Ford Focus Updated

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Ford Focus Updated

Post by evolution21 »

ada lubricant yg dimasukan dalam tangki bensin utk melumasi fuel pump
mungkin bisa membantu perawatannya

yg ane tau ada merk lucas, dari merk lain semestinya jg ada
shendwen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Aug 17, 2011 9:01

Re: Ford Focus Updated

Post by shendwen »

evolution21 wrote:ada lubricant yg dimasukan dalam tangki bensin utk melumasi fuel pump
mungkin bisa membantu perawatannya

yg ane tau ada merk lucas, dari merk lain semestinya jg ada
uda pernah nyoba gan? ada efek samping ga ya?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Ford Focus Updated

Post by evolution21 »

Blom coba pak
Cuman setau ane lucas lubricant ini ratingnya bagus di postingan turboman tentang aditif
bisa dipake pada diesel & bensin
shendwen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Aug 17, 2011 9:01

Re: Ford Focus Updated

Post by shendwen »

ok gan. thx buat infonya nanti coba ane liat2.heheh... oya btw ada yang tau ga ya dimana bisa nemu shock depan aftermarket utk ford focus sedan? punya gw uda rembes oli nya n kayaknya harga barang aftermarket bisa jauh lebih murah daripada part ori nya
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

Selamat Idul Fitri 1432H bagi yang merayakannya.. :)
Mohon maaf lahir batin ya, kalo2 ane ada salah kata.. :)

Nah, di libur lebaran kali ini, disambut dengan problem, Focus ane ga mau di-start setelah ditinggal seminggu.. curiga aki-nya dah soak, ga motor start-nya ga mau nyala, bunyi trek trek trek..
boleh di jumper ga ya?
kalau mau beli aki, ada rekomendasi merek tertentu ga?
ganti aki berarti harus reset mesin juga ya?
maaf nih serombongan nanyanya.. hehehe,,,
enjoy your holiday :)
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ford Focus Updated

Post by ak4ng »

279ers wrote:Selamat Idul Fitri 1432H bagi yang merayakannya.. :)
Mohon maaf lahir batin ya, kalo2 ane ada salah kata.. :)

Nah, di libur lebaran kali ini, disambut dengan problem, Focus ane ga mau di-start setelah ditinggal seminggu.. curiga aki-nya dah soak, ga motor start-nya ga mau nyala, bunyi trek trek trek..
boleh di jumper ga ya?
kalau mau beli aki, ada rekomendasi merek tertentu ga?
ganti aki berarti harus reset mesin juga ya?
maaf nih serombongan nanyanya.. hehehe,,,
enjoy your holiday :)
G di cb dorong aj bro??? G perlu beli aki baru...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
FortunerMan

Re: Ford Focus Updated

Post by FortunerMan »

Saya pake aki apa ya lupa...belinya di emperan kok. Tapi masangnya agak lama...mesti bongkar dulu dudukan wipernya.
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

FortunerMan wrote:Saya pake aki apa ya lupa...belinya di emperan kok. Tapi masangnya agak lama...mesti bongkar dulu dudukan wipernya.
Tadi dah coba cari di Shop & Drive, Ace Hardware, dan bbrp toko aki di Radio Dalam.. kalo GS Astra yg Maintenance Free ga sedia utk jenis DIN, ada tapi yg model basah.. nah, kalo ga salah oom FM pernah bilang di post yg lumayan lama, pakai GS Astra ya? soalnya kalo diukur tingginya, yg OEM 16cm sedangkan GS Astra 22cm, mepet bgt dan kemungkinan ya harus bongkar dudukan wiper seperti yg oom FM alami..
tadi nemu sebenernya, merk Global di harga 1juta, garansi cuma 1 bln, tapi 65 Ampere (OEM 43 Ampere).. Nah, bahaya ga ya kalo beda kapasitasnya jauh begitu?
besok pagi mau coba cek dulu di beres, kena brp duit kalo beli di sana..

@oom ak4ng : di-jumper aja oom akhirnya.. semoga besok masih aman2 aja.. ini tadi dicoba masih cespleng, cuma agak berat aja pas mau start.. buat jaga2, selalu bawa kabel jumper.. hehehe
FortunerMan

Re: Ford Focus Updated

Post by FortunerMan »

Pasang aki merek apapun kayanya harus dibongkar dulu om dudukan wipernya. Lokasi akinya memang nyempil dibawah situ soalnya :P

Kalo mau pasti ya ke be-res aja.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Ford Focus Updated

Post by evolution21 »

ak4ng wrote:G di cb dorong aj bro??? G perlu beli aki baru...
kang, orang beli mobil untuk dinaiki oleh orang, bukannya mobil dibeli untuk didorong oleh orang

misalnya ni kalo jaman dulu
orang beli kuda untuk ditunggangi oleh orang
bukannya beli kuda lalu orangnya yg ditunggangi oleh kuda kang
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

wudihhh uda lama ga buka banyak info2 nih hehehehehe.
OM FM : gua uda ke beres reset berkali kali tuh compie tetep aja sama. kan klo mobil masi gransi paling gampang tuh reset comp klo suru dia bongkar mahh pake ongkos + waktu mana mau Beres.
trus kalau bole tau gejalanya apa ya untuk maslh throtle possition yang perna dialamin??
OM 279ers : bole tau ga SA beres mana yg bilang emang karakternya?? ford gua sih uda di cek sama SA pluit + Jln panjang jawabannya sama kaya situ karakter matiknya kasar. Klo gitu mah matiknya jelek dong di banding mobil jepang.
Itu juga sih yg gua jawabin ke mereka trus dia org bilang ya dari pabrikannya. binggun gua dengernya.

Untuk fuel pump sebenarnya bisa aja tuh di ganti part yg 950 rb cuman klo di beres kaga mo bongkar dia, dia maunya satu set jadi ya 5jtan deh. gua perna liat org bengkel bongkar punya polisi di ganti sama yang merek2 tw trus gua tanyain, dia bilang ini khusus untuk polisi doang sebenarnya kita ga bisa kerjain kaya gini.
so menurut gua klo ada bengkel2 lain yang punya peralatan kaya beres ford dan reliable sih boleh juga karena mereka pasti mau bongkar begituan.
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

@Oom smoggg : di beres JakSel.. pingin pindah beres nih kyknya.. denger2 di pusat lebih OK ya pelayanannya? kalo oom smoggg biasa ngerawat si focus dimana oom?
oiya, masalah sama matic-nya yg nyentak.. pernah denger juga orang pasang Mega Raizin (voltage stabilizer dan kroni2nya) dan dihubungin ke bonggol transmisi jadi lebih halus.. bukan di Focus si, tapi di mobil lain.. ada yg dah pernah coba teknik ini? kemarin tanya di rentang harga 500-700an, tergantung tipenya..

sekalian laporan.. akhirnya kemarin ganti aki Varta 52AH, kena 1.275 juta di New Rolex Motor (pasar Cipete).. masangnya memang ribet, harus bongkar dudukan wiper yg kyk oom FM alami.. hehehe..
lebih murah (jauh) di banding beres.. kalo di beres aki Motolite 43AH (bawaan focus dan ga dijual diluaran) kena 1.5juta (belum masuk PPn 10%) + ongkos jasa 93ribu.. total2 jadinya ya 1.7an.. lumayan menghemat 500rb :big_peace:

utk permasalahan setelah cabut aki, seperti biasa aja.. radio ilang settingan-nya, sama global closing ga mau... tapi setelah puter kunci kontak dari OFF - ACC 3x secara cepat, normal lagi fungsinya.. cuma baru ngeh pas di jalan, control kaca spion agak odong.. mau dikeluarin malah naik, turun malah masuk dst.. tapi skrg dah normal lagi kok.. ternyata memang di manual book ditulis, jangan heran kalau mesin ada yg ga beres, butuh penyesuaian, dan akan normal setelah jalan 8km.. jadi kyknya ga perlu reset ECU juga..
apa masih perlu ya? mohon bimbingan oom2 sekalian yg lebih berpengalaman.. thanks :)
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

smoggg wrote: Untuk fuel pump sebenarnya bisa aja tuh di ganti part yg 950 rb cuman klo di beres kaga mo bongkar dia, dia maunya satu set jadi ya 5jtan deh. gua perna liat org bengkel bongkar punya polisi di ganti sama yang merek2 tw trus gua tanyain, dia bilang ini khusus untuk polisi doang sebenarnya kita ga bisa kerjain kaya gini.
so menurut gua klo ada bengkel2 lain yang punya peralatan kaya beres ford dan reliable sih boleh juga karena mereka pasti mau bongkar begituan.
beh, iya juga ya. udah beli parts-nya murah. tapi gak bisa dipasang...manyun dah.

busett, tuh aki mahal aja om 279ers. ukurannya kecil ya?seukuran sama aslinya?
gw sih kemaren beli GS Astra yg 55A, gede bener tuh aki. sampe penutup aki dan box-nya harus dicopot. cuma 750rb :big_weee:
si kunto (SA Jaksel) aja gak rekomen beli aki aslinya, beli diluar aja mas. mahal disini.
gw udah dua kali ganti aki, gak pernah reset ke bengkel. tampaknya tidak terjadi apa2.
nah jadi copot aki >10menit = reset ecu bukan?
dimasnovriandi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jul 14, 2011 8:02

Re: Ford Focus Updated

Post by dimasnovriandi »

berbagi info dikit bro, yang belum gabung di Facebook Ford Indonesia, yok gabung disini http://on.fb.me/FordIndonesia, banyak info dan tips yang dibagi disana :big_peace:
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

oom brekeledan di JakSel juga toh? gw juga ke Kunto kalo service..
ketemuan atuh kapan2 sesama pengguna Focus :D

ukuran beda dikit, karena kapasitas yg baru lebih gede, 52A..
utk aki DIN rata2 harga segitu oom.. dan susaaaah bener nyari barangnya..
akhirnya pakai DIN, soalnya kalo diukur, aki GS ga masuk tuh panjangnya..
yah, pengalaman lah.. besok2 nyari GS aja.. :big_slap:

di tempat gw pasang kemarin, dia pakai jumper ke aki lain.. jadi arusnya (seharusnya) ga ilang.. + aki jumper ke kabel +, -nya dari aki jumper ke throtle body.. alasannya : resiko tinggi kalo dipasang di kabel - ato ground di body yg deket tempat aki.. takut kegoyang pas masang aki baru, trus short..
tapi ternyata, sempet ilang juga arusnya dan settingan audio ilang semua..
untung dah persiapan.. catet semua.. :big_peace:

sekalian tanya dong...
oom2 sekalian pakai ban apa ya..?
mau ganti ban nih.. Achilles ATR Sport ok ga ya?
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

oiya, kelupaan..
waktu itu pernah dapat nomor Utama Motor di thread ini, tapi lupa siapa yg taruh..
thanks sebelumnya buat yg kasih info.. :)

kemarin sekalian cek ke Utama Motor..
dia bisa bantuin kita order barang lgsg ke FMI.. paling ga, kita terbebas dari PPn 10% + dpt diskon dikit..
dan enaknya, dia bisa pasangin juga.. meskipun ga semuanya bisa sih, tapi fast moving parts bisa lah.. kaki2, rem, dll..
orangnya juga baik kok.. bahkan dia yg bantuin gw nyari aki ke New Rolex Motor.. :)

Utama Motor
Pasar Mobil Cipete
02170837051
0217392371

New Rolex Motor (kalo2 mau nyari+pasang aki.. dia dah bisa masangnya skrg.. hehehe)
Pasar Mobil Cipete
02172791131
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

hehe iye di jaksel juga, antara kunto dan mul itulah. haha, om FM juga di jaksel tuh servisnya. monggo diatur jadwal servisnya biar bareng. hihihi

weh, ribet bener tuh ganti akinya. untung kagak kenape2 ya.
ban pake ATR Sport, murmer. oke ngga?oke aja sih, tapi kalo kata orang2 di bengkel spooring yg jualan Bridgestone...harga gak bohong mas. hihi, sejauh ini aman2 saja. bahkan sudah mulai tipis nih.

oia ngomongin ban, ban belakang focus emang ga lurus ya?cenderung camber negatif?
Image
waktu spooring dah tanya, katanya emang begitu.

nah berguna tuh Utama Motor, TKP sebelah mana om?kali aja ane butuh sesuatu. tinggal meluncur
FortunerMan

Re: Ford Focus Updated

Post by FortunerMan »

Kaya BMW dong miring begitu - tapi kayanya gak semiring BMW deh...kalo itu mah keliatan bener. Di Focus saya gak pernah nyadar...

He he...iya servis sekalian kopdar wkwkwk
279ers
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 22, 2010 12:42

Re: Ford Focus Updated

Post by 279ers »

kalo chamber blkg agak negatif, gw juga merasa demikian oom.. tapi ban-nya aus rata, mungkin efek rotasi yg rutin juga kali ya?
hhmmm... ngasih kesempatan dompet nafas dulu deh.. baru belanja lagi.. hehehe..

Utama Motor, kalo masuk ke pasar mobil cipete, turunan kan itu, nah sehabis turunan, kira2 5 toko, sebelah kanan.. biasanya dia parkir mobilnya dia, Ford Escape di dpn tokonya..
disarankan tlp dulu, biar mereka pesenin parts-nya dan sekalian nyiapin montir kalo mau sekalian pasang.. :)

setelah dirasa2, ada problem baru nih, kecil sih tapi cukup bikin 'gatel'
kalau cruising, terdengar sayup2 bunyi 'grek-grek-grek' dari belakang.. knp ya?
sama spion masih bermasalah ternyata.. kalau dipijit dikit2, bener tuh, masuk jadi masuk, naik jadi naik.. kalo diteken lama, naik jadi keluar, dst.. besok mau coba tanya bengkel..
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ford Focus Updated

Post by Abu2 »

279ers wrote:kalo chamber blkg agak negatif, gw juga merasa demikian oom.. tapi ban-nya aus rata, mungkin efek rotasi yg rutin juga kali ya?
terhadap hal yang sama ane butuh sedikit pencerahan.
ban belakang mobil ane jg chamber negatif, tetapi melihat keausan kembang rodanya, selalu aus dengan rata..
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

nah ternyata gak cuma gw yang camber negatif...berarti wajar ya
kalo diliat2 sih seakan2 kayak keberatan bodi gitu. wew

nih ane fotoin
Image


Camber Negatif;
Hal ini ditujukan agar saat melibas tikungan tajam bidang kontak pada ban menjadi lebih lebar sehingga didapatkan grip yang lebih baik dibanding jika dipasang pada suspensi dengan setelan normal.
Meskipun memiliki grip yang lebih bagus pada saat melakukan hard cornering, camber negatif juga memiliki dampak negatif. Selain setir menjadi sedikit lebih berat dan sensitif, camber negatif juga menyebabkan keausan yang tidak merata pada tapak ban.

Code: Select all

The factory spec states that -2.3deg is normal but opinions from people who claim to know their stuff says that -1.5deg is about the limit.
buku rapor hasil spooring kemana ya... pengen liat berapa angkanya
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

Abu2 wrote:
279ers wrote:kalo chamber blkg agak negatif, gw juga merasa demikian oom.. tapi ban-nya aus rata, mungkin efek rotasi yg rutin juga kali ya?
terhadap hal yang sama ane butuh sedikit pencerahan.
ban belakang mobil ane jg chamber negatif, tetapi melihat keausan kembang rodanya, selalu aus dengan rata..
CMIIW dulu sebelumnya

secara logika, ban dengan sudut camber negatif tentu akan lbh cepat habis di sisi bagian dalamnya,
tapi uniknya, mobil yg posisi roda belakang bawaan pabriknya dng sudut Camber negatif keausannya bisa merata...sebenarnya itu karena dr pabrikannya juga mengeset sudut roda belakang dengan Toe Positif (toe in)

kira2 begini deskripsinya :

Camber angle
Image

Toe angle
Image

jika roda belakang hanya diset camber negatif saja (toe zero)..maka ban lebih cepat habis yang bagian dalam
dan jika roda belakang hanya diset dng toe positif saja (camber zero)..maka ban lbh cepat habis yang bagian luar

dengan mengaplikasikan kedua sudut itu di roda belakang...maka akan saling mengimbangi sehingga keausan bisa merata.....

tapi meski ausnya merata tapi tentu saja konfigurasi sudut roda seperti ini berkonsekuensi membuat ban belakang lebih cepat aus dibanding mobil yang roda belakangnya lurus dan tegak (camber zero + toe zero)

CMIIW lagi sesudahnya
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ford Focus Updated

Post by Abu2 »

nahhh, setuju jal, hail to master Kang Jalu :frm_salut:
ban belakang si bau2 jauh lebih cepat gundul dibanding ban depan..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

Abu2 wrote:nahhh, setuju jal, hail to master Kang Jalu :frm_salut:
ban belakang si bau2 jauh lebih cepat gundul dibanding ban depan..
senasib atuh.... :cupss:
gpp cepet botak...biar bisa cepet2 ganti ban GY Wrangler MTR 235/65R17 :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ford Focus Updated

Post by Abu2 »

ane dah ganti lagi, dari toyo ke falken