Sudah lama gk post, kali ini mengenai mesin efisien,
contohnya,
saat ini Honda sudah buat mesin ExLink, yang menghasilkan mesin siklus atkinson, sehingga efisiensi thermal
lebih bagus, dan efisiensi gesek lebih sedikit dengan membuat sudut conrod sejajar dengan silinder saat tekanan terbesar ketika langkah ekspansi. dengan cuma mengorbankan sedikit tambahan komponen.
bagaimana kira2 dengan mesin yang lain?
apakah sudah ada juga yang mempatenkan produknya?
lebih jelasnya, bisa liat di
http://world.honda.com/powerproducts-technology/exlink/
Mesin efisien?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Mesin efisien?
Pertamax diamankan..mantab om infonya

Setau ane prius mesinnya udah pake siklus atkinson tapi apa sudah secanggih honda ini belom tau..Dibahas juga deh om kenapa power2 mesin atkinson ini lebih rendah dibanding silkus otto padahal kan efisiensi gesekan lebih bagus dll


Setau ane prius mesinnya udah pake siklus atkinson tapi apa sudah secanggih honda ini belom tau..Dibahas juga deh om kenapa power2 mesin atkinson ini lebih rendah dibanding silkus otto padahal kan efisiensi gesekan lebih bagus dll
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin efisien?
Prius pake siklus Atkinson udah sejak kapan2
Btw mesin2 Gasoline yg Thermal efficiency tinggi umumnya datang dr Eropa seiring trend Gasoline Direct Injection Turbo spt mesin2 VW TFSI, MB CGI series, dll.
salah 1 yg advance = Fiat MultiAir system, perpaduan Forced Induction serta variable Valve lift en timing......mesin ini pernah dapat award, google keyword = Fiat MultiAir
Tapi ya setinggi2-nya efisiensi Gasoline mau sehebat en se kompleks apapun teknik-nya teteuupp efisiensi nggak bisa setinggi mesin TurboDiesel, apalagi TurboDiesel modern ada yg Twin Serial Turbo segala, dgn cc kecil Powernya gede.
Maka itu Mercedes benz pernah meluncurkan prototype mesin DiesOTTO dimana mesin bensin GDI Turbo yg pada situasi beban rendah berjalan scr Compression Ignition spt diesel.
Kalo yg skg lagi terus di riset banyak pabrikan yaitu konsep HCCI aka Homogeneous Charge Compression Ignition :
http://en.wikipedia.org/wiki/Homogeneou ... n_ignition
Trus ada lagi konsep Split Cycle engine dari Scuderi dimana menggunakan 2 Cylinder, yg satu utk menghisap dan memampatkan, satunya utk langkah pembakaran :
http://www.scuderigroup.com/the-scuderi ... le-design/
http://www.torquenews.com/119/scuderi-s ... tion-study
The data from the stunning release showed that a turbocharged/air-hybridized Scuderi Engine can achieve at least 65 miles per US gallon (77 UKmpg or 3.7 liters per 100 km) while emitting significantly less CO2.
As a point of reference, the average fuel economy for a gasoline vehicle in the European high economy class is about 52 US MPG or 4.5 l/100km. Commissioned by Scuderi Group, the simulations were conducted by Southwest Research Institute (SwRI), an internationally recognized, independent research laboratory based in San Antonio, Tex.
In the study, SwRI also found the Scuderi Engine emitted only 85 g/km of CO2, compared to 104 g/km, which is the average amount emitted from a conventional engine in this particular vehicle class.
Btw mesin2 Gasoline yg Thermal efficiency tinggi umumnya datang dr Eropa seiring trend Gasoline Direct Injection Turbo spt mesin2 VW TFSI, MB CGI series, dll.
salah 1 yg advance = Fiat MultiAir system, perpaduan Forced Induction serta variable Valve lift en timing......mesin ini pernah dapat award, google keyword = Fiat MultiAir
Tapi ya setinggi2-nya efisiensi Gasoline mau sehebat en se kompleks apapun teknik-nya teteuupp efisiensi nggak bisa setinggi mesin TurboDiesel, apalagi TurboDiesel modern ada yg Twin Serial Turbo segala, dgn cc kecil Powernya gede.
Maka itu Mercedes benz pernah meluncurkan prototype mesin DiesOTTO dimana mesin bensin GDI Turbo yg pada situasi beban rendah berjalan scr Compression Ignition spt diesel.
Kalo yg skg lagi terus di riset banyak pabrikan yaitu konsep HCCI aka Homogeneous Charge Compression Ignition :
http://en.wikipedia.org/wiki/Homogeneou ... n_ignition
Trus ada lagi konsep Split Cycle engine dari Scuderi dimana menggunakan 2 Cylinder, yg satu utk menghisap dan memampatkan, satunya utk langkah pembakaran :
http://www.scuderigroup.com/the-scuderi ... le-design/
http://www.torquenews.com/119/scuderi-s ... tion-study
The data from the stunning release showed that a turbocharged/air-hybridized Scuderi Engine can achieve at least 65 miles per US gallon (77 UKmpg or 3.7 liters per 100 km) while emitting significantly less CO2.
As a point of reference, the average fuel economy for a gasoline vehicle in the European high economy class is about 52 US MPG or 4.5 l/100km. Commissioned by Scuderi Group, the simulations were conducted by Southwest Research Institute (SwRI), an internationally recognized, independent research laboratory based in San Antonio, Tex.
In the study, SwRI also found the Scuderi Engine emitted only 85 g/km of CO2, compared to 104 g/km, which is the average amount emitted from a conventional engine in this particular vehicle class.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Mesin efisien?
Turboman : mercy yg gdi skrg kan juga pake variable geometric turbo dan gasoline direct injection, efisien juga kan tuh, irit dan tarikan oke. Berarti intinya kyknya yg mesinnya efisien skrg kebanyakan mesin produk eropa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mesin efisien?
Thnks jg infonya, klo mesin efisien atkinson ky gini rata2 buat stationer engine, jadi buat generator ato hybrid, coz emang gk memungkinkan buat tenaga besar dengan mesin kecil,
kalo dibuat turbodiesel masih mungkin coz rpmnya yang rendah, tapi ya mesinnya jadi gedhe bgt, lebih efisien yang konvensional kalo buat kendaraan, lagipula dengan kondisi jalan yg stop n go, pemakaian bbm jelas sangat boros dibandingkan highway.
kalo dibuat turbodiesel masih mungkin coz rpmnya yang rendah, tapi ya mesinnya jadi gedhe bgt, lebih efisien yang konvensional kalo buat kendaraan, lagipula dengan kondisi jalan yg stop n go, pemakaian bbm jelas sangat boros dibandingkan highway.