajero sport matikan mesin di lobi rumah sakit ketika menurunkan penumpang :mky_01:
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

mesin diesel kalo perawatan bagus, asap juga minim bgt walaupun di bejek. Jadi pengguna diesel modern wajib merawat mesin, benefitnya mesin irit, tangguh dan torsinya mantap.
wayanbudiana
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Apr 13, 2012 19:06

Re: Kijang Innova D-4D

Post by wayanbudiana »

Ertiga, Evalia bakal nyaingin Kijang Innova ga ya gan?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

wayanbudiana wrote:Ertiga, Evalia bakal nyaingin Kijang Innova ga ya gan?
jauh lha.... beda kelas... fwd monokok vs rwd ladder.. harga juga terpaut jauh...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR