kebetulan kmrn pada waktu pengerjaan saya tidak ikut karena org beres datang kerumah..cuma ngeliat aja, jadi cuma bisa share dikit2 kalo SM'ers ada yg lebih ngerti tolong bantu postingan ini ya..i hope =)
Pernahkah anda mengalami hal seperti ini?
atau bahkan ini?
itu adalah kejadian yg tidak bisa kita duga. ada yg karena faktor
umur atau juga faktor hama alias
tikus!
dalam hal ini, bagi yang sudah mengerti tentang mesin dsb pasti tidak repot dan tidak khawatir, bagaimana dengan
orang awam seperti saya?
BERES ini adalah salah satu senjata paling aman untuk memperbaiki bagian tersebut dengan cepat dan aman, tapi apakah part yang dimaksud
tersedia?
kadang mekanik atau dealer menelpon dan berbicara dengan penuh minta maaf karena part yg dimaksud
tidak tersedia, karena part tersebut
part yg jarang rusak, sehingga harus pesan dengan waktu yg
tidak sebentar
jangan kaget dengan kata seperti ini, karena
tidak semua dealer punya part yg dimaksud, bagaimana penanganan nya agar tidak perlu menunggu barang yg dimaksud di sediakan dealer?
pertama, telepon lah BERES lain di kota anda bila jawaban masih sama yaitu tidak ada,
anda harus bersiap mencari sparepart tersebut secara manual yaitu mencari di toko yang menjual part KW ataupun part Ori, yg perlu di perhatikan
bawalah contohnya sehingga tidak menyulitkan anda yg ke dua
cari yg kualitas selangnya bagus dan sesuai dengan yg lama. Bila sudah menemukan, selamatlah anda, berikan ke dealer dan minta mekanik memasang selesai masalah.
Nah, bila tidak menemukan juga, jangan khawatir (jangan seperti saya yg panik)ada tips dan trik dari
newbie tidak berguna ini. Berbekal contoh selang lama, anda hanya perlu mencari
Tukang Bubut dan
Toko Yang Menjual Selang hidraulis sesuai spesifikasi pertama cari selangnya, ada berbagai macam rupa maupun harga, misalnya seperti ini
ini adalah selang karet hidraulis biasa
atau ini
ini adalah selang karet hidraulis dengan coating stainless stell
terserah mana yg anda pilih,
mau yg bagus, sesuai standar atau yg murah meriah saja yg bagus bisa nyampe kurang lebih 90rban tapi saya sarankan adalah opsi
pertama
dan perlu di perhatikan, pastikan diameter selang pengganti
sama dengan selang lama (ada 5-7mm mungkin lebih) dan sesuai dengan
minyak yang digunakan misal DOT3.. untuk kasus saya ini menggunakan diameter 7mm dan DOT3..
disini adalah keuntungan membuat sendiri, kita bisa mendapatkan part yg lebih bagus daripada yang ori!

dapat selang? sedikit lega sekarang
cari nipel nya, apa itu nipel? bukan..bukan yg itu, itu beda lagi
ini lho nipel hehe (nipel ini bisa sampe 60rb an sepasang atau satu biji)
cari yang bagusan ya, biasanya sih itu bahannya baja, besi stailess atau tembaga[?]
sesuaikan juga dengan yg lama, oh ya ada juga yang nipelnya drat di kedua sisi ada juga yg satu sisi saja menggunakan tipe drat dan sisi lain seperti ini
ok lengkap sudah, tinggal nyari
tukang bubut!
(pastikan panjang selang sudah sesuai, lebihin dikit biar kalo ada apa2 gak rugi hhe)
karena saya gak moto, jadi saya gak bisa kasih contohnya gimana pengerjaan nya..hhe
tapi kalo tukang bubut nya tau biasanya langsung dikerjakan, memakan waktu kurang dari setengah jam! dan tau2 sudah jadi
nah kalau sudah jadi nanti akan seperti ini (estimasi 20-50 ribu)
atau
nah jadi deh, sekarang serahkan pada yg
berwenang seperti BERES atau teman anda yg mengerti mesin tapi saran saya
mekanik BERES lebih baik
ok tinggal nunggu si mekanik selesai
untuk yang mengerti mesin, sampai selesai di tukang bubut, pasang pasang hose clutch pada master clutch (lower)
yg jelas anda butuh lebih bari seorang disini, karena anda harus berada di bawah untuk menyetel dan ada yang mengamati minyak rem (bila minyak rem dan minyak untuk kopling hidraulis jadi satu) dan satu lagi yang memompa kopling dan rem agar minyak turun
sesuaikan setelan di master lower agar
kopling tidak terlalu berat, ataupun terlalu loss..
oh ya setelah di pasang, isi minyak nya sampai diatas batas max dan isi secara betahap pada waktu di stel dan di pompa..
bersihkan benda2 terdekat dari bekas minyak rem apalagi selang karet karena akan menyebabkan karet rusak, dan tentu saja basuh anggota tubuh yg terkena minyak.
disarankan spesifikasi minyak yang ditambahkan sama dengan spesifikasi minyak lama
semua gambar disini nyomot dari internet, jadi tidak bisa jadi patokan tetap, tapi setidaknya membantu daripada tidak ada gambarnya. Kecuali gambar masterclutch, itu punya saya yg di gigit tikus hhe
Nah saran lagi agar tidak sering di datangi tikus,
mobil sering2 digunakan agar tidak menjadi sarang tikus (bila rusak karena tikus). Karena tikus itu seperti anjing kucing dsb, bila sudah pernah pup dan pee di satu tempat itu artinya sarangnya
yang kedua beri kapur barus di sekitar mesin bila mobil dipakai setidaknya seminggu sekali agar tikus lewat karena tidak suka dengan bau kapur barus.
Sekian share tidak berguna nya..kalo ada yg salah mungkin bisa di perbaiki atau ditambahkan oleh senior member yg lain..
salam
Mobil pun siap digunakan
