AFAIK, pada era 30'-50' teknologi pembuatan kaca mobil masih kesulitan membuat lengkungan sadis, sedangkan body mbl amrik saat itu mbulet2....supaya bisa jadi windshield...akhirnya dikaca depan pake 2 kaca semi lengkung/bahkan datar yang dipisahkan pilar ditengah2nya....selain itu, chevy menyukai body yang terkesan sangat simetris...bisa diliat dr beberapa produknya yang ada "garis tengah" di bagian bodynya, entah di bagian kap mesin, bemper atau grill...nah pilar kaca depan ini juga ikut mendukung sisi desain mereka tsb...Nightster Guy wrote:Iya om DAK....BADAK wrote:Wow, itu chevy merah restorasi nya di Indo ya om?
Jeroannya pake mesin apa?
Kaca depan khas jadul ada pilar yg memisahkan kaca sopir dan penumpang disebelahnya. Kira2 kenapa ya jaman dulu koq design nya seperti ini?
Di Indo kok, termasuk masih gampang ngeresto pikap Chevy. Literatur banyak, parts resto banyak, asal kuat celengan ayamnya aja.
Jeroan gak tau deh, tar saya tanyain kalo penasaran hehehe..........
Pilar, hmmmm.... Jujur gak tau juga sih kenapa. Itu udah mainstream design mobil2 Amrik sejak era '30an. Yang jelas kaca pilar gini mulai menghilang pertengahan 50an. Dalam kasus pikap Chevy, taun '54 pertengahan uda pake one piece. Willys Station Wagon juga era mid 50's ganti one piece.
Kaca depan bisa diengkol agar tilting, uy! Vintage rules....
Toyota pikapnya uda rada campur2 tuh komponen2 detailnya, sayang hehehe...........
kalopun ada yang pake kaca 1 piece....itu juga karena model frame windshieldnya datar,
contoh : 1937 Willys

setelah lewat masuk era mid 50' keatas...mulailah kaca lengkung untuk mobil bisa dibikin massal,
mungkin krn eforia atau gmn, mobil amrik era mid 50' keatas pada keranjingan pake kaca yang melengkung sadis...
contoh : apa lagi kalo bukan 1957 Chevy Bel Air


atau : 1955 Chevy Cameo, "Tow Mater"


dan entah krn keranjingan atau terinspirasi dr kokpit pesawat tempur (karena perang dunia), sampe2 1954 chevy corvette juga dibikin versi atap transparan yang dijuluki "bubble top"



CMIIW sebelum dan sesudahnya


