sekeliling exterior didominasi oleh warna snow white pearl, dengan sedikit kombinasi warna chrome di beberapa bagian seperti pada bagian atas pintu belakang, di sekeliling 'tiger nose' grille dan muffler tip juga berwarna chrome.
pada bagian depan unit tersebut, dilengkapi dengan projector type headlamp, foglamp dan daytime running light.
lampu sein, selain berada dalam batok headlamp, juga terdapat pada batok spion samping.
di bagian belakang, lampu pengereman dan lampu sein menggunakan tipe led, serta tambahan lampu rem bertipe led yang terpasang pada kaca bagian belakang.
pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy berukuran 18 inchi dan ban berukuran 225/45r18-95v menggunakan ban oem merk nexen bertipe cp662.
memasuki bagian interior, warna gelap sangat mendominasi, mulai dari dashboard, door trim dan kursi penumpang, dengan sedikit tambahan warna terang di beberapa bagian seperti di sekeliling meter cluster, sekeliling tuas transmisi dan pada bahan pelapis bagian atap.
unit tersebut dilengkapi dengan panoramic sunroof, yang bisa dioperasikan dalam beberapa kombinasi bukaan.
pada kursi pengemudi dilengkapi kontrol otomatis untuk menaik-turunkan dan memaju-mundurkan posisi jok tersebut.
untuk kedua kursi depan, dilengkapi fasilitas ventilasi yang akan menyesuaikan dengan suhu lingkungan. udara sejuk atau hangat akan dihembuskan melalui di sekeliling kursi untuk menambah kenyamanan penumpang bagian depan.
kontrol suhu kabin bisa diatur dengan adanya dual zone full auto temperature control, yang bisa mengatur suhu berbeda untuk sisi kiri maupun kanan kabin.
sistem audio terintegrasi termasuk di dalamnya dilengkapi fasilitas gps dan rear camera viewer, dengan 8 speaker di sekeliling kabin.
dapur pacu unit kendaraan tersebut menggunakan mesin theta ii 2.0 mpi bertipe cvvt dohc 16 katup bervolume bersih 1998 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 165 ps dan bertorsi 20.2 kg.m dan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.
dalam hal perangkat keselamatan, unit tersebut dilengkapi 6 buah airbag, front active headrest dan diameter cakram rem yang lebih besar.
perangkat pengereman dilengkapi anti-lock braking system ( abs ) dan electronic stability control ( esc ), serta hill-start assist control ( hac ).
kesan yang penulis dapatkan selama menggunakan kendaraan tersebut, dalam hal kecepatan, penulis kurang bisa mengembangkan kecepatan karena banyaknya kamera lalulintas dan alarm gps yang seringkali aktif karena memasuki kawasan berkecepatan terbatas, sehingga sangat jarang mencapai kecepatan di atas 100 km/jam.
penulis sempat beberapa kali melintasi jalur jalan yang berkelok-kelok dengan jarak cukup jauh, hampir mirip seperti jalur kawasan puncak bogor. di jalur berkelok-kelok tersebut, tarikan mesin terasa responsif sewaktu penulis harus menaik-turunkan kecepatan di kelokan dan kendaraan terhitung stabil melintasinya.







demikian informasi hasil pengamatan pada kia optima tersebut, tambahan foto-foto dan informasi bisa dilanjut pada link di bawah ini
http://amzas.wordpress.com/2011/09/05/p ... stus-2011/
trims…
r1
http://amzas.wordpress.com/