RIP Marco Simoncelli
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
RIP Marco Simoncelli
Rasanya beritanya sudah banyak sekali bertebaran di dunia maya...jadi tdk perlu ditulis ulang disini...
Setelah sebelumnya Dan Wheldon di IndyCar, kini dunia motorsport kehilangan Marco Simoncelli
Mengingat pamor Moto GP lebih luas disini (Indonesia), nampaknya berita tentang Marco Simoncelli lebih sering terdengar...
Moral cerita,
Bahkan untuk level yang ahli, ditunjang sarana memadai dan di tempat yang semestinya (arena dengan berbagai permacam peraturannya), bahaya akan selalu mengintai.
Pelajaran bagi kita2 yg levelnya apalagi lokasi dan sarannya (kendaraan) sangat tidak memungkinkan, mohon untuk selalu hati2 dan waspada demi kebaikan semua
RIP Simoncelli
*silakan obrolan QM-nya diteruskan disini
Setelah sebelumnya Dan Wheldon di IndyCar, kini dunia motorsport kehilangan Marco Simoncelli
Mengingat pamor Moto GP lebih luas disini (Indonesia), nampaknya berita tentang Marco Simoncelli lebih sering terdengar...
Moral cerita,
Bahkan untuk level yang ahli, ditunjang sarana memadai dan di tempat yang semestinya (arena dengan berbagai permacam peraturannya), bahaya akan selalu mengintai.
Pelajaran bagi kita2 yg levelnya apalagi lokasi dan sarannya (kendaraan) sangat tidak memungkinkan, mohon untuk selalu hati2 dan waspada demi kebaikan semua
RIP Simoncelli
*silakan obrolan QM-nya diteruskan disini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: RIP Marco Simoncelli

ga nyangka beneran bakal secepat ini, sedih beneran ane

sampe shock liat kejadian kecelakaan nya, udah deg2an setengah mampus berharap race direction mengumumkan bahwa "Marco hanya mengalami cedera patah tulang bla bla bla dan sedang menjalani pemulihan........."

gone too soon
dunia motorsport kehilangan lagi salah satu putra terbaik nya yg sedang beranjak menuju puncak karir nya.
as fast as you ride you leave us too soon Marco
not gonna forget everything you've done at motoGP
you're a champion in our heart
RIP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: RIP Marco Simoncelli
Seahli apapun..safety di bikin seketat gimanapun kalo udah crash ya udah ..tamat..
Makanya buat yg masih merasa berani..merasa ahli kebut2tan..cepat berubah..
Spt kata stoner..betapa berharganya hidup..
Makanya buat yg masih merasa berani..merasa ahli kebut2tan..cepat berubah..
Spt kata stoner..betapa berharganya hidup..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: RIP Marco Simoncelli
Yang aneh itu sebelum tabrakan, kok posisinya itu seperti "tidur" terseret motornya, tidak ada tanda2 "berontak" melepaskan diri.
Apakah saat itu sebenarnya dia tidak sadar atau gimana?
Apakah saat itu sebenarnya dia tidak sadar atau gimana?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: RIP Marco Simoncelli
melihat karakternya yg ngotot dan selalu berjuang, ane rasa Simo berusaha mengarahkan motornya ke arah rumput dgn harapan, tidak ada kerusakan yang parah pada motornya jika dia "mendarat" di rerumputan.
hanya, apes, pada saat masih mengarahkan motornya, dia memotong racing line2 pembalap lain (edward dan rossi), di hajar dah,
punggung di hajar edward, lehar dihajar rossi....
turut berduka deh...semoga semua pihak belajar dari pengalaman ini.
hanya, apes, pada saat masih mengarahkan motornya, dia memotong racing line2 pembalap lain (edward dan rossi), di hajar dah,
punggung di hajar edward, lehar dihajar rossi....
turut berduka deh...semoga semua pihak belajar dari pengalaman ini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: RIP Marco Simoncelli
ini kan jatuhnya saat nikung ke kanan
biasa kalo jatuh maka akan terseretnya ke kiri
tapi kenapa kali ini terseretnya malah makin kekanan ya...
biasa kalo jatuh maka akan terseretnya ke kiri
tapi kenapa kali ini terseretnya malah makin kekanan ya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: RIP Marco Simoncelli
waktu malaikatnya manggil terus dia noleh ke kanan gara2nya mungkin...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: RIP Marco Simoncelli
evolution21 wrote:ini kan jatuhnya saat nikung ke kanan
biasa kalo jatuh maka akan terseretnya ke kiri
tapi kenapa kali ini terseretnya malah makin kekanan ya...
tiba2 ban depan mendapat traksi ..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: RIP Marco Simoncelli
tergantung arah jatuh nya oom.......
setau saya dalam kecelakaan motor ada yg nama nya "high side" dan "low side"
"high side" terjadi saat pembalap menikung (dalam kasus ini kita ambil contoh kejadian pada Marco dimana tikungan ke kanan) kemudian ban belakang kehilangan traksi sesaat, terjadi gejala oversteer sebentar dan kemudian roda belakang kembali mendapatkan traksi = rider akan terjungkal tinggi seakan2 melompat.
"low side" terjadi hampir mirip dg diatas, beda nya roda belakang kehilangan traksi sama sekali sehingga pembalap hanya akan ikut terseret kearah jatuh nya motor atau terseret sambil terjepit motor.
pada kasus Marco Simoncelli mengalami "low side" dan terjepit motor sementara (sangat sial nya) roda depan mendapat traksi saat jatuh menikung ke kanan tsb sehingga motor tetap menikung kekanan cmiiw.........sial bener!

setau saya dalam kecelakaan motor ada yg nama nya "high side" dan "low side"
"high side" terjadi saat pembalap menikung (dalam kasus ini kita ambil contoh kejadian pada Marco dimana tikungan ke kanan) kemudian ban belakang kehilangan traksi sesaat, terjadi gejala oversteer sebentar dan kemudian roda belakang kembali mendapatkan traksi = rider akan terjungkal tinggi seakan2 melompat.
"low side" terjadi hampir mirip dg diatas, beda nya roda belakang kehilangan traksi sama sekali sehingga pembalap hanya akan ikut terseret kearah jatuh nya motor atau terseret sambil terjepit motor.
pada kasus Marco Simoncelli mengalami "low side" dan terjepit motor sementara (sangat sial nya) roda depan mendapat traksi saat jatuh menikung ke kanan tsb sehingga motor tetap menikung kekanan cmiiw.........sial bener!


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: RIP Marco Simoncelli
wah kejadian yg sangat langka dan jarang ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: RIP Marco Simoncelli
yg perlu dipikirin adalah bagaimana membuat safety gear yg lebih baik dari yg sekarang. mungkin hrs pakai air baloon ya... jadi tiap pembalap lepas dr motornya, langsung terbungkus balon isi udara tebal. jadi biarpun tertabrak motor lain, bakal mental.....




Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: RIP Marco Simoncelli
yang miris..., itu helm (yg tentunya sudah didesain untuk spek balap), bagaimana bisa lepas?
ada omongan, saat ditabarak (oleh rossi atau edwards...?) helmnya kecanthol di motor penabraknya dan ketarik hingga lepas
ada omongan, saat ditabarak (oleh rossi atau edwards...?) helmnya kecanthol di motor penabraknya dan ketarik hingga lepas
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: RIP Marco Simoncelli
Yup, mods....
Sekarang lagi fokus nyelidikin kenapa tu helmet sampe copot.
Sekarang lagi fokus nyelidikin kenapa tu helmet sampe copot.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: RIP Marco Simoncelli
klo liat tayangan nya saat helm terpental, yg saya liat bagian tengah tali (click-nya apa ya nama nya) masih terpasang dg sempurna............... yg ane curigai malah bagian yg memegang/menghubungkan tali dan helmet terlepas 
bisa jadi sih karena benturan yg keras sehingga pengait nya putus/terlepas

bisa jadi sih karena benturan yg keras sehingga pengait nya putus/terlepas
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Jul 04, 2011 7:39
Re: RIP Marco Simoncelli
Yah... apa mau di kata, sudah terjadi.
Moga2 aja gak terulang kembali, dan buat para bikers yang tiap hari menghadapi aspal dan padatnya lalu lintas supaya lebih meningkatkan kehati hatian dalam berkendara dan jangan mudah terbawa emosi, stay cool.
INGAT...!!! KELUARGA DI RUMAH MENANTI KEDATANGAN DAN SENYUM CERIA ANDA
Moga2 aja gak terulang kembali, dan buat para bikers yang tiap hari menghadapi aspal dan padatnya lalu lintas supaya lebih meningkatkan kehati hatian dalam berkendara dan jangan mudah terbawa emosi, stay cool.

INGAT...!!! KELUARGA DI RUMAH MENANTI KEDATANGAN DAN SENYUM CERIA ANDA
life's simple... you make choice and you don't look back
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: RIP Marco Simoncelli
exhaust wrote:Yah... apa mau di kata, sudah terjadi.
Moga2 aja gak terulang kembali, dan buat para bikers yang tiap hari menghadapi aspal dan padatnya lalu lintas supaya lebih meningkatkan kehati hatian dalam berkendara dan jangan mudah terbawa emosi, stay cool.
INGAT...!!! KELUARGA DI RUMAH MENANTI KEDATANGAN DAN SENYUM CERIA ANDA
maksih om , remindingnya...




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: RIP Marco Simoncelli
The bolded red:exhaust wrote:-cut-
INGAT...!!! KELUARGA DI RUMAH MENANTI KEDATANGAN DAN SENYUM CERIA ANDA
I like that much!!


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: RIP Marco Simoncelli
bener bgt tuh.... simonceli yg pakai safety begitu lengkap aja bisa lewat terlindas motor. gimana pengendara motor biasa yg ga pake safety lengkap dan kemungkinan terlindas kendaraan lebih besar lagi. apalagi ktemunya bukan cuma motor, tp bis, truk, mobil... hhiiiyyy........




Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: RIP Marco Simoncelli
Yup....
Proper riding gear sangat perlu buat yang hobi 'main' ama motor, includ mereka yang pake motor kesehariannya. Soal moge, jadi inget almarhum Sophan Sophiaan aja uda pake full riding gear tetep aja almarhum. Bobot motor yang 'mengerikan' jelas jadi faktor penambah bahaya.
Pake helm berstandar Snell. Ane pribadi pake Nolan. Snell approved.
Destiny, takdir, jalan hidup. Yang bisa kita upayakan adalah jadilah pengendara yang baik, dalam arti luas.
Mental, habit, dan emosi kita, plus perlengkapan kita, plus motor kita.
Proper riding gear sangat perlu buat yang hobi 'main' ama motor, includ mereka yang pake motor kesehariannya. Soal moge, jadi inget almarhum Sophan Sophiaan aja uda pake full riding gear tetep aja almarhum. Bobot motor yang 'mengerikan' jelas jadi faktor penambah bahaya.
Pake helm berstandar Snell. Ane pribadi pake Nolan. Snell approved.
Destiny, takdir, jalan hidup. Yang bisa kita upayakan adalah jadilah pengendara yang baik, dalam arti luas.

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: RIP Marco Simoncelli
Nightster Guy wrote:Yup....
Proper riding gear sangat perlu buat yang hobi 'main' ama motor, includ mereka yang pake motor kesehariannya. Soal moge, jadi inget almarhum Sophan Sophiaan aja uda pake full riding gear tetep aja almarhum. Bobot motor yang 'mengerikan' jelas jadi faktor penambah bahaya.
Pake helm berstandar Snell. Ane pribadi pake Nolan. Snell approved.
Destiny, takdir, jalan hidup. Yang bisa kita upayakan adalah jadilah pengendara yang baik, dalam arti luas.Mental, habit, dan emosi kita, plus perlengkapan kita, plus motor kita.
mau Super hati hati tidak ada gunanya kalau pengguna kendaraan lain tidak hati hati , misal ada orang bawa motor berhenti di lampu merah tapi di belakang ada supir truk terlambat ngerem amblaslah tuh orang pake motor masuk kolong truk ...............

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: RIP Marco Simoncelli
Om solar, keselamatan di jalan bukanlah suatu kejadian yang tiba tiba selamat, atau akhirnya selamat alias tanpa persiapan ya. Keselamatan adalah suatu proses mempersiapkan suatu perjalanan dengan aman, nyaman, mempersiapkan kendaraan agar laik jalan dan berfungsi semua, termasuk di dalamnya selalu menjaga kontinuitas kecepatan, percepatan, perlambatan dan menjaga jarak aman dengan kendr di depannya..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: RIP Marco Simoncelli
Berarti kesimpulannya safety riding tuh bulsh*t ya om? percuma pake helm n safety belt, toh kalo diseruduk truk jg bakal tewas . hihihihihi...solar_kerosen wrote:Nightster Guy wrote:Yup....
Proper riding gear sangat perlu buat yang hobi 'main' ama motor, includ mereka yang pake motor kesehariannya. Soal moge, jadi inget almarhum Sophan Sophiaan aja uda pake full riding gear tetep aja almarhum. Bobot motor yang 'mengerikan' jelas jadi faktor penambah bahaya.
Pake helm berstandar Snell. Ane pribadi pake Nolan. Snell approved.
Destiny, takdir, jalan hidup. Yang bisa kita upayakan adalah jadilah pengendara yang baik, dalam arti luas.Mental, habit, dan emosi kita, plus perlengkapan kita, plus motor kita.
mau Super hati hati tidak ada gunanya kalau pengguna kendaraan lain tidak hati hati , misal ada orang bawa motor berhenti di lampu merah tapi di belakang ada supir truk terlambat ngerem amblaslah tuh orang pake motor masuk kolong truk ...............
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: RIP Marco Simoncelli
BADAK wrote:Berarti kesimpulannya safety riding tuh bulsh*t ya om? percuma pake helm n safety belt, toh kalo diseruduk truk jg bakal tewas . hihihihihi...solar_kerosen wrote:Nightster Guy wrote:Yup....
Proper riding gear sangat perlu buat yang hobi 'main' ama motor, includ mereka yang pake motor kesehariannya. Soal moge, jadi inget almarhum Sophan Sophiaan aja uda pake full riding gear tetep aja almarhum. Bobot motor yang 'mengerikan' jelas jadi faktor penambah bahaya.
Pake helm berstandar Snell. Ane pribadi pake Nolan. Snell approved.
Destiny, takdir, jalan hidup. Yang bisa kita upayakan adalah jadilah pengendara yang baik, dalam arti luas.Mental, habit, dan emosi kita, plus perlengkapan kita, plus motor kita.
mau Super hati hati tidak ada gunanya kalau pengguna kendaraan lain tidak hati hati , misal ada orang bawa motor berhenti di lampu merah tapi di belakang ada supir truk terlambat ngerem amblaslah tuh orang pake motor masuk kolong truk ...............
maksud saya masalah keselamatan tidak perlu terlalu HEBOH bin Lebay , cukup teliti saja di jalan yg ringan ringan saja kalau lampu merah berhenti ,jangan nyalip dari kiri kalau jalan pas rame masalah ditabrak orang atau sial tabrakan itu memagn sudah nasib dan yg saya tekankan disini bukan Keselamatan tapi pengguna kendaraan di jalan harus sama sama waras. seperti yg saya jelaskan orang pake motor berhenti di lampu merah sudah ngerem malah ditabrak truk
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Re: RIP Marco Simoncelli
Namanya juga org keracunan solarBADAK wrote:Berarti kesimpulannya safety riding tuh bulsh*t ya om? percuma pake helm n safety belt, toh kalo diseruduk truk jg bakal tewas . hihihihihi...
