2011 Captiva Diesel

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by solar_kerosen »

shochu wrote:
evolution21 wrote:hehe tapi mendingan ngikutin spek bbm kita aja kan
drpd euro5 / 6 tapi bbm ga cukup bagus hingga banyak timbul masalah..? :mky_04:

btw solar subsidi kita itu pantesnya utk euro brapa tau ga? :e-think:
standar produksi mesin diesel dunia udah sampai euro5-6, masa solar paling 'ekslusif' kita cuma euro2?
solar subsidi euro minus bro, hehe.. :)

ini juga kenapa injector sering problem, akhirnya rembet kemana2
diesel ga bisa irit, gimana mau irit kalo mutu bbm nya segitu doang

kemajuan teknologi mesin diesel udah lompat jauh sekali,
sayang indonesia ga bisa nikmatin kan?
sampai beberapa produsen ga mau jualan mesin diesel karena alasan klasik gini, ketakutan dicomplain mesin brodol :(
ada KUE yg sangat besar dinikmati oleh para pejabat pak dibalik SUBSIDI BBM ,makanya di ulur ulur waktu kompetisi global penjualan minyak , 5 tahun ke depan saya lihat tidak ada perubahan pemerintah pasti tetap mempertahankan minyak solar premium murah mereka dengan alasan rakyat bisa marah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by ak4ng »

btw knp si yg bensin vs diesel launchingnya dipisah2??? pdhal kan sama saja???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by dieselkiki »

Kalo gak salah ada yang M/T nya juga. Pernah baca di detik ato viva diesel baru ini yang AT katanya 360jt, MT 10jt dibwahnya. Hudah beli mobil segini mahal masak gak mampu beli dex.. kalo gak ketemu dek ya jangan beli. Kmaren lalu beli solar di sebelah ane ngeliat camry 2.4v diisi premium, kalo diliat dari pitecantropus-nya seh pmiliknya, bukan drivernya, pake kacemuke item, tipikal metroseksual 40 something puber kedua :mky_01: :mky_01:

hiperbolanya : camry bilang please help me, mobil ane bilang cari majikan lain lah :weekk:
- faith humanity freedom -
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by shochu »

dieselkiki wrote:Pernah baca di detik ato viva diesel baru ini yang AT katanya 360jt, MT 10jt dibwahnya. Hudah beli mobil segini mahal masak gak mampu beli dex.. kalo gak ketemu dek ya jangan beli.

hiperbolanya : camry bilang please help me, mobil ane bilang cari majikan lain lah :weekk:
specnya kan euro5
pertamina dex cuma euro2

punya uang beli dex juga tetep jauh dibawah standar kan?
ini lah yg saya bilang dari tadi2, bukannya ga mampu beli dex
tapi dex juga udah termasuk 'busuk' untuk diesel injection engine jaman sekarang
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

baru tau nih dex aja cuman support euro2
kalo bio solar, shell, total, petronas masing support euro brapa?

tapi toyota dyna ane yg taun 2006 aja di speknya udah euro2
minum jelas cuman bio solar aja dengan perawatan minim, sektor mesin ya ga ada masalah sih
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by surya »

Ane baru deal beli new Captiva Diesel. Besok bayar SPK. I hope a good car :D
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

deal di harga brapa?
ada bonus2 apa aja?
mklasse
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by mklasse »

Captiva diesel facelift denger2 ga ada steering wheel audio control ya? apa bener?
shochu wrote:
specnya kan euro5
pertamina dex cuma euro2

punya uang beli dex juga tetep jauh dibawah standar kan?
ini lah yg saya bilang dari tadi2, bukannya ga mampu beli dex
tapi dex juga udah termasuk 'busuk' untuk diesel injection engine jaman sekarang
Yang lebih sakitnya itu hrs ngeluarin duit 11-12rb-an per liter untuk DEX yg kualitasnya masih euro2 (sulfur < 500ppm). Bandingin aja sama negara tetangga kita Singapura yg udah pakai spec euro4 (sulfur < 50ppm) untuk bahan bakar dieselnya, dan harganya sama di 11rb-an per liter (kurs 7000). Nah, parahnya lagi.. Indonesia itu negara penghasil minyak, Singapura itu bukan :drinking:
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by surya »

evolution21 wrote:deal di harga brapa?
ada bonus2 apa aja?
Deal di harga 355 jt, bonusnya cuma kaca film :D
Cuma masih agak bingung dengan solarnya, emang harus yang euro4 or 5 kah?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

kalo liat postingan diatas bahkan dex pun baru mencapai euro2
jadi kalo mau euro5 solarnya mesti beli di singapur :mky_01:

mesti tanya yg jelas lg di dealer aja pak
mklasse
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by mklasse »

evolution21 wrote:kalo liat postingan diatas bahkan dex pun baru mencapai euro2
jadi kalo mau euro5 solarnya mesti beli di singapur :mky_01:

mesti tanya yg jelas lg di dealer aja pak
Aman lah pakai DEX ato solar2 merk asing, toh bmw jg mesin2 dieselnya kategori euro5 tapi dari bmw indonesia sendiri direkomendasikan pakai DEX/Total/Shell/Petronas. Mungkin untuk pasar indonesia ada penyesuaian juga.. mungkin.. mungkin saja tidak :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by zweifellos »

apakah memang mesin diesel (teknologi) baru/terbaru WAJIB pake standard euro 5/6? (wajib disini maksudnya kalau tak pake itu bakal terjadi efek2 negatif yang signifikan terhadap mesin, termasuk penurunan performa yang signifikan)? kalo ada artikel yang membahas bahwa mesin diesel baru kaya CRD dkk emang wajib pake bbm dengan standard euro 5-6, sharing ya om. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by Xous »

Prod knowledge kpd konsumen sptnya perlu bgt d sampaikan kpd kastemer neh, wong DEX saja saya pesimis apalagi isi solar biasa, ngeri juga spek si captiva baru.
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by surya »

evolution21 wrote:kalo liat postingan diatas bahkan dex pun baru mencapai euro2
jadi kalo mau euro5 solarnya mesti beli di singapur :mky_01:

mesti tanya yg jelas lg di dealer aja pak
Kalo dealer sih bilang solar biasa aja bisa, asalkan maintenance schedule nya dipatuhi. But I really doubt about it, just doesn't make sense :D
Kalau Dex pun masih euro2, bisa pusing kalau mau keluar kota... :e-think:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by roadtrain99 »

pengalaman dgn captiva diesel 2.0 lama (yg seharusnya pakai dex/shell/total) hampir 45rb km dengan (kebanyakkan) bio diesel, kadang campur additif, selama ini masih baik dan kencang.

seperti yang udah sering di bahas di thread share captiva part 1, 2 & 3, yang penting perawatan berkala, oli sae sesuai anjuran pabrik dan tiap 15rb km atau sesuai inspeksi dealer tanki dikuras.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by ilhami »

Kalau niat beli saya masih gampang cari pertadex. Di spbu sepanjang jalur utama banyak tersedia Pertadex kemasan.
Kalau beli oli cari yang 100 ribu per liter. Kalau solarnya kenapa pake yang murahan dan sulphur tinggi dan oplos air, lumpur dan bakteri?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

roadtrain99 wrote:pengalaman dgn captiva diesel 2.0 lama (yg seharusnya pakai dex/shell/total) hampir 45rb km dengan (kebanyakkan) bio diesel, kadang campur additif, selama ini masih baik dan kencang.

seperti yang udah sering di bahas di thread share captiva part 1, 2 & 3, yang penting perawatan berkala, oli sae sesuai anjuran pabrik dan tiap 15rb km atau sesuai inspeksi dealer tanki dikuras.
untuk rutinitas penting utk diesel canggih agar selalu sehat :
kuras tangki
ganti filter udara, solar
purging, injector cleaner..
masi ada yg lainnya?

kalo boleh tau masing2 biayanya brapa ya?
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by bivanos88 »

evolution21 wrote: untuk rutinitas penting utk diesel canggih agar selalu sehat :
kuras tangki
ganti filter udara, solar
purging, injector cleaner..
masi ada yg lainnya?

kalo boleh tau masing2 biayanya brapa ya?
Filter Solar 380rb hrg beres
Filter Oli 120rb harga PMK
Filter Udara 130rb harga PMK
Filter solar 310rb harga PMK
kuras tangki 150rb-200rb tergantung bengkel
purging 250rb di GBT


CMIIW

liat di forum agan-agan sebelah, ada yang foto tutup olinya..
Image

spesifikasi mesin naik, oli yang dipake juga ga main-main.. mintanya 5w-30
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

bivanos88 wrote:
evolution21 wrote: untuk rutinitas penting utk diesel canggih agar selalu sehat :
kuras tangki
ganti filter udara, solar
purging, injector cleaner..
masi ada yg lainnya?

kalo boleh tau masing2 biayanya brapa ya?
Filter Solar 380rb hrg beres
Filter Oli 120rb harga PMK
Filter Udara 130rb harga PMK
Filter solar 310rb harga PMK
kuras tangki 150rb-200rb tergantung bengkel
purging 250rb di GBT


CMIIW
liat di forum agan-agan sebelah, ada yang foto tutup olinya..
spesifikasi mesin naik, oli yang dipake juga ga main-main.. mintanya 5w-30
filter solarnya mahal amit ya
kalo filter oli sedikit kemahalan jg
filter udaranya yg murah tuh
kalo kuras tangki cukup murah jg, di captiva mudah ya pengerjaannya? butuh brapa lama? kadang kan ada tu mobil yg tangkinya sangat merepotkan kalo dibuka, hingga biaya kuras tangki sangat tinggi.

oli 5w-30 biasa harga perliternya brapa pak? captiva butuhnya 5liter aja kan?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by roadtrain99 »

enaknya mungkin:
air filter pake k&n krn bisa dicuci, pas service (kalo masih masa garansi) pasang yg standard lagi.
oli captiva diesel lama pake 6ltr, ga tau kalo spec oil yg baru.
pertadex barusan nanya, kira 12rb/liter.
purging kalo ga salah inget di rev sekitar 175rb? udah dpt 1 liquimoly, kalo ga salah.
kuras tanki di dealer lupa, tp kayaknya ga mahal2 bener.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by solar_kerosen »

Pertadex harganya 11 ribu walah yah mending ambil mobil bisa minum pertamax deh , jebol juga kalau seliternya 11 ribu :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by bivanos88 »

evolution21 wrote:filter solarnya mahal amit ya
kalo filter oli sedikit kemahalan jg
filter udaranya yg murah tuh
kalo kuras tangki cukup murah jg, di captiva mudah ya pengerjaannya? butuh brapa lama? kadang kan ada tu mobil yg tangkinya sangat merepotkan kalo dibuka, hingga biaya kuras tangki sangat tinggi.

oli 5w-30 biasa harga perliternya brapa pak? captiva butuhnya 5liter aja kan?
itu untuk tipe yg lama nya ya.. kl yg vcdi baru karena udah beda mesin, kemungkinan ada perbedaan harga jg.. karena gk punya captiva jd gk bisa bantu lebih detail lagi..

oli mesin diesel yg 5w-30 ada amsoil HDD.. untuk harga saya juga kurang tau..

cmiiw
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by evolution21 »

ya oli diesel 5w-30 harganya lumayan tinggi ane barusan ngecek
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by roadtrain99 »

asumsi sy, kalo dealer atpm udah berani jual diesel ribet kayak captiva gini, mereka paling tidak udah melakukan adjustment di mesinnya supaya cocok sama sikon solar lokal atau mungkin juga nyiapin cara2 mengatasi nya kalo terjadi problem.

krn blm tentu tiap jalan ada pertadex/solar non subsidi, mereka pasti udah mikirin itu jg, bagaimana kalo kendaraan ini di bawa ke daerah kecil dll...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: 2011 Captiva Diesel

Post by solar_kerosen »

roadtrain99 wrote:asumsi sy, kalo dealer atpm udah berani jual diesel ribet kayak captiva gini, mereka paling tidak udah melakukan adjustment di mesinnya supaya cocok sama sikon solar lokal atau mungkin juga nyiapin cara2 mengatasi nya kalo terjadi problem.

krn blm tentu tiap jalan ada pertadex/solar non subsidi, mereka pasti udah mikirin itu jg, bagaimana kalo kendaraan ini di bawa ke daerah kecil dll...

dipake sih bisa gan cuma umur 3 tahunan , ini berarti udah masuk kelas ekonomi menengah atas yah deposito 50Man lah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun