KARBURATOR
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
- Location: Indonesia
KARBURATOR
bagaimana melihat fisik karburator standart dgn Keihin PE28 dimana letak perbedaanya. bila pakai karburator PE28 BBM apakah boros?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
Perbedaan secara fisik secara langasung tentunya yang karburator standart CBR (Vakum) tentu lebih banyak lobang2nya untuk keperluan vakum-nya, kalo gw ga salah inget sampe 3 lobang termasuk lobang untuk bensin yg dari tangki, dan skep-nya terbuat dari bahan plastik, vakum ini diperlukan untuk mengatur besar-kecilnya bukaan skep. Pengendara pada saat memutar grip gas sebenarnya mengatur bukaan katup kupu-kupu saja, bukaan skep akan menyesuaikan secara otomatis berdasarkan kevakuman/kebutuhan dari silinder.bagaimana melihat fisik karburator standart dgn Keihin PE28 dimana letak perbedaanya.
Sedangkan pada karburator keihin PE28, Jelas terlihat lebih kecil dan lubang-lubangnya tidak sebanyak karburator vakum (standart), kalo saya tidak salah ingat, disitu cuman ada lobang untuk bensin dari tangki dan lobang untuk campuran oli samping. Pada karburator jenis ini saat pengendara memutar grip gas, sebenarnya yang terjadi pada karburator adalah mengatur bukaaan skep.
Sudah pasti pakai karburator konvensional (PE28) lebih boros, akan tetapi akselerasi dan top speed yang dihasilkan akan lebih baik, karena rpm tinggi mudah diraih. Rata2 cbr pake karbu standart dengan kondisi standart di speedo-nya bisa nyampe 140km/jam, kalo pake PE28 katanya bisa sampe 150 km/h, cuma waktu gw nyoba dulu, untuk sesuaikan PJ dan MJ nya nyarinya susah di jogja. Karbu standart lebih efisien.bila pakai karburator PE28 BBM apakah boros?
Tipe karbu CBR150R standart adalah tipe vakum.emang CBR karbu vakum juga ya?
Semoga membantu dan selalu CMIIW (Correct Me If I'm Wrong)............
There is sky above the sky...
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
bro nichol nih ada news baru
TOP SPEED TEMBUS 125 KM/JAM
Piggyback Honda Supra Injeksi
Istilah piggyback sudah tidak asing lagi di telinga mekanik mobil. Lain halnya bagi juru kilik motor. Namun bersamaan hadirnya teknologi motor injeksi, piggyback menjadi wacana baru yang patut dipelajari. “Piggyback bisa dimanfaatkan untuk menambah atau mengurangi volume semprotan bensin. Tujuannya sih mirip dengan mengganti spuyer karburator,†urai Rifai, mekanik Pilar Motor di Jln. Jatiasih No.55, Bekasi, yang iseng mencangkok piggyback mobil pada Honda Supra Injeksi. Wah, pasti dahsyat!
NAIK 15 KM/JAM
Menggali informasi lebih jauh seputar piggyback, OTOMOTIF meluncur ke bengkel Pilar Motor. Tentunya, selain pertanyaan teknis sekaligus tes jalan performa beksi (bebek injeksi) yang telah mengaplikasi piggyback alias penipu ECM (electronic control module).
Dibanding beksi standar, power beksi piggyback lebih terasa nyentak mulai putaran bawah. Bahkan secara keseluruhan, mulai gigi satu hingga empat bawaannya lebih bengis. Gigi satu mampu diajak lari hingga speedometer menunjuk 60 km/jam. Begitu juga ketika persneling dioper ke gigi 2, kecepatan motor mencapai angka 90 km/jam.
“Dengan menambah volume semprotan bensin tenaga mesin serta akselerasi pasti meningkat. Enggak jauh beda dengan menaikkan ukuran pilot jet dan main jet karburator,†tambah Rifai dengan logat Makassar kental.
OTOMOTIFtambah kaget saat pindah gigi 3. Makin jauh gas dipelintir kecepatan motor mencapai 115 km/jam. Angka yang sama dengan top speed beksi standar (gigi 4). Rasa penasaran ingin merasakan top speed beksi piggyback makin menggelora.
Setelah mengambil ancang-ancang serta memastikan jalanan sepi, Supra injeksi kelir hitam dipacu hingga gas pol. Gigi 3 jarum speedometer kembali mencapai angka 115 km/jam. Untungnya rasa tegang campur dag-dig-dug kalah dengan rasa penasaran kesaktian gigi 4.
Sontak, kaki kiri menekan pedal persneling serta mata tajam ke depan sambil sesekali melirik panel penunjuk kecepatan. Sedikit pelintiran gas lagi sudah mentok. Hasilnya luar biasa. Meskipun kondisi standar (tanpa korek mesin dan ganti knalpot racing) kecepatan puncak tembus 125 km/jam. Artinya top speed meningkat 15 km/jam dibanding beksi standar (tes OTOMOTIF top speed mencapai 110 km/jam).
Sayangnya, meskipun telah menempuh jarak ratusan meter, jarum tidak bergeser di angka tersebut. Yup, angka 125 km/jam sepertinya vonis mati bagi beksi piggyback. Tapi lumayanlah buat menambah akselerasi secara instan


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
sama! gw sih setia2 aja ama FU di jalan. mo gmana lagi?? 3x menang berturut2 lawan motor 2tak karena my hero. seakrang mah mendingan lagi riset2 dulu aja. cita2 masih pengen kalahin ninja korekan
kalau udahkan bisa menyadang sebagai "pemburu 2tak" 
mau jodi korban selanjutnya?


mau jodi korban selanjutnya?



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo