motor sport lokal

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

fajar_text
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 21, 2006 14:35
Location: Pontianak Indonesia

motor sport lokal

Post by fajar_text »

sorry ni ini mungkin nggak berhubungan

Kenapa ya pabrikan indonesia nggak mau bikin motor sport 4 tak yang keren dengan harga bersaing?? yang ada cuma built up (FXR, CBR)yang harganya mahal?? katanya mau ngembangin 4tak tapi motor yg keren cuma sedikit mahal lagi ??
kaya diluar kan ada GSX, R1,Ninja ZX dll coba dibuat dengan cc kecil (150 - 250) monoshock chasis tubular atau deltabox fairing gede kaya ninja rr shockupsidedown

apa betul nau dibuat motorsport dgn mesin 250cc super motard dengan chasis motor GP125,diproduksi massal nggak??

diM plus terbaru katanya KX250 mau masuk, harga KX 250 berapa? memakai mesin dengan radiator ato nggak?

THX
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Re: motor sport lokal

Post by budzaemon »

fajar_text wrote:
apa betul nau dibuat motorsport dgn mesin 250cc super motard dengan chasis motor GP125,diproduksi massal nggak??



THX
<==yg ini motorsport lokalnya??? klo iya ditunggu bgt deh dgn catatan harga dibawah 20jt :-P
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

fajar_text wrote:sorry ni ini mungkin nggak berhubungan
Kenapa ya pabrikan indonesia nggak mau bikin motor sport 4 tak yang keren dengan harga bersaing?? yang ada cuma built up (FXR, CBR)yang harganya mahal?? katanya mau ngembangin 4tak tapi motor yg keren cuma sedikit mahal lagi ??
kaya diluar kan ada GSX, R1,Ninja ZX dll coba dibuat dengan cc kecil (150 - 250) monoshock chasis tubular atau deltabox fairing gede kaya ninja rr shockupsidedown
Yg fairing gede, utk kawasaki sih ada Ninja 250R/EX250/GPX250 , trus seri ZXR250, ZZR250. Coba lihat2 gambarnya di internet.
fajar_text wrote: apa betul nau dibuat motorsport dgn mesin 250cc super motard dengan chasis motor GP125,diproduksi massal nggak??
di indo? pabrikan yg mana ?
fajar_text wrote: diM plus terbaru katanya KX250 mau masuk, harga KX 250 berapa? memakai mesin dengan radiator ato nggak? THX
masuk juga utk keperluan khusus, bukan dijual massal. Dan ya, dia pakai radiator.
basita
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 19, 2005 14:12
Location: Depok

Post by basita »

cmiiw seri KX buat motocross, bukan motor sport
yoyoyo wrote:
fajar_text wrote:
fajar_text wrote: diM plus terbaru katanya KX250 mau masuk, harga KX 250 berapa? memakai mesin dengan radiator ato nggak? THX
masuk juga utk keperluan khusus, bukan dijual massal. Dan ya, dia pakai radiator.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

gw rasa sih semuanya kembali ke masalah biaya..ok aja misalkan motor gede macam gsx 400 cc misalkan diproduksi massal di indo, tapi kan teknologi gak semudah itu dipelajari...bikin kalkulator aja indonesia gak bisa, apalagi motor yg rumit sistem mekaniknya..kudu belajar dr luar, costnya pasti sangatlah tinggi..belum lagi buka pabrik pembuatannya (yg ada skrg masih assembly)...biaya teknisi dsb..sukur2 bisa diproduksi dibawah us 3000. Kalaupun misalnya bisa diproduksi, ngejualnya itu yg susah, gak semua orang indo mampu beli barang 30 jutaan. Barang 200 cc harga 20 juta macam tiger aja penjualannya kalah sama bebek...? Makanya susah bro, bangsa kita gak bisa maju2...bukannya piara 'macan' malah piara 'bebek' demennya....sulit bro, negara kita termasuk negara miskin yg ngaku berkembang.
Just Call Me Nichol !!!
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

nichol wrote:negara kita termasuk negara miskin yg ngaku berkembang
weleh bro sadiss banget hahahahahahaaha

yoi loh indonesia sekarang lom bisa bikin spare part yang slow moving yahh kalo fast moving aspira dah bisa.

makanya sekarang pemerintah lagi nego pihak Yamaha supaya menarik para perusahaan pembuat spare part dari Jepang ke Indonesia setelah Yamaha mengembangkan pabrik baru.

so kita lihat aja deh kalo ada perusahaan jepang yang masuk mungkin ada harapan deh Yamaha mengembangkan produk "macan"..kalo ga ? jangan pernah harap ATPM yang lain bisa deh...
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

basita wrote:cmiiw seri KX buat motocross, bukan motor sport
lho iya, keperluan khusus yg dimaksud artikel Mplus itu utk cross SE. Yg masukin The Sungkars 8)
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

negara kita termasuk negara miskin yg ngaku berkembang
kembang kempis kali bro :lol:

Mengenai ATPM yg nggak mau jualan motor sport memang sulit sih yah. Mereka cuma taunya untung & laba aja (bukan untung & rugi loh)...hehehe....jadi ngapain susah2 jualan motor sport ?? Kalo jualan bebek aja kayak kacang goreng.
Belum lagi harus buka 'assembly line' baru untuk motor sport itu.

Kecuali kalo president director-nya doyan motor, pasti lebih oke tuh!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Betul!!! kata ATPM, emang gw pikirin! gw udah cuan banyak koq jualan bebek goreng, ngapain juga gw pusing2 ngurusin jual macan..gitu kali ya di pikiran mereka...mungkin mrk punya perhitungan bisnis sendiri..ya..whatever lha...itulah suka dukanya hidup di negara miskin :pppp
Just Call Me Nichol !!!
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

tapi ngaku berkembang...hahahhahaha ikutann ahhh...
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

produsen dinegara kita adalah produsen yang pengen cepet2 dapet untung...katanya kalo jual MOGE perputaran duitnya lambat....
gak kayak jualan krupuk lamaa
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

gw baru baca di motorplus,
sama promotor yg masukin 20 unit motor ini, dia jual 85juta per unit. sparepart terjamin PT KMI.
Jd team2 crosser yg perlu motor KX250F, terbantu oleh promotor ini.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Kalo menurut sy..
pabrikan motor yg ada disini kurang berani utk memproduksi motor2 tsb yg terbilang cukup mewah. Sedangkan produksi motor bebek dibuat lbh jor-joran. Kenapa?

Alasan yg rata2 dikemukakan oleh umum adalah..
1. Harga
2. Efisiensi
3. Purna Jual

1. Harga
Pandangan org umum jika punya uang 25jt akan lbh memilih utk membeli dua unit motor bebek drpd 1 unit motor sport built-up.
Lagipula rata2 pemakai motor di Indonesia membeli motor bebek dgn cara kredit. Ini gak bs dipungkiri fakta bertebaran dimana2; tanya aja sama main dealer tiap2 ATPM disini.
Untuk membeli kredit 1 unit CBR-150R misalnya diperlukan DP sktr 5-6jt dgn angsuran 1 juta lbh maksimal tenor angsuran sktr 24x. Sedangkan 1 unit motor bebek cukup ditebus dgn DP mulai dr 250rb - 1 jutaan dgn cicilan 400-500 ribuan. Kenapa nominal angsuran spt itu yg dipilih? Karena UMR/UMD disini hanya berkisar 700-800rb per bulannya.

2. Efisiensi
Siapapun asalkan sudah terbiasa pasti bs mengendarai motor2 bebek yg praktis. Lagipula cenderung lbh hemat BBM.

3. Purna-Jual
Tidak semua bengkel di Indonesia bs memperbaiki motor2 sport built-up; kecuali bengkel resmi. Keterbatasan persediaan suku cadang adalah salah satu alasannya. Selain itu jg motor2 tsb berteknologi canggih setara moge; seorang mekanik yg sudah bertahun2 menangani konvensional jelas akan menemui kendala utk memperbaikinya.
Kemungkinan lainnya; nilai jual kembali setelah pemakaian 1-2 th akan jatuh. Tdk spt bebek yg hanya mengalami penyusutan sktr 70-80% dr nominal harga tunai motor baru tsb.

Saya pribadi bukannya menentang produksi massal motor2 sport spt CBR, FXR, KRR dsb. tp sy yakin spt itulah pemikiran dr petinggi ATPM2 yg ada disini utk membuatnya menjadi produksi massal spt bebek.

Kalaupun ada; lbh baik produsen2 motor disini meluncurkan motor2 sport kelas sedang sekelas GL-PRO, RX-King, Thunder 125 dgn versi yg lbh baru dan fresh sy yakin motor2 tsb akan memiliki nilai tersendiri bagi pemakai2 motor disini.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

betul, plus satu lagi..negara miskin macam indonesia, pendapatan perkapita penduduknya juga tergolong rendah, faktor ekonomi masyarakat juga berperan besar..ibaratnya: masak mo ngejual kepiting saus padang di warteg/warung tegal? gak mudeng kan? mana bisa laku.
Just Call Me Nichol !!!
fajar_text
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 21, 2006 14:35
Location: Pontianak Indonesia

Post by fajar_text »

kalo gitu napa bebeknya gak canggih2 aja emang sih udah mulai canggih bebeknya dengan adanya jupi MX dan ayago satria F, jadi makin banyak bebek canggih di indonesia,

1. kaya terapin teknologi swingarm kaya model moge (tunggal, pisang, atau berstabilizer), upside down utk bebek (punya skubek luar kan bisa diadopsi), mesin tegak dan berpendingin, trus monoshock, buat 4 tak sekeren 2 tak abis motor 2 tak bebek n ayam jagonya kan keren - keren.

2. Trus kenapa ATPM di Indon kaya bagi - bagi kue contohnya satria F fight di kelas 150, trus yamaha dgn jupie MX fight di kelas 135, kawasaki fight di kelas 130, di 125 yg fight hanya honda (karisma, supra), suzi dgn shogun125, hanya di kelas 110 semua pabrikan punya produk. Kenapa mereka nggak berani head to head???

3. Trus kenapa pabrikan eropa nggak ikutan fight (buat motor bebek n ayago dibuat dan dirakit di indonesia) kan model pabrikan eropa keren - keren?

4. Trus tampang motor sport indonesia ketinggalan banget nggak gagah, yg keren pasti built up dari thailand harusnya pabrikan ada inovasi di tampang dan di teknologi iya nggak
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bisa aja bro dibikin super canggih pun pasti bisa...bisa aja supra x dibikin pake lengan ayun semangka (bosen pake pisang mlulu), pake pendingin (pake freezer es krim walls kalo perlu), dll...cuma apakah bisa harganya 13 jutaan seperti sekarang? f 150 yg masih nyontek abis (impor pula) dr thailand aja harganya 16 jutaan (hampir 17 skrg)..itu masih pake swing arm model standard alias model babe gue....kembali ke cost lha bro...mana ada sih emas dijual dgn harga tembaga?
Just Call Me Nichol !!!