Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nightster Guy wrote:Si Kijang oranye yang sering muncul di pameran itu y? Trakir di IIMS barusan hehehe.... Udah dibedah foto abis2an ama temen2 FB group penggila Kijang Buaya, dengan kesimpulan: Banyak item2nya yang ngawur ....
Maaf sebelumnya klo salah post,..
Misi om momod mau nanya ada ga lsd (limited slip differential) bwt axel belakang coltdies? Atau mungkinkah anti slip differential std dutro/dyna bisa masuk keaxel coltdies?
Gimana caranya bikin torsi bisa keluar dari rpm rendah mesin coltdies super hd 136ps?
Karakter canter turbo torsi rpm tinggi beda dg ps diesel non turbo n/a normali aspirated; gila aja pas tanjakan terjal muatan >10ton kecepit depan belakang mobil tronton merayap ga bisa ancang-ancang rpm tinggi belom mencapai torsi udah turbo lag tenaga langsung drop keringet mpe sejagung-jagung takut mobil balik mundur gubrak.
Klo pasang supercharger/ variable geometri turbo bukan solusi karena tidak ekonomis secara mobil cuma bwt usaha. Dan lagian apa bisa mesin diesel konvensional dipasang variable geometri turbo??
Kelemahan lainnya canter colt dies SHD kok cepet banget ya abis kampas koplingnya, setaon udah ganti 2X; padahal supir yg bawa SHD ini sebelumnya pegang coltdies ps120 4taon blom pernah ganti kampas kopling,..ada solusi ga biar kampas kopling canter SHD jadi awet?
katanya para sopir batubara lebih milih isuzu dump truck dibanding yg laen
karna lebih kuat ditanjakan,rutenya lintas sumatera dengan beban
11ton,klo mo dpt uang lebih byk mobil harus seberat mungkin
Berdasarkan survey saya sendiri ya om, mayoritas emang coldis, tapi melihat spek isuzu elf diatas kertas cc paling gede 4600cc dutro dyna 4000cc coldis=hyundai mighty 3900cc justru paling kecil.
Logika saya dengan tenaga torsi sama, antara cc gede & kecil dalam ketahanan lebih unggul yg cc gede. :)
Tapi kenyataannya didaerah saya Riau banyak truk operasional PT" perkebunan sawit yg sebelumnya pake dutro, dyna rhino, elf, mighty, banyak yg udah pada dikandangin. (n)
Justru coldis dari yg lampu bulet" keluaran taon tua yg ada sejak saya belom lahir masih banyak yg beropersi. (Y)
Coldis disamping image kuat suku cadang gampang didapat meskipun harga barunya diatas yg laen org tetep pilih coldis.
Kata supirku ada salah PKS (pabrik kelapa sawit) yg sangat menukik tanjakannya, dan udah banyak banget makan korban truk balik lagi turun terjungkal gubrak,... selain coldis superhd 136 gada yg bisa lewat; klo terpaksa mesti dibantu alat berat buat naik. :D :D
Om" minta review donk isuzu elf harimau!! Didaerah saya belom banyak yg make ni truk. Saya tertarik sm ini truk disamping harga lebih murah dg mesin lebih gede. Saya rencana pengen nambah armada buat muat buah kelepa sawit sekali muat ±10-13ton. Tq
4lICe wrote:Berdasarkan survey saya sendiri ya om, mayoritas emang coldis, tapi melihat spek isuzu elf diatas kertas cc paling gede 4600cc dutro dyna 4000cc coldis=hyundai mighty 3900cc justru paling kecil.
Logika saya dengan tenaga torsi sama, antara cc gede & kecil dalam ketahanan lebih unggul yg cc gede.
Tapi kenyataannya didaerah saya Riau banyak truk operasional PT" perkebunan sawit yg sebelumnya pake dutro, dyna rhino, elf, mighty, banyak yg udah pada dikandangin. (n)
Justru coldis dari yg lampu bulet" keluaran taon tua yg ada sejak saya belom lahir masih banyak yg beropersi. (Y)
Coldis disamping image kuat suku cadang gampang didapat meskipun harga barunya diatas yg laen org tetep pilih coldis.
Kata supirku ada salah PKS (pabrik kelapa sawit) yg sangat menukik tanjakannya, dan udah banyak banget makan korban truk balik lagi turun terjungkal gubrak,... selain coldis superhd 136 gada yg bisa lewat; klo terpaksa mesti dibantu alat berat buat naik.
Om" minta review donk isuzu elf harimau!! Didaerah saya belom banyak yg make ni truk. Saya tertarik sm ini truk disamping harga lebih murah dg mesin lebih gede. Saya rencana pengen nambah armada buat muat buah kelepa sawit sekali muat ±10-13ton. Tq
Selain cc yg besar, kemampuan menanjak juga dipengaruhi transmisi & rasio final gear. Makanya tergantung juga, canter PS136 dibandingkan dgn dutro tipe apa, elf tipe apa dulu. Seperti mitsu canter sendiri yg terbagi dlm beberapa tipe, seperti super speed n heavy duty yg dibuat agar sesuai kebutuhan user.
Mengenai daya tanjak saya rasa msh subjective, ada yg bilang elf lbh kuat, ada yg bilang canter lbh kuat, ada jg yg blg dutro. Makanya disini gak dijelasin tipe yg dipake itu tipe apa.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
di daerah tasik-bandung truk kecil memang coldis masih pling sering liat.
tp di kelas besar kya yg tronton gtu, jarang bngt lihat fuso...pling bnyk hino dan elf...
fuso jarang liat, klw ada juga yg built up jepang rada jrng sih.
knp y?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
[quote="BADAK"][/quote]
Selain cc yg besar, kemampuan menanjak juga dipengaruhi transmisi & rasio final gear. Makanya tergantung juga, canter PS136 dibandingkan dgn dutro tipe apa, elf tipe apa dulu. Seperti mitsu canter sendiri yg terbagi dlm beberapa tipe, seperti super speed n heavy duty yg dibuat agar sesuai kebutuhan user.
Mengenai daya tanjak saya rasa msh subjective, ada yg bilang elf lbh kuat, ada yg bilang canter lbh kuat, ada jg yg blg dutro. Makanya disini gak dijelasin tipe yg dipake itu tipe apa.[/quote]
OK om kata supirku lagi saya akan bandingin punya saya sendiri canter SHD 136ps final gear 6,3 Vs dyna ht 130ps fg 6,8 punya abang saya ya yg sy tahu,... Dia bilang canter lewat aja disatu tanjakan, dyna lebih ngoyo nanjak disatu tanjakan yg sama dg beban muatan yg berimbang; ntah supirku yg jago ato mungkin kondisi dynanya yg ga fit kali ya...
Saya bukan fanatik apalagi anaknya yg punya diler mitsu loh, tapi emg bukti faktanya kaya gitu om; katanya...
Tapi enaknya dyna anti slip dimedan becek enak buat masuk2 jalan becek tidak perlu lagi mobil lansir pengumpul karna ada anti slipnya. Dan Dyna minyaknya lebih buorosss timbang canter.
Oh ya ditanjakan yg sama dg beban yg sama juga coldis 120ps hd non turbo punya abangku juga lebih jago loh timbang 2 diatas; katanya lagi...
Klo elf ???
OOT dikit om momod banyak juga gapapa ya om, hehe itu saya daftar SM cuma pake BB, laptop jadul jaman kuliah rusak lama ga dipake batre soak kali; itu ada option klo mau nambah temen gimana ya om?? Sorry om ga gitu mudeng basa bule,.. Itupun klo mau berteman Hehehe:D
[quote="billyd1773dz"]di daerah tasik-bandung truk kecil memang coldis masih pling sering liat.
tp di kelas besar kya yg tronton gtu, jarang bngt lihat fuso...pling bnyk hino dan elf...
fuso jarang liat, klw ada juga yg built up jepang rada jrng sih.
knp y?
[/quote]
Klo kelas tronton didaerah saya om saya sering liat FAW muatan sawit, MAN batubara, Volvo muatan kayu; tapi pas didaearah pekanbaru kota saya juga sering nampak foton jenis engkel.
Foton??
Cara kerja no spin differential
Pada saat kendaraan berbelok atau salah satu roda belakang melewati jalan tidak rata, maka roda belakang bagian luar atau roda yang melewati jalan tidak rata harus menempuh jarak yang lebih jauh, yang berarti kecepatan lebih cepat dari roda belakang sisi lainnya. Pada situasi ini No Spin Differential akan membedakan putaran roda belakang secara otomatis Pada kondisi tersebut Inside Driven Clutch akan tetap menempel dengan Spider memutarkan roda belakang sisi dalam, Sementara Outer Driven Clutch terlepas secara otomatis dari Spider sehingga mengakibatkan roda belakang sisi luar berputar bebas. Saat kendaraan berjalan lurus kembali setelah berbelok, Outside Driver Clutch terhubung kembali dengan Spider sehingga kedua roda belakang berputar dengan kecepatan yang sama.
Tanpa No Spin
Poros Roda yang terperosok akan berputar sementara sisi yang lain diam. Dengan No Spin
Kedua poros Roda tetap berputar kendati salah satu roda terperosok atau slip.
Dengan adanya part ini diharapkan operasional Dyna tidak terganngu karena kondisi jalan yang berlumpur, sehingga produk tifitas pengguna Dyna meningkat.
Bagaimana pelanggan saya bisa mendapatkan komponen No Spin Differential ini?
Pelanggan dapat datang sendiri atau melalui salesman melakukan pemesanan ke bagian part di setiap cabang Toyota yang memiliki Bengkel.
Pemasangan dan modifikasi kendaraan hanya boleh dilakukan oleh Bengkel resmi yang bersangkutan.
Apakah pemasangan komponen di atas tersebut dilakukan ke Dyna unit baru atau unit lama yang telah ada di pelanggan dan untuk tipe apa sajakah ?
Penggantian komponen tersebut dapat dilakukan terhadap semua unit yang baru maupun saat ini sudah berada di customer. Part ini hanya tersedia untuk tipe HT baik untuk yang 125 HT maupun 130 HT.
Sumber : http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=3185
seperti yg saya pernah tau, dalam hal modif pemasangan atau penambahan alat LSD pd mobil sport bisa diterapkan.
lantas bagaimana dg kendaraan niaga ini, suhu2 SM?
terima kasih
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
Cara kerja no spin differential
Pada saat kendaraan berbelok atau salah satu roda belakang melewati jalan tidak rata, maka roda belakang bagian luar atau roda yang melewati jalan tidak rata harus menempuh jarak yang lebih jauh, yang berarti kecepatan lebih cepat dari roda belakang sisi lainnya. Pada situasi ini No Spin Differential akan membedakan putaran roda belakang secara otomatis Pada kondisi tersebut Inside Driven Clutch akan tetap menempel dengan Spider memutarkan roda belakang sisi dalam, Sementara Outer Driven Clutch terlepas secara otomatis dari Spider sehingga mengakibatkan roda belakang sisi luar berputar bebas. Saat kendaraan berjalan lurus kembali setelah berbelok, Outside Driver Clutch terhubung kembali dengan Spider sehingga kedua roda belakang berputar dengan kecepatan yang sama.
Tanpa No Spin
Poros Roda yang terperosok akan berputar sementara sisi yang lain diam. Dengan No Spin
Kedua poros Roda tetap berputar kendati salah satu roda terperosok atau slip.
Dengan adanya part ini diharapkan operasional Dyna tidak terganngu karena kondisi jalan yang berlumpur, sehingga produk tifitas pengguna Dyna meningkat.
Bagaimana pelanggan saya bisa mendapatkan komponen No Spin Differential ini?
Pelanggan dapat datang sendiri atau melalui salesman melakukan pemesanan ke bagian part di setiap cabang Toyota yang memiliki Bengkel.
Pemasangan dan modifikasi kendaraan hanya boleh dilakukan oleh Bengkel resmi yang bersangkutan.
Apakah pemasangan komponen di atas tersebut dilakukan ke Dyna unit baru atau unit lama yang telah ada di pelanggan dan untuk tipe apa sajakah ?
Penggantian komponen tersebut dapat dilakukan terhadap semua unit yang baru maupun saat ini sudah berada di customer. Part ini hanya tersedia untuk tipe HT baik untuk yang 125 HT maupun 130 HT.
Sumber : http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=3185
seperti yg saya pernah tau, dalam hal modif pemasangan atau penambahan alat LSD pd mobil sport bisa diterapkan.
lantas bagaimana dg kendaraan niaga ini, suhu2 SM?
terima kasih
Mantep.. ini sih locker bro.... cara kerjanya mirip detroit locker, uda bukan LSD lg...
D aspal aja hati2...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Yah ini std dyna ht ma dutro hd.
System kerjanya setau saya om bekerja otomatis saat diperlukan aja. Jadi ga ngunci terus ontime. Jadi aman aja dijalan aspal.(Bukan sales dutro/dyna) Soal ketahanan/durabelnya komponen tsb juga ga tau.
Sebenernya fungsinya sama aja dengan locker jiper bilang, maupun lsd streetracer bilang.
Itu pertannyaan saya dari atas ada ga komponen tsb yg pnp buat gardan canter, klo ada dimana saya bisa dapatkan?? atau mungkinkah punya dutro/dyna bisa duduk manis dicanter tanpa modifikasi??
4lICe wrote:Yah ini std dyna ht ma dutro hd.
System kerjanya setau saya om bekerja otomatis saat diperlukan aja. Jadi ga ngunci terus ontime. Jadi aman aja dijalan aspal.(Bukan sales dutro/dyna) Soal ketahanan/durabelnya komponen tsb juga ga tau.
Sebenernya fungsinya sama aja dengan locker jiper bilang, maupun lsd streetracer bilang.
Itu pertannyaan saya dari atas ada ga komponen tsb yg pnp buat gardan canter, klo ada dimana saya bisa dapatkan?? atau mungkinkah punya dutro/dyna bisa duduk manis dicanter tanpa modifikasi??
LSD n Locker itu mahluk yg berbeda om......
yup persis sama dgn detroit/eaton locker atau memang buatan eaton.. .. automatic locker gini justru kondisi default locked,klw belok atw ada g force baru dia unlock...
detroit masih kerasa effekny saat di pke d jalan aspal.... tetep g sesmooth open diff atau lsd.
Pokoknya istilahnya wong ndeso yah kayak gitu om, pengetahuan istilah komponen" laen tempat laen pula namanya yg sebenar sama jenisnya. Kadang" saya juga bingung sendiri.
Kalo dilas justru malah bikin bahaya itu om kanan kiri muternya sama terus??
Pokoknya istilahnya wong ndeso yah kayak gitu om, pengetahuan istilah komponen" laen tempat laen pula namanya yg sebenar sama jenisnya. Kadang" saya juga bingung sendiri.
Kalo dilas justru malah bikin bahaya itu om kanan kiri muternya sama terus??
locker n lsd fungsiny beda om...
eaton nosplip klw ga belok yg relatif tajam muternya jg 100% sama terus kok... itu salah satu bedany dgn lsd.
di las, bwat di pke d kebun,tambang mestiny gpp, d aspal asal pelan juga gpp sih, pling bannya lebih cepet abis, dan klw ngebut muatan penuh d aspal beloknya susah jadi understeer. kec klw kosong apalagi klw yg ban blkngnya yg 1 n nyupirnya bener bisa oversteer dripting deh. klw 90% dpke dtanah mestinya sih gpp.
tp klw bnyk d pke d aspal y tdk d rekomen.. locker noslip diff itu jg kurng ok bwat yg mayoritas d aspal sih....
atw d modip jd 4x4 juga bisa...
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Pengamatan selama berbulan2 di pelosok Sulawesi sini (truk lagi laku2nya coz daerah membangun), market share unit truk baru (keakuratan prosentase cm kira2):
Truk gede:
Hino kpala ijo dominan, disusul Isuzu, disusul Fuso. Nissan Diesel jarang. Truk BU sekenan ex Jepang yg skitar 5 taunan lalu merajalela dimari uda mulai pada mangkrak.
Tractor Head:
Scania disusul Volvo. No Japs. Scania selalu ada sticker cilik United Tractors selaku APM di bawah kaca driver.
Ga pernah pengalaman sih maklom lah wong katrox om. Punya yg pake lockerpun std pabrik bukan aftermarket bawaan fj40 ma nomade 4wd itupun ga pernah dimanfaatin lockernya yg pake diputar manual diujung gardan depan itu. Hihi
Jadi yg dipake dyna dutro itu termasuk system yg mana om??
Ga pernah pengalaman sih maklom lah wong katrox om. Punya yg pake lockerpun std pabrik bukan aftermarket bawaan fj40 ma nomade 4wd itupun ga pernah dimanfaatin lockernya yg pake diputar manual diujung gardan depan itu. Hihi
Jadi yg dipake dyna dutro itu termasuk system yg mana om??
itu sih freewheel hub....... bukan locker, cuma bwat ngelepas roda dri as roda aja, biar lebih irit n axle dpn g bebanin mesin...
dutro y itu eaton no spin locker...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz