Itu hampir mirip kasusnya dengan jaman dulu taon 90-an, maap OOTnya terlalu dikit....
Inget gag, dulu jaman Malaysia memasarkan Suzuki RG-sports 110? Di Indonesia kan pada ngarep2 tuh supaya RG-Sports diproduksi disini buat ngalahin dominasi V-110 (Force1 110cc)? Karena speknya terbilang dahsyat: Mesin tegak 50 derajat, masih Jet Cooled, 2 tak, shock belakangnya Monoshock, Twin tube frame, plus tachometer!
Tapi apa yang terjadi?
Sijuki Indonesia hanya menelurkan Tornado GS 110cc yang bermesin Crystal Tune 110cc, rangka nya masih rangka Crystal, Knalpot racing, tapi shock belakang ganda dan berbodi RG Sports....

Paraaah, parah...
Mana abis itu, malah menelurkan Tornado GX 100cc yang mesinnya punya Suzuki RC-Bravo 100cc, chassis masih punya Cyrstal , dan rem depan tromol, dan knalpot lurus..
Baru deh setelah Yamaha meneruskan generasi F1-Z dengan F1-ZR yang berkopling tangan tapi maho

, Sijuki menghajar balik dengan RG-Sports, tapi dengan cc lebih gede: 120cc, minus Tachometer di batok spido nya, 5 speed, TANPA kopling tangan: Satria 120S. Bbrp tahun kemudian, keluar Satria 120R, dengan konfig lebih dahsyat:Kopling tangan asli, 6 speed, tachometer. Satria terakhir model hiu, dengan tambahan rem cakram belakang.
So, ngga heran kalo di negara lain edar tapi disini ngga dimasukin. Bisa jadi karena memang disini konsumennya belom siap. Inget Yamaha Champ 100cc bermesin Alfa IIR dan Sijuki Sprinter bermesin RC-Bravo yang ber shock depan a la Satria F150? Gatot. konsumen belom siap dengan model baru begitu..
Oh iya, kurag nambahin. Di kubu Yamaha 2 tak, sempet masarin Yamaha 125Z, Yamaha Tiara (kayaknya IU yah) dan Yamaha TZM 150cc. Kurang dahsyat apa coba duet motor balap beda gen itu?? Mencoba menggebuk Satria hiu 120R 6 speed, tapi saat itu pas mau krismon..... Masyarakat udh alergi ama mongtor boros, saat rupiah tembus ke level 17.000/USD. Hancur lah 125Z dan TZM yang digadang2 Yamaha motor Indonesia.
Sayang kan? Invest brapa ratus juta aja tuh buat luncurin Champ, 125Z, TZM? Padahal dengan motor itu, Satria 120R udh dientutin aja kalo balapan N/A gitu... Dengan TZM, RGR mah lewaaat, NSR 150 R mah kedeerrr...
Tapi, apa daya kalo nggada yang sanggup beli, atau kalaupun beli, ngga sanggup biaya pemeliharaannya?
Kalo d mobil, nasibnya seperti Nissan Cefiro, Mazda Astina. Sedan cuanggihh di masanya, malah jeblok, ancur menyedihkan pasarannya, karena konsumen disini belom siap, baik terhadap desainnya, maupun teknologi yang dimilikinya.
CMIIW
Kalo udh kayak gitu, rugi kayak apa tuh pabriknya??