Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo mobil dari baru kita piara, it's okay gak usah flush2an, asal kita ikutin SOP penggantian oli dan filternya. Dan gak gonta-ganti merk oli terlalu sering. Kalo ane, dasar kegatelan aja hobi flush hihihihi....
Lain cerita kalo di mobil sekenan jam terbang tinggi. Saat 95an piara CJ, supaya mesin sehat total, OH full. Pas bak oli dibuka, mammamia, tu kerak oli bejibun. Palagi tu jip pakenya oli mineral yang konon lebih mudah jadi deposit/sludge. Bener gak itu adalah salah 1 karakteristik oli mineral?
@ NG : kayanya kalo itu ane rasa gara2 owner sblom nya ada perna kepake oli palsu, atau ngerawat mesin nya rada ga bener deh om.... panther kotak ane dulu ane pake 11 taon, odometer ampe 300an rebu... selalu pake oli mineral (shell rimula atau meditran SX) ga perna ada masalah atau sludge... bahkan waktu buka enjin head nya aja jg masi tetep bersih tanpa sludge sdikit pun....
Nightster Guy wrote:Pengalaman pribadi tiap 20 ribu diflush, so far gapapa sih. Uda 2x. Pake Griffon, botol bening, karena di labelnya dia jamin gak ngerusak seal (labelnya designnya norak, suwer hahaha....).
nescafe wrote:hmm.. dari dulu di mobil saya yang tahun 2004, sering dipakaikan engine flush sama beres honda.. mereknya apa DCS seinget saya,, hmm,, and sampai skrg, masih good-good saja..
caltex delo ga jelek koq om... dulu ane perna pake ini oli jg dan ga ada masalah.... kalo yg sejenis dan kelas nya mirip2 sehh ada shell rimula R3X... atau pertamina meditran SX... ini sama2 15W-40 dan sama2 API-CH... uda cukup tinggi tingkatan API nya.... cuman kalo disusun, emang caltex delo paling mahal, disusul shell dan terakhir si meditran itu... cuman sama aja koq kualitas nya...
kalo utk mesin diesel jadul sehh, sejauh pengalaman nubie ane... asalkan rajin ganti oli dan filter per 5 rebu km mahh... pake oli apa aja, sama2 bagus koq....
btw kijang diesel cuman 4 liter ?? dikit amat yahh... panther ane aja paling dikit ane kasih 4.5 liter tuh... btw ini uda termasuk kalo ganti filter oli loh yahh... mending dicek di manual book nya om... minta nya brapa liter....
selamat malam master2 sm semua, semoga dalam rahmatnya selalu, amiin
ini postingan pertama ane, padahal udah lumayan lama join di sm, hehehehe,
ane mau nanya om oli yang bagus buat forti diesel kira2 apa yah? secara sekarang boil kmnya udah nyampe 5 rebu, ane mau ganti di bengkel luaran aja, kalo di toyota kan ganti olinya per 10 ribu, di tunggu reply om
thank
junenk2009 wrote:selamat malam master2 sm semua, semoga dalam rahmatnya selalu, amiin
ini postingan pertama ane, padahal udah lumayan lama join di sm, hehehehe,
ane mau nanya om oli yang bagus buat forti diesel kira2 apa yah? secara sekarang boil kmnya udah nyampe 5 rebu, ane mau ganti di bengkel luaran aja, kalo di toyota kan ganti olinya per 10 ribu, di tunggu reply om
thank
salam kenal om junenk
budget oli per Liternya max berapa? kalo mau yg bagus rata2 harga per Liternya 100 ribu ke atas
junenk2009 wrote:selamat malam master2 sm semua, semoga dalam rahmatnya selalu, amiin
ini postingan pertama ane, padahal udah lumayan lama join di sm, hehehehe,
ane mau nanya om oli yang bagus buat forti diesel kira2 apa yah? secara sekarang boil kmnya udah nyampe 5 rebu, ane mau ganti di bengkel luaran aja, kalo di toyota kan ganti olinya per 10 ribu, di tunggu reply om
thank
salam kenal om junenk
budget oli per Liternya max berapa? kalo mau yg bagus rata2 harga per Liternya 100 ribu ke atas
budgetnya kira2 100 ribuan aja perliternya dapet olie apa ya om? trus filter olinya forti kira2 berapaan ya? makasih replynya om hansen
junenk2009 wrote:selamat malam master2 sm semua, semoga dalam rahmatnya selalu, amiin
ini postingan pertama ane, padahal udah lumayan lama join di sm, hehehehe,
ane mau nanya om oli yang bagus buat forti diesel kira2 apa yah? secara sekarang boil kmnya udah nyampe 5 rebu, ane mau ganti di bengkel luaran aja, kalo di toyota kan ganti olinya per 10 ribu, di tunggu reply om
thank
salam kenal om junenk
budget oli per Liternya max berapa? kalo mau yg bagus rata2 harga per Liternya 100 ribu ke atas
budgetnya kira2 100 ribuan aja perliternya dapet olie apa ya om? trus filter olinya forti kira2 berapaan ya? makasih replynya om hansen
100an/L bisa pakai Motul Specific CRDi 5W40
di atasnya ada Mobil1 Delvac1 5W40 yg harganya sekitar 160rb/L
kayanya kalo utk oli mesin diesel... ane sehh lebi ke waktu interval penggantian yg lebi sering sehh ketimbang jenis oli nya... makanya ane pake nya yg oli mineral tingkatan 15W-40... nahh kalo yg uda berturbo, ane kasi yg 10W-40 semi syn... murah ga ampe 100 rebu per liter... tapi diganti per 4000 km atau 2 bulan sekali.... scara kondisi traffic jakarta macet gila2an dan solar yg kualitas ancur...
nugroho bagor wrote:Repotnya hampir semua merk bikin oli sendiri last jazz saya pake oli honda juga
Lebih tepatnya rebranding, krn produsen gak sepenuhnya memproduksi oli sendiri, tapi cuman memesan pada pihak ketiga yg concern dibidang pelumasan. CMIIW.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mengenai oli mahh... cobain aja satu2... ntar jg ketemu karakter oli yg sesuai ama driving style nya kita...
ane skrg malah lagi nyoba oli FK pulse RS yg 10W-40.... sejauh ini sehh lumayan ini oli... malah lebi enak dari oli bawaan nissan... karena kalo lagi siang2 panas terik atau macet2 gt.. suara glitik dari mesin ga terlalu kedengeran, respon mesin jg lebi smooth... swaktu pake oli NGO, jangankan siang, pagi2 kalo kena macet aja bunyi glitik mesin berasa banget di kabin...
DOHC wrote:mengenai oli mahh... cobain aja satu2... ntar jg ketemu karakter oli yg sesuai ama driving style nya kita...
ane skrg malah lagi nyoba oli FK pulse RS yg 10W-40.... sejauh ini sehh lumayan ini oli... malah lebi enak dari oli bawaan nissan... karena kalo lagi siang2 panas terik atau macet2 gt.. suara glitik dari mesin ga terlalu kedengeran, respon mesin jg lebi smooth... swaktu pake oli NGO, jangankan siang, pagi2 kalo kena macet aja bunyi glitik mesin berasa banget di kabin...
gimana kalau kamu coba oli teknologi terbaru ENEOS Sustina
eneos yahh... kira2 uda ada blom yahh di produk2 nya dsini ??... dulu seinget ane dia kan yg cukup pelopor dgn teknologi molybdenum nya yg katanya melapisi dinding piston dan silinder, biar awet mesin...
DOHC wrote:eneos yahh... kira2 uda ada blom yahh di produk2 nya dsini ??... dulu seinget ane dia kan yg cukup pelopor dgn teknologi molybdenum nya yg katanya melapisi dinding piston dan silinder, biar awet mesin...
kalau gue punya mobil baru sekelas corolla keatas baru kasih ini kalau timor mah , rugilah
kalo oli mahh itungan nya uda bukan harga mobil nya lagi om.... tapi ke arah perawatan mesin... jangan kelewat bagus dan berlebihan tapi jangan jg yg kelewat murahan...
panther jadul ane aja dulu ane kasi shell rimula... padahal dikasi mesran super atau meditran jg uda cukup.... yahh itung2 "investasi" mesin lahh...
DOHC wrote:kalo oli mahh itungan nya uda bukan harga mobil nya lagi om.... tapi ke arah perawatan mesin... jangan kelewat bagus dan berlebihan tapi jangan jg yg kelewat murahan...
panther jadul ane aja dulu ane kasi shell rimula... padahal dikasi mesran super atau meditran jg uda cukup.... yahh itung2 "investasi" mesin lahh...
salah besar anda , Mesran prima XP beda jauh sama Castrol GTX 10w-40 secara kualitas maupun performa mesin
gitu juga meditran sc sama Castrol GTX diesel
oli castrol sampe 7500 km tapi pertamina cuma 3000 km itupun warnanya dan kekentalannya gak rata ada kental ada encer gak solid
kalau castrol gtx 10w40 harga 75 ribu dengan oli lebih bagus harga 200 ribu mungkin kerasa kalau udah pake mesin v6 dan turbo charge
Ane mahh manut aja deh ama bengkel Atoyot wkt dikasih Toyota Motor Oil.Tokh kalo pun ganti oli di luar Atoyot, balik2nya juga pakai XP yg 10w-40 lagii.Yang venting, tahan thdp panas saat kena macet...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC wrote:kayanya kalo utk oli mesin diesel... ane sehh lebi ke waktu interval penggantian yg lebi sering sehh ketimbang jenis oli nya... makanya ane pake nya yg oli mineral tingkatan 15W-40... nahh kalo yg uda berturbo, ane kasi yg 10W-40 semi syn... murah ga ampe 100 rebu per liter... tapi diganti per 4000 km atau 2 bulan sekali.... scara kondisi traffic jakarta macet gila2an dan solar yg kualitas ancur...
rasanya, teknologi mesin itu sendiri juga musti mulai dimasukkan sebagai pertimbangan memilih oli
saat ini, mesin diesel sudah banyak yang memakai teknologi common rail, jadi rasanya, imo, sebaiknya milih oli-nya kalo bisa dari yang spek-nya bagus/cocok buat mesin common rail... sayang mesin-nya kan?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking