Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
BTW itu kenapa perbandingannya avanza dan innova om TM?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
klo berdasarkan data diatas, berarti dimensi nya berada diantara avania-inova........tinggi 1855mm, waw lebih tinggi dr apv ya? head space lega banged nih!! menarik utk dimodif interrior jd semacam mobile officeVanzMatic wrote:Diliat dari desain nya yang ber GC sangat rendah (garis bawah bodi berada di bawah sumbu roda) dan tiadanya 'punuk onta' di interiornya, udh cukup menunjukkan bahwa mobil ini FWD.toyotaman wrote:Panjang 4400 mm
Lebar 1695 mm
Tinggi 1855 mm
Wheelbase 2725 mm
Turning Radius 5.2 meter
Tangki BBM 55 liter
Sangat mungkin FWD, karena mayoritas model JDM adalah FWD, seperti alphard, yaris, noah / voxy, freed, Stepwagon, Serena, Juke etc perhatiin semuanya FWD.
-cut-
Turning radius 5,2 meter..?? Wedeww... ngalahin Innova yang 5,4 meter. Tapi lebigh besar dari Avanza yg 4,7 meter (ya iyalah, emang udh beda dimensi. makanya saya bandingkan dengan Innova)
Lebar 1695 -> Lebih mungil dibanding Innova yg 1770.
Tapi tingginyaa...waow 1855? Hampir menyentuh angka 1900mm nya Mitsubishi Colt T120ss Karoseri Adiputro atap jumbo.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
TM atw VM nih...?salah obat wrote:BTW itu kenapa perbandingannya avanza dan innova om TM?


Ya ane kan juga bandingin ama T120ss atap Jumbo?
Selain itu, karena konotasi awam macam saya kan pemikiran langsung ke perbandingan dimensi antara Habanja atau Ipah. Ane belum kebayang model lain selain 3 model itu sihh...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Mumpung ada trit ini, jadi OOT dikit, keinget kesan ane ama mobil berikut..
Menyesalkan aja, model begini engga pernah didatangkan lagi oleh Toyota Indonesia stlh era Hi-ace dulu
(ket: pada gbr adlh mobil dg setir kiri)


Hhhh...!

Menyesalkan aja, model begini engga pernah didatangkan lagi oleh Toyota Indonesia stlh era Hi-ace dulu
(ket: pada gbr adlh mobil dg setir kiri)


Hhhh...!


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
@ VM : TM, di bagian load2 td om..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
juga kalo ada poto2 SPG nissam, harap di posting pada tempat nya




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
untuk TS atau siapapun,,
ane minta komparasi Dimensi dan Bobot/ berat mobil NV200 dan Serena?
Liat serena aja dg mesin 2000cc dg bobot yg sekarang sudah terasa borosnya, apalagi klo NV200 ini ternyata lebih berat bobotnya dibanding Serena dg pake mesin 1500cc atau 1600cc, yg ada bukan jd irit..

ane minta komparasi Dimensi dan Bobot/ berat mobil NV200 dan Serena?
Liat serena aja dg mesin 2000cc dg bobot yg sekarang sudah terasa borosnya, apalagi klo NV200 ini ternyata lebih berat bobotnya dibanding Serena dg pake mesin 1500cc atau 1600cc, yg ada bukan jd irit..


Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
bicara konsumsi bbm memang terkait erat antara dimensi,berat dan kapasitas mesin serta teknologi yg diusung nya..............jadi ingat apv, malah jd boros karena hanya menggunakan mesin 1500cc utk bodi bongsor nyagrandscenic wrote:untuk TS atau siapapun,,
ane minta komparasi Dimensi dan Bobot/ berat mobil NV200 dan Serena?
Liat serena aja dg mesin 2000cc dg bobot yg sekarang sudah terasa borosnya, apalagi klo NV200 ini ternyata lebih berat bobotnya dibanding Serena dg pake mesin 1500cc atau 1600cc, yg ada bukan jd irit..![]()

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Ini mah udah biasa - gak sayang keluarga lah, istri org masih hidup lah ...wong nyawa anaknya aja dipake taruhandoq wrote:membawa contoh utk memperkuat argumen adalah suatu hal yg baik, tapi apabila contoh yg ada itu ditambahkan pernyataan pribadi yg bersifat spekulatif.........rasa nya kurang pantas ya? apalagi menyangkut nyawa seseorang.toyotaman wrote:Saiful seharusnya baca artikel ini. Jika dia baca, hari ini istrinya pasti masih hidup !
tolong utk diperhatikan hal seperti ini pada postingan2 berikut nya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
statement diatas sudah diralat oleh yg bersangkutan, so dimohon utk tidak diperpanjang lg mengenai hal iniFortunerMan wrote:Ini mah udah biasa - gak sayang keluarga lah, istri org masih hidup lah ...wong nyawa anaknya aja dipake taruhandoq wrote:membawa contoh utk memperkuat argumen adalah suatu hal yg baik, tapi apabila contoh yg ada itu ditambahkan pernyataan pribadi yg bersifat spekulatif.........rasa nya kurang pantas ya? apalagi menyangkut nyawa seseorang.toyotaman wrote:Saiful seharusnya baca artikel ini. Jika dia baca, hari ini istrinya pasti masih hidup !
tolong utk diperhatikan hal seperti ini pada postingan2 berikut nya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
ak4ng wrote:TP kl 160JT cm dapet versi trondol doank macem produk malon ya nasibnya ga bakal jauh lah..........![]()
meningan beli yg udah teruji 7 thn dengan AC dobel+RWD.......
kayak kata 160 jt dapat full spec di produk nissan ??????????
wah wah wah agak mimpi

atoyot mah 160 juta hampir dapet fullspec dari tp S nya avanza


satu lagi om TM interior so far so good dibnding avanza
kalo exterior ..........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
utk perbandingantoyotaman wrote: Panjang 4400 mm
Lebar 1695 mm
Tinggi 1855 mm
Wheelbase 2725 mm
Turning Radius 5.2 meter
Tangki BBM 55 liter
APV arena
overall length 4225
overall width 1655
overall height 1855
wheelbase 2625
turning radius 4,9m
GC 170-175 (tergantung type)
curb weight 1160-1325
gross weight 1950
sumber; www.suzuki.co.id
Avanza 1.5 S a/t
overall length 4120
overall width 1630
overall height 1695
wheelbase 2655
curb weight 1070
Innova G m/t
overall length 4555
overall width 1770
overall height 1745
wheelbase 2750
curb weight 1525
sumber; www.auto2000.co.id
Luxio
panjang 4165
lebar 1665
tinggi 1915
wheelbase 2650
GC 180
curb weight 1850
turning radius 4,7 meter
sumber; www.daihatsu.co.id
Serena
overall length 4590
overall width 1695
overall height 1825
wheel base 2695
curb weight 1580
turning radius 5,5
GC 160
sumber; www.nissan.co.id
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
so NV200 itu:
-panjang,
lebih dari; APV, Avanza dan Luxio
kurang dari; Innova dan Serena
-lebar
lebih dari; APV, Avanza dan Luxio
kurang dari; Innova dan Serena
-tinggi
lebih dari; Avanza, Innova dan Serena
kurang dari; Luxio
setara dengan; APV
-wheelbase
lebih dari; APV, Avanza, Luxio dan Serena
kurang dari; Innova
weww........ternyata luxio masih jauh lbh tinggi lagi tuh
-panjang,
lebih dari; APV, Avanza dan Luxio
kurang dari; Innova dan Serena
-lebar
lebih dari; APV, Avanza dan Luxio
kurang dari; Innova dan Serena
-tinggi
lebih dari; Avanza, Innova dan Serena
kurang dari; Luxio
setara dengan; APV
-wheelbase
lebih dari; APV, Avanza, Luxio dan Serena
kurang dari; Innova
weww........ternyata luxio masih jauh lbh tinggi lagi tuh

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
mao tanya donk. kalo hitungan panjang mobil dihitung dari depan sekali sampai pintu belakang atau kalo ada ban mobil spt rush, dihitung juga tuh sampai penutup ban?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
NV 200:
CHASSIS
Suspension Front Strut
Rear Leaf rigid
Steering Electric Power assisted rack & pinion
Braking System (option) Disc front, drum rear, ABS, EBD and brake assist
Wheel Size 14×5.5J
Tyre Size Std 175/70R14C Offset 45 P.C.D 114.3×4H Steel Wheel
Optional 175/70R14C Offset 45 P.C.D 114.3×4H Alloy Wheel
WEIGHTS
Gross Vehicle Weight Kg 2000
Kerb Weight Min Kg 1333
Maximum Payload Kg 667
Gross Axle Weight Front Kg 947
Rear Kg 1053
Max. Trailer Cap. Braked Kg 1100
Unbraked Kg 640
OVERALL DIMENSIONS
Length mm 4400
Width with mirrors mm 2011
Width w/o mirrors mm 1695
Height (Unladen) mm 1860
Wheelbase mm 2725
Overhang Front mm 835
Rear mm 840
Track Front mm 1490
Rear mm 1510
Ground Clearance (unladen) mm 158
@oom zwei: innova GCnya 176... dan per keong serta suspensi multilink... NV200 158 dan per daun...
CHASSIS
Suspension Front Strut
Rear Leaf rigid
Steering Electric Power assisted rack & pinion
Braking System (option) Disc front, drum rear, ABS, EBD and brake assist
Wheel Size 14×5.5J
Tyre Size Std 175/70R14C Offset 45 P.C.D 114.3×4H Steel Wheel
Optional 175/70R14C Offset 45 P.C.D 114.3×4H Alloy Wheel
WEIGHTS
Gross Vehicle Weight Kg 2000
Kerb Weight Min Kg 1333
Maximum Payload Kg 667
Gross Axle Weight Front Kg 947
Rear Kg 1053
Max. Trailer Cap. Braked Kg 1100
Unbraked Kg 640
OVERALL DIMENSIONS
Length mm 4400
Width with mirrors mm 2011
Width w/o mirrors mm 1695
Height (Unladen) mm 1860
Wheelbase mm 2725
Overhang Front mm 835
Rear mm 840
Track Front mm 1490
Rear mm 1510
Ground Clearance (unladen) mm 158
@oom zwei: innova GCnya 176... dan per keong serta suspensi multilink... NV200 158 dan per daun...

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
kalo memang fungsinya bisa untuk bawa barang dan penumpang juga mengutamakan durabilitas...suspensi leaf spring ini cocok, perkara nyaman atau nggak mesti di buktikan dng test drive.
power steering elektriknya memberi harapan konsumsi bbm yg lbh baik.
IMO : jika memang akan dijual di indonesia, sebaiknya NMI melakukan pembenahan untuk GC yg lebih tinggi, kalo bisa ukuran ban std nya juga pake pelek ring 15in supaya gak terlalu banyak ruang fender yg terliat kosong
power steering elektriknya memberi harapan konsumsi bbm yg lbh baik.
IMO : jika memang akan dijual di indonesia, sebaiknya NMI melakukan pembenahan untuk GC yg lebih tinggi, kalo bisa ukuran ban std nya juga pake pelek ring 15in supaya gak terlalu banyak ruang fender yg terliat kosong
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
datsu wrote:@oom zwei: innova GCnya 176... dan per keong serta suspensi multilink... NV200 158 dan per daun...
Dari situs toyota astra, suspensi innova multi link ? Yang saya temukan adalah :
innova
Suspensi Depan : Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer
Suspensi Belakang : 4-link Coil spring & lateral rod
Kecuali memang 4-link coil spring & lateral rod memang sama ama multi link. Saya bukan expert di hal suspensi.
Saya surprise aja innova pakai multi link (jika benar), Karena alphard aja yang hampir 1M suspensi belakangnya aja masih pakai Torsion Beam.
alphard
Suspensi Depan : MacPherson Strut
Suspensi Belakang : Torsion Beam
Masalah Leaf springnya NV200 enak atau ngak, saya akan cari hasil test drive dari Eropa, lihat pendapat mereka gimana, karena mobil Eropa banyak yang suspensinya enak, jadi kalau banyak orang Eropa bilang Leaf Springnya NV200 enak, ya not bad.
Ingat pula NV200 harganya ngak lebih dari 200 jt, bahkan bisa sekitar starting price 160 jt. innova G MT aja udah 237 jt.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
dari wiki http://en.wikipedia.org/wiki/Multi-link_suspension
Solid Axle Configuration
For a solid axle vehicle the multi link suspension provides control of the axle during suspension cycling and to locate the axle under the vehicle. The most common[citation needed] is the 4 link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. The 4 link is also used heavily in off road racing and drag racing. The 4 link for a solid axle has a few variations such as the triangulated 4 link and double triangulated 4 link. Although common in off-road vehicles these are not commonly found on the street.
-----
Saya sih gak asal ngomong n nyebut doang,,,, cari info juga yang bermanfaat. Dan mencoba sedikit mungkin sok tahu dengan pengalaman saya yang cupu di dunia otomotif.
Lawyered!!
Solid Axle Configuration
For a solid axle vehicle the multi link suspension provides control of the axle during suspension cycling and to locate the axle under the vehicle. The most common[citation needed] is the 4 link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. The 4 link is also used heavily in off road racing and drag racing. The 4 link for a solid axle has a few variations such as the triangulated 4 link and double triangulated 4 link. Although common in off-road vehicles these are not commonly found on the street.
-----
Saya sih gak asal ngomong n nyebut doang,,,, cari info juga yang bermanfaat. Dan mencoba sedikit mungkin sok tahu dengan pengalaman saya yang cupu di dunia otomotif.
Lawyered!!
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Feature apa aja nanti di NV200 basic Indonesia kita belum tau. Jadi agak premature saat ini kalau banding ama feature avanza.
Yang sudah di confirm adalah hasil uji tabrakan NV200 dapat 6 bintang (JNCAP).
Kalau mau bicara teruji 7 tahun terus gitu ya nanti avanza model baru keluar juga sama, belum teruji, baru lahir. Berani beli ngak ?
Dan semua mobil baru harus di curigai karena baru keluar ?
Yang sudah di confirm adalah hasil uji tabrakan NV200 dapat 6 bintang (JNCAP).
Kalau mau bicara teruji 7 tahun terus gitu ya nanti avanza model baru keluar juga sama, belum teruji, baru lahir. Berani beli ngak ?


Dan semua mobil baru harus di curigai karena baru keluar ?
FMEAKD wrote:ak4ng wrote:TP kl 160JT cm dapet versi trondol doank macem produk malon ya nasibnya ga bakal jauh lah..........![]()
meningan beli yg udah teruji 7 thn dengan AC dobel+RWD.......
kayak kata 160 jt dapat full spec di produk nissan ??????????
wah wah wah agak mimpi![]()
atoyot mah 160 juta hampir dapet fullspec dari tp S nya avanza![]()
![]()
satu lagi om TM interior so far so good dibnding avanza
kalo exterior ..........
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Kalau saya sebagai konsumen ngak akan nuntut berlebihan untuk nambah lagi GC 1-2 centi. Karena NV200 tinggi overallnya sudah 1855 mm, kalau GC di naikan lagi 1-2 centi
1. Apakah cuman nambah 1-2 centi GC akan jadi SUV jago seperti Pajero Sport ?
2. Jika center of gravity ngak di kompensasi, akan pengaruh stabilitas. Dan design body sudah final, bisa jadi sulit untuk turunkan center of gravity andai kata GC di naikan.
Cuman jika ternyata naikin 1-2 centi GCnya ngak gitu pengaruh banyak untuk stabilitas mobil ini, ya silahkan. Nissan lebih tau hal ini. Jika bisa, mereka mungkin akan lakukan, seperti Grand Livina yang di naikin ke 180 mm.
Toh banyak sekali mobil di Indonesia yang GCnya 150-160mm, seperti jazz, yaris, freed, alphard etc dan apakah banyak yang kesulitan di jalanan ? Saya rasa tidak. akio toyoda aja sendiri bilang jalan Indonesia sekarang udah jauh lebih baik banding dulu.
Saya pakai Serena sudah 7 tahun, GCnya juga 160 mm, ngak pernah terjebak di lobang besar sampai ngak bisa keluar. Dan jika ketemu lobang amat besar, nambah 1-2 centi lagi saya rasa ngak beda jauh. Sama kesulitan nanti.
Kecuali GCnya super tinggi seperti Terrano tua yang 250 mm nah lain cerita.
Jika benar benar sering lewat off-road, jalan banyak lobang seperti habis di bomb, jangankan NV200, innova / avanza aja juga ngak memadai, karena lewat ginian paling cocok SUV seperti Pajero Sport, Navara yang SELAIN GCnya tinggi, lebih penting lagi adalah overhang depan dan belakangnya lebih pendek.
http://en.wikipedia.org/wiki/Overhang_(automotive)
1. Apakah cuman nambah 1-2 centi GC akan jadi SUV jago seperti Pajero Sport ?
2. Jika center of gravity ngak di kompensasi, akan pengaruh stabilitas. Dan design body sudah final, bisa jadi sulit untuk turunkan center of gravity andai kata GC di naikan.
Cuman jika ternyata naikin 1-2 centi GCnya ngak gitu pengaruh banyak untuk stabilitas mobil ini, ya silahkan. Nissan lebih tau hal ini. Jika bisa, mereka mungkin akan lakukan, seperti Grand Livina yang di naikin ke 180 mm.
Toh banyak sekali mobil di Indonesia yang GCnya 150-160mm, seperti jazz, yaris, freed, alphard etc dan apakah banyak yang kesulitan di jalanan ? Saya rasa tidak. akio toyoda aja sendiri bilang jalan Indonesia sekarang udah jauh lebih baik banding dulu.
Saya pakai Serena sudah 7 tahun, GCnya juga 160 mm, ngak pernah terjebak di lobang besar sampai ngak bisa keluar. Dan jika ketemu lobang amat besar, nambah 1-2 centi lagi saya rasa ngak beda jauh. Sama kesulitan nanti.
Kecuali GCnya super tinggi seperti Terrano tua yang 250 mm nah lain cerita.
Jika benar benar sering lewat off-road, jalan banyak lobang seperti habis di bomb, jangankan NV200, innova / avanza aja juga ngak memadai, karena lewat ginian paling cocok SUV seperti Pajero Sport, Navara yang SELAIN GCnya tinggi, lebih penting lagi adalah overhang depan dan belakangnya lebih pendek.
http://en.wikipedia.org/wiki/Overhang_(automotive)
jalu wrote:kalo memang fungsinya bisa untuk bawa barang dan penumpang juga mengutamakan durabilitas...suspensi leaf spring ini cocok, perkara nyaman atau nggak mesti di buktikan dng test drive.
power steering elektriknya memberi harapan konsumsi bbm yg lbh baik.
IMO : jika memang akan dijual di indonesia, sebaiknya NMI melakukan pembenahan untuk GC yg lebih tinggi, kalo bisa ukuran ban std nya juga pake pelek ring 15in supaya gak terlalu banyak ruang fender yg terliat kosong
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
- Location: Near......
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Old story...
Yang saya sangat tidak mengerti disini, kenapa TM cenderung membandingkan mobil 2011 (yang belum keluar) dengan mobil 2003 (yang 1-2 bulan lagi juga diganti dgn all new).
I mean, sudah layak dan sepantasnya kalau NV200 itu unggul dari Avanza hampir dalam banyak aspek bukan?
It sounds silly to me,...
Why not try to compare new apple to new apple (not to the old apple) on the first time?
O well, please continue.

Yang saya sangat tidak mengerti disini, kenapa TM cenderung membandingkan mobil 2011 (yang belum keluar) dengan mobil 2003 (yang 1-2 bulan lagi juga diganti dgn all new).
I mean, sudah layak dan sepantasnya kalau NV200 itu unggul dari Avanza hampir dalam banyak aspek bukan?
It sounds silly to me,...
Why not try to compare new apple to new apple (not to the old apple) on the first time?
O well, please continue.

TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Jangan lihat dimensi, lebih baik lihat BOBOT. Karena kita bicara mobil, bukan pesawat, jadi faktor hambatan angin kecil, toh bukan tiap hari lari 200 km/jam.
NV200 ini berat kosongnya 1270 kg. Versi 1600 cc di Jepang
http://www.nissan.co.jp/NV200VANETTE...l=NV200VANETTE
Beda tipis ama Grand Livina 1.5 AT yang beratnya 1230 kg
http://www.nissan.co.id/id/web/model...1081157975.htm
Jadi NV200 cuman lebih berat 40 kg banding Grand Livina, atau cuman selisih satu koper gede, masa langsung pincang ? Ngak mungkin dong.
Pula data 1270 kg itu adalah versi Jepang yang pakai mesin 1600 cc. Mesin 1600 cc banding 1500 cc lebih berat 1600 cc, meskipun memang ngak beda jauh. Bisa jadi bobot NV200 versi 1500 cc adalah sekitar 1250 kg. Beda tipis banget ama Grand Livina 1.5
Lihat aja GL 1.8 ama 1.5, yang 1.8 lebih berat 20 kg.
Kecuali percaya ama studi banding yang di lakukan toyota astra motor yang " buktikan " bahwa GL 1.5 ngak kuat nanjak, ya mending jangan beli NV200 nanti.
Kalau Serena, bobotnya 1580 kg. Beda jauh ama NV200. Beda 330 kg. Jelas butuh mesin 2000 cc.
NV200 ini berat kosongnya 1270 kg. Versi 1600 cc di Jepang
http://www.nissan.co.jp/NV200VANETTE...l=NV200VANETTE
Beda tipis ama Grand Livina 1.5 AT yang beratnya 1230 kg
http://www.nissan.co.id/id/web/model...1081157975.htm
Jadi NV200 cuman lebih berat 40 kg banding Grand Livina, atau cuman selisih satu koper gede, masa langsung pincang ? Ngak mungkin dong.
Pula data 1270 kg itu adalah versi Jepang yang pakai mesin 1600 cc. Mesin 1600 cc banding 1500 cc lebih berat 1600 cc, meskipun memang ngak beda jauh. Bisa jadi bobot NV200 versi 1500 cc adalah sekitar 1250 kg. Beda tipis banget ama Grand Livina 1.5
Lihat aja GL 1.8 ama 1.5, yang 1.8 lebih berat 20 kg.
Kecuali percaya ama studi banding yang di lakukan toyota astra motor yang " buktikan " bahwa GL 1.5 ngak kuat nanjak, ya mending jangan beli NV200 nanti.
Kalau Serena, bobotnya 1580 kg. Beda jauh ama NV200. Beda 330 kg. Jelas butuh mesin 2000 cc.
doq wrote:bicara konsumsi bbm memang terkait erat antara dimensi,berat dan kapasitas mesin serta teknologi yg diusung nya..............jadi ingat apv, malah jd boros karena hanya menggunakan mesin 1500cc utk bodi bongsor nyagrandscenic wrote:untuk TS atau siapapun,,
ane minta komparasi Dimensi dan Bobot/ berat mobil NV200 dan Serena?
Liat serena aja dg mesin 2000cc dg bobot yg sekarang sudah terasa borosnya, apalagi klo NV200 ini ternyata lebih berat bobotnya dibanding Serena dg pake mesin 1500cc atau 1600cc, yg ada bukan jd irit..![]()
walau memang sih RWD
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Manual

Versi ini stirnya ada audio control seperti X-Trail Xt


Versi ini stirnya ada audio control seperti X-Trail Xt

TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
2 Meja seperti Serena.


TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !
Yang saya bold merah, kendaraan yang om sebut itu, justru pure kendaraan penumpang (passenger car), yang mengutamakan kenyamanan dengan kuantiti yang sedikit (4-5 orang), termasuk Alphard, yang sebenernya passenger, tapi berwujud macam MPV saja bongsornya. So, orang yang sudah memilih macam sedan, pasti juga tau konsekuensinya, misalnya kalau ke komplek perumahan, kudu waspada, kalo2 poldur (speed trap) nya bikin ngegasruk kolong mobilnya, atau banjir atau tidak? Istilahnya, emang niatan awalnya emang mencari mobil dengan GC rendah, karena faktor kenyamanan yang nomor satu. Kesulitan, pasti ada.toyotaman wrote:-cut-
Toh banyak sekali mobil di Indonesia yang GCnya 150-160mm, seperti jazz, yaris, freed, alphard etc dan apakah banyak yang kesulitan di jalanan ? Saya rasa tidak. akio toyoda aja sendiri bilang jalan Indonesia sekarang udah jauh lebih baik banding dulu.
Saya pakai Serena sudah 7 tahun, GCnya juga 160 mm, ngak pernah terjebak di lobang besar sampai ngak bisa keluar. Dan jika ketemu lobang amat besar, nambah 1-2 centi lagi saya rasa ngak beda jauh. Sama kesulitan nanti.
-cut-
jalu wrote:kalo memang fungsinya bisa untuk bawa barang dan penumpang juga mengutamakan durabilitas...suspensi leaf spring ini cocok, perkara nyaman atau nggak mesti di buktikan dng test drive.
power steering elektriknya memberi harapan konsumsi bbm yg lbh baik.
IMO : jika memang akan dijual di indonesia, sebaiknya NMI melakukan pembenahan untuk GC yg lebih tinggi, kalo bisa ukuran ban std nya juga pake pelek ring 15in supaya gak terlalu banyak ruang fender yg terliat kosong
Tapi beda dengan NV, karena sosoknya besar, bahkan yang digadang2 adalah fitur luasnya volume interior, 7 seater, head room yang lega, ruang bagasi yang lapang, maka konotasi awam adlh, ini kendaraan serbaguna. Serbaguna, artinya yaa bukan kenyamanan jadi nomor satu, tapi utilitasnya yang fleksibel lah yg jadi andalan, shg engga heran kalo masyarakat akan mengharapkan kendaraan tersebut mempunyai GC tinggi agar bisa melampaui segala medan yang akan dilalui.
Mungkin akan lebih tepat kalau bro Toyotaman memberi contohnya jangan model2 sedan gitu.
Terus yang saya bold biru, rasanya yang diekspektasi masyarakat awam sih engga se ekstrem itu, ngga sampai kepada perkiraan utuk keluar masuk lobang segede gajah, walaupun rata2 juga pada memakai untuk utilitas ekstrem, misalnya Habanja sanggup dibawa ke medan perkebunan yang adududuh gitu dehh... Istilahnya, biasanya yang lewat perkebunan itu bangsanya X-trail, atau Parejo semprot, alias mobil2 jangkung, tapi ternyata Habanja tetep mampu, GC nya termasuk tidak rendah.
The point is, dari sisi desain, kita baru bisa membayangkan saja, karena sosoknya belum dateng, makanya dibandingkan dengan kendaraan disini yang sudah eksis terlebih dahulu. Lain kalau misalnya Habanja mau keluar all new model, yang misalnya saja mengambil model Toyota Passo, nah mungkin fans Habanja juga mikir2 lah kalo ternyata GC nyajadi ciut, karena nama Habanja itu macam Kijang Super atau kapsul yang sudah kadung terkenal aman aja disiksa di medan2 parah, engga nyangkut, dan lain sebagainya...
Ini hanya pendapat orang awam aja, realita kebanyakan konsumen..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "