[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Saya tertarik untuk membeli BMW seri 5 E39. Nyarinya sih model yg udah facelift tahun 2001-2003. 520i atau 530i masih blm diputusin.
Mau tanya nih untuk para bos disini yang udah pernah atau masih pake mobil ini, gimana pengalamannya..
1. Bagaimana dengan reliability mobil ini, apakah termasuk mobil yang sering "jajan" ato relatif problem-free.
2. Problem2 apa saja yang umumnya terjadi pada BMW seri 5 E39, baik dari segi mesin, transmisi, elektrikal, body (apakah ada bagian yg rentan karat, dll), dan lain2 (apakah ada bagian interior yg sering rusak, berderit2, dll)
3. Saya denger, untuk BMW seri sebelumnya (E46 3er, E39 5er, E38 7er, E53 X5) ada masalah di instrument clusternya, dimana LED untuk onboard computernya suka rusak/ada LED yg mati. Kalau di Indonesia (khususnya Bdg/Jkt), apakah ada tempat servis yg mampu memperbaikinya?
4. Apakah benar BMW sering bermasalah dengan a/cnya? Bagaimana dengan seri 5 E39 ini? apakah a/cnya juga sering bermasalah? Mohon pencerahannya.
5. Saya denger2 selang bensin BMW rentan bocor dan karena lokasinya dekat dengan motor starter, maka rentan terjadi kebakaran. Saya denger2 lagi itu cuma berlaku untuk E30 dan E36 3 series. Bagaimana dengan E39 5 series?
6. Selain bengkel resmi, bengkel spesialis BMW mana yg paling direkomendasikan? Khususnya yg berlokasi di Bdg. Trus untuk sparepart, dimana nih toko2 yang jual sparepart BMW (baik orisinil ato kw) dengan harga yg paling terjangkau dan kualitas baik? (Bdg/Jkt)
7. Saya berencana untuk membeli mobilnya di jkt, apakah ada kiat2 tertentu untuk mengetahui kalau mobil ini pernah terendam banjir? Kalau mobilnya dibenerin di bengkel non-resmi kan ga akan keluar di service record BMWnya.. Saya akan melakukan pengecekan di bengkel resmi BMW jg sebelum membeli, apakah hal2 seperti ini akan terdeteksi?
8. Berapa sih harga pasaran untuk BMW 520i/530i tahun 2001-2003 dengan kondisi baik dan kilometer relatif sedikit? Supaya ga beli kemahalan atau tau kalo harganya "kemurahan" bisa jadi udah ada udah dibalik batu..
Terima kasih sebelumnya untuk pencerahannya.
Mau tanya nih untuk para bos disini yang udah pernah atau masih pake mobil ini, gimana pengalamannya..
1. Bagaimana dengan reliability mobil ini, apakah termasuk mobil yang sering "jajan" ato relatif problem-free.
2. Problem2 apa saja yang umumnya terjadi pada BMW seri 5 E39, baik dari segi mesin, transmisi, elektrikal, body (apakah ada bagian yg rentan karat, dll), dan lain2 (apakah ada bagian interior yg sering rusak, berderit2, dll)
3. Saya denger, untuk BMW seri sebelumnya (E46 3er, E39 5er, E38 7er, E53 X5) ada masalah di instrument clusternya, dimana LED untuk onboard computernya suka rusak/ada LED yg mati. Kalau di Indonesia (khususnya Bdg/Jkt), apakah ada tempat servis yg mampu memperbaikinya?
4. Apakah benar BMW sering bermasalah dengan a/cnya? Bagaimana dengan seri 5 E39 ini? apakah a/cnya juga sering bermasalah? Mohon pencerahannya.
5. Saya denger2 selang bensin BMW rentan bocor dan karena lokasinya dekat dengan motor starter, maka rentan terjadi kebakaran. Saya denger2 lagi itu cuma berlaku untuk E30 dan E36 3 series. Bagaimana dengan E39 5 series?
6. Selain bengkel resmi, bengkel spesialis BMW mana yg paling direkomendasikan? Khususnya yg berlokasi di Bdg. Trus untuk sparepart, dimana nih toko2 yang jual sparepart BMW (baik orisinil ato kw) dengan harga yg paling terjangkau dan kualitas baik? (Bdg/Jkt)
7. Saya berencana untuk membeli mobilnya di jkt, apakah ada kiat2 tertentu untuk mengetahui kalau mobil ini pernah terendam banjir? Kalau mobilnya dibenerin di bengkel non-resmi kan ga akan keluar di service record BMWnya.. Saya akan melakukan pengecekan di bengkel resmi BMW jg sebelum membeli, apakah hal2 seperti ini akan terdeteksi?
8. Berapa sih harga pasaran untuk BMW 520i/530i tahun 2001-2003 dengan kondisi baik dan kilometer relatif sedikit? Supaya ga beli kemahalan atau tau kalo harganya "kemurahan" bisa jadi udah ada udah dibalik batu..
Terima kasih sebelumnya untuk pencerahannya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
1. tergantung perawatan, tapi memang itu persepsi pasar - dan memang bukannya tak berdasar. kelemahan utama di kelistrikan dan banyaknya parts yang terbuat dari plastik
2. mesin M52/M52TU 6 cylinder di 523 dan 528, M54 di 520/530i facelift. rasanya yang umum itu nikasil problem di M52 (silinder linernya dilapis nikasil) yang ga tahan sulfur tinggi, akibatnya terkikis dan kompresi turun.
3. LEDnya memang besar tapi suka pada mati sel2nya, repotnya lokasi di dashboard depan mata kan jadi ga enak keliatan terus. perbaikan kurang tau, rasanya sulit. kalau ganti pasti mahal.
4. ac sering masalah, kemungkinan karena heater ga pernah dihidupkan, jadi evaporator lembab terus..akhirnya korosi dan bocor. evaporator aslinya aluminium, sama dgn mercedes, mungkin bisa diganti yang kuningan. tombol ac jg digital, repot kalo rusak kan musti benerin satu panel + modul elektriknya. mercedes masih pake rotary biasa, lebih sederhana.
5. selang bensin yang terkenal itu di mesin M40 4 cyl, terlebih karena lokasinya sulit dibawah intake manifold dan diatas starter motor. blum pernah dengar masalah yang sama di mesin 6 cyl
6. bandung kurang tau. di jakarta orang banyak ke anugerah di kemayoran.
7. lebih baik bawa orang yang mengerti bmw dan paham pengecekan sebelum membeli..surat, kondisi mbl (banjir/.tabrakan/mesin rusak/kelistrikan). kalo asal beli resikonya dandan tak berkesudahan.
8. di poskota hari ini 530 01 sktr 140jt (kayanya lama blon laku2), 2003 bisa 160an. harganya turun terus..coba cek di kompas, itu BMW indonesia (bestindo) di serpong/bintaro selalu ngiklan bmw second ex-bmw.
2. mesin M52/M52TU 6 cylinder di 523 dan 528, M54 di 520/530i facelift. rasanya yang umum itu nikasil problem di M52 (silinder linernya dilapis nikasil) yang ga tahan sulfur tinggi, akibatnya terkikis dan kompresi turun.
3. LEDnya memang besar tapi suka pada mati sel2nya, repotnya lokasi di dashboard depan mata kan jadi ga enak keliatan terus. perbaikan kurang tau, rasanya sulit. kalau ganti pasti mahal.
4. ac sering masalah, kemungkinan karena heater ga pernah dihidupkan, jadi evaporator lembab terus..akhirnya korosi dan bocor. evaporator aslinya aluminium, sama dgn mercedes, mungkin bisa diganti yang kuningan. tombol ac jg digital, repot kalo rusak kan musti benerin satu panel + modul elektriknya. mercedes masih pake rotary biasa, lebih sederhana.
5. selang bensin yang terkenal itu di mesin M40 4 cyl, terlebih karena lokasinya sulit dibawah intake manifold dan diatas starter motor. blum pernah dengar masalah yang sama di mesin 6 cyl
6. bandung kurang tau. di jakarta orang banyak ke anugerah di kemayoran.
7. lebih baik bawa orang yang mengerti bmw dan paham pengecekan sebelum membeli..surat, kondisi mbl (banjir/.tabrakan/mesin rusak/kelistrikan). kalo asal beli resikonya dandan tak berkesudahan.
8. di poskota hari ini 530 01 sktr 140jt (kayanya lama blon laku2), 2003 bisa 160an. harganya turun terus..coba cek di kompas, itu BMW indonesia (bestindo) di serpong/bintaro selalu ngiklan bmw second ex-bmw.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Berhubung pernah punya 528i E39 1997 selama 9 tahun, mau sharing dikit :
1. Reliability mobil ini sebetulnya cukup baik utk ukuran mobil2 produksi BMW, udah nyaris mendekati mobil2 Jepun lah. (mobil saya)
2. Sy sih memang pernah ngalamin ganti rumah kunci di setir / ganti selang Power steering / ganti 1 electro motor di Powerseat. Soal rumah kunci & electro motor itu yach memang pas lagi kurang beruntung aja kali ya, kalo selang power steering terjadi saat mobil di atas 5 tahun.
3. Saya punya sih enggak pernah, tetap bagus sampe mobil dijual.
4. Saya ngalamin ganti kompressor AC, again ini terjadi saat mobil ultah di th. ke 8. Utk yg satu ini memang pas lagi kurang beruntung juga, sebab kompressor AC mobil saya udah mulai bunyi di tahun ke 3. Evaporator juga pernah ganti (di th. ke 8 ), bisa ganti yg model kuningan, hasilnya bagus juga, harga jauh lebih murah drpd yg orig.
5. Tetap bagus, sampe mobil dijual nggak pernah ada masalah.
6. Kalo sy sih dulu biasa beli parts either di Istana Motor (ko Atet) atau Sentral Motor - Atrium Senen (ci Alan). Pernah juga beli di Anugrah - PMK, itu oke juga.
Catatan lain :
1. Sy ganti shock 4 tahun sekali, saat mobil berusia 4 tahun & 8 tahun, shock bawaan mobil SACHS / BOGE body Aluminium, utk aftermarket juga ada Bilstein hitam yg body baja, harga sedikit lebih affordable.
2. Di tahun ke 8 shock bagasi mulai lemah & juga handle bukaan bagasi (switch elektronik) karetnya sudah harus diganti.
3. Kalo beli yg 2nd perhatikan juga kondisi bbrp parts plastik interior spt tombol utk geser kursi & krei kecil di console tengah, krn agak2 fragile.
4. Utk mobil berumur juga perhatikan ATF nya, krn walau ZF mengatakan ATF nya permanent filled, sy yakin bila udah masuk 8 tahun or 200 rb. Km lebih ATF nya harus diganti juga. ATF menggunakan ESSO LT 71141 atau bisa pakai Amsoil Universal ATF (jangan pakai Dexron III).
5. Utk tie rod end uga pernah ganti, tapi itupun terjadi saat mobil > 5 tahun, bisa beli merek Lemforder, harga ga lebih mahal dr tie rod end mobil2 Jepun.
Yg sy suka dr BMW : fast moving partsnya murah, air filter / fuel filter, filter oli juga nggak brp mahal.
Demikian yg sy bisa sharing.
1. Reliability mobil ini sebetulnya cukup baik utk ukuran mobil2 produksi BMW, udah nyaris mendekati mobil2 Jepun lah. (mobil saya)
2. Sy sih memang pernah ngalamin ganti rumah kunci di setir / ganti selang Power steering / ganti 1 electro motor di Powerseat. Soal rumah kunci & electro motor itu yach memang pas lagi kurang beruntung aja kali ya, kalo selang power steering terjadi saat mobil di atas 5 tahun.
3. Saya punya sih enggak pernah, tetap bagus sampe mobil dijual.
4. Saya ngalamin ganti kompressor AC, again ini terjadi saat mobil ultah di th. ke 8. Utk yg satu ini memang pas lagi kurang beruntung juga, sebab kompressor AC mobil saya udah mulai bunyi di tahun ke 3. Evaporator juga pernah ganti (di th. ke 8 ), bisa ganti yg model kuningan, hasilnya bagus juga, harga jauh lebih murah drpd yg orig.
5. Tetap bagus, sampe mobil dijual nggak pernah ada masalah.
6. Kalo sy sih dulu biasa beli parts either di Istana Motor (ko Atet) atau Sentral Motor - Atrium Senen (ci Alan). Pernah juga beli di Anugrah - PMK, itu oke juga.
Catatan lain :
1. Sy ganti shock 4 tahun sekali, saat mobil berusia 4 tahun & 8 tahun, shock bawaan mobil SACHS / BOGE body Aluminium, utk aftermarket juga ada Bilstein hitam yg body baja, harga sedikit lebih affordable.
2. Di tahun ke 8 shock bagasi mulai lemah & juga handle bukaan bagasi (switch elektronik) karetnya sudah harus diganti.
3. Kalo beli yg 2nd perhatikan juga kondisi bbrp parts plastik interior spt tombol utk geser kursi & krei kecil di console tengah, krn agak2 fragile.
4. Utk mobil berumur juga perhatikan ATF nya, krn walau ZF mengatakan ATF nya permanent filled, sy yakin bila udah masuk 8 tahun or 200 rb. Km lebih ATF nya harus diganti juga. ATF menggunakan ESSO LT 71141 atau bisa pakai Amsoil Universal ATF (jangan pakai Dexron III).
5. Utk tie rod end uga pernah ganti, tapi itupun terjadi saat mobil > 5 tahun, bisa beli merek Lemforder, harga ga lebih mahal dr tie rod end mobil2 Jepun.
Yg sy suka dr BMW : fast moving partsnya murah, air filter / fuel filter, filter oli juga nggak brp mahal.
Demikian yg sy bisa sharing.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Thx Pak Iwang & Turboman untuk informasinya.
Beberapa informasi yang saya dapatkan dari forum2 luar:
1. LED pixel repair kalau di luar ada yg bisa benerin. website mereka di www.vdorepair.com
Cuma repot jg ya kalau sampe harus kirim2 keluar segala, kalo di indonesia ada yg bisa benerin lebih baik lagi. Ya mudah2an ntar kalau jadi beli, BMW nya ga akan dapat masalah ini.
2. Tombol panel di a/c itu bisa diganti tombolnya aja. Nanti saya harus cari lagi linknya, ada orang di forum luar yg ganti tombol2 panel di a/cnya yang retak. Saya ga tau apakah partnya dapat diorder via BMW indonesia apa ngga, tapi menurut di forum itu, partsnya part asli BMW.
So far sih yang saya udah baca2 itu.. yang lain karena itu forum US, kebanyakan yang dibahas masalah2 di varian 540i, dan saya pikir lebih tepat nanya sama forum indonesia berhubung kondisi jalanan dan cuaca di indonesia kan lain sama di US.
Oh ya, Pak Turboman, kalau boleh tau, dulu ganti kompresor A/C sama evaporatornya abis berapa pak? Skr mungkin harganya usah lain, tapi mungkin ada kira2 di rentang harga berapa?
Sekali lagi terima kasih buat info2nya, nanti kalau ada pertanyaan lagi saya post lagi. Kalau saya jadi beli BMWnya, mungkin saya bisa minta informasi lebih lanjut ttg toko2 sparepart BMWnya ke Pak Turboman.
Beberapa informasi yang saya dapatkan dari forum2 luar:
1. LED pixel repair kalau di luar ada yg bisa benerin. website mereka di www.vdorepair.com
Cuma repot jg ya kalau sampe harus kirim2 keluar segala, kalo di indonesia ada yg bisa benerin lebih baik lagi. Ya mudah2an ntar kalau jadi beli, BMW nya ga akan dapat masalah ini.
2. Tombol panel di a/c itu bisa diganti tombolnya aja. Nanti saya harus cari lagi linknya, ada orang di forum luar yg ganti tombol2 panel di a/cnya yang retak. Saya ga tau apakah partnya dapat diorder via BMW indonesia apa ngga, tapi menurut di forum itu, partsnya part asli BMW.
So far sih yang saya udah baca2 itu.. yang lain karena itu forum US, kebanyakan yang dibahas masalah2 di varian 540i, dan saya pikir lebih tepat nanya sama forum indonesia berhubung kondisi jalanan dan cuaca di indonesia kan lain sama di US.
Oh ya, Pak Turboman, kalau boleh tau, dulu ganti kompresor A/C sama evaporatornya abis berapa pak? Skr mungkin harganya usah lain, tapi mungkin ada kira2 di rentang harga berapa?
Sekali lagi terima kasih buat info2nya, nanti kalau ada pertanyaan lagi saya post lagi. Kalau saya jadi beli BMWnya, mungkin saya bisa minta informasi lebih lanjut ttg toko2 sparepart BMWnya ke Pak Turboman.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
ambil 530i bro. 520i mah banci.
Failure is just another stepping stone to success.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Dengan ini ...thread ini, saya bangunkan kembali!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Mainan baru sayah...

Jadi FM...F nya boleh juga "Five"

Jadi FM...F nya boleh juga "Five"

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
beuhhh.......mantebbbbb
taun berapa oom? tinggal ganti sepatu aja nih
alpina.......alpina.......alpinaaa 
jadi camry resmi dipensiunkan neh?
taun berapa oom? tinggal ganti sepatu aja nih


jadi camry resmi dipensiunkan neh?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
FM, pakar reliabilitas hihihihi kabor ampun oms....



Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
welcome back to BMW
tipe yg mana nih bro?
cakep dan mulus banget, pelek std nya aja udah bagus hehehe....

tipe yg mana nih bro?
cakep dan mulus banget, pelek std nya aja udah bagus hehehe....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
more pict pleaseFortunerMan wrote:Mainan baru sayah...
Jadi FM...F nya boleh juga "Five"

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
minta pic banyak buat prospek om FM biar mau dipolesin kan...?nescafe wrote:more pict pleaseFortunerMan wrote:Mainan baru sayah...
Jadi FM...F nya boleh juga "Five"

*ampuuun om gebuk dada.......*...............................................................


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Kalau ada tulisan kaya diatas ane, jadi kangen nih sama SM ijo... MANTAB GAN....nescafe wrote:more pict pleaseFortunerMan wrote:Mainan baru sayah...
Jadi FM...F nya boleh juga "Five"
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
@bro FM mantab bro
tinggal M aero kit aja udah keren terutama buat bumper depan congrats on a non banglefied beemers the e39 looks much better than the e60
jgn alpina dong bro mod doc kurang sporty
kerenan yg ini dong:
e39 m5 wheel


atau bbs, apalagi yg bbs LM


alpina?doq wrote:beuhhh.......mantebbbbb
taun berapa oom? tinggal ganti sepatu aja nihalpina.......alpina.......alpinaaa
jadi camry resmi dipensiunkan neh?




e39 m5 wheel

atau bbs, apalagi yg bbs LM

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
nambahin sekalian bmw promo vids buat e39
e39 540 i
http://youtu.be/AaV0c5kvYbc
e395 ///M5 (madonna ngompol)
http://youtu.be/7i2m7W1CR3w
e39 540 i
http://youtu.be/AaV0c5kvYbc
e395 ///M5 (madonna ngompol)

http://youtu.be/7i2m7W1CR3w
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Maap belum sempat foto2 - mobil sedang menjalani "FM reconditioning" dan segera menjalani perjalanan Pantai Selatan (mudik). Hoki dapet yg gak ada masalah berarti.
Overall - ini mobil wueeeeeenakk...dan dengan pelek yg tepat (seperti pelek saya wkwkwkwk), looks perfect from every angle.
Tanki bensin 70 liter...pertamax udah sekitar 600 ribu hihihi...
Overall - ini mobil wueeeeeenakk...dan dengan pelek yg tepat (seperti pelek saya wkwkwkwk), looks perfect from every angle.
Tanki bensin 70 liter...pertamax udah sekitar 600 ribu hihihi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
ga juga laahhh........
klo menurut saya alpina itu "kena" di sporty dan elegan, 2-2 nya dapet



bbs atawa m5 rims emang keren, but i prefer alpina instead

klo menurut saya alpina itu "kena" di sporty dan elegan, 2-2 nya dapet



bbs atawa m5 rims emang keren, but i prefer alpina instead


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
kalo menurut ane sih stick to velg standardnya aja 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Vote for Alpina. Timeless design, sesama brand Euro hanya bisa disaingin ama BBS RS/RV/RX, Brabus Monti, AMG Aero dan Penta. 

Das Beste oder nichts.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Tauk...jelas2 bagusan pelek saya wkwkwkwkwkHansen wrote:kalo menurut ane sih stick to velg standardnya aja

Gaya? ya
Praktis? ya
Empuk? ya (Bridgestone Potenza tebel bener)
PS: bilang aja gak ada duit beli pelek

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
tapi beneran om, kalo ane jadi ente sih gak bakal mau ganti velg aftermarket selain dari BMW
mobil beginian sih kunci utamanya ada di "orisinalitas" untuk tampil mempesona.

mobil beginian sih kunci utamanya ada di "orisinalitas" untuk tampil mempesona.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
tipenya yg mana nehhh?
540, 530, 525, atau 520? ayo ngaku ngaku
540, 530, 525, atau 520? ayo ngaku ngaku

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Tebak! hehehehe...emang 540 dijual ya di Indonesia? Ane gak tau,,,
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Tergantung juga om hensem...ada beberapa model BMW yg model bawah peleknya jelek/kekecilan. Diganti pelek yg gede seperti varian lebih tinggi baru keluar bagusnya.Hansen wrote:mobil beginian sih kunci utamanya ada di "orisinalitas" untuk tampil mempesona.
Contohnya...116i, 730i, 318 E46, 528i E39....peleknya cupu2
Punya saya itu bukan pelek aslinya - diganti sama pemilik sebelumnya ke pelek E39 yg bagusan. Aslinya cupuuuuu...