bukan soal oli bagus atau tidak, tapi biasanya inreyen menggunakan oli biasa dan tidak lama penggunaan nya utk membuang sisa gesekan baru (debu metal), itu sebabnya mobil2 baru dr pabrikan tidak pernah menggunakan oli berkualitas, minimal standar nya.benzz89 wrote:Waduh....memang masa2 inreyen ini penuh dengan mitosnya tersendiri![]()
Dulu teman waktu baru beli kijang kapsul yang diesel (baru pertama kali keluar th 97) malah orang bengkelnya bilang itu oli mesin adalah bawaan dari jepang (katanya yach) jadi olinya beda dengan yang indo punya dan secara kualitasnya pasti lebih bagus....jadi jangan buru2 di ganti dengan yang oli sini.![]()
Tapi ada yang bilang kalo mobil baru itu pasti diisi oleh oli yang pas2-an kualitasnya, secara pabrikan pasti engga mau rugi kalo di kasih oli yang bagus...apalagi sekarang persaingan dagang semakin ketat mereka pasti sudah hitung2 yang matang untuk oli bawaan dari pabrik ini.![]()
End rayen mobil baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: End rayen mobil baru

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: End rayen mobil baru
tapi kalo nissan katanya utk inreyen uda dilakukan di pabrikan sana nya om... trus yg pas kita ambil mobil nya atau pas kluar dari showroom itu uda pake NGO... makanya mereka suru kita ganti oli nya di 10000 km...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: End rayen mobil baru
iya, terkecuali itu... saya juga ga begitu memperhatikan malah.. hehe! sebenernya sih yg penting jangan sampai telat ganti oli, ga peduli olinya apapun selama memang rekomen.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
- Location: Bintaro Sektor 9
Re: End rayen mobil baru
sama ni Om, ada yg tahu gak alesannya,kmrn waktu bawa mobil (jazz) ke bengkel utk servis 1,000 km jg SAnya bilang, olinya tiap 10,000 km gantinya Mas...terus gw tanya balik,emang ada ya oli yg tahan 10,000 km di jalanan jakarta??gak ngerti juga,tp menurut gw gak make sense...ada yg tahu gak?apa memang oli sekarang bisa tahan sampe ceban?soalnya ini saran dari ATPM...jadi bingung
jangan2 sengaja biar boil cepet ganti lagi 


You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: End rayen mobil baru
tergantung olinya merek apa, ya? ada beberapa memang tahan sampai ceban km, but saya sih saranin oli maksimal di goceng km aja... lebih aman. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: End rayen mobil baru
ganti di 1000 aja tenang pikiran
aku pake mobil 1,buat ANJ 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: End rayen mobil baru
hanya muter2 di bogor saja? wah mewah sekali...nugroho bagor wrote:ganti di 1000 aja tenang pikiranaku pake mobil 1,buat ANJ


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: End rayen mobil baru
coba dibaca lagi,
10 ribu km atau 6 bulan
atau kalau sudah nggak enak ya ganti oli sendiri aja.
10 ribu km atau 6 bulan
atau kalau sudah nggak enak ya ganti oli sendiri aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: End rayen mobil baru
Om Ilhami....
Ya, di manual Escudo saya juga disarankan ganti di 5.000 ATAU 3 bulan, mana yang tercapai duluan. Tapi, pada prakteknya, saya kalo 3 bulan baru di 2.000 atau 3.000 KM, karena gak keluar tiap hari ato kalo deket2 saya pake motor. Sering juga pake taxi kalo ke mall (males muter2 cari parkir).
Jadi sayang buang oli walau uda 3 bulan hehehe....
Jadi ngikutin yang 5.000 aja deh walau uda kena di sekitar bilangan 6 bulan.
Ya, di manual Escudo saya juga disarankan ganti di 5.000 ATAU 3 bulan, mana yang tercapai duluan. Tapi, pada prakteknya, saya kalo 3 bulan baru di 2.000 atau 3.000 KM, karena gak keluar tiap hari ato kalo deket2 saya pake motor. Sering juga pake taxi kalo ke mall (males muter2 cari parkir).
Jadi sayang buang oli walau uda 3 bulan hehehe....

Das Beste oder nichts.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: End rayen mobil baru
Ijin urun rembug
1. Oli mineral pada masa inreyen
Masa inreyen utk mobil2 produksi massal ane tetap pilh oli mineral, kenapa ? namanya mesin produksi massal, jika semua komponen dipoles dahulu semua dr pabrik tentu akan menyebabkan peningkatan Cost bagi pabrik, sedangkan pabrik pasti selalu berusaha menekan cost, jadi saya tetap pakai oli mineral s/d 5000 Km
Kalo mesin2 mobil2 yg diproduksi terbatas en berharga sgt mahal spt mesin Kuda Jingkrak / Kerbau / B-merah yah ane percaya dari pabrik komponen2-nya udah dipolesin semua, keluar showroom pakai Full Synth it's OK.
2. Mesin yg inreyennya digeber lebih sehat ?
Dalam masa inreyen ane tetap nyetir scr halus sampai 2000 Km pertama, di atas 2000 Km baru mulai tarik2 dikit sampai rentang 75% RPM - Redline, di atas 4000 Km baru sesekali tarik2 sampai mendekati redline.
Kalo soal mesin lebih sehat sih bukan krn inreyen udah sering digeber, andai mesin yg inreyennya digeber2 trus after 5000 Km pake-nya santai2 aja juga pasti lama2 jadi bolot krn tumpukan karbon di ruang bakar......maka itu ada istilah Italian Tune Up (ITU)
3. Oli yg bisa dipakai s/d 10.000 Km utk kombinasi Dalkot - Luar Kota :
Semua tergantung kadar TBN / SAPS / Detergent serta Viscosity Index.
Sy & teman2 bbrp X coba test oli yg udah dipakai 8500 - 10.000 Km dlm perioda 8 - 10 bulan utk kombinasi DalKot & Luar Kota, ternyata :
- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)
bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)
catatan :
Gak semua oli layak dipakai sampai 10 rb. Km.....hati2 yah.
Demikian sharing
1. Oli mineral pada masa inreyen
Masa inreyen utk mobil2 produksi massal ane tetap pilh oli mineral, kenapa ? namanya mesin produksi massal, jika semua komponen dipoles dahulu semua dr pabrik tentu akan menyebabkan peningkatan Cost bagi pabrik, sedangkan pabrik pasti selalu berusaha menekan cost, jadi saya tetap pakai oli mineral s/d 5000 Km
Kalo mesin2 mobil2 yg diproduksi terbatas en berharga sgt mahal spt mesin Kuda Jingkrak / Kerbau / B-merah yah ane percaya dari pabrik komponen2-nya udah dipolesin semua, keluar showroom pakai Full Synth it's OK.
2. Mesin yg inreyennya digeber lebih sehat ?
Dalam masa inreyen ane tetap nyetir scr halus sampai 2000 Km pertama, di atas 2000 Km baru mulai tarik2 dikit sampai rentang 75% RPM - Redline, di atas 4000 Km baru sesekali tarik2 sampai mendekati redline.
Kalo soal mesin lebih sehat sih bukan krn inreyen udah sering digeber, andai mesin yg inreyennya digeber2 trus after 5000 Km pake-nya santai2 aja juga pasti lama2 jadi bolot krn tumpukan karbon di ruang bakar......maka itu ada istilah Italian Tune Up (ITU)
3. Oli yg bisa dipakai s/d 10.000 Km utk kombinasi Dalkot - Luar Kota :
Semua tergantung kadar TBN / SAPS / Detergent serta Viscosity Index.
Sy & teman2 bbrp X coba test oli yg udah dipakai 8500 - 10.000 Km dlm perioda 8 - 10 bulan utk kombinasi DalKot & Luar Kota, ternyata :
- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)
bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)
catatan :
Gak semua oli layak dipakai sampai 10 rb. Km.....hati2 yah.
Demikian sharing
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: End rayen mobil baru
Om Turbo....Turboman wrote:- CUT -
- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)
bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)
- CUT -
Yang ane kuot di atas, itu ngukurnya mesti di lab kimia canggih gitu, ato bisa kita tes ngukur sendiri pake alat2 sederhana? Thanx. Butot nih masalah gituan....
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: End rayen mobil baru
sampe skrg ini saya masih berpatokan dng 2 point tsb diatas...Turboman wrote:Ijin urun rembug
1. Oli mineral pada masa inreyen
Masa inreyen utk mobil2 produksi massal ane tetap pilh oli mineral, kenapa ? namanya mesin produksi massal, jika semua komponen dipoles dahulu semua dr pabrik tentu akan menyebabkan peningkatan Cost bagi pabrik, sedangkan pabrik pasti selalu berusaha menekan cost, jadi saya tetap pakai oli mineral s/d 5000 Km
Kalo mesin2 mobil2 yg diproduksi terbatas en berharga sgt mahal spt mesin Kuda Jingkrak / Kerbau / B-merah yah ane percaya dari pabrik komponen2-nya udah dipolesin semua, keluar showroom pakai Full Synth it's OK.
2. Mesin yg inreyennya digeber lebih sehat ?
Dalam masa inreyen ane tetap nyetir scr halus sampai 2000 Km pertama, di atas 2000 Km baru mulai tarik2 dikit sampai rentang 75% RPM - Redline, di atas 4000 Km baru sesekali tarik2 sampai mendekati redline.

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: End rayen mobil baru
mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: End rayen mobil baru
Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan marm4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: End rayen mobil baru
Perlu tidak ya inreyen?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: End rayen mobil baru
1000 km pertama balik ke beres, saatnya mengajukan komplain untuk beberapa kekurangan...AD74YA wrote:Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan marm4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: End rayen mobil baru
inreyen itu dari bahasa apa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: End rayen mobil baru
dari saft7.com
Masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in
Masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: End rayen mobil baru
ilhami wrote:dari saft7.com
Masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in
thanks bang Ilham

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: End rayen mobil baru
dng perkembangan teknologi fabrikasi, komponen2 mesin bs dicetak dng tingkat kepresisian yg terus membaik, tapi saya masih tetap berkeyakinan untuk kendaraan mass product tetap perlu inreyen, tp bedanya skrg masa inreyennya udah gak terlalu lama lagi...dengan jarak tempuh 1000km pertama sudah cukup.AD74YA wrote:Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan marm4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW
IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: End rayen mobil baru
betul broo. banyak pabrikan yang mengharuskan mobil masuk ke bengkel untk pengecekan di 1.000 km pertama.AD74YA wrote:Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan marm4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.
soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.
tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.
CMIIW
namun perlu diingat, kalo ane boleh share sedikit selama ane di beres daihatsu setiap mobil yang masuk untuk pemeriksaan 1.000 km pertama itu lebih cenderung ke pengecekan baut dan kondisi cairan di mesin, pembersihan saringan udara dan keluhan2 customer terutama pada kenyamanan seperti ketinggian kopling, freeplay kabel as yang terlalu besar dll. tidak ada kaitannya dengan yg namanya inrenyen, karena setau saya inrenyen itu adalah proses adaptasi mesin terhadap sesama komponen dalam kondisi masih baru yang saling berhubungan. CMIIW
iini sih menurut pandangan dan pengamatan ane aja ya.
kalau ada yg mau menambahkan monggo sihlakan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: End rayen mobil baru
Saya rasa semua merk minta ke beres pada 1000 dan 5000 km pertama. Itu ada dalam manualnya. Kalau ada merk yang langsung ke 10.000 km, boleh juga tahu itu merk mobil apa?
Dalam 10.000 km pertama dulu dianjurkan menggunakan oli mineral, karena oli sintetis akan membentuk lapisan pelindung pada komponen, malah fungsi inreyen sendiri tidak tercapai.
Saya pernah melakukan dua percobaan, satu pada Nissan Lipina, tidak pakai inreyen makah dikasari, fuel consumption emang rada tinggi tapi tenaga oke. Kedua pada Isuzu Panther, sama nggak diinreyen. Langsung kelihatan asap ngebul, tenaga drop, boros.
Dalam 10.000 km pertama dulu dianjurkan menggunakan oli mineral, karena oli sintetis akan membentuk lapisan pelindung pada komponen, malah fungsi inreyen sendiri tidak tercapai.
Saya pernah melakukan dua percobaan, satu pada Nissan Lipina, tidak pakai inreyen makah dikasari, fuel consumption emang rada tinggi tapi tenaga oke. Kedua pada Isuzu Panther, sama nggak diinreyen. Langsung kelihatan asap ngebul, tenaga drop, boros.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: End rayen mobil baru
ada tuh, mazda ane disuruhnya langsung 10rb km
tapi ane ga percaya, jadi tetep ane ganti aja tu olinya
kebetulan jg pas ketemunya kepala montir senior yg menjengkelkan
saat itu jg ane minta otomatic sirkulasi udara ac nya di nonaktifkan, agar ga otomatis ngebuka
eh dengan b*d*hnya tu kepala montir malah ngetes mobil ane ngebuntutin mobil diesel puter2 kota utk ngebuktiin bahwa sirkulasi akan otomatis terbuka dan udara luar yg bau akan masuk ke dalam kabin.
setelah itu disimpulkan harus di bongkar dashboard, utk di tutup secara manual
penasaran, ane pindah ke kepala montir di dealer lain
dibilang kalo menurut buku panduan memag 10rb, tapi sangat disarankan langsung ganti aja 1000, 5000km
pas diganti langsung berasa banget tenaganya enteng, mungkin karena olinya jg udah lama ya (ane beli unit taun 2010)
masalah sirkulasi udara, ane cerita dia langsung ngerti, ga perlu ngetes dengan cara tak lazim
hasilnya... hanya cabut soket otomatisnya sirkulasi udaranya langsung beres..
biaya? free.... ane kasih tip aja
tapi ane ga percaya, jadi tetep ane ganti aja tu olinya
kebetulan jg pas ketemunya kepala montir senior yg menjengkelkan
saat itu jg ane minta otomatic sirkulasi udara ac nya di nonaktifkan, agar ga otomatis ngebuka
eh dengan b*d*hnya tu kepala montir malah ngetes mobil ane ngebuntutin mobil diesel puter2 kota utk ngebuktiin bahwa sirkulasi akan otomatis terbuka dan udara luar yg bau akan masuk ke dalam kabin.
setelah itu disimpulkan harus di bongkar dashboard, utk di tutup secara manual
penasaran, ane pindah ke kepala montir di dealer lain
dibilang kalo menurut buku panduan memag 10rb, tapi sangat disarankan langsung ganti aja 1000, 5000km
pas diganti langsung berasa banget tenaganya enteng, mungkin karena olinya jg udah lama ya (ane beli unit taun 2010)
masalah sirkulasi udara, ane cerita dia langsung ngerti, ga perlu ngetes dengan cara tak lazim
hasilnya... hanya cabut soket otomatisnya sirkulasi udaranya langsung beres..
biaya? free.... ane kasih tip aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: End rayen mobil baru
jangan-jangan 1000 km itu Quality Control yang diserahkan ke bengkel 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: End rayen mobil baru
Bawa sample oli bekas ke Corelab Indonesia, biaya test = Rp. 185 rb.Nightster Guy wrote:Om Turbo....Turboman wrote:- CUT -
- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)
bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)
- CUT -
Yang ane kuot di atas, itu ngukurnya mesti di lab kimia canggih gitu, ato bisa kita tes ngukur sendiri pake alat2 sederhana? Thanx. Butot nih masalah gituan....
* Bukan ajakan Beli *