poeticmind wrote:iya oom... coba aja tanyakan. sepengetahuan saya sih belum pernah ada failed di power steering, tapi kalo di kaki2 jebol sih ada bbrapa, karena kaki stdnya dipake offroad dadakan...
masih lom sempat ke beres om.
berhubung bahas kaki2 dan ofroad, pas jalan balik di kejadian oli power steering bocor, jalan yang dilalui, tanah liat, berubah menajdi licin karena abis ujan. di tengah jalan saya mencoba 4WD PS karena merasa mobil sudah gempar gembpor bodinya (meski belum stuck). sebelum berangkat pulang, saya sudah membaca manual menggunakan 4WD tapi lupa membaca detail di posisi apa tuas maticnya pas melakukan perpindahan tuas 4WD (mestinya di posisi N keknya itu tuas maticnya). nah lupa saya pas waktu itu tuas matic diposisi apa pas saya masukin tuas 4WD, yang saya ingat itu lampu roda depan kedap kedip terus (lampu yang menunjukkan 4 roda serta 1 locker ditengah antara 2 roda depn dan belakang). saya pikir arti dari kerlap kerlip itu sudah masuk 4WD alias gardan depan udah ON eh ternyata maksudnya itu sedang proses perpindahan (proses masuk 4WD). saya jalanin mobil tapi tetap gempar gempor (meski ga stuck). langsung berhenti lagi.
nah saya takutnya gara2 saya jalanin mobil ketika lampu roda depan di dashboard masih kedap kedip berakibat buruk pada kinerja sistem 4WD. gimana menurut tanggapan yang biasa make 4WD.
apakah yang saya lakukan (menggerakkan mobil ketika lampu kedap kedip yang menandakan SEDANG terjadi proses menyalakan 4WD alias 'menyalakan' gardan depan)
adalah hal yang fatal?
sesampainya di rumah persinggahan, saya coba lagi memindahkan tuas transfer 4WD mulai dari 2WD ke 4WD High ke 4WD High Lock dan 4WD Low Lock tapi kurang responsip perpindahnnya (lampu kerlap kerlip sangat lama baru nyala yang menandakan gigi sudah 'masuk'). kadang mesti berkali2 atau dibantu gerakan majuin mundurin mobil (sesuai instruksi di buku manual) biar kerlap kerlipnya hilang. padahal dulu (berkisar satu tahun yang lalu) smooth aja perpindahan ke semua itu.
apakah berpengaruh 4WD lama tak dipakai jadi susah masukinnya lagi?
btw fortuner yang 4WD itu dari versi pertama sampe sekarang apakah 4WD nya nyala terus ya alias ga bisa 2WD posisi default?
pas kejadian di atas rombongan bareng fortuner 4WD, tuh mobil dibelakang saya. si sopir heran kenapa PS nya gempar gempor. saya juga heran kalo misalnya fortuner 2WD ga gempar gempor. Kalo emang 4WD sih wajar, 4WD vs 2WD dibantu LSD tetap kalah 2WD+LSD.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.