Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Soal coolant memang paling ngambang parameternya karena gak bisa dicek kualitas sebelom dan sesudah dia dipake gak kayak oli yang nilai2 parameternya jelas dan eksak.
Paling2 kita bisa ngenilai dari fisik radiator, pergerakan indikator temperatur (yang pake lampu doank kayak Lipinah jelas bingung ), ada tidaknya endapan di reservoir (seperti kasus di Nissan coolant CMIIW).
So, prinsip saya simpel, gak pusing2, karena uda pake 1 merk selama belasan taun gak pernah ngecewain saya, radiator bersih trus plus gak overheat mo seekstrim apapun sikon jalanan, y saya stick pake merk 'P' tersebut.
Kenapa beda harga (jauh)? Namanya juga ATPM kan cari untung (buanyaaaaak) dengan relabelling om wkwkwkwkwkw....
Bedewei bener gak tuh comparenya om? Si Megacool 25 ribu per 5 liter jugakah (ready to use do not add water durasi long life)?
kalo saya sendiri pake coolant kalo pas merawat mobil hibahan orang aka beli mobil seken; biasanya pakai air aqua aja; coolant berwarna buat cek kebocoran2 di selang2 atau di radiator; tapi kalo udah kepegang setaun ya balik lagi ke aqua;
kecuali amanah titipan mobil orang; baru pake coolant yang kelas tengah2, ya yang agak di atas megakool tapi di bawah resminya; cuman kalo efek nya yang beda merek ke mobil ya saya masih buta;
buat saya selama itu jarum atau lampu temperatur ga kedip2 ya saya asumsikan cooling system lagi sehat
btw; inilah salah satu alasan saya mencintai ex dan calon mobil saya yang tidak memakai water cooling....
Soal coolant memang paling ngambang parameternya karena gak bisa dicek kualitas sebelom dan sesudah dia dipake gak kayak oli yang nilai2 parameternya jelas dan eksak.
Paling2 kita bisa ngenilai dari fisik radiator, pergerakan indikator temperatur (yang pake lampu doank kayak Lipinah jelas bingung ), ada tidaknya endapan di reservoir (seperti kasus di Nissan coolant CMIIW).
So, prinsip saya simpel, gak pusing2, karena uda pake 1 merk selama belasan taun gak pernah ngecewain saya, radiator bersih trus plus gak overheat mo seekstrim apapun sikon jalanan, y saya stick pake merk 'P' tersebut.
Kenapa beda harga (jauh)? Namanya juga ATPM kan cari untung (buanyaaaaak) dengan relabelling om wkwkwkwkwkw....
Bedewei bener gak tuh comparenya om? Si Megacool 25 ribu per 5 liter jugakah (ready to use do not add water durasi long life)?
sama sama 5L dan berwarna serta siap pake Head to Head
kecuali amanah titipan mobil orang; baru pake coolant yang kelas tengah2, ya yang agak di atas megakool tapi di bawah resminya; cuman kalo efek nya yang beda merek ke mobil ya saya masih buta;
buat saya selama itu jarum atau lampu temperatur ga kedip2 ya saya asumsikan cooling system lagi sehat
Kalo saya untuk coolant gak terlalu keberatan keluar dana mahal dikit toh harganya juga seratus rebu lebih dikitlah mentok2nya masih masuk akal dan jangka waktunya lama banget gak sebulan sekali ganti (saya pribadi ganti setaun sekali ato 10K KM, mana yang duluan).
jip_kecil wrote:btw; inilah salah satu alasan saya mencintai ex dan calon mobil saya yang tidak memakai water cooling....
saya sudah bandingkan antara top 1 coolant dengan Toyota Super long life coolant, di kijang kapsul.
Top 1 coolant jarum temperatur lebih cepat naik, dan posisi hampir tegak.
Toyota SLLC posisi jarum lebih miring, mesin lebih "susah" panas.
Air ledeng/sumur, mesin cepat panas, apalagi pakai ac, posisi jarum sudah miring ke kanan. Radiator cepet butek kecoklatan.
DCS Coolant sepertinya posisi tengah-tengah antara top 1 dan toyota SLLC. Tapi DCS coolant rasanya manis, sedangkan Toyota SLLC rasanya agak pahit sepet.
Top1 Coolant 40.000/4 liter
Toyota SLLC 100.000/4 liter
ilhami wrote:saya sudah bandingkan antara top 1 coolant dengan Toyota Super long life coolant, di kijang kapsul.
Top 1 coolant jarum temperatur lebih cepat naik, dan posisi hampir tegak.
Toyota SLLC posisi jarum lebih miring, mesin lebih "susah" panas.
Air ledeng/sumur, mesin cepat panas, apalagi pakai ac, posisi jarum sudah miring ke kanan. Radiator cepet butek kecoklatan.
DCS Coolant sepertinya posisi tengah-tengah antara top 1 dan toyota SLLC. Tapi DCS coolant rasanya manis, sedangkan Toyota SLLC rasanya agak pahit sepet.
Top1 Coolant 40.000/4 liter
Toyota SLLC 100.000/4 liter
anda terlalu berani bermain main dengan cairan kimia beracun , efek sampingnya sangat bahaya saya pernah keciprat air coolant Megacools kulit tangan langsung gatal gatal 1 menit kemudian
solar_kerosen wrote:
anda terlalu berani bermain main dengan cairan kimia beracun , efek sampingnya sangat bahaya saya pernah keciprat air coolant Megacools kulit tangan langsung gatal gatal 1 menit kemudian
Intinya adalah, Toyota SLLC menambahkan zat perasa pahit, sehingga mencegah manusia atau hewan meminum nya.
Ethylene Glycol itu rasanya manis, tapi beracun. Jadi dalam hal ini Toyota SLLC lebih ramah lingkungan dan aman, makanya harga lebih mahal.
Kalau gatal sih, ya jangan lama-lama. Memang ada potensi iritasi kulit, tapi tanganku merasa biasa-biasa aja.
ilhami wrote:saya sudah bandingkan antara top 1 coolant dengan Toyota Super long life coolant, di kijang kapsul.
Top 1 coolant jarum temperatur lebih cepat naik, dan posisi hampir tegak.
Toyota SLLC posisi jarum lebih miring, mesin lebih "susah" panas.
Air ledeng/sumur, mesin cepat panas, apalagi pakai ac, posisi jarum sudah miring ke kanan. Radiator cepet butek kecoklatan.
DCS Coolant sepertinya posisi tengah-tengah antara top 1 dan toyota SLLC. Tapi DCS coolant rasanya manis, sedangkan Toyota SLLC rasanya agak pahit sepet.
Top1 Coolant 40.000/4 liter
Toyota SLLC 100.000/4 liter
aahhh masa sih oom..?
tokisul ane pake air keran dah 2 taon sejak service radiator fine fine aja tuh, ga pernah nyentuh garis tengah malah, selalu miring kiri, radiator juga okay2 aja, ga butek kecoklatan.
jadi kalu sen setiap minggu air di reservoir nya ane ganti, itu aja sich, pake air keran fine fine aja..
ilhami wrote:saya sudah bandingkan antara top 1 coolant dengan Toyota Super long life coolant, di kijang kapsul.
Top 1 coolant jarum temperatur lebih cepat naik, dan posisi hampir tegak.
Toyota SLLC posisi jarum lebih miring, mesin lebih "susah" panas.
Air ledeng/sumur, mesin cepat panas, apalagi pakai ac, posisi jarum sudah miring ke kanan. Radiator cepet butek kecoklatan.
DCS Coolant sepertinya posisi tengah-tengah antara top 1 dan toyota SLLC. Tapi DCS coolant rasanya manis, sedangkan Toyota SLLC rasanya agak pahit sepet.
Top1 Coolant 40.000/4 liter
Toyota SLLC 100.000/4 liter
aahhh masa sih oom..?
tokisul ane pake air keran dah 2 taon sejak service radiator fine fine aja tuh, ga pernah nyentuh garis tengah malah, selalu miring kiri, radiator juga okay2 aja, ga butek kecoklatan.
jadi kalu sen setiap minggu air di reservoir nya ane ganti, itu aja sich, pake air keran fine fine aja..
beruntung kamu gan , saya pake di Taft barusan ganti waterpump eh gak sampai seminggu air keran udah kecoklatan
ilhami wrote:saya sudah bandingkan antara top 1 coolant dengan Toyota Super long life coolant, di kijang kapsul.
Top 1 coolant jarum temperatur lebih cepat naik, dan posisi hampir tegak.
Toyota SLLC posisi jarum lebih miring, mesin lebih "susah" panas.
Air ledeng/sumur, mesin cepat panas, apalagi pakai ac, posisi jarum sudah miring ke kanan. Radiator cepet butek kecoklatan.
DCS Coolant sepertinya posisi tengah-tengah antara top 1 dan toyota SLLC. Tapi DCS coolant rasanya manis, sedangkan Toyota SLLC rasanya agak pahit sepet.
Top1 Coolant 40.000/4 liter
Toyota SLLC 100.000/4 liter
aahhh masa sih oom..?
tokisul ane pake air keran dah 2 taon sejak service radiator fine fine aja tuh, ga pernah nyentuh garis tengah malah, selalu miring kiri, radiator juga okay2 aja, ga butek kecoklatan.
jadi kalu sen setiap minggu air di reservoir nya ane ganti, itu aja sich, pake air keran fine fine aja..
beruntung kamu gan , saya pake di Taft barusan ganti waterpump eh gak sampai seminggu air keran udah kecoklatan
Air di reservoir ente ganti kagak seminggu sekali .. ?
kapsul 97 wrote:
Air di reservoir ente ganti kagak seminggu sekali .. ?
Bro kapsul rajin banget ganti air reservoir seminggu sekali.
Ane sih percaya banget sama Toyota Super Long life Coolant. ada yang 3-5 tahun nggak pernah diganti nggak apa-apa tuh.
ipah ane, dari lahir ampe skrg pake yg toyota slcc... uda jalan 5 taon lebih masi so far so good... selang2 dan komponen2 pendingin masi orisinil...
lipina ane malah ane pakein prestone yg warna ijo... tiap taon ganti...
utk kedua mobil diatas, kalo kurang ane tambahin pake air accu yg botol biru...
panther ane pakein prestone yg warna ijo jg... so far so good...
mobil operasional bokap lain nya ane pakein coolant jg so far so good... kcuali yg uda berumur dan tadi nya pake aer ledeng.. rata2 malah pada rembes smua jadi nya... malah ad yg ampe keropos pipa aluminium nya...
kalo ane dulu demen pake coolantnya toyota pas namanya masih LLC, kan skrg namanya udah SLLC udah gk sekentel jaman LLC menurut ane.
skrg ane di kucing ane pakein PRESTONE yang warnanya ijo, tiap kali intip ke lubang tutup radiator selalu masih tampak pekat sampai2 gk bisa liat kisi2nya.
ane demen beli yang lgsg konsentratnya dibanding yang siap pakai, krn gk tau berapa banyak komposisi konsentratnya.
kapsul 97 wrote:
Air di reservoir ente ganti kagak seminggu sekali .. ?
Bro kapsul rajin banget ganti air reservoir seminggu sekali.
Ane sih percaya banget sama Toyota Super Long life Coolant. ada yang 3-5 tahun nggak pernah diganti nggak apa-apa tuh.
Udah kebiasaan bro dari jaman dulu megang bareng mobil bokap, yang rutin dan sering dicek pasti oli sama air radiator, maklum aja bro, mobil tua ;D kalu mobil taon muda or baru mungkin ga sesering itu juga kali ngeceknya ... ;D
kapsul 97 wrote:
Air di reservoir ente ganti kagak seminggu sekali .. ?
Bro kapsul rajin banget ganti air reservoir seminggu sekali.
Ane sih percaya banget sama Toyota Super Long life Coolant. ada yang 3-5 tahun nggak pernah diganti nggak apa-apa tuh.
kalau yang ini saya percaya.
kijang kapsul saya 11 tahun gak ganti air radiator.
pas bongkar, warnanya masih jernih dan merah.
sama sekali gak ada residu karat atau komponen korosi.
kapsul 97 wrote:
Air di reservoir ente ganti kagak seminggu sekali .. ?
Bro kapsul rajin banget ganti air reservoir seminggu sekali.
Ane sih percaya banget sama Toyota Super Long life Coolant. ada yang 3-5 tahun nggak pernah diganti nggak apa-apa tuh.
kalau yang ini saya percaya.
kijang kapsul saya 11 tahun gak ganti air radiator.
pas bongkar, warnanya masih jernih dan merah.
sama sekali gak ada residu karat atau komponen korosi.
Jadi selama 11 taon juga radiator ente ga pernah service/routine maintain gan ... ?
Bro kapsul rajin banget ganti air reservoir seminggu sekali.
Ane sih percaya banget sama Toyota Super Long life Coolant. ada yang 3-5 tahun nggak pernah diganti nggak apa-apa tuh.
kalau yang ini saya percaya.
kijang kapsul saya 11 tahun gak ganti air radiator.
pas bongkar, warnanya masih jernih dan merah.
sama sekali gak ada residu karat atau komponen korosi.
Jadi selama 11 taon juga radiator ente ga pernah service/routine maintain gan ... ?
bukan hanya air radiator aja yang gak pernah ganti.
tapi oli gardan, oli power steering dan minyak rem juga gak pernah ganti.
taunya ganti juga pas nanya2 soal oli mesin di thread oli dan dikasih pencerahan sama sesepuh di sini.
banyak kagetnya da pokoknya.
tapi untung aja gak terjadi apa2 di kijang itu.
yang pasti,setelah semua cairan itu diganti, wah wah... rasanya itu mobil kaya mobil yang beda da kalau dibawa
Dulu waktu ane baru ambil pajero, di radiatornya pake air biasa, trus ane pake coolant, malah bocor waterpumpnya. Setelah ane ganti waterpump, trus pake air biasa.
Eterna dulu setelah turun mesin juga pake air biasa, karena air radiator keruh terus padahal ane kuras tiap minggu, ane ganti pake coolant, akibatnya beberapa pipa dan radiator jd bocor. Setelah diperbaiki lalu pake air biasa lagi, tetap dikuras hampir tiap minggu
Getz jg waktu baru dapet pake air biasa. Sejak ada getz, jadinya eterna dan pajero banyak diemnya di garasi, beberapa bulan lalu ane cek radiator pajero jd timbul serbuk2 karat di air radiatornya, trus ane ganti pake coolant sampe sekarang ngga masalah. Getz juga langsung ane ganti pake coolant, eterna juga ganti pake coolant malah timbul bocor kecil di radiator. Setelah service radiator trus ane ganti coolant sampe sekarang ketiganya ga masalah, padahal yg dipake harian malah eterna sekarang ini.. Ketiganya udah sempet dipake keluar kota, Alhamdulillah ya ga masalah
Coolant emang bagus buat anti karat, bahkan mengikis karat, sampe2 jd bocor, malah bagus ketauan penyakitnya..
Oh ya, ane pake prestone yg 1 galon di ketiganya.. Sekarang udah jalan 6 bulan, sebentar lagi mau ane kuras..