Curam banget sih ngak, karena udah usia 5 tahun masih di atas 100 jt, ngak hancur banget deh. Cuman memang masih kalah ama mobil Jepang. Namanya juga image mobil Korea di Indonesia belum sekuat Jepang. Semua orang tau hal ini.
Tapi itu juga karena model lamanya jelek banget.
Saya sangat optimis model barunya akan lebih kuat banding yang lama. Liat aja resale value H1 cukup bagus.
Post saya tentang jaringan beres Kia saya cantumkan juga di sini :
Ternyata jaringan beres service Kia ngak separah yang di duga orang, ingat bahwa populasi mobil mereka di Indonesia kecil ! Kia berapa ? 10 ? 5 ? Ternyata 48 ! Ini distribusi beres mereka :
Sumber :
http://www.kiamobil.com/network
Di setiap kota besar ada. Jadi sudah lebih cari cukup ! Dan sisa banyak karena dulu jaman Carnival mereka cukup laris, sekarang lebih sepi, tapi sisa jaringan beresnya masih cukup lumayan ! Dan karena induknya kaya, ngak bakal tutup deh.
Yang 2S saya harus hitung, karena kita bicara service, bukan sales doang. Hyundai mungkin juga lebih dari 28. Coba kita cek lagi :
http://www.hyundaimobil.co.id/dealers
Kali ini kita masukin juga yang 2S, karena kan kita bicara tempat servis. Jadi Hyundai total miliki beres bukan 28, tapi 39 !!!
Dan yang bikin kaget adalah ternyata jaringan Kia lebih banyak ! Coba saya salah hitung ngak ?
Dengan populasi mereka yang terbatas, justru jumlah beres Hyundai maupun Kia lebih dari cukup ! Mudik pun ngak takut. Di tiap propinsi kota strategic ada kok minimal 1 beres. Malah di Bandung aja Kia ada 3 !
VanzMatic wrote:Good info, bro Toyotaman..!

Thank you..
Berarti penurunan nya lumayan curam juga ya, kalau mengingat nilai rupiah yang terdevaluasi sampai tahun 2011..?
cmiiw yaa..!
