Mitsubishi Indo

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

betull... KTB selaku ATPM di Indo terlihat malas2an sekalii!!!
Tidak mengerti saya... HANYA MENGANDALKAN PENJUALAN TRUK DAN MICROBUS/MINIBUS seperti L300 n T120 yang uda lmayan obsolescence...
tidak ada model baru yang bisa mendongkrak penjualan mitsubishii..
saya selaku anak muda juga berharap Colt & pengganti Galant favorit saya bisa keluar di indo, atau paling tidak L200 baru yang sudah keluar di Thailand lah!

Bangkit Mitsubishi Indo!
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Kalau saya ngak salahkan KTB. Saya yakin mereka sebagai Franchise holder of Mitsu brand, mereka PASTI inggin dapat mobil baru supaya bisa jualan lebih banyak lagi.

U got to remember, masalahnya di Mitsubishi pusat sendiri yang problem internalnya dan financial troublenya belum selesai. Thats why susah keluar model baru yang tentu perlu dana yang banyak.

Persis kasusnya seperti Nissan tahun 1995-1999. Jaman itu Nissan sakit banget. Thats why jaman itu cuman ada Terrano doang ! No wonder dulu mereka di Indo itu kecil banget ! Orang Indo yang ngak tau situasi mobil dunia TIDAK akan tau Nissan di Jepang itu no.2 atau 3 ! They only know Nissan only got Terrano, and the old 1990 model Cefiro di Indonesia.

The only way for Mitsu to recover di Indo, kuncinya ada di tanggan Mitsu Jepang. Not KTB. KTB justru pasti lagi stress. Apakah principalnya bisa bangkit atau tidak.

But amazingly, Mitsu trucks still enjoy a bigger reputation than Toyota's Dyna trucks. Thats very surprising, considering orang Indo hanggap Toyota itu perfect, seperti dewa. But kenapa ngak beli truck Toyota lebih banyak banding Mitsu trucks ?

Its still a mystery to me till today.

But Mitsubishi as a group itu sangat besar. Ada bankingnya etc. I will be surprised if Mitsu Motors meninggal. I have a feeling that seharusnya bisa bangkit.

Cuman memang ketemu orang seperti Carlos Ghosn itu jarang sekali. I percaya, kalau bukan Ghosn and Renault, Nissan sudah meninggal, cause saat itu Toyota dan Honda pun ngak interest take over company ini.

Thats why it never cease to amaze me, human kalau lagi pintar, itu miracles can happen ! What Mitsu needs now is a great leader to lead her out of her slum, and get back her former glory again !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Sithlord wrote:Kalau saya ngak salahkan KTB. Saya yakin mereka sebagai Franchise holder of Mitsu brand, mereka PASTI inggin dapat mobil baru supaya bisa jualan lebih banyak lagi.

U got to remember, masalahnya di Mitsubishi pusat sendiri yang problem internalnya dan financial troublenya belum selesai. Thats why susah keluar model baru yang tentu perlu dana yang banyak.

Persis kasusnya seperti Nissan tahun 1995-1999. Jaman itu Nissan sakit banget. Thats why jaman itu cuman ada Terrano doang ! No wonder dulu mereka di Indo itu kecil banget ! Orang Indo yang ngak tau situasi mobil dunia TIDAK akan tau Nissan di Jepang itu no.2 atau 3 ! They only know Nissan only got Terrano, and the old 1990 model Cefiro di Indonesia.

The only way for Mitsu to recover di Indo, kuncinya ada di tanggan Mitsu Jepang. Not KTB. KTB justru pasti lagi stress. Apakah principalnya bisa bangkit atau tidak.

But amazingly, Mitsu trucks still enjoy a bigger reputation than Toyota's Dyna trucks. Thats very surprising, considering orang Indo hanggap Toyota itu perfect, seperti dewa. But kenapa ngak beli truck Toyota lebih banyak banding Mitsu trucks ?

Its still a mystery to me till today.

But Mitsubishi as a group itu sangat besar. Ada bankingnya etc. I will be surprised if Mitsu Motors meninggal. I have a feeling that seharusnya bisa bangkit.

Cuman memang ketemu orang seperti Carlos Ghosn itu jarang sekali. I percaya, kalau bukan Ghosn and Renault, Nissan sudah meninggal, cause saat itu Toyota dan Honda pun ngak interest take over company ini.

Thats why it never cease to amaze me, human kalau lagi pintar, itu miracles can happen ! What Mitsu needs now is a great leader to lead her out of her slum, and get back her former glory again !
Busyet, Dark Lord. Nissan lagi, Nissan lagi. Ghosn lagi, Ghosn lagi. I'm another Ghosn fan but this is getting ridiculous, for people's sake.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Hey man ! I am not talking and admiring evil men like Adolf Hitler, Joseph Stalin, Saddam Hussein or what. I am referring to one of the most admired business executives in the World today !

Apa salahnya ? Anyway, kalau ngomong pabrik mobil lagi sakit, banyak orang pasti inggat kasus Ghosn and Nissan. Ngak percaya ? Surf the net yourself. One can't help but hope Mitsubishi can pull off the same recovery ! Even GM and Ford pernah mau narik Ghosn, tapi mana mau dia ? We all can learn from a guy like that ! Apakah kita harus jealous of his intelligence and get " sick " of a guy like that ?

I never get tired of studying and talk about such smart AND honest leaders. Anyway, he is not the only one I admire. Warren Buffett is another excellent business leader I already like for a long time ! Bukan gara gara dia kaya banget, tapi dia jujur !

Kalau conglomerate kita, ya kaya, tapi I baru capek dengar mereka, cause banyak antara mereka cuman bisa rampas uang negara doang !

Well, sekaligus deh, allow me to spoonfeed U another porsion of Ghosn's story. Read this :

http://www.globeinvestor.com/servlet/Ar ... 4/1214006n

News from CCNMatthews

The World's Most Admired CEOs of 2005; Microsoft's Bill Gates Named Most Admired Global Leader in Burson-Marsteller's New Reputation Survey

Wednesday, December 14, 2005

NEW YORK--(CCNMatthews - Dec 14, 2005) -

Despite the continuing controversy surrounding today's corporate executives, leadership still shapes a company's destiny. A new global study conducted by Burson-Marsteller with the Economist Intelligence Unit (EIU) names Bill Gates, Microsoft's chairman and chief software architect, the world's most admired business leader. The 2005 CEO Capital(TM) study asked more than 600 global business influentials in 65 countries to write in which CEO or chairman they admire most in the business world today. The CEO/chairman rankings appear below.


2005 World's Most Admired Chief Executives


Rank CEO/Chairman Company Country


1 Bill Gates Microsoft U.S.
----------------------------------------------------------------------
2 Steve Jobs Apple U.S.
----------------------------------------------------------------------
3 Warren Buffett Berkshire Hathaway U.S.
----------------------------------------------------------------------
4 Michael Dell Dell U.S.
----------------------------------------------------------------------
5 Richard Branson Virgin Group U.K.
----------------------------------------------------------------------
6 John Browne BP U.K.
----------------------------------------------------------------------
7 Carlos Ghosn Nissan Motor & Renault Japan/France
----------------------------------------------------------------------
8 N. R. Narayana Murthy Infosys Technologies India
----------------------------------------------------------------------
9 Jeffrey Immelt General Electric U.S.
----------------------------------------------------------------------
10 Rupert Murdoch News Corporation Australia
----------------------------------------------------------------------
11 John Bond HSBC Holdings U.K.
----------------------------------------------------------------------
12 John Chambers Cisco Systems U.S.
----------------------------------------------------------------------
13 Jorma Ollila Nokia Finland
----------------------------------------------------------------------
14 Terry Leahy Tesco U.K.
----------------------------------------------------------------------
15 Lakshmi Mittal Mittal Steel Netherlands
----------------------------------------------------------------------


Source: Understanding CEO Capital(TM), 2005, Burson-Marsteller.


"The selection of Bill Gates as the 2005 world's most admired leader not only recognizes his ongoing stewardship at the company he founded but it also acknowledges the powerful effect that the Bill & Melinda Gates Foundation has had on Bill Gates' reputation," remarked Dr. Leslie Gaines-Ross, Burson-Marsteller's chief knowledge & research officer worldwide and the study's architect. "Leaders and their companies can no longer safely ignore the value placed on corporate responsibility and commitment by 21st century citizens."

Several interesting characteristics about the world's top 15 most admired leaders surfaced:

1. Despite the predominance of American companies among the top four
most admired leaders, more than half (nine of 15 or 60 percent)
represent other regions -- UK (4), Finland (1), Netherlands (1),
Japan/France (1), India (1) and Australia (1).
2. Eight of the top 15 leaders (53 percent) are company founders.
3. All of the global most admired are insider CEOs (CEOs who have been
with the same company for three years or more).
4. No female CEOs or chairmen were chosen.


"Business decision-makers clearly voted for long-term performance and proven track records over fleeting success," said Patrick Ford, Burson-Marsteller's Global Corporate/Financial Practice chair. "The tenures of these top-ranking CEOs are not short-lived. They had an average tenure of 21 years to repeatedly prove themselves."
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

He, I'm never sick hearing about Ghosn, but I'm sick of you always talking about him.
Dan Anda tidak perlu 'spoonfeed' us all with every single article you find about Ghosn. Di forum ini bukan hanya Anda yang suka baca buku atau surfing news on the net, Pak. Bukan hanya Anda juga yang tahu tentang Buffet atau Berkshire Hathaway, misalnya. Tapi kalau terus menerus dicekoki, spoonfed, lama2 bisa terasa muak juga, suka malah bisa jadi anti. I'm now a lesser fan of Nissan and Ghosn, because of you and your never-stopping propaganda. And I'm even now a bigger fan of Honda or Toyota, because of your black propaganda.

Take Honda Fit. Dulu waktu masih rare populasinya, terlihat sangat bagus di mata, lebih cantik daripada Mercedes A-class atau Toyota Ist. Tapi sekarang setelah Jazz menjadi mobil sejuta umat, banyak juga orang yang pilih Swift/Yaris/Getz supaya bukan Jazz yang dibeli, walaupun mereka tidak selega/sepraktis Jazz.

Anda mungkin pikir, dengan promosi Nissan terus menerus, orang2 akan jadi fans Nissan juga? Think again. Malah banyak juga yang menjadi bosan mendengar terus2an tentang Nissan, dan malah jadi tidak suka model2 Nissan karena information overload. Mungkin itu pula penyebab banyak orang jadi tidak suka dengan Tiida, yang tidak henti2nya dipromosikan pada mereka di berbagai thread?

Contoh lain : HPM tidak henti2nya mempromosikan Jazz dan City iDsi sebagai mobil paling irit BBM. Tapi malah banyak juga orang yang kecewa berat karena konsumsi BBM riilnya sama sekali tidak mendekati propaganda Honda.
Sebaliknya, sejak peluncurannya, Toyota tidak mempromosikan Vios sebagai mobil irit BBM. Tapi kenyataannya, di masyarakat malah terbentuk opini sendiri bahwa Vios sangat irit (silakan tanya setiap pemilik Vios di forum ini).

Opini yang terbentuk secara alami seperti ini, lebih kuat efeknya daripada opini yang terbentuk karena terus menerus dicekoki informasi.
Sekarang kalau Honda mengumumkan lagi hasil lomba irit BBM dengan Jazz, misalnya 1 : 70 atau berapapun, orang akan langsung mencibir karena jauh dari kenyataan.
Tapi kabar dari mulut ke mulut tentang Vios yang rata2 bisa 1 : 12-14, orang yang mendengar tidak langsung mencibir dan malah tertarik membuktikannya, dan kalau terbukti dia akan tertarik membeli sebuah Vios.

Dengan Anda terus-menerus mempromosikan tentang Ghosn, Nissan, Tiida, atau AUV, apakah Anda yakin hasilnya akan efektif? Justru cara marketing yang agresif malah bisa membuat calon konsumen berpaling, lho. Ada yang setuju dengan pendapatku ini? Something to ponder upon.. :wink:
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

conan wrote: Dengan Anda terus-menerus mempromosikan tentang Ghosn, Nissan, Tiida, atau AUV, apakah Anda yakin hasilnya akan efektif? Justru cara marketing yang agresif malah bisa membuat calon konsumen berpaling, lho. Ada yang setuju dengan pendapatku ini? Something to ponder upon.. :wink:
Benar sekali, Bung Conan, cara begitu hasilnya pasti negatif karena akan kontra produktif.

Satu hal lainnya adalah menjelekkan merk lain yang pemakainya banyak, pasti mengakibatkan yang pakai merk yang dijelekkan pasti tersinggung, langsung atau pun tidak langsung, itu sudah sifat umum manusia.

Dulu sebelum saya tahu forum ini, kesan saya terhadap Nissan netral-netral saja.
Tapi melihat banyaknya opini yang bias, secara tidak sadar kesan tersebut berubah.
Ada beberapa teman dan saudara saya yang bertanya pada saya (karena di mata mereka saya cukup mengerti tentang mobil) tentang bagusan mana beli X-Trail atau CRV, dan saya jawab tanpa ragu, bagusan beli CRV, dan ternyata mereka benar-benar beli CRV
Korban sudah tiga orang, dua saudara dan satu teman.

Setelah saya renungkan, saya merasa mungkin jawaban itu kurang fair, coba saya tidak mengenal forum ini, mungkin saya bilang, dua-dua-nya bagus, tinggal tergantung selera yang beli saja.

Bayangkan jika semua orang, yg memakai merk yang dijelekkan seperti saya, saya yakin penjualan Nissan ke titik nadir :shock:
Karena bagaimana pun pendekatan personal dari orang ke orang (faktor kepercayaan), jauh lebih besar gaungnya dari pendekatan lewat jurnalisme.

Member di sini kan sudah lebih dari seribu, anggap saja 500 member punya mobil bermerk Toyota, dan mereka dapat korban dua orang, dan itu sama artinya dengan hilangnya opportunity Nissan untuk menjual ke 1.000 orang, kalau setiap orang berpikiran sama dengan saya.

Ini namanya main-main dengan psikologi massa, berbahaya banget bagi yang belum kuat. Jadi waspadalah, akan menuai badai hasilnya
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Kalau mereka tidak mencoba offer nu model, bagaimana mereka bisa bangkit?

mmm.. mungkin keadaan yang dialami mitsubishi trucks hampir sama dengan toyota kijang... Brand name yang sangat kuat di mata konsumen indonesia sangat penting.. Bahkan I think kijang kapsul dengan kuda grandia masih lebih bagus Kuda Grandia... Tapi tidak ada yang bisa mengganggu pasar Kijang di Indo..

dan menurut saya, kendaraan niaga seperti Colt diesel, Fuso dan lain2 memang tidak memerlukan perubahan mendasar dalam hal design, i mean no one (really) cares bout the change design pada mobil truk.. setidaknya orang membeli truk bukan untuk gaya kan? orang lebih memperhatikan daya tahan dan kemampuannya di jalanan indo...

btw, i dun really cares about people who think toyota is like a "god"... and they are not, even they're not F1 or Dakar champion (maaf kalo ga nyambung).. I have no idea why they're one of the most succesful automobile manufacturer and seller in the world... Do anyone know? mungkin karena mereka seperti nokia... offer new model very soon?
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

skullkid wrote: btw, i dun really cares about people who think toyota is like a "god"... and they are not, even they're not F1 or Dakar champion (maaf kalo ga nyambung).. I have no idea why they're one of the most succesful automobile manufacturer and seller in the world... Do anyone know? mungkin karena mereka seperti nokia... offer new model very soon?
Mobil, krn initial outlay bagi customer lumayan gede, gak seperti handphone sifatnya, ganti model cepat-cepat justru kena marah yang beli duluan, life cycle di mobil pasti, tanya Bung Conan kalau gak percaya

Kalau brand jelek bisa mendunia, yg beli pasti goblog semua :P
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

TomS wrote:

Mobil, krn initial outlay bagi customer lumayan gede, gak seperti handphone sifatnya, ganti model cepat-cepat justru kena marah yang beli duluan, life cycle di mobil pasti, tanya Bung Conan kalau gak percaya

Kalau brand jelek bisa mendunia, yg beli pasti goblog semua :P

saya musti banyak2 belajar dari kakak2 semua... maklum masih anak sekolah.. di sini ngomongnya udah bahasa tinggi semua ya.. maaf kalo kadang2 komentar saya tidak ber "fondasi" kuat... hehe

Tapi menurut saya Toyota salah satu manufacturer yang paling luas product differentiationnya kan? lagipula saya rasa mereka cukup cepat ganti model.. maksud saya.. juga dengan perhitungan yang tepat......
I know, many great peoples out there... hehe

///
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Skullkid,

Mumpung anda di Australia, jika anda ada waktu, tolong kasih tau saya, apakah di Australia, apakah ada mobil model belum lama baru launching, termasuk keluaran Toyota, yang TANPA ABS, EBD,BA, TANPA airbags pula. Apakah konsumennya suka mobil murah tapi kurang aman untuk di pakai... Apakah pemerintah Australia juga tidak ada peraturan untuk car safety..

I would like to know what kind of market Australia is. Best is anda cari waktu weekend, hari Sabtu misalnya, dan ke daerah Car dealers. Siapa tau Australia juga tiap kota ada bagian tertentu yang semua car dealers kumpul di situ. Jadi gampang lihat banyak merek.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Dulu sebelum saya tahu forum ini, kesan saya terhadap Nissan netral-netral saja.
Tapi melihat banyaknya opini yang bias, secara tidak sadar kesan tersebut berubah.
Tapi for the record, opini bias yang jumlahnya banyak dan di berbagai thread itu sumbernya hanya satu yaitu si Dark Lord, betul? :twisted:
Ada beberapa teman dan saudara saya yang bertanya pada saya (karena di mata mereka saya cukup mengerti tentang mobil) tentang bagusan mana beli X-Trail atau CRV, dan saya jawab tanpa ragu, bagusan beli CRV, dan ternyata mereka benar-benar beli CRV
Korban sudah tiga orang, dua saudara dan satu teman.
Metafora : Seribu orang sedang berbaris menghadap depan, jika ada satu saja terus melihat ke samping, lama2 yang lain jadi penasaran dan ikut menengok, satu jadi sepuluh dan sepuluh jadi seratus, dst.
Dulu sebelum saya tahu forum ini, kesan saya terhadap Nissan netral-netral saja.
Tapi melihat banyaknya opini yang bias, secara tidak sadar kesan tersebut berubah.
Bayangkan jika semua orang, yg memakai merk yang dijelekkan seperti saya, saya yakin penjualan Nissan ke titik nadir
Betul 'kan? Jika aku saja yang tadinya sangat fans Nissan dan Ghosn, bisa mulai berkurang karena pretty fed up with the biased opinions, apalagi orang yang tadinya netral-netral saja seperti kebanyakan orang.

Kalau dulu banyak yang bercanda menyebut Sithlord seorang salesman Nissan, aku akan bercanda sekarang bahwa Dark Lord turut andil dalam menyebabkan penurunan angka penjualan Nissan sepanjang tahun 2005 yang lalu. Hehehehe :twisted: :mrgreen:
Member di sini kan sudah lebih dari seribu, anggap saja 500 member punya mobil bermerk Toyota, dan mereka dapat korban dua orang, dan itu sama artinya dengan hilangnya opportunity Nissan untuk menjual ke 1.000 orang, kalau setiap orang berpikiran sama dengan saya.
Kebetulan, penurunan angka penjualan X-Trail dibanding CRV juga sekitar 1000an unit segitu :mrgreen:
I have no idea why they're one of the most succesful automobile manufacturer and seller in the world... Do anyone know? mungkin karena mereka seperti nokia... offer new model very soon?
Mr. Skullkid, fenomena kesuksesan Toyota di mana2 di dunia memang dipelajari banyak sekali orang di dunia ini, dan yang selama ini menurutku paling tepat adalah pernyataan brand expert Mr. Steve Saxty, partner in a new J.D. Power-backed automotive brand consultancy called Powerbrand.
Berikut pernyataan beliau, dimuat di Autocar (May 2004):
"In the big, bad world of people who don't read motoring magazines," he says, "Toyota only ever seems to deliver good results. They don't claim to make the best-quality cars, but they do it. They don't claim the best economy or reliability, but they deliver it. The cars have become widely known as brilliant ownership propositions. They may not quite get under your skin, but they're really eaasy to own and understand."

In several months of enquiries, that have included the Tokyo and Detroit motor shows, Autocar has failed to turn up to any expert who does not believe Toyota is on the course for industry leadership, not just in the number of cars it builds, but in achieving new levels of efficiency with quality.

Characteristically, when Toyota president Fujio Cho turns to discussing Toyota's future, he is all understatement. "We will remain careful, steady and cautious," he says. "This is a company that does not fear failure."
Small wonder.
-End of article-
Sikap Toyota yang humble ini tercermin dari sikap mereka yang tidak gembar-gembor ketika Toyota resmi telah menggeser Ford sebagai produsen mobil terbesar kedua di dunia. Dan ketika GM sibuk menepis laporan2 yang menunjukkan bahwa Toyota akan segera menggeser mereka sebagai no.1, Toyota juga hanya diam2 saja.

Kenyataannya, nilai kapitalisasi Toyota sudah lebih besar dari nilai gabungan GM, Ford dan Daimler-Chrysler.
Hanya soal waktu sebelum Toyota menggeser GM, dan bagi banyak pelaku industri, Toyota sudah lama menjadi 'no.1'.

Aku pribadi lebih suka Honda daripada Toyota, tapi aku tidak biased dan mengakui bahwa Toyota is the greatest. Belum pernah ada satupun produsen mobil yang mobil2nya begitu mendunia dan dipercaya karena kualitasnya.

"A corolla just don't break down,", so they say. Fact : Corolla adalah merk mobil tersukses, lebih dr 30 juta mobil sampai hari ini, melebihi VW Beetle, VW Golf atau Honda Civic.

And they have both Land Rovers and Land Cruisers in the Sahara. The Land Cruisers are used to tow the Land Rovers that break down.
Speaking of reliability.

Need anymore proof? :wink:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

skullkid wrote:
btw, i dun really cares about people who think toyota is like a "god"...
Dan disini tidak ada yang mendewakan Toyota, koq, Mr. Skullkid.
Walaupun memang ada yang mendewakan merk tertentu dan setelah beberapa lama lagi Anda menjelajahi forum ini, Anda pasti cepat atau lambat akan menyadarinya koq.. kekeke :wink:
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

conan wrote:
skullkid wrote:
btw, i dun really cares about people who think toyota is like a "god"...
Dan disini tidak ada yang mendewakan Toyota, koq, Mr. Skullkid.
Walaupun memang ada yang mendewakan merk tertentu dan setelah beberapa lama lagi Anda menjelajahi forum ini, Anda pasti cepat atau lambat akan menyadarinya koq.. kekeke :wink:
Merk apa pun kalau senggolan dikit saja dengan merk favorit beliau, pasti jadi jelek :)

Merk S, katanya kurang berwibawa (cool banget istilahnya :wink: )
Mobil Korea, katanya mobilnya parah habis, padahal merk favoritnya diikuti dengan tandem twin Korea, awas kalau gak hati-hati entar tersalip :wink:
Honda, cuma bisa sukses karena jual mobil polosan, gak pake airbag
Mitsubishi, lagi sakit banget induknya, jadi kalau bisa jangan dibeli (karena di Mitsu ada grandis yg harganya deket2 dengan mobil yg beliau pakai)
Toyota, yg ini jelas musuh utama, krn merk favoritnya mau buat mobil yg mirip2 kijang. Dari dulu issue boros banget (terakhir sadar bahwa ternyata mobilnya yang beratnya sama juga segitu-gitu juga bensinnya kalau diisi premium) terus terakhir lari ke masalah safety.

Apalagi yach ? Lama2 kok jadi makin banyak musuhnya ?
Kalau mereka semua ngamuk, kira-kira bagaimana hasilnya, apa gak gawat ?
Buka front di semua sisi
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Sithlord wrote: But amazingly, Mitsu trucks still enjoy a bigger reputation than Toyota's Dyna trucks. Thats very surprising, considering orang Indo hanggap Toyota itu perfect, seperti dewa. But kenapa ngak beli truck Toyota lebih banyak banding Mitsu trucks ?

Its still a mystery to me till today.
maksud saya dari pernyataan itu bung conan... bukankah dewa sama dengan god? hehe..

"orang Indo hanggap Toyota itu perfect, seperti dewa"

saya juga menerima pernyataan bung sithlord bahwa mungkin ada sebagian orang awam indo yang bilang begitu..

???

gak ngerti juga.. hehe

Bung Toms...
orang yang anda maksud siapa? kayaknya dari nama produsen mobil2 jepang yang "ternama" dari list yang anda kluarkan minus Nissan dehh...

saya rasa mitsubishi grandis lumayan bagus.. setidaknya itu komentar saya... Harganya juga tidak semahal odissey (dan saya rasa HPM salah pasang harga ataw gmana?)saya tahu odi di indo CBU jepang jadi harganya sedikit mahal, tapi di aust, harga mereka tidak berpaut jauh dan (saya lupa) kalo gak salah grandis lebih mahal A$1000.. saya baca comparation Odissey dan Grandis; majalah Wheels men-draw kan mereka.. Wheels bilang odissey punya market untuk eksekutif muda yang butuh mobil besar untuk keluarga, dan mitsubishi Grandis bwat keluarga yang lebih "mature" which is 8 kursi penumpang bisa diisi 8 orang dengan nyaman, dan Odissey tidak senyaman grandis, dan grandis tidak se"stabil" odissey... dan di luar itu mobil laen berbeda segmen, MUngKin? dan di aust. tidak ada nissan serena... i mean, nissan sudah tidak menjual serena(atau tak pernah) dan serena sedikit (sekali)... saya tidak pernah liat c24 namun pernah lihat c23 sekali...

boleh tanya, grandis di indo ada side airbag ga? dan Jazz nampaknya memang belum ada dual airbags kayak standar di Aust ya? standar keamanan mobil indonesia perlu ditingkatkan sepertinya..... hehe...
Last edited by skullkid on Sun Feb 19, 2006 9:52, edited 1 time in total.
User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Post by villanova_7th »

Bunk Conan ama Mr. Toms ngomongin siapa sih !?!?! :twisted: ...........Ohhh I C.... 8)
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Sithlord wrote: Mumpung anda di Australia, jika anda ada waktu, tolong kasih tau saya, apakah di Australia, apakah ada mobil model belum lama baru launching, termasuk keluaran Toyota, yang TANPA ABS, EBD,BA, TANPA airbags pula. Apakah konsumennya suka mobil murah tapi kurang aman untuk di pakai... Apakah pemerintah Australia juga tidak ada peraturan untuk car safety..

I would like to know what kind of market Australia is. Best is anda cari waktu weekend, hari Sabtu misalnya, dan ke daerah Car dealers. Siapa tau Australia juga tiap kota ada bagian tertentu yang semua car dealers kumpul di situ. Jadi gampang lihat banyak merek.
Bung Sithlord, setelah saya lihat2, kayaknya bagi mobil di sni, fitur standarnya ABS dan Airbag dehh.. Jazz di sini sudah dual airbag dan ABS.. nnti saya coba lihat2 lagi,,,

[mencari mobil tanpa AIrbag dan ABS yang dijual manufaktur kendaraan bermotor di sini ]

mungkin nggak ada de... hehe
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya makin inggat American idol. Tiap kali si Simon blak blakan bilang contestant tertentu not so good, saat dia keluar, mulutnya muncul deh, f***, s***, and other profanities. Sampai di tempel mulutnya ama logo American idol !

Thats why I know its not easy exposing some of Toyota's models weakness. Many people DO regard them as perfect !

Sebenernya yang mau balas saya, ngak usah sarcastic. Asal pakai fakta, saya sendiri sadar kok. 1 guy I sudah hanggap dia tidak exist. Tapi yang bikin saya disappointed, he is an old friend, but don't know why, now he keeps swearing at me, as if I am trying to convert his religion.

Just remember, CUMAN MOBIL doang ! Why take it so seriously ? I am not saying yr religion itu not true or what. I am just saying, the biggest brand in Indonesia did not give us their best in SOME of their models, and I complain about that. Am I wrong ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

This is addressed to bungVilla. I know Toyota is yr company's customer. U are their auditor. So it appears to me that I kadang complain abt their lack of max. effort in giving us their cars itu make U piss off ama saya.

Now may I ask U a simple question. Yaris is 150 jutaan. Complete. Innova is 190+ juta. NOTHING at all ! No safety features, no ABS etc.

DO U THINK IT MAKES SENSE ? Should I as a consumer NOT wonder WHY ? In this case, U may want to ask yr customer Astra, kenapa keluarin versi Cruiser / Luxury etc, safetynya sama sekali ngak mau di upgrade ?

I complain for good reasons, not just because of the brand. Yaris saja yang sama mereknya I support kok. So U tell me in the face, ngak usah main sarcastic gituan. U don't like me, tell me straight. We don't communicate. I don't read yr post, U don't read mine.

Such sarcastic tones bikin suasana SM jadi tidak nyaman ! Mending saling mengerti dan tutup mulut saja ! Spare the others the enmity between both os us.

The choice is yours !
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

Hmmm apalagi COLT 2 pintu dengan mesin MIVEC (150BHP) ... mantap kan mobil kecil bisa ngalahin sedan ... hehehe ...
ajegile, mobil segede menel dipasangin mesin 150HP ?? siap2 7 polis asuransi..... 1 all risk dan 6 jiwa ! :-)
Dan ternyata Mitsubishi Maven (= My Frriend) adalah hasil kolaborasi Mitsubishi dan suzuki..
Bukan My Friend Bung Handling, tapi My Van
Dan katanya di Indo, di dunia truck truck, si Mitsu malah ungguli Toyota !
Wah, kalo di bidang per-truck-an, di Indo, Toyota ngga ada apa-apanya, Mitsubishi pegang pangsa pasar nomor 1.
Katakanlah teman2 pas mau beli MPV. Ada Grandis seharga Rp300juta, dan Odyssey seharga Rp428juta. Pilih yang mana??
setelah 5 tahun, Grandis dijual 100 juta ga ada yang mau
Odyssey dijual 200 juta-an masih banyak yang ngincer... :-)

haiya..... forum ini.... as always, belong to sithlord & conan again.... :twisted:
:evil:
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

buat cerita-cerita saja ya,
temen saya naik galant V6 '96..
itung punya itung, tiap taon dia belanja 15 jt buat biaya perawatan....
mulai dari kaki-kaki, kelistrikan, power window, power steering dll.
dan memang harga spare-part-nya luar biasa mahalnya.
seperti mitsubishi mau untung besar dari penjualan spare-part.
awalnya, temen saya berusaha tetap pakai, berasaskan 'kagok', sudah benerin banyak. tapi yang namanya rusak ngga pernah berenti, dan pindah dari bagian satu ke yang lain.
akhirnya, kenyamanan & tenaga besar mau ngga mau dikorbankan karena sudah ngga tahan dengan biaya perawatan dan konsumsi bensin yang 1:5....
kalo ngga percaya, coba deh visit
http://WWW.MITSUBISHISUCKS.COM !
:-)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

ruthndul wrote:buat cerita-cerita saja ya,
temen saya naik galant V6 '96..
itung punya itung, tiap taon dia belanja 15 jt buat biaya perawatan....
mulai dari kaki-kaki, kelistrikan, power window, power steering dll.
dan memang harga spare-part-nya luar biasa mahalnya.
seperti mitsubishi mau untung besar dari penjualan spare-part.
awalnya, temen saya berusaha tetap pakai, berasaskan 'kagok', sudah benerin banyak. tapi yang namanya rusak ngga pernah berenti, dan pindah dari bagian satu ke yang lain.
akhirnya, kenyamanan & tenaga besar mau ngga mau dikorbankan karena sudah ngga tahan dengan biaya perawatan dan konsumsi bensin yang 1:5....
kalo ngga percaya, coba deh visit
http://WWW.MITSUBISHISUCKS.COM !
:-)
You can say that again, Mr. Ruthndul.
Dulu temanku yang punya Lancer saja selalu memaki2 mobilnya sendiri setiap keluar dari bengkel.

Dark Lord, katanya mau ganti Stream dengan Galant Hiu?? Katanya Galant tidak kalah resale value dengan Camry/Accord??

Bagaimana kalau sekali2 Anda buktikan apa yang Anda katakan? nanti baru melotot waktu terima bon bengkel hanya untuk perawatan Galant, dan baru terasa enaknya punya mobil Toyota atau Honda!

Jangan suruh orang beli Mitsubishi kalau Anda sendiri tidak mau beli Mitsubishi dong! :e-naughty:
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya cuman bilang Galant lebih enak di stir banding Stream. Tapi saya tidak bilang service / sparepartsnya lebih murah.

Kan saya sudah bilang, jaman sekarang, think twice before buying a car from sick ATPMs. Takutnya will they still be around in good shape servicing our cars 5 years from now ?

Anyway, sudah ada Nissan, saya ngak perlu rindu lagi ama Mitsubishi. Kalau Honda, till they give me something yang bangkunya empuk, dan suspensinya empuk, otherwise, sudah ngak gitu srek saya. I just love softer comfortable stuff. Those with back problems will disagree though.

Kalau Toyota, memang Yaris fulfill my criteria for a good price, safe car. TAPI itu dia, too small for me ! So till Toyota launches something new in the future, its back to Nissan for now. Well, actually Fortuner fulfills my needs, too bad harganya terlalu tinggi ! So much for my anti Toyota accusations !

Anyway, when U say enaknya punya mobil Toyota dan Honda, U forgot Nissan ! I thought U say U are not anti them too. Jaman sekarang punya Nissan sama enaknya kok ama Honda dan Toyota. If U look at Kompas nowadays, U will realize that Nissan resale value is similar to Honda and Toyota models yang harganya LEBIH dari 200 juta.

Malah belakangan c24, gara gara yang jual makin sedikit, yang umur 1-2 tahun masih lebih atau dekat ama 200 juta. Compares favourably with CRVs yang segitu juga. Malah X-Trail yang sudah makin tua lebih perkasa lagi. Still unit 1-2 tahun masih banyak yang harga pasarnya di atas 200 juta.

As I say before, if a product is good, the market will ULTIMATELY recognize and acknowledge it !

Yang babak belur itu mid / high sedans I perhatiin. Look at the fate of the Altis. Harga resalenya sedih banget. Lebih parah banding CRV / X-Trail. Cause nowadays, orang Indo lebih banyak cari SUV / mobil keluarga.

Kalau low sedans like City / Vios, resale valuenya OK, cause harganya ngak tubrukan ama SUV dan harganya baru sudah murah.

I did not say now is a good time to buy a Mitsu. I only say itu Galant enak, tapi harus tunggu Mitsu turnaround dulu baru bisa ngomong lagi.
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Hahaha, tapi jangan salah hitung begitu, beda initial outlay grandis dan odyssey Rp. 100 juta lebih, kalau dibungakan lima tahun, di akhir tahun ke lima nilainya sudah jadi Rp. 100 juta x (1.1)^5 = Rp. 161 juta lebih.
(anggap saja bunga deposito 10%/ tahun)

Saya rasa di antara mobil penumpang mitsu, grandis-lah yang paling sesuai dengan selera konsumen Indonesia (MPV).
Penjualan sedan mitsubishi kurang relevan untuk kondisi saat ini, karena berapa banyak sih penjualan sedan di Indo ?
Belum lagi modelnya juga belum ganti, justru yang relevan bagi penjualan mitsubishi indo itu adalah grandis dan model sesudahnya.
Penjualan itu penting untuk recovery mobil penumpang mitsubishi di Indo.

Tapi krn harganya berdekatan dengan mobil yang "itu", (bisa saling kanibal di pasar) disarankan agar tidak membelinya dengan alasan karena induknya lagi ada masalah.
Hal ini kelihatannya benar, tetapi kalau dipikir lebih lanjut, kecil sekali kemungkinannya merk segede Mitsu mati, itu cuma penggembosan saja, jadi waspadalah, bukan mitsu sedan yang jadi target :wink:
Dan saya yakin kalau cuma dipakai 5 tahun pasti maintenance-nya gak gede, belum ada yang rusak

Mobil merk S yang masuk ke kelas 1.500 cc sebenarnya nyaris tanpa cela, tetapi karena merk favoritnya pengen masuk ke pasar itu, untuk melenggangkan jalan ke depan, terpaksa harus dimarginalkan dulu dengan dibilang merk-nya tidak berwibawa. Mungkin biar berwibawa perlu diberi kumis dulu :wink:

Mobil-mobil Korea, jauh hari juga mereka sudah tahu bahwa mobil-mobil tersebut nempel di belakangnya, maka itu harus digembosin

SUV favoritnya kalah dari kompetitornya, juga penjualan kompetitor tersebut naik pesat, maka itu perlu dibikinkan issue baru, bahwa yang dijual mobil kosongan, maka itu penjualan bisa naik, beda dengan merk favoritnya yang justru turun.

Toyota, apalagi yang ini :wink:
Hahahaha, tambah seru dan menarik saja ceritanya :P

Semua ada polanya :lol:
Pasti entar ada jurus-jurus baru lagi, nonton ah :wink:

ruthndul wrote: setelah 5 tahun, Grandis dijual 100 juta ga ada yang mau
Odyssey dijual 200 juta-an masih banyak yang ngincer... :-)

haiya..... forum ini.... as always, belong to sithlord & conan again.... :twisted:
:evil:
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

OK. Since whatever I say di SM banyak sekali pedagang mobil, dealer Astra, sales Toyota, pemilik Toyota / Honda, and just people who don't check the reality, pegang mitos jaman dulu, pasti bilang saya [cencored].

So now allow me to post some raw data. From latest Saturday edition of Kompas. Tanggal 18 Feb 06. Untung ada versi internet. Kalau ngak saya mana mau tulis banyak. So I tinggal cut and paste.

I only quote iklan mobil yang ada harganya. Dan jika lihat harga Nissan segitu orang bilang " Kan belom di tawar ", I want to say, " Memang iklan mobil Toyota dan Honda ngak bisa di tawar juga ? ".

First, an update of these NEW car prices (based on Autobild, may have changed a bit bulan Feb, tapi ngak beda jauh lah) :

Nissan X-Trail 2.5 St - 262.5 juta
Nissan Serena Ct (standard) - 242 juta
Nissan Serena HWS - 283 juta

Honda CRV 2.4 - 273 juta
Honda CRV 2.0 A/T - 256 juta
Honda CRV 2.0 M/T - 244 juta
Honda Accord VTiL 2.4 M/T - 364 juta
Honda Accord VTiL 2.4 A/T - 384 juta

Toyota Altis 1.8 J M/T - 249.7 juta
Toyota Altis 1.8 G M/T - 276.9 juta
Toyota Altis 1.8 G A/T - 293.9 juta

To keep it short, I only analyze these models.

The source is : http://www.kompas.com/
Cari di iklan mini.

DIJUAL : HONDA
Accord VTIL, AT, Hitam, Th 2004 (99% Baru), Km 5000, Harga 295 Jt nego. Hub: 0811181584

DIJUAL : HONDA
CRV'03,Silver,Antik,Istw,Tdk Kcw, Km.48Rb,J.Cpt,178,5Jt,Bs.TT/Krdt. 1-3Th,DP.20%. Lotus. 6545207.

DIJUAL : HONDA
CRV 2005 AT,195Jt,Cash/DP 10%, Ang 4Jt,Tgn-I,Jamin 100% Baik Ors (99% Baru).www.sirajakredit.com

DIJUAL : HONDA
Accord'03 Vtil-Lmd 2.3 M/T Hitam, dbl.ab,Vr"16,E. seat,jk.klt, hp.215 Jt:8640181/08161876733 pd.klapa

DIJUAL : HONDA
CRV '03 AT Jok Kulit Talang Air Foot Step Member Service Hrg 177Jt Hub: 0812 9223275
----------------------------

DIJUAL : TOYOTA
Corolla Altis type J 03 smoke silver TgnI HP 155jt pmki lsg. Bkt Pamu lang Indah Blk D1/15 Ph 70423925

DIJUAL : TOYOTA
Altis G '2002 Hitam 100% Orisinil Body Mesin Terawat,Mulus,Pema kai Lgsg,Hrg.155jt.Hp.0818112012
-------------------------------------------

DIJUAL : NISSAN
Serena HWS Silver 2 Tone Th 04, Nov,Km 14rb,TV,DVD,Konds Mls, 232,5Jt Nego Hub:081381574344

DIJUAL : NISSAN
Serena CT/AT'2004 Hitam,Vkool, Istimewa, 196jt. Hub. 0818.197308

DIJUAL : NISSAN
Serena Highway Star Aug'04, AT, Silver, TV, Jok Kulit 235jt(nego) 0816809328 / 0816721685

DIJUAL : NISSAN
X-TRAIL 2003 Biru Full Variasi VRAC/ KM. Rendah, Tgn I, An Sdri Hrg 205Jt Nego. Hub:08567821003

THE END

The objective of this exercise is to show that NOWADAYS, di class yang harganya dekat, Nissan ama Toyota, Honda itu resale valuenya sudah similar. So U guys mau bilang Nissan jelek etc, its your right.

But if U are fair, and bother to check the market, U will realize that things have changed. Also X-Trail is still slightly better than CRV, even though some pedagang said something in a magazine interview.

Saya paling tidak setuju fiction di bilang fact, fact di bilang fiction. So pls study the market, and not just form opinions based on rumours or some pedangang trying to clear his old Toyota / Honda stock.

Jangan salah. Tujuan saya bukan mau tunjukan jaman sekarang Toyota dan Honda resale value no good. Of course not ! Just that I want to show that Nissan is perhaps one of the most MISUNDERSTOOD Japanese car company in Indonesia today.

Mobil mereka OK, resale value mirip ama Toyota, Honda, YET there are still many who says Nissan resale valuenya hancur, jelek. I really pity them often ! Memang mereka salah juga, dari dulu ngak keluarin mobil murah, 100-180 juta dulu, yang tentu resalenya akan jauh lebih bagus.

Yang TETAP ngotot pikiran demikian, there is nothing I can do. I have showed all facts, there rest is up to masing masing deh.

Oh, well, there is another use for these data. To show current and prospective Nissan owners yang ketakutan dengar isu mobil mereka akan hancur, my post is to reassure them - don't panic ! U will get similar results even if U buy a Toyota and Honda - in the SAME price class of course ! Jangan banding ama Innova, Jazz, Avanza, Yaris deh yang tau sendiri harganya cuman berapa.

Call me a Nissan salesman if U want. My objective is only to present hard, raw data. To clear up any myths in the market.

This post could still invite more storms of protest from many people. But there is nothing I can do about that. Kalau masih ngak puas, silahkan baca Kompas tiap hari. I do that everyday - iklan baris mobil.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

For fun and more data to crunch, saya quote data dari tanggal Sabtu 11 Feb 06, atret 1 minggu lalu :

DIJUAL : HONDA
CRV'05,Htm Solid,Kond.Bgs,Antik, Istw,Hrg.220,5Jt,TT/Krdt 1-3Th, DP.20%. Lotus. 6545207.

DIJUAL : HONDA
CRV'03,Silver,Antik,Istw,Tdk Kcw, Km.48Rb,J.Cpt,179,5Jt,Bs.TT/Krdt. 1-3Th,DP.20%. Lotus. 6545207

DIJUAL : HONDA
CRV/AT'2003,Plat F(Bogor), Silver, Nopil 3 Angka,good condition, 178jt Hub. 0818.197.

DIJUAL : HONDA
CRV'2005 Matic 2.4 Mrh Met/full Ors 1Tgn drbr Ban serep blm trn 232jt dmi:70916471/0815.

DIJUAL : HONDA
CRV '04 AT Silver, Kondisi mulus, Tgn I, MAsih Ada Asuransi 188Jt Hub. Hp.0816.13888.18/92888807
--------------------------------------------

DIJUAL : NISSAN
X-Trail ST'03,titanium,Vkool,jok kulit,kenwood,servis nissan mulus. Rp.200Jt Nego.0811-809209

DIJUAL : NISSAN
Serena CT Silver'05 bln 5 KM14Rb TV Full Ors Tgn 1 dari Baru H.205Jt Hub:0817776344.

DIJUAL : NISSAN
X-Trail XT 2.5 th'2003 Hitam/VKool trwt 210jt Nego bisa TT/K-Prs Cpt Hub.: 0812.981.8919

From these data, it is obvious that the c24 kalah popular ama SUV like CRV and X-Trail. Tapi ngak beda jauh banget selisih resale valuenya. Dan X-Trail sungguh bagus resale valuenya.

Kalau mobil Toyota yang main di harga 240-300 juta, selain Altis, ngak bisa di analyze, cause ngak ada iklan unit Innova 2.7, ngak ada iklan Fortuner yang tentu masih sangat baru dan belum banyak orang mau jualnya. Oh iklan Fortuner ada, tapi yang pasang adalah pedagang yang dulu kirain bisa speculate on Fortuner like the Innova / Avanza. They thought antrian Fortuner akan sepanjang mobil murah Toyota lainnya.

But they are dead wrong. Now they have to fight with Astra to sell their Fortuners, and I wish them good luck, cause I said before, 9.9/10, orang pasti mending beli Fortuner baru dari Astra banding pedagang !