192 km/h crash test
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
192 km/h crash test
http://youtu.be/6dI5ewOmHPQ
intinya mau mobilnya apa pun hukum alam tetap berlaku makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energynya (KE) = ½.m.v²
intinya mau mobilnya apa pun hukum alam tetap berlaku makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energynya (KE) = ½.m.v²
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: 192 km/h crash test
Pertamax di amankan..hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
bener banget om... Makanya, kalo masih ada yg berpikir aman walaupun ngebut...kalo ada apa-apa spt di trail film tadi..........bushkntl wrote:http://youtu.be/6dI5ewOmHPQ
intinya mau mobilnya apa pun hukum alam tetap berlaku makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energynya (KE) = ½.m.v²

Ngebut, TIDAK akan pernah aman kalau terjadi insiden sekecil apapun.. Makin cepat kendaraan, kalao ada trobel sekecil apapun, pasti reaksinya (hasil aksi untuk menghindari trobel tsb), akan berlipat ganda efeknya.
Misalnya, dalam kecepatan 70kpj kita menggerakkan sediikiit aja stir sekian milimeter ke kiri atau ke kanan, pasti akan berbeda sangat besar efeknya kalo dilakukan dalam kecepatan >100 kpj, apalagi sampai >160kpj. Itu baru pergerakan stir yang disengaja, yang kita bisa kira2. Kalau bukan disengaja alias gerak refleks???
Crash test lembaga independen spt NCAP hny pada kecepatan antara 40-70kpj. Berbeda2 tiap negara. Jadi kalo tabrakan terjadi lebih dari kecepatan itu... yaa tanggung ndiri akibatnya spt di mobil di film tadi..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
yep betul bro mau ratingnya setinggi apa pun dari lembaga manapun makin ngebut makin besar resikonya kalau kecelakaannya tunggal sih ya udah bagian dari resiko berani ngebut tapi kalau sampai bikin orang lain jadi korban juga mau tanggung jawabnya sampai dimana?VanzMatic wrote: Crash test lembaga independen spt NCAP hny pada kecepatan antara 40-70kpj. Berbeda2 tiap negara. Jadi kalo tabrakan terjadi lebih dari kecepatan itu... yaa tanggung ndiri akibatnya spt di mobil di film tadi..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: 192 km/h crash test
Kecuali tank baja..kayaknya smua mobil pasti hancur kalo crash di kecepatan tersebut..
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Ikut nyumbang juga boleh yaa
Film ini menunjukkan, bahwa, plat tebal, teknologi tahun 90-an, even Volvo 960, saat tabrakan, malah membuat cidera pengemudinya (ini karena tabrakan frontal offset), akibat struktur plat yg memang tebal, tapi rangka belum sekuat teknologi sekarang, akibatnya, kabin ikut terdesak ke arah penumpang akibat energi tumbukan yang merambat ke kabin. Perhatikan juga atapnya Volvo yg ikut menekuk.
Sebaliknya, Renault yg 5 stars rating, terlihat cupu dan mcam ringkih gitu platnya, ternyata cukup kuat menyerap energi benturan, sehingga kabin jadi aman. Intinya, mengamankan kabin, bukan tebalnya plat yang justru jadi bumerang bagi kabin penumpang itu sendiri...
cmiiw loh yaa...!
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
Film ini menunjukkan, bahwa, plat tebal, teknologi tahun 90-an, even Volvo 960, saat tabrakan, malah membuat cidera pengemudinya (ini karena tabrakan frontal offset), akibat struktur plat yg memang tebal, tapi rangka belum sekuat teknologi sekarang, akibatnya, kabin ikut terdesak ke arah penumpang akibat energi tumbukan yang merambat ke kabin. Perhatikan juga atapnya Volvo yg ikut menekuk.
Sebaliknya, Renault yg 5 stars rating, terlihat cupu dan mcam ringkih gitu platnya, ternyata cukup kuat menyerap energi benturan, sehingga kabin jadi aman. Intinya, mengamankan kabin, bukan tebalnya plat yang justru jadi bumerang bagi kabin penumpang itu sendiri...
cmiiw loh yaa...!

http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Bagaimana kalau tabrakan di kecepatan yang 100kpj aja...? Kecepatan yg maksimal di tol kita, tapi diketawain oleh sembalap tol?
Volvo vs BMW aja yaa,
watch this, guys!
http://www.youtube.com/watch?v=BjyvudZC ... re=related
Silakan pertimbangkan kembali, masih mau nafsu ngebut..?

Volvo vs BMW aja yaa,
watch this, guys!
http://www.youtube.com/watch?v=BjyvudZC ... re=related
Silakan pertimbangkan kembali, masih mau nafsu ngebut..?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 192 km/h crash test
crash test asli tanpa rekayasa.....

ga ancur tuh... ga sperti di video yg di atas...... lbih aman donk ya??? cuman penyok dikit....

ga ancur tuh... ga sperti di video yg di atas...... lbih aman donk ya??? cuman penyok dikit....
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
rekayasa gimana maksudnya kang...?
Rekayasa kalo ditabrakkan sih iya, tapi efek hasil tabrakan, pastinya bukan rekayasa..
Rekayasa kalo ditabrakkan sih iya, tapi efek hasil tabrakan, pastinya bukan rekayasa..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: 192 km/h crash test
k4ng, ini keduanya lagi mogok trus didorong gitu ya, karena dorong dari belakang trus gak lihat depannya ada apa, jadi trus nabrak?ak4ng wrote:crash test asli tanpa rekayasa.....
ga ancur tuh... ga sperti di video yg di atas...... lbih aman donk ya??? cuman penyok dikit....


Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: 192 km/h crash test
sing penting, berkendera dengan aman. ngerti (kemampuan & kondisi) mobil, tau kondisi jalan. aman bukan cuman buat diri sendiri tapi juga orang lain. mo berapapun kecepatannya, kalo berkendara tak mengindahkan safety, podo ae, bisa cilaka.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: 192 km/h crash test
Nice Info..
malah ada lagi --Gadget Drop Test-- iPhone, Playbook, Galaxy,etc., emang org sono klo udah research berani keluar kocek besar.
http://www.youtube.com/watch?v=EkcE95FOTdE&NR=1


malah ada lagi --Gadget Drop Test-- iPhone, Playbook, Galaxy,etc., emang org sono klo udah research berani keluar kocek besar.



http://www.youtube.com/watch?v=EkcE95FOTdE&NR=1
Etme Bulma Dünyası
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: 192 km/h crash test
http://store.apple.com/usgrandscenic wrote:Nice Info..![]()
![]()
malah ada lagi --Gadget Drop Test-- iPhone, Playbook, Galaxy,etc., emang org sono klo udah research berani keluar kocek besar.![]()
![]()
![]()
http://www.youtube.com/watch?v=EkcE95FOTdE&NR=1
Ya iyalah om rela dibanting2 orang disana iPHONE 4S harganya cuma 2 juta (16Gb)


Lah disini 2 juta masih dapet HP kelas bawah

Nitip sebiji deh ane kalo ada yg ke amerika


RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: 192 km/h crash test
Selama gak pakai 5 strap harness ama rollcage, ya tewaslah orang pada umumnya bila tabrakan pada kecepatan 190 kpj+.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Hehehee, om, rasanya kalo dgn tanpa rollcage aja mobul udh kelipet ampe setengah alias sasis udh kalah gitu, kalo tambah rollcage, apa ngga malah di-sate tuh manusia di dalam kabinnya akibat energi yang begitu dahsyatnya yg bakal meremukkan rollcage nya ke arah pengemudi..?Kalo nda salah, rollcage itu hny u/ melindungi dari akibat mobil terguling ya..? Cmiiw..asudarsono wrote:Selama gak pakai 5 strap harness ama rollcage, ya tewaslah orang pada umumnya bila tabrakan pada kecepatan 190 kpj+.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
huh? udah lihat videonya? coba liat dulu dan secara logika apa masih relevan gak harness + rollcage pada kecelakaan di kecepatan tersebutasudarsono wrote:Selama gak pakai 5 strap harness ama rollcage, ya tewaslah orang pada umumnya bila tabrakan pada kecepatan 190 kpj+.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: 192 km/h crash test
Nah ini yang aku demen, emang kalau kecepatan 190+kpj nyawa udah sepenuhnya di tangan Tuhan. Tindakan preventif apa, cuma memperbesar kans hidup aja.
Senna aja pakai full racing rollcage dan harness masih meninggal.
NB : kalau bikin rollcage mohon pakai standard yg berlaku di IMI. Bahan, desain, cara pengelasan dst sangat penting. Ini ngomong rollcage, bukan rollbar ya. Kalau rollbar emang cuma buat melindungi di saat terguling.
Senna aja pakai full racing rollcage dan harness masih meninggal.
NB : kalau bikin rollcage mohon pakai standard yg berlaku di IMI. Bahan, desain, cara pengelasan dst sangat penting. Ini ngomong rollcage, bukan rollbar ya. Kalau rollbar emang cuma buat melindungi di saat terguling.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: 192 km/h crash test
Inilah tanda saking cintanya ak4ng terhadap Habanja, sampe bikin crash test sendiri. Ternyata menurut ak4ng, hasilnya memuaskan. Ga ancur, cuman penyok dikit. Makanya ak4ng sangat percaya diri mengendarai Habanja.ak4ng wrote:crash test asli tanpa rekayasa.....
ga ancur tuh... ga sperti di video yg di atas...... lbih aman donk ya??? cuman penyok dikit....


Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: 192 km/h crash test
Si Ak4ng fanatik banget ya... jangan2 tidurnya apanja setiap malam.ak4ng wrote:crash test asli tanpa rekayasa.....
ga ancur tuh... ga sperti di video yg di atas...... lbih aman donk ya??? cuman penyok dikit....
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: 192 km/h crash test
wuahduu... ampe ngelipet gitu, kalo beneran apa kabarnya si pengemudi ya???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: 192 km/h crash test
klo dalam kondisi nyata bila kita melaju 190 kpj apa gak ada sama sekali reaksi pengereman dll, saya pernah punya pengalaman lari antara 120-130 kpj...dan sempat nginjak rem...benturan terjadi dibawah 70 kpj...motor yg saya tabrak hancur...orangnya patah2...dan bemper mobil sangat melindungi pengendara motor tersebut...bemper robek dikit kap mesin penyok....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
coba liat lagi rumusnya Kinetic energy: (KE) = ½.m.v², v²=velocity² perhatikan notasi ² artinya sudah berbanding pangkat ² terhadap velocity jadi walaupun ada reaksi rem jumlah KE di 190 km/h jauh lebih besar daripada jumlah KE di 120 km/h nah coba pikir efektivitas kemampuan remnya berkurang berapa banyak? intinya bukan masalah keburu rem atau tidak intinya makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energinya kalau KE nya harus di transfer ke 0 cuma ada 2 cara di hilangkan bertahap atau pada situasi kecelakaan harus di "telan" oleh bendanya sendiriabrof wrote:klo dalam kondisi nyata bila kita melaju 190 kpj apa gak ada sama sekali reaksi pengereman dll, saya pernah punya pengalaman lari antara 120-130 kpj...dan sempat nginjak rem...benturan terjadi dibawah 70 kpj...motor yg saya tabrak hancur...orangnya patah2...dan bemper mobil sangat melindungi pengendara motor tersebut...bemper robek dikit kap mesin penyok....