Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr_mytplx »

laporan lg...topik konsumsi bbm setelah gant DP, air filter, dan di purging...blum sempet tambah ring at baut waste gate...

rute 1...jalur semarang solo tawangmangu...
total melahap 660 km...dengan 240 km di rute semarang solo tawangmangu balik lg semarang...sisanya dalkot semarang...konsumsi bm 12,7 km/l

rute 2...jalur semarang indramayu cikamurang subang purwakarta jakarta...
total melahap 1130 km...sempet kena macet di cikamurang...ada perbaikan jalan...kena jam macet orang pulang kantor di jakarta jg...trus pas balik macet lg di indramayu...ada jembatan lg di perbaiki...total beli bbm 450rb...sampe semarang lg masih sisa separo tangki...jadi y kira2 konsumsi bbm nya sekitar 14km/l

jd kesimpulannya penggantian DP n air filter tidak membuat boros konnsumsi bbm...n yg jelas tarikan lebih mak nyos... :)
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

ikut laporan juga. Setelah ganti DP Kansai+Air Filter K&N+Pivot Mega Raizin+Ground Cable. Oli mesin pake FK pulse GT 10w40+Bio solar oplos dex 50%.
Perjalanan surabaya denpasar habis 150rb. Perjalanan lancar banget(1:14)+ngebut(8jam).
Setelah keliling pulau dewata+macet2 parah setiap pulang ke hotel dapetnya 1:9an.
Pulangnya perjalanan kuta surabaya ditempuh dlm 13jam masih dapat 1:12.
Catatan dlm perjlnan hanya ditemukan solar dex dlm jeriken (150rb/10liter) sehingga ipahnya hrs minum bio solar.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

ak4ng wrote:om turbo..... kl mau knalpot full dr depan ampe blakang kira2 brp??
Tergantung bikinan mana / bikinan siapa
* Bukan ajakan Beli *
ndnd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Jan 15, 2009 15:53

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ndnd »

Om turboman, kalo mau bikin dp itu yang paling cocok otu 3" kan? Dan mau nanya 1 lagi kalau ganti dp itu harus diikuti ganti pipa sampai belakang atau tidak ya?
User avatar
kucing_garong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Oct 25, 2011 8:42

Re: Kijang Innova D-4D

Post by kucing_garong »

need help...

ane rencana mau beli ipah D4D A/T bekas...nah kemaren udh sempet coba2 cuman koq ada yg aneh ya...
wkt udh nyalain mesin, trs pas pindahin gigi dari P ke D kerasa nyentak (duk!)...pdhl pedal rem masih diinjek :ungg:
nah wkt pindah dari D ke R juga kerasa (duk!) lagi.... P ke R juga gitu tetep

akhirnya saking bingung nyobain jg yg bensin A/T....lha...koq sama aja?

oh ya, mobil yg dicoba keluaran 2008 (facelift) sama 2009...

kira2 kenapa ya? :ungg:

oh ya...salam kenal buat semuanya

ane nubie disini :big_peace:
JdMLoveRS
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Nov 02, 2011 11:06

Re: Kijang Innova D-4D

Post by JdMLoveRS »

pagi master" disini..
kebetulan baru ambil ipah d4d v a/t..
pgn bgt ganti DP...kilometer baru 1200km an...
ganti skrg ato nanti" yah?
SAKI harus beli 1 set yah..buset..jatuhnya bisa mahal bgt tuh..hehehe..
ama mo ganti air filter deh..

saya di surabaya..
ada yang tau edwin motor di sebelah GUT?
dulu sempet pake yang g m/t d4d juga..
di tune up special ama dia dgn janji tarikan galak...
emang sih..ongkosnya 350rb...
cuma saya lupa ngapain aja...
yang inget sih..setting turbo, cuma mainin baut kyknya...itu turbo/TB?
ama bagian pedal pernya ada yang dipotong..biar responsif gasnya..

berhubung ini mobil baru...saya agak takut bawa kesana..bukan gimana" kan sayang kalo terlanjur dieksekusi dan kuar uang segitu, ternyata ada cara lain yang lebih murah...#ngiritmodeon

kalo di GUT disaranin pake shock belakang merk ALKO dan pasang dastek q+ komplit yang jatuhnya 7,4 juta kira"...

shock merk ALCO sih manteb emang,tp agak keras bantingannya..

jadi intinya nih mobil nanti desember bakal dipake vacation ke Bali dari Surabaya...yang prioritas diapain dulu yah...biar bawanya enak luar kota gt...

thanks in advance... :mky_02:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Nightster Guy »

Hehehehe....

Edwin Motor yang di jalan masuk sebelah GUT y bro? Overall gimana hasil kerjanya keseluruhan saat ente jadi pasiennya tempo hari itu, dibanding dana yang dikeluarkan? Thanx.

Dasar OB, orang nanya malah ditanya balik.... :big_slap:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

1. Beli dari Kansai kalo gak salah bisa DP nya aja, tapi ganti 1 set sih worthed lah SAKI punya.

2. Mintakan deskripsi apa2 aja yg dkerjakan, jangan terima beres aja.

3. pastikan itu apa

4. Jangan pernah lakukan ini, sangat berisiko.

5. Kalo shock std masih bagus ngapain pakai ALKO ??

6. Alko hitam itu empuk

7. Bisa consider pasang UnderBrace dulu.
JdMLoveRS wrote: 1. SAKI harus beli 1 set yah..buset..jatuhnya bisa mahal bgt tuh..hehehe..
ama mo ganti air filter deh..

saya di surabaya..
ada yang tau edwin motor di sebelah GUT?
dulu sempet pake yang g m/t d4d juga..
2. di tune up special ama dia dgn janji tarikan galak...
emang sih..ongkosnya 350rb...
cuma saya lupa ngapain aja...
3. yang inget sih..setting turbo, cuma mainin baut kyknya...itu turbo/TB?
4., ama bagian pedal pernya ada yang dipotong..biar responsif gasnya..

5. kalo di GUT disaranin pake shock belakang merk ALKO dan pasang dastek q+ komplit yang jatuhnya 7,4 juta kira"...

6. shock merk ALCO sih manteb emang,tp agak keras bantingannya..

7. jadi intinya nih mobil nanti desember bakal dipake vacation ke Bali dari Surabaya...yang prioritas diapain dulu yah...biar bawanya enak luar kota gt...
* Bukan ajakan Beli *
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

bengkel yang nerima purging di daerah jakarta selatan dimana ya? dari hasil googling sih dah nemu dikit.. tp pada jauh bgt dr rumah dan kantor gue..
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

tesna wrote:bengkel yang nerima purging di daerah jakarta selatan dimana ya? dari hasil googling sih dah nemu dikit.. tp pada jauh bgt dr rumah dan kantor gue..
ada listnya di forum mesin diesel (my signature), di bagian Blog, artikel ttg Purging

Btw Purging dilakukan hanya setahun atau 1,5 tahun sekali, jadi yah ambil waktu aja pas hari Sabtu gitu

Nanti kalo dah tahu caranya purging bisa dilakukan sendiri.
* Bukan ajakan Beli *
JdMLoveRS
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Nov 02, 2011 11:06

Re: Kijang Innova D-4D

Post by JdMLoveRS »

@nightster guy :
yaa justru itu yang mau saya tanyakan boss...item pengerjaannya apa aja lupa...
mo kesana males juga...soalnya om nya yg satu itu kalo nawarin macem" maut...hahahaha...

@turbo man..
jadi pasang underbrace yah?
sementara ganti DP,air filter dan underbrace?
gitukah ?hehehe...
JdMLoveRS
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Nov 02, 2011 11:06

Re: Kijang Innova D-4D

Post by JdMLoveRS »

Hari ini udah ganti dp kansai di sby..
PengerjAan cpt bgt soalnya PnP..biaya 1,553 udah instalasi..tarikan emang beda sih..lbh responsif..Fc blom tau neh..hehehe..
Bulan dpn pgn ganti center pipe..ma lagi cari" air filter juga..di kansai harganya 951rb bok..
So far puas..

yg masih menjadi pertanyaan...garansi gugur gak yah?hehehe...
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

Turboman wrote:
tesna wrote:bengkel yang nerima purging di daerah jakarta selatan dimana ya? dari hasil googling sih dah nemu dikit.. tp pada jauh bgt dr rumah dan kantor gue..
ada listnya di forum mesin diesel (my signature), di bagian Blog, artikel ttg Purging

Btw Purging dilakukan hanya setahun atau 1,5 tahun sekali, jadi yah ambil waktu aja pas hari Sabtu gitu

Nanti kalo dah tahu caranya purging bisa dilakukan sendiri.
ah.. ternyata di Toda radio dalam bisa tho.. thanksss :)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

mo laporan ah.. akhirnya jadi purging juga, tapi jadinya bukan di toda sih, di rev enginering. hasilnya: puassssss.. suara mesin jadi jauh lebih halus dari segi suara maupun getarannya dan tarikan jadi enteng.. tadi selain purging sekalian ganti filter solar juga sih.. tp akhirnya jadi tau cara purging ternyata mudah ya.. abis ini sih bisa dilakukan sendiri.. cuman modal tang aja buat buka clip selangnya :)

tapi ada masalah baru nih, montirnya bilang klo seal yang ada di selang injektornya dah harus diganti.. fuel nya jadi ada leak sedikit.. tadinya sih gue bilang ganti aja deh sekalian, tapi dia bilang waduh ini sih harus dari pagi, ga sempet klo udah sore gini.. trus barangnya juga ga ready di bengkel, harus order dulu...

oh well, maybe next time. Ada yang udah pengalaman ganti seal injektor/fuel line? tadi nelfon toko sparepart langganan di dutamas fatmawati dia malah ga tau menahu soal seal itu.. katanya bawa aja contohnya..
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

tesna wrote: tapi ada masalah baru nih, montirnya bilang klo seal yang ada di selang injektornya dah harus diganti.. fuel nya jadi ada leak sedikit.. tadinya sih gue bilang ganti aja deh sekalian, tapi dia bilang waduh ini sih harus dari pagi, ga sempet klo udah sore gini.. trus barangnya juga ga ready di bengkel, harus order dulu...
Ke bengkel Auto 2000 Puri Indah ketemu pak Adhi W. bilang aja tahu dari Innova Community, minta di cek benar gak hal tsb.

Bongkar fuel line / Injector D4 D memang agak ribet pak, jadi sebaiknya ke bengkel yg ahli.
* Bukan ajakan Beli *
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

akhirnya nemu juga nih toko onderdil di dutamas yang jual seal injektor buat innova diesel.. 30 ribu / pcs.. total ada 4. Sempet ragu sih karena montir bengkel ane yg sebelum nya (yang bilang seal injektornya bocor) ktnya seal nya ada 8 (masing2 injektor 2 biji). Tapi ane dikasih liat diagram sparepart di toko sparepart toyota yang jual yakin cuman ada 4 (1 per injektor).

Tapi.. gitu tanya montir tokonya.. dia ga berani pasang karena belum pernah *braks.. masa harus ke beres ya?? mau balik ke bengkel yg pertama montirnya aja bilang ada 8 biji :mky_05:

ada service manual nya ga sih buat innova diesel? lama2 bongkar sendiri juga deh nih
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Online service manual utk D4 D :
http://toyota.esealtd.com/toyota/hilux/index2.html

Kalo online parts catalogue :
www.toyodiy.com

Ganti seal Injector bisa ke Phoenix - GAC (buka-nya malam) atau ke A2K Puri Indah, ketemu dgn pak Adhi.
* Bukan ajakan Beli *
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

Turboman wrote:Online service manual utk D4 D :
http://toyota.esealtd.com/toyota/hilux/index2.html

Kalo online parts catalogue :
http://www.toyodiy.com

Ganti seal Injector bisa ke Phoenix - GAC (buka-nya malam) atau ke A2K Puri Indah, ketemu dgn pak Adhi.
Om turboman is the best! link diatas SANGAT informatif sekali :) Terimakasih om.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

update.. akhirnya diganti juga injector seal nya :)


seal yang sudah rusak:
Image

jelas aja bocor wong udah pecah gitu.. tapi gw pikir.. LOH!! patahannya kemana!??! dibuka cover head nya dah diubek2 ga nemu juga...
Image

kira2 kemana ya itu patahannya? udah blend jadi 1 ama oli ato udah terbakar di ruang bakar yah :e-think:

anyway.. setelah itu dipasang lagi.. plus paking head baru nya.. sempet ada masalah pas mau nyalain mesin nya lagi.. ga mo idup2.. kayanya masuk angin.. sampe aki nya jadi soak :e-doh: jumper mobil sebelah.. dicoba berkali2.. di pompaberkali2.. akhirnya hidup juga.... dan tidak terlihat lagi kebocoran solar itu :)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

@ um tesna :
Oli mesinnya lgs ganti aja sekalian.
* Bukan ajakan Beli *
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

Turboman wrote:@ um tesna :
Oli mesinnya lgs ganti aja sekalian.
oli mesinnya lumayan baru koq baru jalan sekitar 2000km. Pas baru ambil ini kijang langsung diganti olinya sekitar 1-2 bln yg lalu. emangnya udah kelihatan jelek ya dr foto? olinya oli artis yg 10w-30 sih.. abis di bengkel langganan yang ber spek CI-4 cuman itu.. jadi saya pikir coba aja deh... pinginnya sih pake oli full synt.. tapi berhubung ini minumnya 6 liter lebih, mayan berasa juga klo ganti oli.. wkwkwkkw

klo oli artis itu kurang recommended oli apa kira2 yang kelas semi synt yg bagus ya om?
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Lha itu seal injector rusak, kan ada solar rembes ke.........you know where

Buat jaga2 oli mesin lgs ganti aja
* Bukan ajakan Beli *
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

ah iya :mky_01: om turboman bener juga ya.... maklum nyubie.. hiihihi.. okkkk langsung ganti segera :)

oh iya, tadi akhirnya di test drive (tadi mobil dibiarinin di bengkel sampe jam pulang kantor). Menurut perasaan sy yg nyubie ini.. getaran dan suara mesin terasa jauh lebih halus, terutama pas idle. Sebelum nya sy yakin bgt klo pas idle agak getar dikit di dalem kabin, sampe kepikiran utk ganti engine mounting. Tapi sekarang, waw getarannya sangat jauh berkurang :) hampir kaya mobil bensiin lah. Analisa sy yg nyubie ini mungkin karena sekarang fuel rail nya udah ngga udah nggak ada leak, campuran AFR nya bisa sangat tepat. Tadi sampe matiin musik di tengah kemacetan merhatiin suara dan getaran mesinnya hahaha.

Soal tarikan sih belum coba, rute kantor ke rumah cukup dekat, dan pada jam rush hour sangat tidak memungkinkan buat gas pol. Konsumsi bbm harusnya bisa lebih baik ya secara pembakaran sekarang lebih baik.

Akhirnya lega juga sih, setelah beresin kaki2, mesin skrg akhirnya beres juga.. (tongpes juga nih)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by foomy »

@tesna: wah, congrats ya bro. Sesudah diganti yg rusak, selain udah ga bocor malah dapet bonus mesin jadi lebih halus. Pasti puas dan lega rasanya. Tongpes ga masalah. Kalo tongpes tapi masalah ga kelar2, baru tuh bisa stress.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

@foomy, iyaa lega rasanya udah mendingan...

tapi ada update berita baru nih... wiken kmaren saya naik tol (dalem kota aja sih) dan bejek gas sedikit (ngetes tarikan) tp yang saya rasakan koq tarikannya koq kurang enak ya... dan koq pas idle getarannya balik lagi jadi seperti dulu sebelum ganti seal injektor.

sampe rumah penasaran.. dibuka lah kap mesin.. dan ternyata ada rembesan solar di salah satu injektor dan di deket fuel pump nya :e-think: Tapi bocor nya beda.. kalau sebelum nya bocornya berupa spray/asap.. sekarang bocornya lebih mendekat ke tetesan.. karena sy lihat ada sedikit genangan solar di deket situ.

Saya pikir apa iya harusnya ada seal di selang besi solar itu? sebelum pergi ke bengkel tempat dikerjain iseng dulu ke toko sparepart nanya2. Katanya sih nggak ada seal2 gitu. Sekalian nanya harga injektor itu brapa sih misalnya klo rusak.. ternyata oh ternyata.. 7jt-an! trus saya jawab.. oh.. 7 juta 4? kt mbaknya.. nggak.. 7 juta 1 pcs!.. saya yang.. WHAT?!?!?! :big_slap: apa iya harganya segitu? koq mahal sekali ya.. perasaan di forum tetangga ada yg jual uprated injektor bisa sampe 300hp+ 6 jt-an apa ya 1 set.... apa salah liat ya...

anyway, back to topic awal.. alhasil ke bengkel yang pertama ngerjain.. trus kt montirnya coba saya rapetin dulu.. mungkin kmaren pas buang angin ada yang kurang kenceng.. trus di kenceng2in lah sm dia.. dan ternyata msh ada yg bisa diputer dikit.. dan semuanya dibersihkan biar nanti klo ada bocor tambahan ketauan.

Lets see deh dalam beberapa hari msh bocor apa ngga... :e-pray:
W212 M272 '10
AN140 2GD '18