Justru harusnya common rail asep nya lebih tipis dr diesel konvensional om, krn injeksi tinggi. Heran jg ya, baca2 sekilas di forum koq byk mesin common rail kluar asap ato jelaga. Aku pny panther termasuk tipis bgt asepnya, hampir mirip dgn innova. Mungkinkah krn kualitas solar di kotaku lbh bagus yasolar_kerosen wrote:jangan lupa om , kentutnya pasport lebih kencang dari panther secara mesin udah common rail plus turbo
Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
BADAK
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6071
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
-
bivanos88
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
di jakarta sekarang, ane udah cukup sering ngeliat PS yang asep knalpotnya itemm..
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
oalah, nubie kirain cuman buka bonggol hitem tersebut sumpel terus di pasang kembali, ternyata masih ada yang lain ya.Turboman wrote:Nutup EGR bisa nutup yg saluran di bawah intake yg hubungin intake dan EGR cooler, akan lebih baik lagi saluran EGR cooler yg dekat exhaust ditutup juga spy EGR cooler-nya gak kotor.
Kabel ke EGR valve jangan dilepas, krn dikhawatirkan lampu check engine nyala.
Dgn kondisi solar bersulphur tinggi spt di Indonesia ya aplikasi EGR memang gak cocok, kecuali minumnya DEX terus.
lebih baik cari bengkel yang bisa bantu nutupi aja.
ohya, Phoenix di GAC itu lokasinya dimana ya om ? Kalo ke Phoenix pasti mereka sudah tau mana-mana yang harus ditutup.
-
Owen
- Newbie

- Posts: 14
- Joined: Mon Aug 31, 2009 2:55
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Permisi mau tanya , dibantu ya,untuk PS apa jadinya kalau solar dex dicampur ama solar biasa ? sim salabim jadi apa prok prok prok
??
recomended or not recomended ?
suhu
recomended or not recomended ?
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
gak pernah ada masalah, krn solar biasa "poor on additives", jadi netral utk dicampur solar Lux manapun, tapi pilih salah 1 solar lux aja yah, jangan mix dgn 2 macam solar lux yg berbeda.Owen wrote:Permisi mau tanya , dibantu ya,untuk PS apa jadinya kalau solar dex dicampur ama solar biasa ? sim salabim jadi apa prok prok prok??
recomended or not recomended ?suhu
Kalo saya di D4 D selalu isinya : Biosolar 70% + solar lux + racun
* Bukan ajakan Beli *
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
GAC = Gading Auto Centre - Kelp Gading yg ada showroom Mazda itu, sebrangnya Lonte Mart, si ponix di lt 3, bukanya malam di atas jam 7kaos_oblong wrote: lebih baik cari bengkel yang bisa bantu nutupi aja.
ohya, Phoenix di GAC itu lokasinya dimana ya om ? Kalo ke Phoenix pasti mereka sudah tau mana-mana yang harus ditutup.
Kalo bisa ke BeRes utk tutup EGR maka ke BeRes aja, para member POC tahu BeRes yg mana yg bisa.
* Bukan ajakan Beli *
-
Owen
- Newbie

- Posts: 14
- Joined: Mon Aug 31, 2009 2:55
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
kenapa jgn mix 2 solar lux ?Turboman wrote:gak pernah ada masalah, krn solar biasa "poor on additives", jadi netral utk dicampur solar Lux manapun, tapi pilih salah 1 solar lux aja yah, jangan mix dgn 2 macam solar lux yg berbeda.Owen wrote:Permisi mau tanya , dibantu ya,untuk PS apa jadinya kalau solar dex dicampur ama solar biasa ? sim salabim jadi apa prok prok prok??
recomended or not recomended ?suhu
Kalo saya di D4 D selalu isinya : Biosolar 70% + solar lux + racun
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
siapa yang bilang kayak gituhh tadi...????Turboman wrote:
GAC = Gading Auto Centre - Kelp Gading yg ada showroom Mazda itu, sebrangnya Lonte Mart, si ponix di lt 3, bukanya malam di atas jam 7
-cut-

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
OIC, seberang 'quote' Lonte Mart 'quote'.Turboman wrote:GAC = Gading Auto Centre - Kelp Gading yg ada showroom Mazda itu, sebrangnya Lonte Mart, si ponix di lt 3, bukanya malam di atas jam 7kaos_oblong wrote: lebih baik cari bengkel yang bisa bantu nutupi aja.
ohya, Phoenix di GAC itu lokasinya dimana ya om ? Kalo ke Phoenix pasti mereka sudah tau mana-mana yang harus ditutup.
Kalo bisa ke BeRes utk tutup EGR maka ke BeRes aja, para member POC tahu BeRes yg mana yg bisa.
Tapi buat nanya-nanya di milis POC mesti log-in sebagai member.
Apa adakah member POC yang juga member SerayaMotor yang membaca thread ini, bisa bantu informasi BeRes mana yang bisa 'tutup' EGR.
Kemarin ke toko kabel tanyain kabel buat grounding spek '8 AWG' pada gak ngerti, beli nya mesti di toko apa om Turbo ?
Baca ulasan om Turbo di Dino, pencampuran oli 2T kedalam tangki solar untuk pelicin, apakah cara ini juga bisa diterapkan ke Pajero Dakar ? Dosisnya juga sama (200 ml untuk full tank) ?
Terima kasih.
-
poeticmind
- Member of Mechanic Master

- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
itulah... salah satu keraguan saya juga. Terlebih ini mobil perang, jadi ga bisa coba2 yg belum pasti... sementara sudah pake dot4, hanya selang rem braided belum nemu (ntah berapa harganya...) , brake pad saya biarkan dulu karena masih tebal.Turboman wrote:Hati-hati yah um, yg ane lihat percobaan banyak orang rem belakang ganti dari drum ke Disc pake DB ex mobil lain lebih dr 50% yg kurang berhasil ketimbang yg berhasil dgn mulus.poeticmind wrote: memang ada planning utk mengganti sistem rem di belakang jadi discbrake, hanya waktu yg belum dapet.
Kalo sy pribadi lebih suka upgrade sistem rem yg sudah ada spt :
- Pake minyak rem DOT 4 yg high grade
- Selang rem yg braided (saat di rem nggak ngembang)
- Brake pad kemampuan tinggi.

-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Mohon info master-master, niat nubie mo pasang sendiri GC tambahan di Paspor Dakar.
sesuai info dari om Turboman, nubie keliling beberapa toko kabel tapi gak ada yang ngerti tipe kabel '8 AWG'
Ada patokan gak '8 AWG' kira-kira diameter inti kabel (yang tembaga) berapa mm ?
Trus nubie perhatikan 'kabel masa' di mobil ipah bengsin dan paspor, apakah yang dimaksud '8 AWG' sama seperti yang standard dipake di paspor atau ipah ? Kabelnya agak kaku.
Trus kalo pake yang inti kabelnya yang serabut (halus-halus) lebih lentur apa sama efektif nya dengan yang standard (kaku) ?
Mana yang lebih baik untuk dijadikan kabel masa (ground cable) ? Yang kaku atau yang lentur ?
sesuai info dari om Turboman, nubie keliling beberapa toko kabel tapi gak ada yang ngerti tipe kabel '8 AWG'
Ada patokan gak '8 AWG' kira-kira diameter inti kabel (yang tembaga) berapa mm ?
Trus nubie perhatikan 'kabel masa' di mobil ipah bengsin dan paspor, apakah yang dimaksud '8 AWG' sama seperti yang standard dipake di paspor atau ipah ? Kabelnya agak kaku.
Trus kalo pake yang inti kabelnya yang serabut (halus-halus) lebih lentur apa sama efektif nya dengan yang standard (kaku) ?
Mana yang lebih baik untuk dijadikan kabel masa (ground cable) ? Yang kaku atau yang lentur ?
-
solar_kerosen
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3077
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Turboman wrote:GAC = Gading Auto Centre - Kelp Gading yg ada showroom Mazda itu, sebrangnya Lonte Mart, si ponix di lt 3, bukanya malam di atas jam 7kaos_oblong wrote: lebih baik cari bengkel yang bisa bantu nutupi aja.
ohya, Phoenix di GAC itu lokasinya dimana ya om ? Kalo ke Phoenix pasti mereka sudah tau mana-mana yang harus ditutup.
Kalo bisa ke BeRes utk tutup EGR maka ke BeRes aja, para member POC tahu BeRes yg mana yg bisa.
ketahuan Turboman sering main ma cewek gituan kan ..........
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kalo yg jual kabel utk car audio sih pasti ngerti kabel 8 AWG, cari yg lentur aja, trus masang juga kasih toleransi jangan pas2-an panjangnya.kaos_oblong wrote: sesuai info dari om Turboman, nubie keliling beberapa toko kabel tapi gak ada yang ngerti tipe kabel '8 AWG'![]()
Ada patokan gak '8 AWG' kira-kira diameter inti kabel (yang tembaga) berapa mm ?
Trus nubie perhatikan 'kabel masa' di mobil ipah bengsin dan paspor, apakah yang dimaksud '8 AWG' sama seperti yang standard dipake di paspor atau ipah ? Kabelnya agak kaku.
Apa itu AWG bisa dicari di google / wikipedia.
Kalo gak mau ribet bisa ke Jayapura motor - DTMF, di sana udah biasa pasang, tapi nanti utk blok mesin dan alternator gak usah pasang.
* Bukan ajakan Beli *
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
makasih om Turboman, setlh dikasi tau, barusan nubie liat di gugel, size 8 itu diameternya 3 mili-an. Kalo yang lentur berarti pake yang serabut.Turboman wrote:Kalo yg jual kabel utk car audio sih pasti ngerti kabel 8 AWG, cari yg lentur aja, trus masang juga kasih toleransi jangan pas2-an panjangnya.kaos_oblong wrote: sesuai info dari om Turboman, nubie keliling beberapa toko kabel tapi gak ada yang ngerti tipe kabel '8 AWG'![]()
Ada patokan gak '8 AWG' kira-kira diameter inti kabel (yang tembaga) berapa mm ?
Trus nubie perhatikan 'kabel masa' di mobil ipah bengsin dan paspor, apakah yang dimaksud '8 AWG' sama seperti yang standard dipake di paspor atau ipah ? Kabelnya agak kaku.
Apa itu AWG bisa dicari di google / wikipedia.
Kalo gak mau ribet bisa ke Jayapura motor - DTMF, di sana udah biasa pasang, tapi nanti utk blok mesin dan alternator gak usah pasang.
ohya, kalo pasang di Jayapura dc kira-kira kena berapa ya om barusan nubie sudah telpon nanya langsung, makasih? Kalo deket lokasi nubie di Jelambar ada gak tempat pasang GC yg recomended ?
-
m4vericks
- Visitor

- Posts: 1
- Joined: Fri Nov 18, 2011 9:22
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Met kenal,ada yg udah pasang SAG atau sejenisnya? Mohon pencerahannya om turboman,thx
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
SAG = ?m4vericks wrote:Met kenal,ada yg udah pasang SAG atau sejenisnya? Mohon pencerahannya om turboman,thx
* Bukan ajakan Beli *
-
corogot
- Newbie

- Posts: 12
- Joined: Fri Jun 05, 2009 14:07
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).[/quote]
Terimakasih infonya bro Badak
Terimakasih infonya bro Badak
-
psd4d56
- Visitor

- Posts: 7
- Joined: Tue Nov 08, 2011 12:29
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
sundul ke atas....

-
watefak
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 54
- Joined: Sun Sep 18, 2011 15:35
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Oli yang bagus untuk PS merk apa ya bro?sama kekentalan brp ya
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
cari yg harga berapa per Liternya ?watefak wrote:Oli yang bagus untuk PS merk apa ya bro?sama kekentalan brp ya
* Bukan ajakan Beli *
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
om Turbo, Lokasi ECU adanya disamping kiri bawah laci dashboard bukan ? GC untuk ke ECU kabelnya harus ditembusin ke dalam kabin ya ? Sebaiknya dilewatin dari mana ? Mohon info, kalo ada dengan fotonya 
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Lewat seal karet di firewall.kaos_oblong wrote:om Turbo, Lokasi ECU adanya disamping kiri bawah laci dashboard bukan ? GC untuk ke ECU kabelnya harus ditembusin ke dalam kabin ya ? Sebaiknya dilewatin dari mana ? Mohon info, kalo ada dengan fotonya
Kalo dirasa repot maka yg ECU boleh di skip dulu, sampai nanti ketemu bengkel yg ahli utk masang
di Jayapura - DTMF atau Ponix - GAC bisa pasang ke bracket ECU.
* Bukan ajakan Beli *
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Turboman wrote:Lewat seal karet di firewall.kaos_oblong wrote:om Turbo, Lokasi ECU adanya disamping kiri bawah laci dashboard bukan ? GC untuk ke ECU kabelnya harus ditembusin ke dalam kabin ya ? Sebaiknya dilewatin dari mana ? Mohon info, kalo ada dengan fotonya
Kalo dirasa repot maka yg ECU boleh di skip dulu, sampai nanti ketemu bengkel yg ahli utk masang
di Jayapura - DTMF atau Ponix - GAC bisa pasang ke bracket ECU.
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Nubie mohon petunjuk prosedur untuk buka dan pasang kembali aki mobil Pajero Sport, memang kelihatan sepele tapi takutnya ada step-step yang harus di ikuti.
- apa yang harus kita perhatikan ? Urutan (step-step)-nya ?
- berapa lama noleh kita biarkan mobil tanpa aki ?
- setelah dipasang kembali apakah ECU akan ter-'reset' ? Bila iya, apa akan meyebabkan mobil gak bisa di hidupkan ?
- apabila setelah dipasang kembali, mobil gak bisa hidup, apa yang harus kita lakukan ?
- prosedur yang harus di-ikuti supaya mobil gak bermasalah (gak bisa hidup) ? Bila iya, boleh di info ?
Terima kasih sebelumnya.

- apa yang harus kita perhatikan ? Urutan (step-step)-nya ?
- berapa lama noleh kita biarkan mobil tanpa aki ?
- setelah dipasang kembali apakah ECU akan ter-'reset' ? Bila iya, apa akan meyebabkan mobil gak bisa di hidupkan ?
- apabila setelah dipasang kembali, mobil gak bisa hidup, apa yang harus kita lakukan ?
- prosedur yang harus di-ikuti supaya mobil gak bermasalah (gak bisa hidup) ? Bila iya, boleh di info ?
Terima kasih sebelumnya.
-
kaos_oblong
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Sabtu kemaren, pasang sendiri Ground Cable (GC), cuman dapat di 3 titik, Throtle Body, Gear Box dan ECU.
Pake kabel 6AG (tertulis begitu di kabelnya)
Terasa bedanya sebelum dan sesudah pasang seperti kata om Turbo (ada bedanya
), respons (akselerasi) lebih cepat dan terasa lebih enteng.
Cuman, masih ada 1 titik yang belum terpasang, yaitu Injector Pump (IP), terdapat 2 buah baut (ukuran M8) yang ngiket body IP ke mesin, letaknya nyempil, sehingga kunci ring/pas susah membukanya.
Trus saya lihat ada bracket buat tube untuk saluran solar ke IP, cuman bracketnya bukan dimounting ke IP dan antara bracket dengan tube terdapat karet pelindung sehingga tube tidak terhubung langsung ke bracket, jadinya ragu mo pasang di bracketnya.
Bagi Pajeroers yang sudah pasang GC, boleh info posisi manakah yang memungkinkan lagi dipasang GC untuk Injector Pump ?
Pake kabel 6AG (tertulis begitu di kabelnya)
Terasa bedanya sebelum dan sesudah pasang seperti kata om Turbo (ada bedanya
Cuman, masih ada 1 titik yang belum terpasang, yaitu Injector Pump (IP), terdapat 2 buah baut (ukuran M8) yang ngiket body IP ke mesin, letaknya nyempil, sehingga kunci ring/pas susah membukanya.
Trus saya lihat ada bracket buat tube untuk saluran solar ke IP, cuman bracketnya bukan dimounting ke IP dan antara bracket dengan tube terdapat karet pelindung sehingga tube tidak terhubung langsung ke bracket, jadinya ragu mo pasang di bracketnya.
Bagi Pajeroers yang sudah pasang GC, boleh info posisi manakah yang memungkinkan lagi dipasang GC untuk Injector Pump ?

