
Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ya, cara dia ngemeng itulah yang aneh... macam anak skolahan baru belajar jadi sales aja... 

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yakin apanja sekarang pake BS???DOHC wrote:nissan yg konon katanya salah "seorang" itu perusahaan terbaik hati, mulia bisnis nya, ga ambil cuan bla bla bla dll nya aja, utk varian plg laku nya alias GL, kaga dikasi ABS, airbag... bahkan parah nya lagi... masa kasi nya ban "murahan" macam dunlop yg review2 di luar negeri aj kasi nilai minus... kalah gt ama kaleng apanja, separah2 nya masi ngasi ban BS... ga murah2 amat....
yahh balik lg sperti kata om FM... namanya orang dagang, ga mungkin ada yg 100 persen berhati mulia, ga ambil cuan, lebih baik dari perusahaan si ini atau persh si itu... smua mahh sama aja... kalo ada peluang ambil untung yahh pasti sama rakus nya... kalo emang ada fitur yg bisa disunat.. knapa nga ??...![]()
![]()
![]()

udah ke showroom apanja belon??? dulu iya pake BS.. sekarang? ente lihat lagi deh di showroom... sekalian ban ipah ye...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Terakhir ane serpis sblm lebaran, ane liat unit2 baru Habanja, semua pakai ban BS om...maskopat wrote:yakin apanja sekarang pake BS???DOHC wrote:nissan yg konon katanya salah "seorang" itu perusahaan terbaik hati, mulia bisnis nya, ga ambil cuan bla bla bla dll nya aja, utk varian plg laku nya alias GL, kaga dikasi ABS, airbag... bahkan parah nya lagi... masa kasi nya ban "murahan" macam dunlop yg review2 di luar negeri aj kasi nilai minus... kalah gt ama kaleng apanja, separah2 nya masi ngasi ban BS... ga murah2 amat....
yahh balik lg sperti kata om FM... namanya orang dagang, ga mungkin ada yg 100 persen berhati mulia, ga ambil cuan, lebih baik dari perusahaan si ini atau persh si itu... smua mahh sama aja... kalo ada peluang ambil untung yahh pasti sama rakus nya... kalo emang ada fitur yg bisa disunat.. knapa nga ??...![]()
![]()
![]()
![]()
udah ke showroom apanja belon??? dulu iya pake BS.. sekarang? ente lihat lagi deh di showroom... sekalian ban ipah ye...


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
VanzMatic wrote:Terakhir ane serpis sblm lebaran, ane liat unit2 baru Habanja, semua pakai ban BS om...maskopat wrote:yakin apanja sekarang pake BS???DOHC wrote:nissan yg konon katanya salah "seorang" itu perusahaan terbaik hati, mulia bisnis nya, ga ambil cuan bla bla bla dll nya aja, utk varian plg laku nya alias GL, kaga dikasi ABS, airbag... bahkan parah nya lagi... masa kasi nya ban "murahan" macam dunlop yg review2 di luar negeri aj kasi nilai minus... kalah gt ama kaleng apanja, separah2 nya masi ngasi ban BS... ga murah2 amat....
yahh balik lg sperti kata om FM... namanya orang dagang, ga mungkin ada yg 100 persen berhati mulia, ga ambil cuan, lebih baik dari perusahaan si ini atau persh si itu... smua mahh sama aja... kalo ada peluang ambil untung yahh pasti sama rakus nya... kalo emang ada fitur yg bisa disunat.. knapa nga ??...![]()
![]()
![]()
![]()
udah ke showroom apanja belon??? dulu iya pake BS.. sekarang? ente lihat lagi deh di showroom... sekalian ban ipah ye...Kalo di habanja ane masih dibekalin Dunlop..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
masi ttp pake BS om........ dulu si ane wkt bli pake techno 250........maskopat wrote:yakin apanja sekarang pake BS???DOHC wrote:nissan yg konon katanya salah "seorang" itu perusahaan terbaik hati, mulia bisnis nya, ga ambil cuan bla bla bla dll nya aja, utk varian plg laku nya alias GL, kaga dikasi ABS, airbag... bahkan parah nya lagi... masa kasi nya ban "murahan" macam dunlop yg review2 di luar negeri aj kasi nilai minus... kalah gt ama kaleng apanja, separah2 nya masi ngasi ban BS... ga murah2 amat....
yahh balik lg sperti kata om FM... namanya orang dagang, ga mungkin ada yg 100 persen berhati mulia, ga ambil cuan, lebih baik dari perusahaan si ini atau persh si itu... smua mahh sama aja... kalo ada peluang ambil untung yahh pasti sama rakus nya... kalo emang ada fitur yg bisa disunat.. knapa nga ??...![]()
![]()
![]()
![]()
udah ke showroom apanja belon??? dulu iya pake BS.. sekarang? ente lihat lagi deh di showroom... sekalian ban ipah ye...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
jiakakak, ternyata saya pernah di panggil di sini ya, udah lama bgt..Nightster Guy wrote:Kesimpulan, Rush pasaran Indo ADA SIB?Menunggu om TM ngasih data sebaliknya, ato nunggu seseorang rela bongkar doortrimnya bentaran.
Om Nyomaaaaaaaaan, bongkar bentar dunk pintu Rush nya hihihihi................
Edited 1: Sabar om TM nubie cek TKP TAM....
Edited 2: Iya, gak ada SIB, nubie cek yang tipe termewah, 2011 New Rush G Luxury A/T.
gara2 kuliah saya hampir ga pernah buka sm lagi
masalah rushter sepertinya ada SIB namun bentuknya tidak batangan seperti rollbar..hampir seperti di beberapa gambar, sayang ga ada fotonya..(spertinya lho saya soalnya ngeliat nya samar pas masang checkmat
foto kecelakaan nya sih ada =D bukan mobil saya tapi ada di adm waktu servis

depan nabrak pohon samping nabrak tiang listrik
bagian depan kerusakan jelas bemper (pecah ditaruh didalam mobil biar ga ilang kali) dan radiator, mesin masih ada pada tempatnya cuma miring dan indahnya lagi bagian dalam kabin tak tersentuh sama sekali terutama bagian depan dashboard tetap pada tempatnya
nah ini yg ditanyakan, bagian pintu terlihat penyok cukup dalam, tapi pintu masih dimungkinkan untuk buka tutup kemungkinan SIB bekerja disini (mungkin lagi)
sepertinya kalo avanza/xenia yg mengalaminya pasti juga seperti ini, pastinya para produsen sudah memperhitungkan keselamatan untuk penumpang..terbukti dilihat dari bodi, kecepatan mobil pasti diatas 40km/h kabin hampir tidak tersentuh dari hancurnya bodi..dan satu lagi sebaik apapun safetynya kendaraan yg dapet bintang 5 pun kalo kecelakaan diatas 100km/h juga bakal hancur, karena std untuk mobil penumpang memang di 50-70km/h (seingat saya lho)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Seratuss buat pak guruu...!!
Artinya, sudah adopsi teknologi crumple zone. Lebih baik bonnet atw body kriting berantakan tapi kabin tetap aman! Sip Sip!!
Artinya, sudah adopsi teknologi crumple zone. Lebih baik bonnet atw body kriting berantakan tapi kabin tetap aman! Sip Sip!!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
betul om VM
pada dasarnya orang menganggap bodi mobil skrg kaleng (AX, ruster dkk) tapi uji di lapangan bisa berbeda..
orang boleh bilang bodi tipis malah gampang hancur, beda dengan jaman dulu..memang benar gampang hancur tetapi TIDAK berarti unsur keselamatan penumpang dalam kabin TIDAK ADA, justru sasis monocoqe ini sangat aman (std safety 50-70km/h) dibandingkan mobil2 keluaran 80-90an yg notabene bodinya lebih tebal. Bisa di buktikan, coba ada yg pernah liat kijang grand menghajar pohon jati di kecepatan <80km/h? hancur dan bodi hampir terbelah hingga kabin (saya melihat sendiri kejadian nya) sedangkan ax dan terios yg pernah saya lihat kecelakaan di alas baluran TIDAK pernah melihat keadaan kabin berantakan (kecuali barang2nya tentu saja) ini bukti bahwa ringan dan tipis BUKAN berarti unsur keselamatan tidak ada. Ini jaman canggih bung! teknologi tentang material sudah sangat maju, range untuk genteng skrg saja sudah tidak menggunakan kayu yg mudah lapuk dan berat tetapi menggunakan campuran baja dan aluminium yg sangat ringat namun kokoh. Itu baru ilmu tentang bangunan, bagaimana dengan material di industri otomotif?sangat maju, itu sebabnya material untuk rangka pada mobil sudah di sempurnakan sehingga dapat menyerap benturan hingga keadaan tertentu sehingga tidak masuk kedalam kabin. Intinya, mobil jaman skrg jangan dianggap remeh soal safetynya karena bodi tipis tapi ingat rangka mobil itu punya peran lebih penting dari pelat bodi yg cuma, 0.1 mm
pada dasarnya orang menganggap bodi mobil skrg kaleng (AX, ruster dkk) tapi uji di lapangan bisa berbeda..
orang boleh bilang bodi tipis malah gampang hancur, beda dengan jaman dulu..memang benar gampang hancur tetapi TIDAK berarti unsur keselamatan penumpang dalam kabin TIDAK ADA, justru sasis monocoqe ini sangat aman (std safety 50-70km/h) dibandingkan mobil2 keluaran 80-90an yg notabene bodinya lebih tebal. Bisa di buktikan, coba ada yg pernah liat kijang grand menghajar pohon jati di kecepatan <80km/h? hancur dan bodi hampir terbelah hingga kabin (saya melihat sendiri kejadian nya) sedangkan ax dan terios yg pernah saya lihat kecelakaan di alas baluran TIDAK pernah melihat keadaan kabin berantakan (kecuali barang2nya tentu saja) ini bukti bahwa ringan dan tipis BUKAN berarti unsur keselamatan tidak ada. Ini jaman canggih bung! teknologi tentang material sudah sangat maju, range untuk genteng skrg saja sudah tidak menggunakan kayu yg mudah lapuk dan berat tetapi menggunakan campuran baja dan aluminium yg sangat ringat namun kokoh. Itu baru ilmu tentang bangunan, bagaimana dengan material di industri otomotif?sangat maju, itu sebabnya material untuk rangka pada mobil sudah di sempurnakan sehingga dapat menyerap benturan hingga keadaan tertentu sehingga tidak masuk kedalam kabin. Intinya, mobil jaman skrg jangan dianggap remeh soal safetynya karena bodi tipis tapi ingat rangka mobil itu punya peran lebih penting dari pelat bodi yg cuma, 0.1 mm
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sependapat, pak guru.NYoman wrote:betul om VM
pada dasarnya orang menganggap bodi mobil skrg kaleng (AX, ruster dkk) tapi uji di lapangan bisa berbeda..
orang boleh bilang bodi tipis malah gampang hancur, beda dengan jaman dulu..memang benar gampang hancur tetapi TIDAK berarti unsur keselamatan penumpang dalam kabin TIDAK ADA, justru sasis monocoqe ini sangat aman (std safety 50-70km/h) dibandingkan mobil2 keluaran 80-90an yg notabene bodinya lebih tebal. Bisa di buktikan, coba ada yg pernah liat kijang grand menghajar pohon jati di kecepatan <80km/h? hancur dan bodi hampir terbelah hingga kabin (saya melihat sendiri kejadian nya) sedangkan ax dan terios yg pernah saya lihat kecelakaan di alas baluran TIDAK pernah melihat keadaan kabin berantakan (kecuali barang2nya tentu saja) ini bukti bahwa ringan dan tipis BUKAN berarti unsur keselamatan tidak ada. Ini jaman canggih bung! teknologi tentang material sudah sangat maju, range untuk genteng skrg saja sudah tidak menggunakan kayu yg mudah lapuk dan berat tetapi menggunakan campuran baja dan aluminium yg sangat ringat namun kokoh. Itu baru ilmu tentang bangunan, bagaimana dengan material di industri otomotif?sangat maju, itu sebabnya material untuk rangka pada mobil sudah di sempurnakan sehingga dapat menyerap benturan hingga keadaan tertentu sehingga tidak masuk kedalam kabin. Intinya, mobil jaman skrg jangan dianggap remeh soal safetynya karena bodi tipis tapi ingat rangka mobil itu punya peran lebih penting dari pelat bodi yg cuma, 0.1 mm
Sayangnya yang ngga ngerti ginian ngeluhkannya kena tangan aja penyok, gimana kalo tabrakan? Walah...
Saya balikin aja tanya, mending mana yang cidera? Tangan ente atw body mobil?
Gelo nya lagi, ngebandinginnya dengan hasil kecelakaan >60kpj atau malah disambar bus! Kocakk tapi ngga mutu blas!
Yah, maklum aja deh, pada ngga ngerti perkembangan sekarang... Kalaupun mereka ngelesnya dengan kata2 kalo diketok2 pake tangan kok brasa lebih tipis avxen rushter dibanding model atw merk lain, rasanya sih itu hanya karena perbedaan ketebalan peredam yang terpasang di balik body mobil ya.. CMIIW loh ya..
Mudah2an ini juga bisa buat pencerahan bagi forum kita tercinta untuk tidak underestimate thd teknologi body otomotif jaman sekarang.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kena tangan aja penyok, apalagi kena tabrak sama-sama besi toh ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kan sdh diuraikan.... simpulannya, body hanya bersifat cangkang. Yang berperan besar adalah struktur rangkanya, bukan bodynya..ilhami wrote:kena tangan aja penyok, apalagi kena tabrak sama-sama besi toh ?
Kalau cangkangnya diperkaku atau dipertebal, justru rangkanya yang kalah..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Crumple zone. Paradigma lama orang memang susah diubah.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
emang beda2 tipis antara crumple zone dan krupuk zone



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sekedar ingin tahu, mungkin mastah2 di SM ini punya data, apakah crumpled zone identik dengan plat yg tipis?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
plat tipis sebetulnya dimaksudkan untuk menjaga orang lain tidak cidera berat saat di serempet ata sebagainya..itu plat tipis namun tetap kuat. jangan salah, sebetulnya ada orang yg bilang mobil a-b-c platnya tebel karena di ketok2 terasa padat itu sebetulnya adalah bagian dari peredamnya, terios saya saya pasang checkmat juga suaranya di ketok lebih mantep..perlu di ketahui juga crv pernah saya dorong pake tangan juga meletot kayak ax jujur ini pengalaman..eresiie wrote:Sekedar ingin tahu, mungkin mastah2 di SM ini punya data, apakah crumpled zone identik dengan plat yg tipis?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
hmm.....setau saya, utk pedestrian safety itu bukan dari tingkat ketebalan/ketipisan plat deh oomNYoman wrote:plat tipis sebetulnya dimaksudkan untuk menjaga orang lain tidak cidera berat saat di serempet ata sebagainya..itu plat tipis namun tetap kuat. jangan salah, sebetulnya ada orang yg bilang mobil a-b-c platnya tebel karena di ketok2 terasa padat itu sebetulnya adalah bagian dari peredamnya, terios saya saya pasang checkmat juga suaranya di ketok lebih mantep..perlu di ketahui juga crv pernah saya dorong pake tangan juga meletot kayak ax jujur ini pengalaman..eresiie wrote:Sekedar ingin tahu, mungkin mastah2 di SM ini punya data, apakah crumpled zone identik dengan plat yg tipis?

tapi lebih ke design body nya sendiri, dimana dan apabila terjadi kecelakaan yg melibatkan pedestrian (misal nya pada bonet) maka tubuh korban akan naik keatas kap mesin lalu kemudian energi benturan diserap sebagian oleh kap tsb.........
jadi sekali lg sepemahaman saya tingkat ketebalan plat tdk ada hubungan nya terhadap keamanan pedestrian cmiiw
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
NYoman wrote:plat tipis sebetulnya dimaksudkan untuk menjaga orang lain tidak cidera berat saat di serempet ata sebagainya..itu plat tipis namun tetap kuat. jangan salah, sebetulnya ada orang yg bilang mobil a-b-c platnya tebel karena di ketok2 terasa padat itu sebetulnya adalah bagian dari peredamnya, terios saya saya pasang checkmat juga suaranya di ketok lebih mantep..perlu di ketahui juga crv pernah saya dorong pake tangan juga meletot kayak ax jujur ini pengalaman..eresiie wrote:Sekedar ingin tahu, mungkin mastah2 di SM ini punya data, apakah crumpled zone identik dengan plat yg tipis?
Maksud saya dg data tentang crumple zone misalnya konstruksi yang dibuat rapuh pada titik2 tertentu agar pada saat terjadi benturan frontal atau ditabrak dr belakang menjadi ringsek, di range kecepatan tertentu. Nah ada nggak semacam standar industri otomotif dunia mengenai hal tsb, misalnya dg range bobot kendaraan sekian, pada range kecepatan benturan sekian, shg mempersyaratkan berapa ketebalan plat (body shell dan sheet), shg sistem keamanan cruple zone yg diklaim oleh pabrikan2 mobil itu diyakini 'bernilai' baik.
pabrikan2 otomotif asia, eropa, amerika pun mengklaim sistem crumple zone ini. tapi jangan hanya krn tubrukan di kecepatan rendah body penyok parah. Ini yg saya maksud tidak 'bernilai' baik.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kurang lebih gini lah penyerap benturan...

penyok bukan berarti body kaleng kan......

penyok bukan berarti body kaleng kan......



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sepembacaan ane sih desain juga includ di dalam suatu perancangan mobil tersebut om.. Jadi, digabungkan antara desain pedestrian friendly dan rancang bangun cangkang dan sasisnya. Semua dipadukan.doq wrote:hmm.....setau saya, utk pedestrian safety itu bukan dari tingkat ketebalan/ketipisan plat deh oomNYoman wrote:plat tipis sebetulnya dimaksudkan untuk menjaga orang lain tidak cidera berat saat di serempet ata sebagainya..itu plat tipis namun tetap kuat. jangan salah, sebetulnya ada orang yg bilang mobil a-b-c platnya tebel karena di ketok2 terasa padat itu sebetulnya adalah bagian dari peredamnya, terios saya saya pasang checkmat juga suaranya di ketok lebih mantep..perlu di ketahui juga crv pernah saya dorong pake tangan juga meletot kayak ax jujur ini pengalaman..eresiie wrote:Sekedar ingin tahu, mungkin mastah2 di SM ini punya data, apakah crumpled zone identik dengan plat yg tipis?
tapi lebih ke design body nya sendiri, dimana dan apabila terjadi kecelakaan yg melibatkan pedestrian (misal nya pada bonet) maka tubuh korban akan naik keatas kap mesin lalu kemudian energi benturan diserap sebagian oleh kap tsb.........
jadi sekali lg sepemahaman saya tingkat ketebalan plat tdk ada hubungan nya terhadap keamanan pedestrian cmiiw
Tabrakan atau singgungan sekalipun dengan pejalan kaki, tidak melulu dari depan kan om?
Coba kalo misalnya om doq lagi jalan, trus meleng ada mobil 'silverbimmer" lewat, eeh didepannya ada habanja / si-erpi lg brenti, trus njedot tuh pintu samping...kalo bodynya yang ngga ngalah, gimana tuh...?







" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
jadi makin tipis makin bagus? mestinya jangan body kaleng, sekalian aluminium foil aja.
Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal.
Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kalo ente pengen tebel pake dempul aja kek karoserian taun 80...ilhami wrote:jadi makin tipis makin bagus? mestinya jangan body kaleng, sekalian aluminium foil aja.
Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal.



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Jangan lantas diekstrimkan jadi hitam putih gitu donk om...ilhami wrote:jadi makin tipis makin bagus? mestinya jangan body kaleng, sekalian aluminium foil aja.
Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal.


Semua penghitungan struktur metalurgi dan struktur baja sebagai cangkang mobil, pasti sudah dihitung cermat om.. ane bukan pakar, ane hanya orang awam. Dan perancangan tersebut semua bisa diperhitungkan secara ilmiah om, dibandingkan dengan hanya mengasumsikan sebagai penghematan biaya produksi, om... Penghematan biaya produksi memang menjadi satu faktor yang diperhitungkan sebagai faktor daya beli masyarakat. Toh sampai saat ini, sampai gambar dari om Nyoman itu muncul, kualitasna engga kayak aluminium foil kan?

Apa perlu saya tongolin lagi disini, gambar hasil crash test antara Bel Air, dengan Chevy Malibu yang ditabrakkan frontal offset? Plus gambar hasil crash test Kia Sephia a.k.a Timor S515? Akibat pakai plat tebel, TAPI sasis tidak diperkuat, kabin malah ikut ambles karena platnya engga mudah hancur, jadi mendorong dan menjepit kabin..
hiii..
Perhatikan Chevy Malibu yang sudah pakai teknologi crumple zone:
Ini Kia Sephia crashtest

Mohon maaf kalau terjadi pengulangan tayang gambar seperti pada trit sebelah.... Gambar semata2 hanya dimaksud sebagai bahan penjelasan agar lebih gamblang dimengerti..
Poin terpenting adalah, selamatkan penumpang di dalam kabin dibandingkan selamatkan plat body..
Oia, sasis pada mobil masa kini, dibuat jadi sangat kuat, tapi dia lentur untuk meredam benturan.
cmiiw ya pak guruu..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yang dibold...ilhami wrote:jadi makin tipis makin bagus? mestinya jangan body kaleng, sekalian aluminium foil aja.
Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal.
bagi saya sih wajar2 aja kalo ada (banyak malah) yg beropini seperti itu, karena di negara kita blm ada regulasi safety kendaraan yg ketat...jadi kondisi plat tipis di body kendaraan masa kini masih sering jd kontroversi dimasyarakat.
benarkah plat tipis dr mobil2 yg beredar disini udah sesuai spek aslinya demi crumple zone...??
ataukah plat tipis tsb sebenernya hasil spec down krn memanfaatkan celah regulasi safety yg blm ketat ??
di indonesia blm ada lembaga crash test yg independen untuk membuktikannya.... sehingga masih jd kontroversi.
paling yg bisa kdiakukan adalah mencari referensi ttg hasil uji bentur mbl yg serupa diluar negeri, tapi inipun gak semua pemilik mobil melakukannya...mungkin jumlahnya masih minoritas, dan gak semua mbl yg dijual disini juga dijual di berbagai negara secara luas....kalo sudah gini akan lbh sulit mendapat referensinya.
IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mengenai safety mobil bersasis ladder frame... mungkin rekan2 skalian ada yg perhatiin kalo mobil2 sasis ladder frame skrg uda beda dgn mobil dgn serupa tapi mobil2 jadul...
sbg perbandingan... mobil2 modern bersasis tangga macam ipah, PS dibandingkan dgn sasis nya panther maupun tokisul dan kuda...
buka kap mesin dan perhatikan dehh tulang2 sasis tsb... kalo di mobil2 modern macam ipah dan PS... ane perhatikan di tulang2 sasis tsb dibkin sperti beberapa lempengan yg di las... beda skali dgn panther tokisul dan kuda... bener2 lempengan besi lurus dari ujung blakang ke ujung depan...
mungkin ini kali yahhh teknologi crumple zone utk mobil2 bersasis tangga...

sbg perbandingan... mobil2 modern bersasis tangga macam ipah, PS dibandingkan dgn sasis nya panther maupun tokisul dan kuda...
buka kap mesin dan perhatikan dehh tulang2 sasis tsb... kalo di mobil2 modern macam ipah dan PS... ane perhatikan di tulang2 sasis tsb dibkin sperti beberapa lempengan yg di las... beda skali dgn panther tokisul dan kuda... bener2 lempengan besi lurus dari ujung blakang ke ujung depan...
mungkin ini kali yahhh teknologi crumple zone utk mobil2 bersasis tangga...





numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
memang sebaiknya (seharusnya) kita punya kayak NCAP itu ya..setidaknya..
tapi memang sih, standard safety di indo belum terlalu di perhatikan seperti diluar..di china sepertinya sudah ada crash test untuk produk2 yang masuk..standar safety buat pekerja sudah ada, kenapa ga buat standar keselamatan penumpang..
kalaupun sudah memenuhi standar luar (crumple zone yg benar) perlu ada nya test lagi karena yg di jual di indo adalah versi CKD atau complete knock down kalau macem evo mah saya percaya karena di impor langsung dari japan, kalau yg lain?bahkan ruster buatan adm di impor ke afrika seingat saya dan pernah baca juga versi pendek ruster dibuat adm juga cuma ga dijual disini..apakah yg seperti itu juga dibedakan karena di impor..penuh pertanyaan sampai benar2 ada lembaga independen ya bang jalu?
[b\]Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal
untuk yang ini, saya agak bingung..
karena sudah semakin canggih, pastinya ditemukan campuran material baru yg lebih ringan namun kuat(?) dengan biaya produksi lebih murah tentunya. Tapi entahlah, itu kalau di eropa dn amerika entah kalau di indo cuma untuk memangkas produksi tanpa memikirkan keselamatan ya perlu investigasi lebih jauh bukan?
tapi memang sih, standard safety di indo belum terlalu di perhatikan seperti diluar..di china sepertinya sudah ada crash test untuk produk2 yang masuk..standar safety buat pekerja sudah ada, kenapa ga buat standar keselamatan penumpang..
kalaupun sudah memenuhi standar luar (crumple zone yg benar) perlu ada nya test lagi karena yg di jual di indo adalah versi CKD atau complete knock down kalau macem evo mah saya percaya karena di impor langsung dari japan, kalau yg lain?bahkan ruster buatan adm di impor ke afrika seingat saya dan pernah baca juga versi pendek ruster dibuat adm juga cuma ga dijual disini..apakah yg seperti itu juga dibedakan karena di impor..penuh pertanyaan sampai benar2 ada lembaga independen ya bang jalu?
[b\]Yang paling logis dari body tipis adalah penghematan biaya produksi karena harga baja makin mahal
untuk yang ini, saya agak bingung..
karena sudah semakin canggih, pastinya ditemukan campuran material baru yg lebih ringan namun kuat(?) dengan biaya produksi lebih murah tentunya. Tapi entahlah, itu kalau di eropa dn amerika entah kalau di indo cuma untuk memangkas produksi tanpa memikirkan keselamatan ya perlu investigasi lebih jauh bukan?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)