Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote: Kalo solar2 di SPBU di kota2 besar Jawa-Bali yang non Pertadex, om Turbo klasifikasikan di 'busuk2 sikit' y? Berarti gapapa y langsung cekokin di CRD? (sepupu punya Ranger soalnya, bolak-balik Bali-Surabaya PP, dan di Bali rada2 susah Pertadex).

2. Kalo cekokin solar biasa TANPA pake racun, jangka panjangnya gimana om Ranger dia kira2? Ranger terbaru, MAX Edition.
Kalo ane pas mau keluar kota sih biasanya dr Jkt isi racun dgn dosis-nya dibanyakkin (Dobel dosis), kasih yg sifatnya Fuel Conditioner (Cleaner + Lubricant + water remover)

Udah itu di jalan sih isi solar yg ada aja, pilih yg banyak dimampirin truk.

Kalo additive yg spt-nya bisa dibeli dgn mudah di jalan / di luar kota salah 1 nya bisa pakai si MyGreenOil utk membantu pelumasan pompa injeksi (Isinya Bio Ester) krn MGO dijual dimana mana. CMIIW

2. Solar / Biosolar 4500 itu miskin additive, upayakan kasih additive atau setidaknya oplos dgn solar bagus 10% aja minimal (oplos 20 - 30% lebih baik) atau mudahnya isi aja Rp. 100.000,- en sisanya Top Up pakai Biosolar.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

Nightster Guy wrote:Iya om Jal....

Sebelum facelift, modelnya masih klasik gini y? Headlamp bulat, fender depan FJ40 banget! :frm_salut:

Image

Atoyot LC 70 Series, IMO, adalah unit paling legendaris buat pekerja lapangan di manapun di seluruh dunia.
exactly, pikap ini yang pernah jadi partner saya untuk antar2 spare part lintas gurun, model dan warnanya juga sama persis...saat masuk ke kabinnya nuansa yang ada seperti Kijang Super...pedal, tongkat gigi, saklar sein/wiper, cover kolom stir, handle pintu luar dan dalam semua persis Kijang Super :D

dan yang bikin saya makin bangga, krn LC70 pikap yg ada di proyek timteng dulu itu ban nya pake GT Radial, MADE IN INDONESIA... :cupss:
Nightster Guy wrote:
jalu wrote:tapi kalo harus memilih, saya prefer LC-105 diesel with 2 diesel tank :cupss:
resiko pekerja lapangan cuma bs ngerasain tp gak sanggup memiliki...itupun semua versi "fleet" alias minim fitur kemewahan :e-wall: , kecuali LC-200 meski yang versi trondolnya tetap dilengkapi AC dual zone :e-dance:
LC 105 kalo gak salah yang kembali ke rigid axle di depan y om? CMIIW. Kalo 100 kan IFS.
bener om, LC-105 rigid axle semua...sayang mesinnya 1HZ, bukan pake 1HDT....di salah satu forum bahkan ada yang menulis "the biggest mistake of toyota" karena gak ngasi mesin 1HDT di LC-105 :D

LC lux yang "sempurna" memang LC-80, Full Rigid Axle, mesin 1HDT...tapi entah saya ndak begitu suka... mungkin krn yang ada di proyek itu sudah berumur jadi interior & exterior terasa bland....dan rata2 yang saya coba itu stirnya kurang enak...rada plintat plintut liar gitu, mirip2 LC70 gitu karakter stirnya... :e-think: :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Okay. 1 poin nih masih bingung om, si MGO yang om sebut2 itu yang om TM pake, yang bersifat 'fuel conditioner'?
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote:Okay. 1 poin nih masih bingung om, si MGO yang om sebut2 itu yang om TM pake, yang bersifat 'fuel conditioner'?
Nope, yg recommend macam Redline 85+ / Diesel Power tutup Biru / Amsoil ADF dan semacamnya.

MGO cuman utk "just in case of no choice" aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by maskopat »

om Turboman, Fuel conditioner ini diisi setiap ngisi BBM atau cukup 1x untuk beberapa kali pengisian?

bedanya fuel conditioner dan additive apa ya om?

Thanks untuk informasinya. :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

jalu wrote:exactly, pikap ini yang pernah jadi partner saya untuk antar2 spare part lintas gurun, model dan warnanya juga sama persis...saat masuk ke kabinnya nuansa yang ada seperti Kijang Super...pedal, tongkat gigi, saklar sein/wiper, cover kolom stir, handle pintu luar dan dalam semua persis Kijang Super :D

dan yang bikin saya makin bangga, krn LC70 pikap yg ada di proyek timteng dulu itu ban nya pake GT Radial, MADE IN INDONESIA... :cupss:
Pesaing utama si LC 70 ini yang sekelas dan dengan jenis pekerjaan yang sama beratnya, brand/tipe apa om Jal, di gurun sana? Ato si LC 70 ini uda menang mutlak non pesaing?

Penasaran. :)
jalu wrote:bener om, LC-105 rigid axle semua...sayang mesinnya 1HZ, bukan pake 1HDT....di salah satu forum bahkan ada yang menulis "the biggest mistake of toyota" karena gak ngasi mesin 1HDT di LC-105 :D

LC lux yang "sempurna" memang LC-80, Full Rigid Axle, mesin 1HDT...tapi entah saya ndak begitu suka... mungkin krn yang ada di proyek itu sudah berumur jadi interior & exterior terasa bland....dan rata2 yang saya coba itu stirnya kurang enak...rada plintat plintut liar gitu, mirip2 LC70 gitu karakter stirnya... :e-think: :e-think:
1HZ kusus buat fleet y kayaknya om, apa mungkin karena lebih simple konstruksinya? Dan lebih bandel badak, mungkin?

Pernah baca, si 1HZ ini dipasang di 105 karena dia lebih tahan segala altitude, dalam artian semisal Freeport yang medannya di ketinggian yang beroksigen tipis, kalo diturboin gak terlalu efektif. CMIIW....

Om Turbo....

Thanx. Ngerti. Yup, kalo Redline, saya percaya 200%. Tempo hari saat pertama kali dicemplungin di Escudo, S-1 fuel system cleaner, langsung terasa efeknya! Bener2 bukan brand ngecap! Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

maskopat wrote:om Turboman, Fuel conditioner ini diisi setiap ngisi BBM atau cukup 1x untuk beberapa kali pengisian?

bedanya fuel conditioner dan additive apa ya om?

Thanks untuk informasinya. :thanks:
kalo sy prefer yg tiap kali isi solar kita bisa campur dikit2

Additive = family name
Fuel Cond / CN booster / Injector cleaner = individual name
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by maskopat »

Turboman wrote:
maskopat wrote:om Turboman, Fuel conditioner ini diisi setiap ngisi BBM atau cukup 1x untuk beberapa kali pengisian?

bedanya fuel conditioner dan additive apa ya om?

Thanks untuk informasinya. :thanks:
kalo sy prefer yg tiap kali isi solar kita bisa campur dikit2

Additive = family name
Fuel Cond / CN booster / Injector cleaner = individual name
ane soalnya kalo baca2 keterangan additive gitu, suka bingung. rada2 parah nih english... harus kursus keknya... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

Nightster Guy wrote:Pesaing utama si LC 70 ini yang sekelas dan dengan jenis pekerjaan yang sama beratnya, brand/tipe apa om Jal, di gurun sana? Ato si LC 70 ini uda menang mutlak non pesaing?

Penasaran. :)
pesaingnya...?? hmm apa dong..:D :D

waktu saya tugas di Libya, sempet didatangkan 6 unit Landy Defender pick up untuk operasional...tapi setelah 1 tahun body partnya pada rontok (awalnya interior..lama2 pintunya kendor dan ada yang copot :D), meski mesin dan kaki2nya masih oke. Akhirnya Defy gak dipake lagi dan kembali ke LC70 pick up untuk transporter barang. AFAIK, disana untuk jangka pemakaian 2thn, LC70 itu blm ada part yg rusak, bahkan part interior masih tetap utuh gak ada yg rontok/copot...yaaa paling kendor2 dikit
Nightster Guy wrote:1HZ kusus buat fleet y kayaknya om, apa mungkin karena lebih simple konstruksinya? Dan lebih bandel badak, mungkin?

Pernah baca, si 1HZ ini dipasang di 105 karena dia lebih tahan segala altitude, dalam artian semisal Freeport yang medannya di ketinggian yang beroksigen tipis, kalo diturboin gak terlalu efektif. CMIIW....
karena 1HZ tanpa turbo jelas lbh simpel, selain itu krn masih disel jadul jadi gak ada masalah dng kualitas solar. BTW meski solar gak beli, tapi saya pernah iseng2 ngitung FC LC-105 mesin 1HZ, ternyata msh bisa tembus 1:9 :D :D, masih irit kaan (buat operasional ini bagus krn perusahaan bs menghemat kebutuhan konsumsi BBM). Paling krn outputnya gak begitu besar jadi akselerasi biasa2 aja, tapi ini gak masalah krn di lingkup proyek kan ada peraturan speed limit. Yang penting torsinya tetap gaharrr.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

jalu wrote:
waktu saya tugas di Libya, sempet didatangkan 6 unit Landy Defender pick up untuk operasional...tapi setelah 1 tahun body partnya pada rontok (awalnya interior..lama2 pintunya kendor dan ada yang copot :D), meski mesin dan kaki2nya masih oke. Akhirnya Defy gak dipake lagi dan kembali ke LC70 pick up untuk transporter barang. AFAIK, disana untuk jangka pemakaian 2thn, LC70 itu blm ada part yg rusak, bahkan part interior masih tetap utuh gak ada yg rontok/copot...yaaa paling kendor2 dikit
Pantas ngeliat di TV itu grup pemberontak banyak sekali yg pakai LC 70 series, Hi Lux Vigo juga mayan banyak, Strada Triton, D Cab Cungkuo hingga T. Tundra. Senapan mesin dipasang di bak belakang, benar2 Cab / D-Cab war

Btw di Libya kebanyakan yg dipakai mesin Gasoline atau Diesel um Jalu ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

Turboman wrote:Pantas ngeliat di TV itu grup pemberontak banyak sekali yg pakai LC 70 series, Hi Lux Vigo juga mayan banyak, Strada Triton, D Cab Cungkuo hingga T. Tundra. Senapan mesin dipasang di bak belakang, benar2 Cab / D-Cab war

Btw di Libya kebanyakan yg dipakai mesin Gasoline atau Diesel um Jalu ?
kalo di kota Tripoli...meski mobil2 besar dominan mobil gasoline pak, Dodge RAM V10 cukup banyak populasinya, untuk segmen mbl penumpang, VW golf sangat digemari disana

tapi kalo di lokasi kerja (Sahara)..untuk mbl ops lapangan (khususnya pekerja bawahan kayak saya :oops: ) itu mobil2 diesel seperti LC diesel atau Hilux Vigo D4D....tapi kendaraan ops untuk level managernya tetap SUV/DCab/PU Gasoline seperti Lexus LX, Dodge RAM atau Chevy Avalanche

untuk orang2 lokal setempat yg tinggal di daerah gurun...dominan Hilux PU 2.7 gasoline (untuk ngangkut pakan ternak unta atau domba), baru LC70 PU, Hilux Dcab dan cukup banyak juga mobil2 Dcab/PU Cungkwo (yg mereknya gak bisa saya hapal satu persatu karena saking banyaknya merek cungkwo yg beredar) :D :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by FortunerMan »

jalu wrote:untuk orang2 lokal setempat yg tinggal di daerah gurun...dominan Hilux PU 2.7 gasoline (untuk ngangkut pakan ternak unta atau domba)
Huahahaha...nah ini dia takdir mesin ini yg sebenarnya :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by ZombiEE »

- CUT -
LC lux yang "sempurna" memang LC-80, Full Rigid Axle, mesin 1HDT...tapi entah saya ndak begitu suka... mungkin krn yang ada di proyek itu sudah berumur jadi interior & exterior terasa bland....dan rata2 yang saya coba itu stirnya kurang enak...rada plintat plintut liar gitu, mirip2 LC70 gitu karakter stirnya... :e-think: :e-think:[/quote]


mungkin saja PS nya itu recirculating ball instead of rack and pinion..cmiiw kakak pembina :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

ZombiEE wrote:- CUT -
LC lux yang "sempurna" memang LC-80, Full Rigid Axle, mesin 1HDT...tapi entah saya ndak begitu suka... mungkin krn yang ada di proyek itu sudah berumur jadi interior & exterior terasa bland....dan rata2 yang saya coba itu stirnya kurang enak...rada plintat plintut liar gitu, mirip2 LC70 gitu karakter stirnya... :e-think: :e-think:

mungkin saja PS nya itu recirculating ball instead of rack and pinion..cmiiw kakak pembina :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:[/quote]

mungkin krn LC-80 yang saya pake itu udah tuwir2 kayaknya..jadi part kaki2nya udah mesti direstore..... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

jalu wrote:- CUT -

untuk orang2 lokal setempat yg tinggal di daerah gurun...dominan Hilux PU 2.7 gasoline (untuk ngangkut pakan ternak unta atau domba), baru LC70 PU, Hilux Dcab dan cukup banyak juga mobil2 Dcab/PU Cungkwo (yg mereknya gak bisa saya hapal satu persatu karena saking banyaknya merek cungkwo yg beredar) :D :D
Yang bold red....

70 Series di sana uda pasti yang disel y om? Kira2 kenapa kok si Hilux PU lebih mereka pilih ketimbang 70 PU, om Jal?
Das Beste oder nichts.
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by FortunerMan »

Lebih murah lah - dan cukup badak :P
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

Yap benar..Hilux PU 2.7 2WD lebih murah, baknya besar dan dipakenya lebih nyaman....
orang2 lokal sana pake LC70 kalo medan yang ditempuhnya bener2 berat, seperti lintas pasir atau bebatuan cadas...



Sekarang, seberapa reliable Hilux ?? :D

OK ini ada peta Libya...

Image

saya dulu ditugaskan di daerah Murzuq (termasuk wilayah gurun Sahara).....dr Murzuq ada jalan aspal lintas gurun ke kota Surt....dan orang2 lokal Murzuq itu sering bepergian dari Murzuq ke Surt..atau dr Murzuq ke Tripoli untuk berbelanja atau mengantar hewan ternak dng Hilux PU 2.7 tsb. Saya pribadi pernah menumpang ke mbl itu menuju Tripoli karena tidak ada flight jadi ditempuh jalan darat

Kalo ditanya jarak....Murzuq - Surt +/- 1000 km....dan mereka tempuh itu dalam waktu 8 jam lebih (geber konstan 160 - 180 kpj berjam2 dan berhenti di cuma di SPBU kota2 kecil untuk ngisi bensin).

Kalo Hilux gak reliable....tentu gak akan dipercaya oleh mereka untuk menempuh perjalanan jauh tsb :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by ak4ng »

spertinya ada khadafi di atas ane....... :wkkk:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by evolution21 »

hmm bisa geber 160 - 180km/h berjam jam
berarti jalanan disana luas dan sepi ya
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by henz155 »

Loh.dr fortie vnt kok jd bahas ke gaddhafie???
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

evolution21 wrote:hmm bisa geber 160 - 180km/h berjam jam
berarti jalanan disana luas dan sepi ya
iya pak....rutenya dominan lurus juga...
yang ngeri kalo lg kenceng ada unta nyebrang jalan.... :mrgreen:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

henz155 wrote:Loh.dr fortie vnt kok jd bahas ke gaddhafie???
kan lg membahas hilux (1 family sm fortuner) di negeri khadafi... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Nightster Guy »

Ngebut di tengah jalan raya di tengah gurun gitu, jalanan lurus, berasa di Amrik y om wkwkwkwkw......... State of New Mexico, Arizona, Utah, sekitarnya.... :big_weee:

Penampakan LC 70 Series Troop Carrier dan Pickup di Manado, ex PT Newmont, si perampok itu.... :evil:

Image

Mods, maap OOT. Alasan: Uda gak da yang bisa dibahas lagi soal 42ner VNT. Terpaksalah bahas sodara deketnya si LC/Hilux. Ketimbang diserobot Ak4ng dengan Habanjanya (bosen yaw!), mending ane serobot duluan.... :big_weee:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by Turboman »

jalu wrote: kalo di kota Tripoli...meski mobil2 besar dominan mobil gasoline pak, Dodge RAM V10 cukup banyak populasinya, untuk segmen mbl penumpang, VW golf sangat digemari disana

tapi kalo di lokasi kerja (Sahara)..untuk mbl ops lapangan (khususnya pekerja bawahan kayak saya :oops: ) itu mobil2 diesel seperti LC diesel atau Hilux Vigo D4D....tapi kendaraan ops untuk level managernya tetap SUV/DCab/PU Gasoline seperti Lexus LX, Dodge RAM atau Chevy Avalanche

untuk orang2 lokal setempat yg tinggal di daerah gurun...dominan Hilux PU 2.7 gasoline (untuk ngangkut pakan ternak unta atau domba), baru LC70 PU, Hilux Dcab dan cukup banyak juga mobil2 Dcab/PU Cungkwo (yg mereknya gak bisa saya hapal satu persatu karena saking banyaknya merek cungkwo yg beredar) :D :D
Benar2 negara kaya raya

Baca2 literatur kalo produksi minyak Libya 1,6 jt Barrel / hari, memang gak besar, tetapi minyak Libya mayoritas adalah Light Sweet Crude yg sgt dibutuhkan oleh negara2 yg mengadopsi standard Euro IV atau V krn light sweet crude rendah sulphur dan mudah diolah menjadi BBM Gasoline / Diesel dgn sulphur Max 10 - 15 ppm.

Gak heran Libya ibarat gadis cantik, s*xy nan semok di mata para "Bandar minyak".......bikin air liur para bandar ngecessss........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner Diesel VNT dipersiapkan

Post by jalu »

Turboman wrote:Gak heran Libya ibarat gadis cantik, s*xy nan semok di mata para "Bandar minyak".......bikin air liur para bandar ngecessss........
dan gadis libya juga cantik2 pak...... :cupss: :cupss:


:upss: :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby