Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
para mastah ijin mantau
masi newbie neh,selama ini pakai caltex havoline 10w-40 tarikan enak sampai 3500km dulu sempat pakai shell hx 7 tapi olinya ga tahan panas sering knocking kalo suhu mesin panas,selama pakai caltex tidak ada gejala ini.
rencana pengen ganti oli merk lain pilihannya jatuh ke repsol multivalvulas 10w-40 acea A3/B4 mb 229,3 atau total quartz 7000 10w-40 jg
menurut agan2 bagusan yg mana ? selisih harga ke 2 tipe ini ga beda jauh
mohon review agan2 yg pernah menggunakan ke 2 oli ini,bingung soalnya menentukan yg mana
masi newbie neh,selama ini pakai caltex havoline 10w-40 tarikan enak sampai 3500km dulu sempat pakai shell hx 7 tapi olinya ga tahan panas sering knocking kalo suhu mesin panas,selama pakai caltex tidak ada gejala ini.
rencana pengen ganti oli merk lain pilihannya jatuh ke repsol multivalvulas 10w-40 acea A3/B4 mb 229,3 atau total quartz 7000 10w-40 jg
menurut agan2 bagusan yg mana ? selisih harga ke 2 tipe ini ga beda jauh
mohon review agan2 yg pernah menggunakan ke 2 oli ini,bingung soalnya menentukan yg mana
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Bro..
Oli meditran sx / ch-4, shell hx5 / cf, sama repsol super turbo diesel ch-4, bagus mana buat panther?
Trus fastron diesel ada kemasan 1 liter gak?
Saya biasa pakai meditran sx.
Pertanyaan ini timbul ceritanya td pas ke bengkel ada kijang diesel dibongkar mesinnya, ane liat mesinnya kotor kepala piston item banyak jelaganya.
Iseng2 lg ane menyelinap masuk ke mobilnya trus liat kertas penggantian oli, ternyata olinya meditran sx.
Yah ane gak tau jg ada hubungannya dgn oli pa gak...
Oli meditran sx / ch-4, shell hx5 / cf, sama repsol super turbo diesel ch-4, bagus mana buat panther?
Trus fastron diesel ada kemasan 1 liter gak?
Saya biasa pakai meditran sx.
Pertanyaan ini timbul ceritanya td pas ke bengkel ada kijang diesel dibongkar mesinnya, ane liat mesinnya kotor kepala piston item banyak jelaganya.
Iseng2 lg ane menyelinap masuk ke mobilnya trus liat kertas penggantian oli, ternyata olinya meditran sx.
Yah ane gak tau jg ada hubungannya dgn oli pa gak...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Mon May 25, 2009 5:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Ada yg pernah nyobain idemitsu 10w-30 eco touring API SM? saya bingung, olie ini udh API SM tp ternyata masih termasuk olie mineral dan bukan semi syn. Apakah kualitas dan daya tahannya sama dgn olie semi syn yg 10w-30 ato semi syn 10w-40? soalnya mo cari olie 10-30 yg mumer selain top 1 kok ssh yah? Kalo olie OEM nissan yg 10w-30 gradenya masih SL. harusnya yg eco touring ini lbh bagus yah?
mohon pendapat SMers dong...thx b4.
mohon pendapat SMers dong...thx b4.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?
Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
1. yg 15W40 mineral, yang 10W40 ACEA B4 = Semi Synthbasah wrote:1. bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?
Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
1. API Service gak ada korelasi-nya dgn Base Oilgrowbuckme wrote:Ada yg pernah nyobain idemitsu 10w-30 eco touring API SM? saya bingung, olie ini udh API SM tp ternyata masih termasuk olie mineral dan bukan semi syn. Apakah kualitas dan daya tahannya sama dgn olie semi syn yg 10w-30 ato semi syn 10w-40? soalnya mo cari olie 10-30 yg mumer selain top 1 kok ssh yah? Kalo olie OEM nissan yg 10w-30 gradenya masih SL. harusnya yg eco touring ini lbh bagus yah?
mohon pendapat SMers dong...thx b4.
2. API SM itu lebih ditujukan utk perlindungan catalytic Converter, dan utk daya lumas sebetulnya API SL lebih baik krn kandungan ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, Api SM cuman 800 ppm.
Oli 10W30 yg ekonomis ya si Idemimit ECO ama Petronas Syntium 800 yg 10W30.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
kalo dari 3 itu yah vote si Repsol......Repsol-nya yg seri SHPD kan ?salah obat wrote:Bro..
Oli meditran sx / ch-4, shell hx5 / cf, sama repsol super turbo diesel ch-4, bagus mana buat panther?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Coba lakukan pembersihan karbon @ ruang bakar & intake valve.fernando_lim wrote:para mastah ijin mantau
masi newbie neh,selama ini pakai caltex havoline 10w-40 tarikan enak sampai 3500km dulu sempat pakai shell hx 7 tapi olinya ga tahan panas sering knocking kalo suhu mesin panas,selama pakai caltex tidak ada gejala ini.
Juga hati2 dlm membeli oli, oli2 merek populer suka ada p*lsu-nya, si Caltex Havoline lebih less likely utk dipalsu drpd si k*rang.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Nimbrung :junenk2009 wrote: budgetnya kira2 100 ribuan aja perliternya dapet olie apa ya om? trus filter olinya forti kira2 berapaan ya? makasih replynya om hansen
Harga sampai segitu bisa coba Q8 Excel Diesel 5W40 Full Synth MB 229.3
Di Toda masih ada promo beli 3 bonus 1 L., harga Nett after bonus sekitar 80 rebuan / L, pakai sampai 7000 Km enak, bisa ganti di 7500 - 8000 Km.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Situ udah coba atau baru baca2 brosurnya aja ?solar_kerosen wrote: gimana kalau kamu coba oli teknologi terbaru ENEOS Sustina![]()
http://www.eneos.us/files/news/4661c9eb ... ede604d677
About ILSAC GF-5 / API SN bisa baca2 di www.gf-5.com/
Skg mulai banyak oli API SN / GF-5, yg Dexos 1 dan 2 nya juga mulai banyak.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?Turboman wrote:1. yg 15W40 mineral, yang 10W40 ACEA B4 = Semi Synthbasah wrote:1. bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?
Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?
2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.
Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi
Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab
Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.
Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.
Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.
Pelumas PTT :
http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... hicle.aspx
Last edited by Turboman on Wed Sep 21, 2011 9:21, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
apakah ada yg tau atau pernah pake Fastron Techno 15w50 ?? kayaknya layak dicoba oli produk pertamina ini.. brapa harganya ya, dan dimana belinya yg murah ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
@om turbo : repsolnya galon item, isi 5 liter om, harga +- 200rbuan/galon. taunya versi SHPD gmn om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!Turboman wrote:1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?
2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.
Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi
Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab
Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.
Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.
Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.
Pelumas PTT :
http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... hicle.aspx
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Kaga tau deh.....mgkn ada korelasi oil passage mesin generasi sekarang rada kecil ya...cmiiwVanzMatic wrote:Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!Turboman wrote:1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?
2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.
Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi
Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab
Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.
Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.
Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.
Pelumas PTT :
<!-- m --><a class="postlink" href="http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... lub/en/lub ... hicle.aspx</a><!-- m -->
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Itu SAE dan bukan API ServiceVanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40
Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Ada tulisannya Orange : S.H.P.D.salah obat wrote:@om turbo : repsolnya galon item, isi 5 liter om, harga +- 200rbuan/galon. taunya versi SHPD gmn om?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
sepahaman saya, angka didepan huruf W menandakan tingkat kekentalan/keenceran/visc. oli.........semakin kecil angka nya maka akan semakin encer; misal 20W-15W-10W-5W-0WTurboman wrote:Itu SAE dan bukan API ServiceVanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40
Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
sedangkan dua digit setelah "strip" menandakan batas ketahanan oli s/d suhu tertentu........semakin besar angka nya maka maximal temperatur yg bisa di handle oli semakin besar pula; misal -50,-40,-30
bener ga pemahaman ane oom?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Sebaiknya lihat MSDS rilis oleh manufaktur nya...itu lebih sahih....sama2 viskositas tertulis 5w30 blm tentu sama berat nya...cmiiw
Dan penentuan kualitas oli paling sahih sih seperti yang dipaparkan oom turboman, dikirim ke lab utk dianalisis sisa TBN, degradasi viskositas serta jumlah jelaga metal dlm satuan ppm,,,,though tjat is not always the case....mgkn oom TM bisa elaborate:)
Dan penentuan kualitas oli paling sahih sih seperti yang dipaparkan oom turboman, dikirim ke lab utk dianalisis sisa TBN, degradasi viskositas serta jumlah jelaga metal dlm satuan ppm,,,,though tjat is not always the case....mgkn oom TM bisa elaborate:)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
angka setelah strip bukannya viscosity dlm suhu panas tertentu ya?doq wrote:sepahaman saya, angka didepan huruf W menandakan tingkat kekentalan/keenceran/visc. oli.........semakin kecil angka nya maka akan semakin encer; misal 20W-15W-10W-5W-0WTurboman wrote:Itu SAE dan bukan API ServiceVanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40
Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
sedangkan dua digit setelah "strip" menandakan batas ketahanan oli s/d suhu tertentu........semakin besar angka nya maka maximal temperatur yg bisa di handle oli semakin besar pula; misal -50,-40,-30
bener ga pemahaman ane oom?

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Pada demen kalo ngobrolin yang licin2....

OB sotoy: Misal 5W-30, 5 nunjukin tingkat viskositas oli saat dingin, W = Winter, 30 nunjukin tingkat viskositas oli saat suhu kerja mesin. Itu kalo OB gak salah intisarikan dari baca2 tempo hari di 'Bob is the oil guy' gara2 penasaran ama produk Amsoil dan Royal Purple.








OB sotoy: Misal 5W-30, 5 nunjukin tingkat viskositas oli saat dingin, W = Winter, 30 nunjukin tingkat viskositas oli saat suhu kerja mesin. Itu kalo OB gak salah intisarikan dari baca2 tempo hari di 'Bob is the oil guy' gara2 penasaran ama produk Amsoil dan Royal Purple.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Kalau tidak salah di nol derajat fahrenheit dan 40 derajat....kalau nubie tidak lupa ya...
BITOG adalah salah satu forum komprehensif...cmiiw
Dari situ berangkat kepercayaan ane mesin qr25de second gen cocok nya oli 30 weight, be it 5w or 10w...buktinya sewaktu memakai oli mobil 5w50 HLA ane pernah bunyi waktu cold crank....buru2 ane ganti oli dgn akhir 30 dan ga pernah ada masalah tersebut muncul.
BITOG adalah salah satu forum komprehensif...cmiiw
Dari situ berangkat kepercayaan ane mesin qr25de second gen cocok nya oli 30 weight, be it 5w or 10w...buktinya sewaktu memakai oli mobil 5w50 HLA ane pernah bunyi waktu cold crank....buru2 ane ganti oli dgn akhir 30 dan ga pernah ada masalah tersebut muncul.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
@badak&nightster
wooo ic ic........berarti saya salah paham menerjemahkan nya ya? tadi nya kirain angka dua digit setelah strip menandakan tingkat ketahanan terhadap batas suhu tertentu heheheehe
ternyata masih sama2 menunjukan visc. oli juga
wooo ic ic........berarti saya salah paham menerjemahkan nya ya? tadi nya kirain angka dua digit setelah strip menandakan tingkat ketahanan terhadap batas suhu tertentu heheheehe

-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Aug 26, 2011 12:28
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Hmm binggung kalo salah room apa ngga
Ane mau tanya.. Ceritanya kan ane baru beli honda crv.. setelah pemakaian 1500km ane bawa ke BeRes buat pemeriksaan 1000km. Pas sampe disana ternyata oli ngga diganti. Dan ane dianjurkan untuk ganti oli di 10rb km?
ane merasa 10rb km overkill banget.. apa ngga kenapa2 tuh mesin? soalnya pasti mesin baru masih banya debu2 metalik hasil dari pemakaian awal (wear out). Secara, merek2 lain biasanya 1000km biasanya ada pergantiaan oli. Ada apa yah dengan honda?
Akhirnya sih ane abis dari BeRes honda langsung mampir di bengkel umum buat ganti oli..

Ane mau tanya.. Ceritanya kan ane baru beli honda crv.. setelah pemakaian 1500km ane bawa ke BeRes buat pemeriksaan 1000km. Pas sampe disana ternyata oli ngga diganti. Dan ane dianjurkan untuk ganti oli di 10rb km?
ane merasa 10rb km overkill banget.. apa ngga kenapa2 tuh mesin? soalnya pasti mesin baru masih banya debu2 metalik hasil dari pemakaian awal (wear out). Secara, merek2 lain biasanya 1000km biasanya ada pergantiaan oli. Ada apa yah dengan honda?
Akhirnya sih ane abis dari BeRes honda langsung mampir di bengkel umum buat ganti oli..
