Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo di mobil sport, terutama di muscle car rear wheel drive, leaf spring bisa menghemat berat dibanding coil spring hingga sepertiganya artinya engineer bisa mengkonfigurasi distribusi bobot lebih baik dengan leaf spring..
- CUT -
Terutama di muscle cars, yup hahahaha memang monster2 otot ini keknya 'gak didesain untuk belok', concernnya mereka cuman untuk ngedrag hahahaha walau si '70 Boss 302 di foto bawah ini buat balap sirkuit SCCA Trans Am saat diciptain:
Amat sangat sederhana konstruksinya keknya gak beda ama Espass ane jaman 14 taun lalu.... Leaf, mo digimanain lagi y....
sm'ers.....
kebetulan backgrund saya dari pabrikan otomotif......
kalo boleh saya coba luruskan mengenai konsep GC(ground clearance) yang tertera di spesifikasi sebuah kendaraan......
yang dimaksud ground clearance adalah "JARAK TITIK/BAGIAN TERENDAH DENGAN TANAH"
pada kendaraan roda 4,umumnya titik terendah kendaraan ada di gardan/diffrensial (rwd) sedangkan kalau fwd umumnya ada di rumah transmisi.....dalam hal ini kepet air tidak dihitung,karena di anggap sebagai aksesoris......
jadi untuk rwd,jumlah beban tidak akan mempengaruhi ground clearance.....karena pada saat muatan penuh,yang berubah adalah suspensi,karena posisi gardan dari tanah tidak akan berubah....
sedangkan di tread ini,yang banyak dibicarakan adalah jarak body dari tanah....mohon kesalahan persepsi ini kita luruskan bersama...agar tidak ada kesalahan persepsi lagi....karena selama ini GC pada spec kendaraan dianggap sebagai jarak body kendaraan dari tanah....
contoh realnya bgini,di data spesifikasi,jazz/freed GCnya tidak beda jauh dgn avz/innv,padahal dilihat fisiknya kayaknya GC-nya beda jauh.....dikarenakan pada jazz/freed tsb jarak body ke tanah gak beda jauh dengan titik terendahnya,dalam hal ini rumah transmisi...sedangkan pada avz/innv bodynya jauh lebih tinggi dari titik terendah gardannya......
sekarang spesifikasi seperti apakah yang menjadi parameter untuk seberapa layak mbl tsb menghadapi kondisi jalan indo?
kalau handicapnya:
banjir: jarak intake dari tanah
polisi tidur: jarak body dari tanah (kecuali poldurnya miring)
jalan rusak/lubang: ground clearance,departure and approach angle
kayaknya Nissan pusing mau keluarin nih barang , GL aja banyak rusak padahal masih dibawah 10 tahun apalagi udah 10 tahunan mana yg rusak vital vital lagi dan sepele kaya indikator bensin banyak yg ngaco
tapi antusias masyarakat cukup baik menyambut Juke ,berarti designnya memang menarik sekilas mirip kombinasi Porsche dan Nissan GTR yg ditinggikan
solar_kerosen wrote:kayaknya Nissan pusing mau keluarin nih barang , GL aja banyak rusak padahal masih dibawah 10 tahun apalagi udah 10 tahunan mana yg rusak vital vital lagi dan sepele kaya indikator bensin banyak yg ngaco
tapi antusias masyarakat cukup baik menyambut Juke ,berarti designnya memang menarik sekilas mirip kombinasi Porsche dan Nissan GTR yg ditinggikan
Om masalah indikator bensin ama joint steering udah clear kok..Udah ane coba sampe 10k Km ini udah ga bermasalah semua..dan kalaupun bermasalah bisa diganti ga dikanakan biaya sepeser pun Ini berlaku GL keluaran awal aja..2007-2009 awal
malam SMers,
Thread yang menarik penuh dengan bumbu pedas. sampe banyak postingan yang isinya deleted...hehehe
saya pengguna GL 1.5, sebelumnya SX4.
melihat rencana nissan ngeluarin evalia saya tertarik sama si evalia ini.
1. boxy (subjektif), dengan desain ini ruang dalam pasti sangat lega. sebelumnya tertarik dengan granmax, cuma langsung urung karena medin di tengah.
2. mesin GL series (handal dan nyaman), ya karena sudah merasakan 32rb kilo dengan GL.
3. Desain global, artinya sudah dapat diterima di pasar global. apalagi baca dari postingan awal telah lolos uji assesment (NCAP).
cuma memang perlu test drive dan gimmick yang akan ditawarkan oleh nissan, apalagi dalam waktu yang mungkin bersamaan jagoan suzuki ertiga juga diluncurkan.
menurut teman saya yang ikut test / survey mobil ertiga (waktu itu mobil dilepas semua emblemnya dan dibandingkan dengan GL dan Avanza), teman saya bilang jauh lebih bagus R3.
akan jadi pilihan yang menarik bagi pasar menengah seperti saya dengan model yang beragam seperti ini. All New Avanza-Xenia, Ertiga, Evalia, GL, Freed.
kalau memang suka dengan design boxy, memang NV200 ini bisa jadi pilihan menarik.......utama nya karena letak mesin yg bukan dibawah jok, apalagi klo beneran setting harga sama dengan atau lebih murah dr avania.
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
doq wrote:kalau memang suka dengan design boxy, memang NV200 ini bisa jadi pilihan menarik.......utama nya karena letak mesin yg bukan dibawah jok, apalagi klo beneran setting harga sama dengan atau lebih murah dr avania.
denger2 nih oom, NV emang disasar untuk menggempur pasarnya All new avanza terutama veloz. kalo begini kejadiannya jelas agak berat kenapa? pasti harga entry level sama dengan top of the linenya avanza. hla di veloz dah dapat abs, steering switch desain baru, nanti naga-naganya di nisan untuk fitur tsb harus ditebus di atas 200. ya sami mawon...
kalo bener2 NMI mau head to head dengan TAm, harusnya fitur yang ditanam di NV sepantar dengan Veloz.
yah memang "kata nya" sih demikian, tapi klo menurut saya agak susah utk NV200 ini ngalahin duo avania
yah kita liat aja dulu type2 apa aja beserta kelengkapan bagaimana saja yg diboyong kemari, baru nanti bisa bicara lebih jauh lg
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
doq wrote:yah memang "kata nya" sih demikian, tapi klo menurut saya agak susah utk NV200 ini ngalahin duo avania
yah kita liat aja dulu type2 apa aja beserta kelengkapan bagaimana saja yg diboyong kemari, baru nanti bisa bicara lebih jauh lg
Menurut saya tidak ada yang bisa ngalahin Avanza begitu juga tidak ada yang bisa ngalahin Toyota
Mereka terlalu besar untuk dikalahkan
Yang harus dilihat adalah seberapa besar Evalia ini nantinya bisa diminati customer kita
Kalo ternyata bisa jualan 2 - 3 ribu sebulan sih sudah besar ya
Dan efeknya market share nya Avanza turun meskipun jualan nya Avanza tetep 10 ribu
Kasus yang sama dengan GL yang tidak bisa mengalahkan Avanza atau Innova
Saya rasa kita tidak bisa menyebut GL gagal.. perkara ada komplain ini itu dsb tp yang jelas mobilnya laku banyak
Dan GL yang membuat Nissan menyalip Honda
Itu kan sebenernya cerita nya sama dengan orang tetep setia beli Nokia
Tapi apakah Samsung adalah merk yang gagal.. tidak sama sekali
doq wrote:kalau memang suka dengan design boxy, memang NV200 ini bisa jadi pilihan menarik.......utama nya karena letak mesin yg bukan dibawah jok, apalagi klo beneran setting harga sama dengan atau lebih murah dr avania.
mari kita berdoa biar harganya bisa face to face dengan Avanza hehe
doq wrote:kalau memang suka dengan design boxy, memang NV200 ini bisa jadi pilihan menarik.......utama nya karena letak mesin yg bukan dibawah jok, apalagi klo beneran setting harga sama dengan atau lebih murah dr avania.
mari kita berdoa biar harganya bisa face to face dengan Avanza hehe
bisa banget avanza full spec VS NV200 full trondol..........
doq wrote:kalau memang suka dengan design boxy, memang NV200 ini bisa jadi pilihan menarik.......utama nya karena letak mesin yg bukan dibawah jok, apalagi klo beneran setting harga sama dengan atau lebih murah dr avania.
mari kita berdoa biar harganya bisa face to face dengan Avanza hehe
bisa banget avanza full spec VS NV200 full trondol..........
belum tentu boss akang.. gimana kita nge-judge bahwa NV200 lebih mahal dari Avanza sehingga supaya harganya sama NV200 harus jadi trondol
kalo ngitung size.. APV juga kotak segede kingkong tp harga tetep bisa sama dengan Avanza
Avanza All New 1.3 E M/T Rp. 145,750,000
Avanza All New 1.3 G A/T Rp. 170,700,000
Avanza All New 1.3 G M/T Rp. 160,000,000
Avanza All New 1.3 E A/T Rp. 155,950,000
Avanza VELOZ 1.5 A/T Rp. 182,900,000
Avanza VELOZ 1.5 M/T Rp. 173,400,000
Avanza All New 1.5 G M/T Rp. 167,400,000
GRAND LIVINA
1.5 S MT Manual 1500 cc Rp.162.000.000,00
1.5 SV MT Manual 1500 cc Rp.172.000.000,00
1.5 SV AT Automatic 1500 cc Rp.182.000.000,00
1.5 XV MT Manual 1500 cc Rp.187.000.000,00
1.5 XV AT Automatic 1500 cc Rp.197.000.000,00
1.5 Ultimate AT Automatic 1500 cc Rp.212.000.000,00
yg di atas tu harga resmi dari website masing2...
dengan duit mentok 170 jeti kalo ente beli produk toyota mendapatkan mobil RWD AC dobel... tapi kalo beli nissan cuma dapet FWD single blower
kalo nambah 3 jeti dapet veloz yg uda rem abs+ebd+audio 2din...... oia itu apanja nya all new yaa.....
ak4ng wrote:Avanza All New 1.3 E M/T Rp. 145,750,000
Avanza All New 1.3 G A/T Rp. 170,700,000
Avanza All New 1.3 G M/T Rp. 160,000,000
Avanza All New 1.3 E A/T Rp. 155,950,000
Avanza VELOZ 1.5 A/T Rp. 182,900,000
Avanza VELOZ 1.5 M/T Rp. 173,400,000
Avanza All New 1.5 G M/T Rp. 167,400,000
GRAND LIVINA
1.5 S MT Manual 1500 cc Rp.162.000.000,00
1.5 SV MT Manual 1500 cc Rp.172.000.000,00
1.5 SV AT Automatic 1500 cc Rp.182.000.000,00
1.5 XV MT Manual 1500 cc Rp.187.000.000,00
1.5 XV AT Automatic 1500 cc Rp.197.000.000,00
1.5 Ultimate AT Automatic 1500 cc Rp.212.000.000,00
yg di atas tu harga resmi dari website masing2...
dengan duit mentok 170 jeti kalo ente beli produk toyota mendapatkan mobil RWD AC dobel... tapi kalo beli nissan cuma dapet FWD single blower
kalo nambah 3 jeti dapet veloz yg uda rem abs+ebd+audio 2din...... oia itu apanja nya all new yaa.....
yaaahh.. ane kan ngomonin NV200 boss bukan ngomongin GL
ente tau harga NV200 berapa
kamsudna..... dengan penjualan GL yg ga seberapa dr apanja saja sudah berani masang harga diatas apanja dgn fitur dibawah apanja..... gimana entar pas si NV ini beneran launching........
ak4ng wrote:kamsudna..... dengan penjualan GL yg ga seberapa dr apanja saja sudah berani masang harga diatas apanja dgn fitur dibawah apanja..... gimana entar pas si NV ini beneran launching........