Fan Harrdisk komputer bwt olie cooler FU-150???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

koko_SSFC-Blora
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Feb 25, 2006 23:06
Location: Blora-jawa tengah

Fan Harrdisk komputer bwt olie cooler FU-150???

Post by koko_SSFC-Blora »

:o Merupakan kipas cooler harddisk yg dapat dipakai juga untuk mendinginkan oil cooler pada FU. Membantu mengeluarkan udara panas yg ada di sela-sela oil cooler, sehingga panas lebih cepat terbuang.
Berguna pula pada saat kondisi mesin yang sedang stasioner sehingga sirkulasi oli menjadi lebih lambat, jadi pendinginan melambat juga. Oleh karenanya dibantu pendinginannya dengan kipas ini. Dilengkapi dengan rumah sehingga terlihat rapi. :e-dance:

Harga = 40-50rb
Tempat beli = toko komputer

Creator by Bro frans-SSFC Bandung, Editor Post by Koko_BLORA. bwt yang pengen tau lebih dalam tentang FU-150 and berbagai modifikasinya, silahkan clik http://www.ssfc.or.id

:e-dance:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
koko_SSFC-Blora
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

recommended banget!! bisa buat radiator juga malah. diagram kelistrikannya gimana bro?
Just Call Me Nichol !!!
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3515
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Kalo Bro Nichol tertarik, silakan lihat lanjutannya di link ini: http://www.ssfc.or.id/module.php?module ... e&artid=81

Juga bisa ditambahkan thermal switch biar nggak usah on/off manual: http://www.ssfc.or.id/module.php?module ... &artid=115
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

wah wah kreatif ya coy.....spesifikasi ttg fan nya juga donk.....+kelistrikannya

SALUTE.....
kalo pake harddisk bisa gak buat nyimpen memori speed motor heheheeee
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Sekedar saran sebaiknya kipas ditaruh di sisi belakang radiator.
Jadi pd saat kita jalan kencang (otomatis terpaan anginnya kencang) tidak terhambat oleh fan. Coba deh perhatikan pada radiator mobil atau motor fan diletakkan di belakang radiator tidak malah didepan. Kalo ada tambahan didepan hanya bekerja pada saat benar-benar panas misanya jalan macet (mobil).
Permukaannya yang diterpa angin juga lebih luas, tidak terhalang fan.

Eh, ini bisa buat motor beradiator lho! Awet kok udah gw makai hampir 3 tahun masih jalan. yang diameter 12cm.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

putaran nya konstan atau mengikuti variabel mengikuti putaran mesin atau switchable tergantung dari panasnya suhu mesin? autoswitch geto looh
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

tanggapan gw pribadi:

USELESS, kalo cuma angin tok! kita lagi jalan ujung2nya ketemnu angin juga, so kalo gw bilang ga guna. lagian kalo emang kipasnya emang ngambil panas, ketika motor melaju ahawa panasnya juga balik lagi sehingga ga efektif.

kalo menurut gw sih beli lagi OIL cooler 2, trus punya FU yg aseli di copot. udah de jadilah double oil cooler
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

orang_sangit wrote:tanggapan gw pribadi:

USELESS, kalo cuma angin tok! kita lagi jalan ujung2nya ketemnu angin juga, so kalo gw bilang ga guna. lagian kalo emang kipasnya emang ngambil panas, ketika motor melaju ahawa panasnya juga balik lagi sehingga ga efektif.

kalo menurut gw sih beli lagi OIL cooler 2, trus punya FU yg aseli di copot. udah de jadilah double oil cooler
Gw setuju juga sama bro sangit sih........
Menurut gw useless banget kalo di pake di Jakarta....apalagi kalo lagi macet. Hawa panas dari kendaraan lain (mobil/bus/truk/motor) pasti diserap juga.
Kalo pake double radiator gimana tuh ya? hehehehe......

Setau gw sih pabrikan Suzuki atau lainnya di Thailand pastinya sudah memperhitungkan hal2 tersebut. Keadaan lalu-lintas di semua negara2 asia kan nggak beda dgn jakarta.
Kecuali motor2 ex. negara eropa pasti lebih sulit beradaptasi dengan climate jakarta..
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo pengalaman sya sih, justru fan ini digunakan pada saat kondisi macet, sehingga udara tidak mengalir mendinginkan radiator (oli maupun air), meskipun udara panas/ hangat yang dialirkan, namun masih jauh lebih panas udara yang ada disekitar radiator tersebut, jadi kalo didaerah tsb udara tidak konstan akan lebih bagus - saya punya Honda Magna VFR 750 tahun 98, dipasang juga oleh pemilik lamanya, jika motor strasioner di kemacetan lalu lintas dan suhu mesin naik, kita tinggal hidupkan fan nya, niscaya 5 menit kemudian jarum penunjuk nya akan turun. so untuk solusi yang murah meriah memang langkah ini bisa diambil. namun tentu saja menganti radiator dengan spek yang lebih mumpuni adalah langkah yang terbagus, terutama untuk motor eropa/ jepang (JDM) yang nota bene mereka mempunyai 4 musim
koko_SSFC-Blora
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Feb 25, 2006 23:06
Location: Blora-jawa tengah

rely

Post by koko_SSFC-Blora »

nichol wrote:recommended banget!! bisa buat radiator juga malah. diagram kelistrikannya gimana bro?
kalo bro nichol pengen tau, bro nichol tanya aja ama bro frans di http://www.ssfc.or.id malahan dia juga ngasih termal switch jadi kipas hanya bekerja waktu suhu panas doank, Jadi lebih ngirit aki gitu!! :P
koko_SSFC-Blora
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3515
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Di link yang kedua yang saya attach di atas, ada teknis pembuatan thermal switch yang bekerja berdasarkan temperatur (jadi nggak perlu nyalain/matiin manual).
koko_SSFC-Blora
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Feb 25, 2006 23:06
Location: Blora-jawa tengah

Post by koko_SSFC-Blora »

:mad:
Last edited by koko_SSFC-Blora on Tue Mar 14, 2006 13:59, edited 1 time in total.
koko_SSFC-Blora
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

thanks bro TUFF !!! btw, arti sekun jantan dan sekun betina di artikel switch tsb apaan ya?
Just Call Me Nichol !!!
basita
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 19, 2005 14:12
Location: Depok

Post by basita »

wah menurut pengalaman gw, kipas model begini sangat membantu sekali bros. sebelum gw pake kipas di ninja, tiap kena macet lama pasti temperatur mesin di atas setengah...
trus gw pasang kipas yang brushless, satu biji. posisi di belakang radiator. ada thermal switch sama on/off switch biasa. tiap gw jalan agak macet, gw idupin aja nih kipas. percaya gak percaya, temperatur mentok2 di 1/3 indikator temperatur.
kalo logika gw sih, angin yang diisep sama kipas sangat2 membantu mendinginkan air radiator. makanya mesin otomatis tetep "dingin" juga.
buat motor2 ber-radiator yang domisili di jakarta, gw recommend banget lah pake kipas kaya gini. sayang mesin euy kalo sering overheat
gauss wrote:
orang_sangit wrote:tanggapan gw pribadi:

USELESS, kalo cuma angin tok! kita lagi jalan ujung2nya ketemnu angin juga, so kalo gw bilang ga guna. lagian kalo emang kipasnya emang ngambil panas, ketika motor melaju ahawa panasnya juga balik lagi sehingga ga efektif.

kalo menurut gw sih beli lagi OIL cooler 2, trus punya FU yg aseli di copot. udah de jadilah double oil cooler
Gw setuju juga sama bro sangit sih........
Menurut gw useless banget kalo di pake di Jakarta....apalagi kalo lagi macet. Hawa panas dari kendaraan lain (mobil/bus/truk/motor) pasti diserap juga.
Kalo pake double radiator gimana tuh ya? hehehehe......

Setau gw sih pabrikan Suzuki atau lainnya di Thailand pastinya sudah memperhitungkan hal2 tersebut. Keadaan lalu-lintas di semua negara2 asia kan nggak beda dgn jakarta.
Kecuali motor2 ex. negara eropa pasti lebih sulit beradaptasi dengan climate jakarta..
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Fan Harrdisk komputer bwt olie cooler FU-150???

Post by yoyoyo »

koko_SSFC-Blora wrote::o Merupakan kipas cooler harddisk yg dapat dipakai juga untuk mendinginkan oil cooler pada FU. Membantu mengeluarkan udara panas yg ada di sela-sela oil cooler, sehingga panas lebih cepat terbuang.
Berguna pula pada saat kondisi mesin yang sedang stasioner sehingga sirkulasi oli menjadi lebih lambat, jadi pendinginan melambat juga. Oleh karenanya dibantu pendinginannya dengan kipas ini. Dilengkapi dengan rumah sehingga terlihat rapi. :e-dance:
itu khan utk di dlm komputer, yg notabene kering. Kalau dipasang disitu, kena air cucian motor gapapa gitu??
info please.. thanks.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Re: Fan Harrdisk komputer bwt olie cooler FU-150???

Post by indy »

yoyoyo wrote:
koko_SSFC-Blora wrote::o Merupakan kipas cooler harddisk yg dapat dipakai juga untuk mendinginkan oil cooler pada FU. Membantu mengeluarkan udara panas yg ada di sela-sela oil cooler, sehingga panas lebih cepat terbuang.
Berguna pula pada saat kondisi mesin yang sedang stasioner sehingga sirkulasi oli menjadi lebih lambat, jadi pendinginan melambat juga. Oleh karenanya dibantu pendinginannya dengan kipas ini. Dilengkapi dengan rumah sehingga terlihat rapi. :e-dance:
itu khan utk di dlm komputer, yg notabene kering. Kalau dipasang disitu, kena air cucian motor gapapa gitu??
info please.. thanks.
Nyatanya dah 2 tahun lebih seminggu sekali kena cuci juga masih tetep aja nyalanya kenceng.......nguuuung......
CBR pake juga kan dibelakang radiator.....
User avatar
noe777
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
Location: Depok City

Post by noe777 »

indy wrote:Sekedar saran sebaiknya kipas ditaruh di sisi belakang radiator.
Jadi pd saat kita jalan kencang (otomatis terpaan anginnya kencang) tidak terhambat oleh fan.
Iya, tuh, kalo kita ngebut n angin dari depan lagi kenceng2nya, tu kipas plus rumahnya malah ngehambat aliran udara ke oil radiatornya, walaupun sirip-sirip mesin tetap kena terpaan angin yang dahsyat, tapi oil cooler plus fan ini jadi punya bug..

Kalo di taro dibelakang, efeknya ga sedahsyat itu fan di taro di depan..
dua duanya punya plus n minus..

gw juga sempet mau pasang, jadi mikir berulang kali...
1+1 = ?
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

sebenernya paling enak kalo pake switch manual, kapan kita mo nyalain ya nyalain..kalo jalan super macet, kita nyalain tuh fan. Kalo lancar, kita matiin lagi. Kalo begini bagusnya pasang di belakang cooler/radiator.

kalo yg switch otomatis, bagusnya pasang di depan. logika aja...

oya, pertanyaan gw ttg sekun jantan dan betina belom dijawab nih...apaan sih sekun itu?
Just Call Me Nichol !!!
koko_SSFC-Blora
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Feb 25, 2006 23:06
Location: Blora-jawa tengah

Post by koko_SSFC-Blora »

???? mboh yo
koko_SSFC-Blora
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

piye2 aku sih ora gelem pake, piye mas koko? gelem ora?

sekun tuh tau de... semacam alat vital kali
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

yg pasti bukan jenis oli top one kan? hehe..

setau gw sekun itu sejenis musang..? apa hubungannya sekun sama cooler? silahkan jawab...
Just Call Me Nichol !!!
koko_SSFC-Blora
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Feb 25, 2006 23:06
Location: Blora-jawa tengah

Post by koko_SSFC-Blora »

?? mboh yo 8)
koko_SSFC-Blora
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

nichol wrote: oya, pertanyaan gw ttg sekun jantan dan betina belom dijawab nih...apaan sih sekun itu?
klo mbaca2 artikel itu, sekun = konektor kuningan bro . Gw pribadi baru denger nama alias.
Itu lho, konektor yang utk nyambung kabel2 kelistrikan di motor, ada yg female (bentuk: seperti huruf B) , dan male (bentuk: pipih).

Btw, tips untuk pemilihan kipas:
fan harddisk itu imho kurang durable, dlm pemakaian yg cukup pendek sudah bakalan ribut dan loncer. Cari kipas yang daun-kipas nya cukup besar, sehingga rpm kipas relatif rendah tetapi lebih dingin. Coba ke toko2 elektronik/komputer cari merk Panaflo misalnya. Atau merk apapun yg penting daun/bilah-kipasnya besar.
Just my 2 cents.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

haha, oh, itu toh yg dimaksud sekun...gw juga baru denger. Thanks.
Just Call Me Nichol !!!
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Post by konsat »

ini udah diproduksi massal blom yah...??
ato ada yg udah mengkomersilkan..??


gw minat nih, pasang van yg udah pake swicth thermal otomatis. kalo ada yg jual kabarin yah, kipasnya pake kipas outdoor ajew biar kuat