Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
tambahan;
menurut hemat saya demi efisiensi biaya, rasa nya ga perlu sampai harus melakukan penggantian di beres oom, cukup ke bengkel2 umum aja........toh kijang kapsul merupakan salah satu kendaraan yg "merakyat" maksud nya hampir setiap bengkel hapal.
khusus utk power steering barulah ke bengkel khusus nya
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
doq wrote:biaya seal2 bervariasi tergantung posisi seal tsb dimana dan berfungsi apa, sebagai contoh kasus saja, seandai nya seal2 pada master rem yg mestii turut diganti mungkin biaya nya ga bakal mahal...........tapi ini harus liat kasus per kasus apaakah perlu tidak nya penggantian2 seal tsb.
keyakinan saya sih utk jarak tempuh sebesar itu ditambah tidak pernah ada nya penggantian fluida, kemungkinan seal2 ada yg perlu diganti juga
imho jangan takut saat dibongkar akan menambah kerusakan, karena sejati nya yg dianggap kerusakan "tambahan" tersebut memang semesti nya sudah diganti/diremajakan (wajar mengingat usia kendaraan + jara tempuh)......................dan jangan terlalu berpatokan pada peperforma saat ini oom, walaupun misal nya masih bisa utk mencapai kecepatan 150kph tapi resiko kerusakan pada komponen2 yg fluida nya belum diganti suuuaaangaattt besar. seandai nya terjadi rem blong gara2 minyak rem udah "basi" gimana? better be safe than sorry
.wahhh.... makin serem aja nih saya. Apa lagi sampai bisa rem blong. Gak kebayang kalau lagi jalan 120km/jam trus ..... hiii...
Jadi menurut om doq, seal mana aja yang sebaiknya saya ganti mengingat umurnya sudah 11 tahun? Maksudnya saya gak mau ambil resiko nunggu sampai seal nya rusak dan blong.
Trus apakah aman ganti oli gardan, minyak rem, dan oli transmisi di bengkel biasa?
seal2 yg menurut saya perlu di cek/diganti ya semua yg berhubungan dg fluida2 tsb oom...........maaf nih saya kurang hapal apa aja yg mesti dicek, klo bengkel pasti nya tau lah atau mungkin tunggu tambahan info dr rekan2 lain nya?
dan seperti tulisan saya diatas, bengkel umum bisa kok menangani penggantian2 fluida tsb, karena memang semesti nya ini bukan pekerjaan yg rumit ditambah lg kijang super merupakan salah satu legenda rakyat di indonesia
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Gold Pocket wrote:
Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus
Minyak rem, oli gardang, oli transmisi semua masih bawaan pabrik alias belum pernah ganti.
Keluhan :
- Minyak boros sekitar 7km/liter untuk root kombinasi dalam kota dan luar kota.
- Suara mesin cukup kasar untuk kategori bensin. Bunyinya shiiiiiii.... sssshhhiiii..... ssshhhiiiiiiii..... shheekk... sheekk... gitu..
Pertanyaan :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.
Haahhh....udah 10 taon / 146 rb. Km oli transmisi, gardan, minyak rem belom pernah diganti ???
Yg bener nih om ?!?!?
Btw kalo soal suara mesin coba cek kondisi V belt dan bearing2 sekitar mesin spt bearing alternator / bearing AC / water pump.
Kalo soal kons BBM : Bersihkan endapan karbon di ruang bakar / intake valve / injector, pakai obat yg sembur - sedot lewat lubang busi / sembur ke intake / obat purging yg masuk ke Fuel Rail.
Ane juga pake Technosyntese di 2.0 ane. Sejak pake 2005 lalu no problem at all. Uda pake Motul sejak '92-'97 buat mesin dan drivetrain, lanjut 2005 - sekarang. Ni merk aman, jauh dari hingar-bingar ribut2 di forum2 oli luar. Adem ayem gak da review negatif ato pun pembelaan sistematis overwhelming overpositive dari fanboynya seperti terjadi pada para user Mobwan ato Castrol huehehehe....
Saya rasa gak perlu smp gnt oli synthetic, oli mineral macam Shell Helix HX5 udah cukup. Itu kijang sebenernya pst mengalami degradasi performance. Degradasi ini gak bisa dilihat hny dr max speed yg bisa dicapai. Mungkin krn pemilik menggunakan mbl yg sama terus menerus & jarang dipake, akhirnya kurang merasakan penurunan performa ini.
Yg penting dicek dulu aja ke bengkel, jgn langsung diganti semua. Bengkel pst bisa tau apa2 yg prl diganti. Kalo gnt semua seal bisa lama banget, krn semua seal pst berhubungan dgn fluida yg mana fluidanya gak prnh diganti. Power steering oil termasuk msh safe, krn umurnya termasuk panjang. Begitu jg minyak rem & oli gardan, oli transmisi. Untung oli mesin yg plg vital msh rutin diganti.
Mungkin agar segar kembali prl gnt fluida, tune up ringan, n gnt parts2 yg udah berumur. Shock absorber jg bisa diganti kl udah gembos. Fanbelt jg pst mnt ganti kl gak pernah diganti. Jangan lupa vet bearing2 roda biar gak ambrol.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
doq wrote:biaya seal2 bervariasi tergantung posisi seal tsb dimana dan berfungsi apa, sebagai contoh kasus saja, seandai nya seal2 pada master rem yg mestii turut diganti mungkin biaya nya ga bakal mahal...........tapi ini harus liat kasus per kasus apaakah perlu tidak nya penggantian2 seal tsb.
keyakinan saya sih utk jarak tempuh sebesar itu ditambah tidak pernah ada nya penggantian fluida, kemungkinan seal2 ada yg perlu diganti juga
imho jangan takut saat dibongkar akan menambah kerusakan, karena sejati nya yg dianggap kerusakan "tambahan" tersebut memang semesti nya sudah diganti/diremajakan (wajar mengingat usia kendaraan + jara tempuh)......................dan jangan terlalu berpatokan pada peperforma saat ini oom, walaupun misal nya masih bisa utk mencapai kecepatan 150kph tapi resiko kerusakan pada komponen2 yg fluida nya belum diganti suuuaaangaattt besar. seandai nya terjadi rem blong gara2 minyak rem udah "basi" gimana? better be safe than sorry
.wahhh.... makin serem aja nih saya. Apa lagi sampai bisa rem blong. Gak kebayang kalau lagi jalan 120km/jam trus ..... hiii...
Jadi menurut om doq, seal mana aja yang sebaiknya saya ganti mengingat umurnya sudah 11 tahun? Maksudnya saya gak mau ambil resiko nunggu sampai seal nya rusak dan blong.
Trus apakah aman ganti oli gardan, minyak rem, dan oli transmisi di bengkel biasa?
Bengkel gak akan menyarankan penggantian seal slm tidak bocor. Selain itu bengkel jg tdk tau kondisi seal kl tdk terjadi kebocoran. Kenapa odo smp 150rb gak ada kerusakan, krn pakenya kebanyakan jarak pendek n dipake sendiri. Coba skrg tiap hari dipake jarak jauh trz n kecepatan tinggi, gak lama pst ada yg jebol.
Ganti minyak rem, minyal PS, oli mesin, oli transmisi, n oli gardan mah DIY jg bisa. Jd gak prl takut dikerjain non beres.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Gold Pocket wrote:
Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus
Minyak rem, oli gardang, oli transmisi semua masih bawaan pabrik alias belum pernah ganti.
Keluhan :
- Minyak boros sekitar 7km/liter untuk root kombinasi dalam kota dan luar kota.
- Suara mesin cukup kasar untuk kategori bensin. Bunyinya shiiiiiii.... sssshhhiiii..... ssshhhiiiiiiii..... shheekk... sheekk... gitu..
Pertanyaan :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.
Haahhh....udah 10 taon / 146 rb. Km oli transmisi, gardan, minyak rem belom pernah diganti ???
Yg bener nih om ?!?!?
Btw kalo soal suara mesin coba cek kondisi V belt dan bearing2 sekitar mesin spt bearing alternator / bearing AC / water pump.
Kalo soal kons BBM : Bersihkan endapan karbon di ruang bakar / intake valve / injector, pakai obat yg sembur - sedot lewat lubang busi / sembur ke intake / obat purging yg masuk ke Fuel Rail.
tambahan om turboman, periksa jg bagian knalpot. kijang kapsul saya dulu jg bocor pas gendangan bagian belakang. Setelah ganti punya Saki ato Kansai lgs +tarikan dan +irit jg.
@oom Turbo :
Hahaha.. iya oom. Soalnya ini yang pakai ibu2 nih. Jadi selama masih bisa nyala, AC dingin, bisa jalan. Ya yang penting isi bensin dan ganti OLI sesuai kartu oli yang nangkring di steer. :d
Abisnya gak ada kartu oli gardan dan kartu oli transmisi sih. Kalau suru ibu2 baca buku petunjuk ma mana mau mereka. Ini aja buku manualnya uda ilang entah kemana
( Kata om Turbo : Kalo soal kons BBM : Bersihkan endapan karbon di ruang bakar / intake valve / injector, pakai obat yg sembur - sedot lewat lubang busi / sembur ke intake / obat purging yg masuk ke Fuel Rail.)
Boleh lebih kongkrit om ini produknya apa?
Soalnya saya gak pernah main kaya gini. Dan di sini (sumatra utara) tempat saya kota kecil jadi agak sulit cari. Kudu tau merek dan type jadi bisa pesan.
Dan kayanya ini sih lebih dari 1 produk ya?
Kira2 sebulan yang lalu saya ada coba cairan yang dimasukkan ke tangki bensin katanya bisa membersihkan klep2. merek top 1 punya.
Trus ada pakai 1 botol kecil yang disemprot lewat lubang filter udara. Ini botol seperti gas gitu.
Cuman itu saja. Yang lain gak pernah tau.
@om badak :
Berarti kalau pakai Shell Helix HX5 oli mineral, kudu ganti setiap 3000 KM ya om? Trus pilih kekentalan yang berapa?
Selama ini sih ini mobil pakai magnetec yang semi sintetic. Kalau ganti ke oli mineral berarti turun ya om?
Gold Pocket wrote:
( Kata om Turbo : Kalo soal kons BBM : Bersihkan endapan karbon di ruang bakar / intake valve / injector, pakai obat yg sembur - sedot lewat lubang busi / sembur ke intake / obat purging yg masuk ke Fuel Rail.)
Boleh lebih kongkrit om ini produknya apa?
Soalnya saya gak pernah main kaya gini. Dan di sini (sumatra utara) tempat saya kota kecil jadi agak sulit cari. Kudu tau merek dan type jadi bisa pesan.
Dan kayanya ini sih lebih dari 1 produk ya?
kalo di Jkt sih banyak, ada Spirit / Carbon Clean / 3M / Jet Clean, tapi kalo di Medan saya gak paham apa aja yg tersedia di sana
Coba survey ke toko oli besar apa ada yg jual paket pembersih ruang bakar dari Jet Clean gak yg isinya 2 jenis obat en yg disembur lewat lubang busi itu, atau mere2k spt di atas.
Kalo sampe gak ada kepaksa cara manual dah, semprot DCS SEC / G Zox lewat lubang busi (saat mesin panas) trus sedot pake alat penghisap oli yg manual itu.
Gold Pocket wrote:@oom Turbo :
Hahaha.. iya oom. Soalnya ini yang pakai ibu2 nih. Jadi selama masih bisa nyala, AC dingin, bisa jalan. Ya yang penting isi bensin dan ganti OLI sesuai kartu oli yang nangkring di steer. :d
Abisnya gak ada kartu oli gardan dan kartu oli transmisi sih. Kalau suru ibu2 baca buku petunjuk ma mana mau mereka. Ini aja buku manualnya uda ilang entah kemana
( Kata om Turbo : Kalo soal kons BBM : Bersihkan endapan karbon di ruang bakar / intake valve / injector, pakai obat yg sembur - sedot lewat lubang busi / sembur ke intake / obat purging yg masuk ke Fuel Rail.)
Boleh lebih kongkrit om ini produknya apa?
Soalnya saya gak pernah main kaya gini. Dan di sini (sumatra utara) tempat saya kota kecil jadi agak sulit cari. Kudu tau merek dan type jadi bisa pesan.
Dan kayanya ini sih lebih dari 1 produk ya?
Kira2 sebulan yang lalu saya ada coba cairan yang dimasukkan ke tangki bensin katanya bisa membersihkan klep2. merek top 1 punya.
Trus ada pakai 1 botol kecil yang disemprot lewat lubang filter udara. Ini botol seperti gas gitu.
Cuman itu saja. Yang lain gak pernah tau.
@om badak :
Berarti kalau pakai Shell Helix HX5 oli mineral, kudu ganti setiap 3000 KM ya om? Trus pilih kekentalan yang berapa?
Selama ini sih ini mobil pakai magnetec yang semi sintetic. Kalau ganti ke oli mineral berarti turun ya om?
Di auto2000 ada, 300rban. Saluran bahan bakar dikasi pembersih kaleng spt purging gt. Atau kalo ga mau repot, mending tuker tambah ama avanza atao xenia, mumpung ngabisin stok lama tuh. diskon 7-9juta untuk avanza G M/T
sip deh terima kasih buat sarannya ya.
saya akan coba lakukan step pertama yaitu pembersihan deposit karbon pada sistem pembakaran.
kemudian ganti berbagai cairan.
kalau untuk oli gardan dan oli transmisi yang baik merek dan jenis apa ya?
soalnya ini pertama kali ganti.
trus untuk oli mesin cocoknya pakai kekentalan berapa?
Gold Pocket wrote:
kalau untuk oli gardan dan oli transmisi yang baik merek dan jenis apa ya?
soalnya ini pertama kali ganti.
Kalo kondisi normal : OLi Transmisi 75W-90 API GL-4, Gardan bisa pake antara 80W-90 / 85W-90 / 90 API GL-5, merek bebas.
Tapi coba nanti dibuka lihat kondisi olinya, masukkan dulu oli Rored EP atau HD 90 ke Trans en gardan utk flushing, jalan 100 Km buang, kalo masih kotor flushing lagi, kalo dah bersih baru pake oli bener. (Baut pembuangan oli cuci pake kerosene / degreaser sampe bersih)
juanaxel wrote:
Di auto2000 ada, 300rban. Saluran bahan bakar dikasi pembersih kaleng spt purging gt. Atau kalo ga mau repot, mending tuker tambah ama avanza atao xenia, mumpung ngabisin stok lama tuh. diskon 7-9juta untuk avanza G M/T
IMHO:
Tetap lebih nyaman naek kapsul lama drpd AvXen, asal kapsul lama ganti karet2 link stabilizer / ganti ball joint2, ganti Tie Rod2, karet pintu + kasih karet balon, shock ganti baru, ganti karet2 per daun.
Gold Pocket wrote:
kalau untuk oli gardan dan oli transmisi yang baik merek dan jenis apa ya?
soalnya ini pertama kali ganti.
Kalo kondisi normal : OLi Transmisi 75W-90 API GL-4, Gardan bisa pake antara 80W-90 / 85W-90 / 90 API GL-5, merek bebas.
Tapi coba nanti dibuka lihat kondisi olinya, masukkan dulu oli Rored EP atau HD 90 ke Trans en gardan utk flushing, jalan 100 Km buang, kalo masih kotor flushing lagi, kalo dah bersih baru pake oli bener. (Baut pembuangan oli cuci pake kerosene / degreaser sampe bersih)
Oli “Rored ep atau hd 90” ini oli apa ya om?
Kita bilang ke bengkelnya oli apa?
Turboman wrote:
IMHO:
Tetap lebih nyaman naek kapsul lama drpd AvXen, asal kapsul lama ganti karet2 link stabilizer / ganti ball joint2, ganti Tie Rod2, karet pintu + kasih karet balon, shock ganti baru, ganti karet2 per daun.
Ngerefurbish kaki2 Kapsul gak mahal.
Yup setuju bgt. Saudara ane jg barusan jual GL 1,8 A/T demi avanza yg katanya resale valuenya bagus dan diskon besar. Skr nangis darah krn nyesel pake avanza... Cuman saran aja, ketimbang "repot2" krn masi tinggal di daerah, bukan di jakarta yg serba ada. saya saja di surabaya kadang iri ama yg di jakarta bro...
Update :
Dari hasil saran di sini, hari ini saya ganti Oli kijang kapsul dengan Shell helix super HS5 yang 15W50. hasilnya memang suara mesin jadi lebih halus dari sebelumnya yang pakai magnetec 10W40. apa ini artinya mesin saya sudah longgar ronga2nya di dalam?
Oya, sebelum ganti oli, sudah melakukan pembersian mesin juga pakai cairan yang dicampur ke dalam oli dan mesin dijalankan selama 10 menit plus.
Tadi juga ada tanya produk pembersih karbon ke beberapa toko. Ternyata mereka gak jual sama sekali. Beberapa merek yang saya tanya : jet clean, karbon clean, 3m, gak ada satupun. Bahkan merek lain pun gak ada. Kayanya harus beli dari jakarta nih
Next mau kerjain sesuai saran teman2 di sini juga :
Update rekap masukan sampai saat ini :
Pertanyaan awal :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
Jawab : sudah pakai helix XS5 botol kuning 15W50. interval penggantian direncanakan per 3000KM.
Untuk performa belum dicoba karena belum keluar kota.
2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
a. ganti oli gardan
b. ganti oli transmisi
c. ganti oli power steering
d. ganti minyak rem
e. ganti air radiator
f. ganti seal – seal tertentu
g. bersihkan endapan karbon
3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.
a. Ganti karet2 link stabilizer / ganti ball joint2
b. Ganti Tie Rod2
c. Ganti karet pintu + kasih karet balon
d. Ganti Shock baru
e. Ganti karet2 per daun.
Apa penggantian kaki2 ini harus dilakukan berdasarkan usia?
Atau apa indikasi yang menunjukkan kalau kita harus ganti komponen2 ini?
@om turbo :
Memang benar om. Naik kijang itu lebih nyaman dari avanza. Saya sendiri uda coba. Terasa lebih lega dan kalau lari kencang juga lebih enak di atas kijang kapsul.
Jadi untuk flushing gardan dan transmisi menggunakan minyak yang sama ya yaitu oli rored ep GL-5?
Apakah tidak bahaya pakai oli GL-5 ke transmisi om? Kan kata om untuk transmisi harus GL-4?
oli 15W-50 lebi kental sehh ketimbang oli 10W-40... otomatis lebi bisa mereduksi suara mesin... tp kalo ane sehh.. selama tidak terjadi penguapan oli yg berlebihan.. ane stick yg 10W-40... putaran mesin lebi ringan karena oli lebi encer, tarikan utk lari kenceng jg lebi yahudd.. walaupun di trade off dgn suara mesin yg agak kasar.. cmiiw
Gold Pocket wrote:
kalau untuk oli gardan dan oli transmisi yang baik merek dan jenis apa ya?
soalnya ini pertama kali ganti.
Kalo kondisi normal : OLi Transmisi 75W-90 API GL-4, Gardan bisa pake antara 80W-90 / 85W-90 / 90 API GL-5, merek bebas.
Tapi coba nanti dibuka lihat kondisi olinya, masukkan dulu oli Rored EP atau HD 90 ke Trans en gardan utk flushing, jalan 100 Km buang, kalo masih kotor flushing lagi, kalo dah bersih baru pake oli bener. (Baut pembuangan oli cuci pake kerosene / degreaser sampe bersih)
Oli “Rored ep atau hd 90” ini oli apa ya om?
Kita bilang ke bengkelnya oli apa?
singkatan ala pertamina (bhs indonesia)
konon, saya pernah denger/baca dimana lupa, untuk produk2 pertamina dulu, merupakan singkatan dari bahasa Indonesia
Mesran = (pelumas) MESin kendaRAN
Rored = (pelumas) ROda REDuksi gigi
Meditran = (pelumas) MEsin DIesel kendaraan TRANsportasi
Turalik = (pelumas/cairan) unTUk peRAlatan hidroLIK
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Abu2 wrote:pakar2 dan suhu2 disini,
apakah ada info tentang oli mesin Shell HX7 10-40 dan Motul HDX technosyntese GL 5 (oli transmisi dan gardan)?
ane sejak 2007 pake ini terus di angkot ane,
manatau ada gosip yg miring, biar ane bisa ganti ke produk yg lain...
mohon ingpo dongg
nanggung meneer...kenapa oli mesinnya sekalian ga pake motul
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC wrote:oli 15W-50 lebi kental sehh ketimbang oli 10W-40... otomatis lebi bisa mereduksi suara mesin... tp kalo ane sehh.. selama tidak terjadi penguapan oli yg berlebihan.. ane stick yg 10W-40... putaran mesin lebi ringan karena oli lebi encer, tarikan utk lari kenceng jg lebi yahudd.. walaupun di trade off dgn suara mesin yg agak kasar.. cmiiw
wah begitu pula ya om. memang selama ini sih sama sekali gak ada kebocoran ataupun penguapan oli yang berlebih alias malah gak pernah nambah oli sama sekali dari awal ganti sampai penggantian berikutnya.
jadi kalau sudah pakai yang mineral 15W50 ini, apa masih baik dan masih bisa balik ke magnetec yang 10W40?
apa dampaknya selain suara mesin yang agak garang?
Mesin kijang EFI gak menuntut pemakaian oli grade terlalu tinggi kyk semi syn. Kalo mau ganti ke Magnatec lg juga gpp koq om, tp kalo saya pake mobil macam kijang n panther bukan speed fokus utama saya. Tapi lebih pada kenyamanan & efisiensi. Shell Helix HX5 dengan Magnatec terpaut 100rb, tarikan bisa lebih enteng tp dibarengi dgn suara mesin yg lebih kasar.
Ganti seal2 gak perlu dilakukan selama tidak ada kebocoran, nanti bengkel pst tau sendiri. Yg perlu diganti itu mungkin karet master rem pusat dan karet rem pada wheel cylinder, karena selama ini minyak rem nya gak pernah ganti bisa jd karetnya udah getas. Karet rem ini yg sering disalah artikan sbg seal. Padahal karet rem dan seal fungsinya berbeda. Dicoba aja om, apakah pedal gas terasa nyeplos (apa ya bahasa indo nya nyeplos ini ), kalo nyeplos berarti karet rem mmg perlu diganti.
Itu urutan buat penyegarannya udah tepat om. Selanjutnya biar ditambahkan oleh pakar2 disini.
Nubie menyimak dulu..
@imsus2c: wah nice inpo om. Baru tau saya artinya. hahahaha
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today