Radiator sedan ku sering bocor, padahal gak pernah over heating, suhu normal, sensor suhu bekerja normal (udah tak test), fan juga normal (kalo mesin panas hidup).
Sering bocornya jika aq pake AC dan 2-3 kali dibuat perjalanan diatas 40km tanpa berhenti. Kalo gak pake AC, meski aq jalan 200km tanpa berhenti ya gak bocor.
Kondisi jika AC nyala ialah Extra Fan nyala continue, sedangkan Fan Radiator nyala hanya jika suhu mesin mulai bergerak diatas level yg di set ICU.
Contoh kasus kemaren, setelah bocor aku masukin bengkel radiator, dibersihin dalem-nya (mungkin ada sumbatan dll) dan di solder lagi. Tapi setelah 3-4 bbrp kali aq pake AC dg jarak 40km tanpa berhenti lalu mulai lagi deh netes coolant-nya.
Coolant di bak penampungan tidak pernah bertambah jika aq cek saat mesin panas baru dipake jalan jauh, yg ada malah berkurang terus. Pada kondisi sebelum bocorpun coolant terus berkurang, tapi sedikit, jadi suspect ku adalah sbb:
"Saat mesin masih dingin, dia nyedot air coolant di bak penampungan, tapi saat mesin panas, tekanan di radiator meningkat, harusnya air di radiator sebagian dikembalikan ke bak penampungan melalui klep di tutup radiator. Tapi karena ada problem di tutup kepala radiator shg klep tsb tdk terbuka shg tekanan di radiator terus meningkat shg sambungan solder pipa radiator bagian atas atau bawah jebol"
Benarkah demikian yg terjadi? Kalo benar, apa penyebab klep tutup radiator tdk terbuka? padahal sudah saya ganti dg yg baru, ada kode-nya 0,9.
FYI, pipa head radiator sebelah atas dan bawah sudah aq ganti yg kuningan, krn yg aslinya (fiber) udah jebol juga. Bisa gak ya beli pipa head nya aja (yg fiber) dan bisa gak masangnya?
Saya tunggu bantuannya ya, thx a lot mas bro semua...
