Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suhu2 sekalian maaf mau tanya, komponen dibawah kap mesin mobil itu apa aja yah?
seperti ini
rencana mau dibuat seperti ini
khan kelihatan bersih dan simple banget tuh, sepertinya banyak komponen yang dicopot, tapi takut salah copot malah ga jalan mesinnya.
mohon bantuan kira2 komponen dibawah kap mesin mobil itu apa aja? maaf belepotan kata2nya, terima kasih
wewww......................
terus terang aja utk mendapatkan tampilan seperti pada pic kedua bukanlah pekerjaan yg bisa dilakukan oleh user awam oom, itu kerjaan bengkel modifikasi karena memang banyak posisi komponen standar yg dirubah posisi nya.
cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
campuraduk wrote:Suhu2 sekalian maaf mau tanya, komponen dibawah kap mesin mobil itu apa aja yah?
seperti ini
khan kelihatan bersih dan simple banget tuh, sepertinya banyak komponen yang dicopot, tapi takut salah copot malah ga jalan mesinnya.
mohon bantuan kira2 komponen dibawah kap mesin mobil itu apa aja? maaf belepotan kata2nya, terima kasih
Itu air filter box dan resonator chamber om
mengubah disain air filter box dan sistem intake pasti akan mengubah karakter mesin......ya kalau jadi lebih enak, kalau misal tarikan awalnya jadi lebih gak enak gimana om ?
So perubahan harus tahu tujuannya dan tahu persis efeknya apa saja.
AD74YA wrote:Engine bay better OEM. Jangan diubah-ubah....
Yang ditandain itu filter udara seperti yang sudah dijelaskan oom turboman.. Komponen vital untuk mobil...
Ada alasan tertentu mau di bikin "simpel" engine bay nya?
rencana mau dibikin lebih simple aja, jalur2 kabelnya, btw gambar pertama sebenarnya cuma ambil dari google, yang pengen ditanyakan itu apa saja komponen dibawah kap mobil, agar supaya mesin bisa jalan
AD74YA wrote:Engine bay better OEM. Jangan diubah-ubah....
Yang ditandain itu filter udara seperti yang sudah dijelaskan oom turboman.. Komponen vital untuk mobil...
Ada alasan tertentu mau di bikin "simpel" engine bay nya?
rencana mau dibikin lebih simple aja, jalur2 kabelnya, btw gambar pertama sebenarnya cuma ambil dari google, yang pengen ditanyakan itu apa saja komponen dibawah kap mobil, agar supaya mesin bisa jalan
Yang di gambar kedua itu tingkat modifikasinya udah tinggi, ngelihat posisi blok mesinnya kemungkinan besar sudah swap engine..
Kalau saya asumsikan gambar pertama itu mobilnya oom, mungkin kalau mau lebih "terbuka" bisa ganti box filternya sama open air dan piping baru.. selang-selangnya bisa di re route ulang.. Tapi membutuhkan modifikasi yang cermat.. Karena mengubah open air saja bisa berakibat performa mesin jelek, ga sinkron antara kebutuhan udara yang dibakar sama udara yang dihisap, jadi tentunya mau gak mau header, exhaust system minimal disesuaikan, businya juga yang lebih bagus.. Lalu remapping VTEC nya pakai vtec controller..
Wah perjalanannya panjang bung... and waste money... Kalau ngejar tampilan saja... sayang..
AD74YA wrote:Engine bay better OEM. Jangan diubah-ubah....
Yang ditandain itu filter udara seperti yang sudah dijelaskan oom turboman.. Komponen vital untuk mobil...
Ada alasan tertentu mau di bikin "simpel" engine bay nya?
rencana mau dibikin lebih simple aja, jalur2 kabelnya, btw gambar pertama sebenarnya cuma ambil dari google, yang pengen ditanyakan itu apa saja komponen dibawah kap mobil, agar supaya mesin bisa jalan
Yang di gambar kedua itu tingkat modifikasinya udah tinggi, ngelihat posisi blok mesinnya kemungkinan besar sudah swap engine..
Kalau saya asumsikan gambar pertama itu mobilnya oom, mungkin kalau mau lebih "terbuka" bisa ganti box filternya sama open air dan piping baru.. selang-selangnya bisa di re route ulang.. Tapi membutuhkan modifikasi yang cermat.. Karena mengubah open air saja bisa berakibat performa mesin jelek, ga sinkron antara kebutuhan udara yang dibakar sama udara yang dihisap, jadi tentunya mau gak mau header, exhaust system minimal disesuaikan, businya juga yang lebih bagus.. Lalu remapping VTEC nya pakai vtec controller..
Wah perjalanannya panjang bung... and waste money... Kalau ngejar tampilan saja... sayang..
apalagi klo ga tau isi engine bay itu apa aja....?
bisa bongkar ga bisa jalan nanti kelanjutan nya
no offense oom.......tapi klo memang ga ada keterampilan utk hal yg satu ini sebaik nya serahkan ke yg ahli (bengkel modif ternama)
biaya nya pasti lumayan, tapi sah2 aja karena selera orang macem2
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
campuraduk wrote:
rencana mau dibikin lebih simple aja, jalur2 kabelnya, btw gambar pertama sebenarnya cuma ambil dari google, yang pengen ditanyakan itu apa saja komponen dibawah kap mobil, agar supaya mesin bisa jalan
Di buku manual kan ada dijelaskan komponen di ruang mesin apa2 aja, mau lebih lengkap lagi yg beli service manual / parts number book.
Ini modif tujuannya hanya utk mengubah tampilan ruang mesin aja ?
FYI: Pabrik membuat mesin en semua komponen di sekitarnya itu saling berfungsi mendukung kinerja mesin, bukan sekedar hiasan.
Kalo demen liat engine bay rapi ya beli mobil yg mesinnya tertata rapi dan ada tameng plastik-nya aja om, kalo mmg demen ngeliatin ruang mesin
begini om TS, beberapa tahun yg lalu saya juga pernah punya ide yang sama yaitu pengen engine bay yang clean/minimalis, seperti contoh diatas.
Tetapi setelah saya pelajari sekian lama, untuk mobil harian itu sulit dibikin clean seperti itu, karena banyak perangkat2 pendukung yang mesti dipertahankan seperti sistem AC (piping), kelistrikan (kabel2) dll. Jadi dari hasil pemantauan langsung ke TKP dan googling foto, ternyata engine bay minimalis itu aplikasi dominan di mobil kompetisi krn hasil dr strip down weight (pls cek foto yg ada pasang/no.2, itu motor wiper saja sudah tidak ada dipasang) atau beberapa mobil kontes cuma untuk mengejar tampilan minimalis semata.
kalo memang TS tetap pengen mendapat tampilan clean minimalis gitu dan mobil tetap bisa dipake harian, itu butuh waktu kerja yg cukup lama dan biaya yang besar krn harus bikin custom piping dan wiring supaya semua bisa terorganisir dengan baik dititik tertentu sehingga bisa terliat lebih rapi minimalis. Pekerjaan juga harus dilakukan ekstra teliti mengingat jalur2 kabel mobil harian yg begitu kompleks jika ceroboh bisa berakibat ada sistem yg malfungsi atau konslet.
beberapa pabrikan mobil memberi cover mesin yg terintegrasi dan menarik sebagai solusi tampilan engine bay yang lebih rapi seperti contoh foto mercy dr mas helm diatas
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
AD74YA wrote:Mau modifikasi engine bay paling murah?
Ini dia engine bay paling simpel di dunia:
DPP_0001.jpg
itukan di cover doang , malah tambah repot kalau ada yg rusak lebih lama bongkarnya
Lebih repot mana? buka cover sendiri (paling setahun sekali dua kali).. atau modif sampai stage tinggi biar komponennya sedikit seperti gambar?.... Kan sasaran utamanya cuman tampilan doang si TS. Ane pun lebih seneng ruang mesin terbuka, plus bikin cover sendiri seperti diatas bisa mengganggu sirkulasi udara di ruang mesin..
Tapi kalau sasarannya memang penampilan yaa... Beauty is pain.
Mesin yang bawah kayaknya buat balapan, om. Coba lihat aki, kompresor AC, fuse box dll gak ada. Mesin balap emang gitu pak, minimalis. Bisa saja AC dicopot, aki taruh di bagasi, fusebox di glove compartment. Tapi ya gitu deh, repot amat. Mobil bos khan mau dipakai harian, ntar pacar kegerahan gimana?
Menurut saya sih, kalau ngejar tampilan mending di interior. Kalau mau rapiin bak mesin, paling kabel2 dan selang2 yg dimodif. Emang ilfil ya, lihat selang AC tumpang tindih gitu. Kalau saluran udara, seperti yg bos kotakmerahkan di foto, bisa aja dicopot. Tapi di situ udara negatif pressure kayaknya. Kudu ditarik pipa dari intake ke deket lampu depan, baru pasang filter yg diinginkan. Pipa lagi deh yg hrs rapi pengerjaannya.
Kalau pipa dah rapi, bisa juga dikasih warna di bagian2 tertentu. Cat merah biasanya cakep.
asudarsono wrote:Mesin yang bawah kayaknya buat balapan, om. Coba lihat aki, kompresor AC, fuse box dll gak ada. Mesin balap emang gitu pak, minimalis. Bisa saja AC dicopot, aki taruh di bagasi, fusebox di glove compartment. Tapi ya gitu deh, repot amat. Mobil bos khan mau dipakai harian, ntar pacar kegerahan gimana?
Menurut saya sih, kalau ngejar tampilan mending di interior.
-cut-
Yap, sory bentar ya ane cut quote-nya. . IMO, mendingan mesinnya dicuci bersih di tempat khusus cuci mesin. Dibikin bersih aja, dengan kelengkapan sutandar pabrik, ane pikir, orang yang buka kap mesin pasti udh langsung kagum om, liat mesin yang bener2 bersih dari kotoran, seperti baru keluar dari showroom.
just my 2 cents..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Mungkin "bisa juga" pake cara Wire Tuck, meski kalo liat caranya ya tetep aja ga gampang
intinya di "route" ulang (kabelnya biar ngikut jalur body ato malah disembunyikan) dan dibungkus cable protector jadi terlihat rapi dan simpel.....mirip kek tuck buat pc moding
Bauley or Ricey do not move this please. Ive been getting way too many PM's on how i do the wiring on the engine bays.. BTW u guys are awesome mods
here is one i did this past summer for a HT member
Decided to help a fellow H-T member with his new car. and his filthy engine bay. came out 100x better than what it started with. Hid alot of wiring and rerouted the wiring. cleaned it up alot. Enjoy
This is what i removed
Ripped out the AC system. pump, condenser, lines ect. everythings gotta come out.
Heat shields on the exhaust manifold
intake resonator
Wiring that was re routed. No wires were shortened or lenghtened. when extending or shortening wiring you can effect the resistance in that line. and could affect how your engine performs
Passanger side Headlight, horn, turn signal, ground box harness was taken and ran in the inner fenderwell gound box was hooked up to the 10mm bolt that held on the intake resonator.
Driver side headlight turn signal ground box harness was ran through the fenderwell and held up with a open 10mm spot by the windshield washer fluid resivoir.
Distributor wiring was taken off the clip and hide under the intake manifold
Driver side harness was removed and tucked underneath the battery/fuse box. and no i did not extend any of the wiring.
Passanger side harness was removed off the clips and tucked in the corner under the Slave cylinder and zip tied down
Fuel injector wiring. the box was removed off of the injector harness. the heat shrink was removed off of the wires. becareful doing this not to cut the wires. and the clips were ran up through the gaps in the intake manifold runners.
Cleaning
removed battery and covered all electronics.... dizzy, alternator, Harness clips with bags and zip tied them.
Sprayed the entire engine bay, engine, firewall with simple green 75 SG/25 H20. let it sit for 5-10 mins and rinsed off with garden hose. dry the engine bay with shop towels or shop rags.
i used 2 cans of gunk for the engine and transmission for the heavy grease. do the same steps as i did with simple green.
ini trit bagus juga. klu mw keliatan bersih, bisa juga beberapa cover di-krom atau dicat dgn warna mencolok. efeknya sepertinya lumayan. teorinya begiini : dlm kondisi standard, mata akan melihat ke segala arah ruang mesin. tp saat ada bagian yg mencolok, pandangan mata akan tersedot kesitu. jd kotoran2 di bagian lain tidak terlalu diperhatikan.
btw klu mw memelihara ruang mesin, disarankan pakai mobil2 tua. krn umumnya mobil baru2 ruang mesinnya sudah padat. mw diutak atik bakal susah. beda dgn mobil2 tua seperti 90-an ke bawah, umumnya ruang mesinnya masih lega.
Wiring that was re routed. No wires were shortened or lenghtened. when extending or shortening wiring you can effect the resistance in that line. and could affect how your engine performs
yg ini agak susah kyknya. krn ada beberapa kabel yg sudah dibuat pas2an. buat rute baru lmyn sulit......
Wiring that was re routed. No wires were shortened or lenghtened. when extending or shortening wiring you can effect the resistance in that line. and could affect how your engine performs
yg ini agak susah kyknya. krn ada beberapa kabel yg sudah dibuat pas2an. buat rute baru lmyn sulit......
tapi kalo ga pingin ter-efek ya mesti begitu.... dan supaya bisa begitu keknya kudu ngelepasin semua dulu baru pasang lagi...
kalo shortening mungkin bukan dipotong tapi sedikit ditekuk dan disembunyiin..... kalo manjangin yang susah, berarti kudu pilih rute alternatif lain
AD74YA wrote:Menarik ni oom singachu... Lanjotkan...
lanjutkan gimana ? lha gua cuman googling ama copy paste doang
di mobil sendiri dah males kalo soal perkabelan/kelistrikan....
bayangan gampang pelaksaan susah
begitu timbul masalah troubleshootnya masalah.....