perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
perhitungan konsumsi daya mobil listrik
bro ada yg tahu bagaimana konversi perhitungan konsumsi daya listrik mobil listrik seperti nissan leaf, chevy volt, ford focus sehingga ketemu ekuivalen x km/ltr bbm ?
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
komsumsi yang menunjukkan km/liter biasanya digunakan oleh mobil2 yang memakai system combustion. misal mesin diesel atau bensin dan mesin hybrid.
Pada mesin hybrid , peran motor listrik adalah membantu mesin bensin , saat putaran rendah atau stationer , sehingga konsumsi bensinnya mengalami penurunan yang signifikan.
Konsumsi bensin inilah yang dihitung dalam km/liter.
Sedangkan untuk motor listrik murni , konsumsinya bukan memakai satuan km/liter lagi , karena tidak ada lagi bb fosil yang dibakar didalamnya.
Mungkin km/daya kaleeeee...
CMIIW
daya listrik ( P ) = V ( voltage ) x I ( ampere )
Baterai yang besar kapasitasnya ( dayanya ) , otomatis memiliki daya tahan / konsumsi dayanya lebih lama sampai daya baterainya habis.
sebaliknya
baterai yang kapasitas ( dayanya ) kecil , konsumsinya jauh lebih singkat.
sekali lagi cmiiw

Pada mesin hybrid , peran motor listrik adalah membantu mesin bensin , saat putaran rendah atau stationer , sehingga konsumsi bensinnya mengalami penurunan yang signifikan.
Konsumsi bensin inilah yang dihitung dalam km/liter.
Sedangkan untuk motor listrik murni , konsumsinya bukan memakai satuan km/liter lagi , karena tidak ada lagi bb fosil yang dibakar didalamnya.
Mungkin km/daya kaleeeee...


daya listrik ( P ) = V ( voltage ) x I ( ampere )
Baterai yang besar kapasitasnya ( dayanya ) , otomatis memiliki daya tahan / konsumsi dayanya lebih lama sampai daya baterainya habis.
sebaliknya
baterai yang kapasitas ( dayanya ) kecil , konsumsinya jauh lebih singkat.
sekali lagi cmiiw


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Tergantung harga BBM dan harga listrik.
Gw pakai perhitungan seperti di bawah ini untuk Chevy Volt -
1. Klaim dari GM, Volt bisa menempuh jarak 40 miles untuk sekali charging.
2. Listrik yang dipakai untuk sekali charging harganya $1.51
3. Harga bensin *hari ini* untuk oktan 87 rata2 $3.68/gallon
Hitungannya -
40 mile/charge x $3.68/gallon : $1.51/charge = 97.5 mile/gallon ~ 41.6 km/liter.
Gw pakai perhitungan seperti di bawah ini untuk Chevy Volt -
1. Klaim dari GM, Volt bisa menempuh jarak 40 miles untuk sekali charging.
2. Listrik yang dipakai untuk sekali charging harganya $1.51
3. Harga bensin *hari ini* untuk oktan 87 rata2 $3.68/gallon
Hitungannya -
40 mile/charge x $3.68/gallon : $1.51/charge = 97.5 mile/gallon ~ 41.6 km/liter.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
om PV segalon brp liter?? kl di indonesia segalon 19 liter.... kl 1 mile brp KM???POS VETT wrote:Tergantung harga BBM dan harga listrik.
Gw pakai perhitungan seperti di bawah ini untuk Chevy Volt -
1. Klaim dari GM, Volt bisa menempuh jarak 40 miles untuk sekali charging.
2. Listrik yang dipakai untuk sekali charging harganya $1.51
3. Harga bensin *hari ini* untuk oktan 87 rata2 $3.68/gallon
Hitungannya -
40 mile/charge x $3.68/gallon : $1.51/charge = 97.5 mile/gallon ~ 41.6 km/liter.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Ngaco ah K4ng....
Istilah 'segalon = 19 liter' mah salah kaprah untuk nyebutin botol dispenser air mineral kan hehehe..... 1 US gallon = 3,785 liter K4ng, si botol dispenser itu 5 gallon = 18,925 liter = pembulatan 19 liter.

Istilah 'segalon = 19 liter' mah salah kaprah untuk nyebutin botol dispenser air mineral kan hehehe..... 1 US gallon = 3,785 liter K4ng, si botol dispenser itu 5 gallon = 18,925 liter = pembulatan 19 liter.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
kalau di darat; 1,609KMak4ng wrote:om PV segalon brp liter?? kl di indonesia segalon 19 liter.... kl 1 mile brp KM???POS VETT wrote:Tergantung harga BBM dan harga listrik.
Gw pakai perhitungan seperti di bawah ini untuk Chevy Volt -
1. Klaim dari GM, Volt bisa menempuh jarak 40 miles untuk sekali charging.
2. Listrik yang dipakai untuk sekali charging harganya $1.51
3. Harga bensin *hari ini* untuk oktan 87 rata2 $3.68/gallon
Hitungannya -
40 mile/charge x $3.68/gallon : $1.51/charge = 97.5 mile/gallon ~ 41.6 km/liter.
kalau di laut; 1,852KM
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Angka2 untuk konversi -
1 mile = 1,6 km (untuk darat, kalau laut/nautical mile beda lagi)
1 gallon = 3,746 liter dibulatkan 3,75 liter
1 mile = 1,6 km (untuk darat, kalau laut/nautical mile beda lagi)
1 gallon = 3,746 liter dibulatkan 3,75 liter
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
om vett mo nanya. kalo dari rumus yang om vett kasih memang hasil akhirnya rumus tsb mile/galon dan bisa di konversi jd km/ltr cuman aku masih bingung kenapa dikalikan dengan harga bbm? tolong dijelaskan logikanya om.... apakah dengan dikalikan dollar/galon hanya usaha untuk mendapatkan satuan mile/galon ataukah ada rumus yg lain? sori masuk matematika.
- faith humanity freedom -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Karena lebih berguna. Untuk pemakai seperti kita2 ini lebih tertarik masalah biaya, bukan cuma teori perbandingan enerji yang dipakai. Hitungannya juga jauh lebih rumit karena ada enerji yang hilang dalam kondisi waktu dipakai. 16kWh listrik/batere pemakaiannya lebih efisien (rata2) daripada 16kWh yang diproduksi dari bensin. Poin2-nya seperti di bawah.dieselkiki wrote:om vett mo nanya. kalo dari rumus yang om vett kasih memang hasil akhirnya rumus tsb mile/galon dan bisa di konversi jd km/ltr cuman aku masih bingung kenapa dikalikan dengan harga bbm? tolong dijelaskan logikanya om.... apakah dengan dikalikan dollar/galon hanya usaha untuk mendapatkan satuan mile/galon ataukah ada rumus yg lain? sori masuk matematika.
- Kapasitas batere Chevy Volt menurut GM 16 kWh dengan daya tempuh 40 miles.
- Bisa dibandingkan dengan pemakaian bbm genset untuk menghasilkan 16 kWh
- Atau bisa dibandingkan dengan mobil yang sama, berat yang sama, semua sama kecuali mesin hanya pakai mesin 1.4l (minus listrik2-nya) yang sudah dipakai di Chevy Volt. Tapi kalau murni plug-in electric car seperti Nissan Leaf yang tidak punya "on-board generator" gimana ?
- Atau, 16kWh itu berapa liter bensin ? Efisiensinya dipatok berapa persen ? Ini rumit, karena ada faktor2 enerji yang hilang bervariasi.
- Yang lebih bikin mumet lagi - kalau listriknya dibangkitkan dengan tenaga air, nuklir, batubara, angin, atau panas bumi, hitungannya gimana ?
PS: matematika monggo; gw insinyur mesin S1 dan S2

Last edited by POS VETT on Thu Mar 08, 2012 12:00, edited 2 times in total.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Bahasan menarik.....nubie duduk tertib meliat, mendengar dan meraba....sebelum nya izin merapat dolo..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Ikut juga dong diskusinya, masa mau nonton doangZombiEE wrote:Bahasan menarik.....nubie duduk tertib meliat, mendengar dan meraba....sebelum nya izin merapat dolo..

Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Ane gak mudeng bang..hahaha...listening more is better:)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Silahkan tanya bagian2 yang ndak mudengZombiEE wrote:Ane gak mudeng bang..hahaha...listening more is better:)

Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Nah,,,,nyang ane pengen tau,,,paling dasar aja bang, misalkan commuting tiap hari, dari rumah (suburbs) ke kantor, tipikal kota amerika dah,,,bukan downtown loh,,macet nya juga amit2...
Kira2 kalau memakai hybrid semacam prius penghematannya signifikan bang?since prius gak usah dicharge mcm voltz, yang ditawarkan voltz apa ya?ane blm look thoroughly spek voltz gimana bang:)
And kalau misalkan kantor di downtown kota besar semacam di los angeles or chicago, yang ditawarkan penghematannya signifikan?
Ditarik benang merah ke trit ini, kalau charging ke outlet rumah, apa electric bill nya gak meledak bang?Ђεђεђε
Ђεђεђε™
Oiya btw, ini operating battere nya bisa gets altered due to winter?
Kira2 kalau memakai hybrid semacam prius penghematannya signifikan bang?since prius gak usah dicharge mcm voltz, yang ditawarkan voltz apa ya?ane blm look thoroughly spek voltz gimana bang:)
And kalau misalkan kantor di downtown kota besar semacam di los angeles or chicago, yang ditawarkan penghematannya signifikan?
Ditarik benang merah ke trit ini, kalau charging ke outlet rumah, apa electric bill nya gak meledak bang?Ђεђεђε

Oiya btw, ini operating battere nya bisa gets altered due to winter?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Susah itu ngomongnya karena tergantung driving style dan kondisi trafik. Justru kalau kondisi trafik macet2/merayap yang hybrid/plug-in malah jadi jauh lebih irit. Semakin macet/merambat, semakin besar bedanya. Kalau trafiknya jalan tol bebas malah jadi ndak terkejar beli hybrid/plug-in.ZombiEE wrote:Nah,,,,nyang ane pengen tau,,,paling dasar aja bang, misalkan commuting tiap hari, dari rumah (suburbs) ke kantor, tipikal kota amerika dah,,,bukan downtown loh,,macet nya juga amit2...
Kira2 kalau memakai hybrid semacam prius penghematannya signifikan bang?since prius gak usah dicharge mcm voltz, yang ditawarkan voltz apa ya?ane blm look thoroughly spek voltz gimana bang:)
And kalau misalkan kantor di downtown kota besar semacam di los angeles or chicago, yang ditawarkan penghematannya signifikan?
Ditarik benang merah ke trit ini, kalau charging ke outlet rumah, apa electric bill nya gak meledak bang?ЂεђεђεЂεђεђε™
Oiya btw, ini operating battere nya bisa gets altered due to winter?
Chevy Volt itu seperti Toyota Prius dan Honda Insight, ada mesin bensinnya; bedanya kalau Volt bisa ditancepin (plug in) ke listrik rumah. Kalau Nissan Leaf pure plug-in, ndak ada mesin bensinnya. Kalau sampe kehabisan batere tengah jalan, langsung ko'it.
Menurut GM, untuk full charge (16 kWh) biayanya $1.51 dan memang tarif listrik dipatok di $0.94/kWh. Biaya listrik tergantung berapa jalannya dan ini tergantung juga dari pemakaian mobilnya. Karena daya tempuh hanya 40 miles dan untuk full charge, mobil butuh 10-12 jam, satu hari hanya cukup waktu, praktisnya, untuk charge sekali.
Satu hari 40 miles. Sebulan atau 30 hari totalnya 1.200 miles (1.920 km). Biaya listrik rumah bertambah $1.51 x 30 = $45.3 per bulannya.
Sekarang duit $45.3 bisa beli berapa liter bensin di Indonesia ? Berapa km bisa ditempuh dengan bensin sekian liter ini ?
Kalau di sini, $45.3 *tidak cukup* untuk beli bensin setengah tangki Chevy Silverado gw (kapasitas tangkinya 26 gallons = 97.5 liters). Setengah tangki cuma bisa buat 5-6 hari. Kalau buat gw, pengiritannya signifikan sekali. Sebulan kira2 menempuh 1000 miles (1.600 km) dengan konsumsi BBM 15 mpg yang berarti butuh 67 gallons (250 liter) dan dengan harga bensin hari ini (RON 93) $3.80, pengeluaran sebulan untuk bensin jadi 67 gallons x $3.80 per gallon = $255.
Kalau 1000 miles dengan Chevy Volt biayanya 1000 miles / 40 miles per charge = 25 charge. Sekali charge harganya $1.51 dikali 25 totalnya ndak sampai $38.
Perbedaan biaya antara Chevy Silverado dan Chevy Volt untuk menempuh 1000 miles adalah $255 - $38 = $217. Segitu signifikan sekali, kan ?
Kalau musim dingin, konsumsi listrik bertambah karena butuh heater (makan listrik dari batere) dan karena gelapnya lebih panjang, lampu2 mesti dihidupkan; batere tambah kemakan lagi.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
hmmmm trimakasih pencerahannya om vett.. baru paham sekarang. jadi untuk realnya memang harus dibandingkan dengan harga bbm baru kliatan manfaat langsungnya bagi end user. good description.
lifetime batrenya berapa lama? kalau service berkala maintenance batrenya apa saja? atau maintenance free? letak batrenya dimana dan dimensinya berapa?
kalau melibas genangan air nyetrum nggak? pernah ada kasus seperti itu?
bagaimana crash testnya? apabila terjadi kecelakaan apakah batre tersebut aman atau user bisa celaka karena terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada batre?
maaf borongan
lifetime batrenya berapa lama? kalau service berkala maintenance batrenya apa saja? atau maintenance free? letak batrenya dimana dan dimensinya berapa?
kalau melibas genangan air nyetrum nggak? pernah ada kasus seperti itu?
bagaimana crash testnya? apabila terjadi kecelakaan apakah batre tersebut aman atau user bisa celaka karena terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada batre?
maaf borongan
- faith humanity freedom -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Betul, karena kita2 kan tertariknya masalah biaya operasional. Kalau bagian science-nya sih njlimet dan bikin bosandieselkiki wrote:hmmmm trimakasih pencerahannya om vett.. baru paham sekarang. jadi untuk realnya memang harus dibandingkan dengan harga bbm baru kliatan manfaat langsungnya bagi end user. good description.

Umur batere tergantung dari pemakaian; kalau sering disetrum dengan quick charger umurnya jadi pendek. kalau kepanasan jadi pendek juga. Tergantung yang pakai juga.dieselkiki wrote: lifetime batrenya berapa lama? kalau service berkala maintenance batrenya apa saja? atau maintenance free? letak batrenya dimana dan dimensinya berapa?
Karena Chevy Volt baru keluar, belum ada yang tau umur batere rata2 berapa. Baterenya kan Li-ion, jadi tidak ada perawatan. Perawatan paling2 ganti oli mesin (tiap 1-2 tahun sekali karena mesinnya jarang sekali dipakai) dan oli persneling. Letaknya di bawah jok belakang dan di bawah ruang bagasi. Persisnya dimensinya ndak tau berapa.
Belum pernah dengar kasus seperti ini. Tebakan gw semuanya waterproof, selain untuk keamanan juga untuk menunjang umur batere.dieselkiki wrote:kalau melibas genangan air nyetrum nggak? pernah ada kasus seperti itu?
Selalu ada resiko baterenya terbakar dan dari yang pernah baca, batere Li-ion kalau terbakar di suhu tinggi. Resiko batere terbakar bukan barang baru; resiko yang sama juga ada dari bensin di tangki.dieselkiki wrote:bagaimana crash testnya? apabila terjadi kecelakaan apakah batre tersebut aman atau user bisa celaka karena terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada batre?
maaf borongan
Sekarang ini, Chevy Volt itu menarik buat gw. Ada syarat2-nya seperti di bawah ini.
1. Ada *kemungkinan* tax rebate sebesar $10k. Sekarang ini tax rebate hanya $5k untuk Chevy Volt.
2. Karena teknologi mobil listrik ini masih baru, gw gak berani beli/piara mobil ini. Jadi Chevy Volt hanya untuk di-lease selama masa garansi mobil baru (bumper to bumper) masih berlaku (3 tahun atau 36.000 miles). Garansi untuk Voltec sebenarnya 8 tahun atau 100.000 miles. Selesai masa lease 3 tahun, mobilnya balikin ke dealer/bank, gw cuci tangan.
3. Biaya cicilan lease $350/bulan dengan down payment $2.500 dan ~$2.500 lagi untuk pajak penjualan. Kalau bisa dapat tax rebate $10k, berarti bisa buat bayar DP, pajak penjualan, dan kira-kira 14-15 bulan biaya cicilan lease.
4. Jadi selama pemakaian 3 tahun lease, keluar duit dari kantong sekitar $7.700 (21-22 bulan dikali $350) ditambah biaya operasional yang termasuk kecil. Hitung saja $50/bulan untuk listrik dan bensin ditambah ganti oli mesin 3x; hitung saja $2.000. Ban, rem, dan oli persneling tidak perlu ganti karena dipakai hanya 36.000 miles.
5. Total2 jadi sekitar $9.700 untuk pake mobil 3 tahun atau 36.000 miles. Tidak termasuk asuransi dan PKB.
Gimana ? Cukup murah atau masih agak mahal ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
biaya leasingnya 350 dolar bisa buat cicilan mobil kelas avanza xenia kalau di sini (150 jutaan)
7700+(50*12*3)+2000 dikurs ke rupiah 9200 = 105.800.000 juta
beli avanza 150juta, misal tahun ke tiga dijual 120juta = duit balik
operasional = 30.000km/tahun selama 3 tahun = 90000km, 10km/l,*4500 = 82,8juta
masih ada 37,2 juta. service sampai 90.000km taruh 10jt, pkb dan asuransi tidak dihitung. taruh ganti ban 5 = 2,5 juta
masih ada 24 jt.
disclaimer : maaf kalo salah ngitung, asumsinya gak cek data terlebih dahulu, serta tidak ada niat untuk jadi TM jilid II, bener-bener pengen ngebandingin. nggak ofensif.
masih ada uang sisa dibandingkan sewa om, 105 juta menguap, bukannya GM untung besar kalo sistemnya kek gini ? Sistemnya kenapa harus sewa, kenapa gak dijual umum saja ? apa karena mobil seperti ini belum memasyarakat ya ?
kalau salah tolong dijelaskan lagi om vett.
7700+(50*12*3)+2000 dikurs ke rupiah 9200 = 105.800.000 juta
beli avanza 150juta, misal tahun ke tiga dijual 120juta = duit balik
operasional = 30.000km/tahun selama 3 tahun = 90000km, 10km/l,*4500 = 82,8juta
masih ada 37,2 juta. service sampai 90.000km taruh 10jt, pkb dan asuransi tidak dihitung. taruh ganti ban 5 = 2,5 juta
masih ada 24 jt.
disclaimer : maaf kalo salah ngitung, asumsinya gak cek data terlebih dahulu, serta tidak ada niat untuk jadi TM jilid II, bener-bener pengen ngebandingin. nggak ofensif.
masih ada uang sisa dibandingkan sewa om, 105 juta menguap, bukannya GM untung besar kalo sistemnya kek gini ? Sistemnya kenapa harus sewa, kenapa gak dijual umum saja ? apa karena mobil seperti ini belum memasyarakat ya ?
kalau salah tolong dijelaskan lagi om vett.
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
haii om vett..sorry baru sempat reply..menurut saya chevy voltz kalau dibandingkan dgn silverado sih agak jauh ya..hehehe
sekelas prius masih masuk..cmiiw
saya tidak mengetahui skema lease toyota itu bagaimana, kadang ditulis nationwide (kalau misalkan ada rebate dll) tapi biasanya masih negotiable kan tergantung dealer?heehehe
kalau meliat cara nge-charge nya, sorry to say prius masih leading ya..gak tau kalau uda misalkan nissan leaf dipasarkan ataupun tesla dipasarkan utk umum,..hehehe
kalau meliat umur batt nya, berarti di negara tropis kayanya akan lebih pendek ya umur nya?

sekelas prius masih masuk..cmiiw
saya tidak mengetahui skema lease toyota itu bagaimana, kadang ditulis nationwide (kalau misalkan ada rebate dll) tapi biasanya masih negotiable kan tergantung dealer?heehehe
kalau meliat cara nge-charge nya, sorry to say prius masih leading ya..gak tau kalau uda misalkan nissan leaf dipasarkan ataupun tesla dipasarkan utk umum,..hehehe
kalau meliat umur batt nya, berarti di negara tropis kayanya akan lebih pendek ya umur nya?




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
om zombie bisa dijelaskan kenapa bisa lebih pendek lifetimenya?
- faith humanity freedom -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Susah perbandingannya karena harga mobilnya berbeda. Chevy Volt harga base-nya $40k; ditambahin option tetek bengek bisa sampai $47k.dieselkiki wrote:biaya leasingnya 350 dolar bisa buat cicilan mobil kelas avanza xenia kalau di sini (150 jutaan)
7700+(50*12*3)+2000 dikurs ke rupiah 9200 = 105.800.000 juta
beli avanza 150juta, misal tahun ke tiga dijual 120juta = duit balik
operasional = 30.000km/tahun selama 3 tahun = 90000km, 10km/l,*4500 = 82,8juta
masih ada 37,2 juta. service sampai 90.000km taruh 10jt, pkb dan asuransi tidak dihitung. taruh ganti ban 5 = 2,5 juta
masih ada 24 jt.
disclaimer : maaf kalo salah ngitung, asumsinya gak cek data terlebih dahulu, serta tidak ada niat untuk jadi TM jilid II, bener-bener pengen ngebandingin. nggak ofensif.
masih ada uang sisa dibandingkan sewa om, 105 juta menguap, bukannya GM untung besar kalo sistemnya kek gini ? Sistemnya kenapa harus sewa, kenapa gak dijual umum saja ? apa karena mobil seperti ini belum memasyarakat ya ?
kalau salah tolong dijelaskan lagi om vett.
Bisa dibeli, tapi gw sendiri ndak berani beli barang masih belum terbukti seperti ini. Harga jualnya juga buta, bikin hasil perhitungan me-raba2. Lebih aman lewat lease, kalau nanti setelah masa lease habis ditentukan lagi mau dibeli atau dibalikkan ke bank. Kalau menurut gw, ngapain mobil begini dipiara ?
Dibandingkan Silverado karena itu mobil gw harian. Mestinya dibandingkan dengan M3 yang dipakai istri karena kalau mau beli Volt, bukan untuk gw. Volt dipilih karena plug-in; Prius bukan plug-in (tidak dapat tax rebate jaman sekarang, dulu iya) dan Leaf & Tesla tidak praktis karena 100% plug-in. Tesla harga belinya yang gak ketulungan; Volt sudah termasuk mahal, Tesla mahal gila bisa 2x harga Volt.ZombiEE wrote:haii om vett..sorry baru sempat reply..menurut saya chevy voltz kalau dibandingkan dgn silverado sih agak jauh ya..hehehe
sekelas prius masih masuk..cmiiw
saya tidak mengetahui skema lease toyota itu bagaimana, kadang ditulis nationwide (kalau misalkan ada rebate dll) tapi biasanya masih negotiable kan tergantung dealer?heehehe
kalau meliat cara nge-charge nya, sorry to say prius masih leading ya..gak tau kalau uda misalkan nissan leaf dipasarkan ataupun tesla dipasarkan utk umum,..hehehe
kalau meliat umur batt nya, berarti di negara tropis kayanya akan lebih pendek ya umur nya?![]()
![]()
![]()
Gw sendiri lebih cenderung ke arah Volt karena sifatnya yang plug-in hybrid. Mau plug-in (cara paling murah buat battery charging) bisa, tapi ndak mogok kalau kehabisan batere karena gantian mesin bensinnya jalan untuk setrum batere. Kalau Prius dan Insight ndak bisa plug-in, hybrid doang.
Untuk operasi di negara tropis, gw ndak tau bagaimana efeknya ke umur batere. Yang pasti, baterenya ada cooling system-nya sendiri (untuk semua hybrid, tidak cuma Volt); harusnya efeknya tidak berbeda banyak untuk operasi di iklim tropis.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: perhitungan konsumsi daya mobil listrik
Boss ZombiEE kuatir kalau baterenya kepanasan (memperpendek life time) di iklim tropis.dieselkiki wrote:om zombie bisa dijelaskan kenapa bisa lebih pendek lifetimenya?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"